Aplikasi Edit Foto PC Terbaik, Serta Plus dan Minusnya!

thumb aplikasi edit foto - aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto PC merupakan aplikasi yang sudah terkenal. Sebab, pemanfaatannya sangat luas. Tidak hanya berguna untuk mempercantik foto dengan berbagai efeknya, tapi juga mendesain ulang foto menjadi lebih unik.

Degan semakin berkembangnya minat fotografi dan desain, maka tidak heran jika semakin banyak juga yang ingin memiliki skill editing. Untuk mulai belajar, banyak sekali aplikasi edit foto terbaik untuk komputer atau laptop.

Baca Juga : Untuk Anda yang Suka Fotografi, Ini Dia HP Kamera Terbaik Cocok untuk Penggemar Fotografi 

Oleh sebab itu, kami akan memberikan beberapa rekomendasinya untuk Anda. Rekomendasi ini akan membantu sekali agar Anda bisa menentukan aplikasi mana yang cocok dengan kebutuhan.

Berikut Rekomendasi Aplikasi Edit Foto PC

Aplikasi Edit Foto Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto PC satu ini menjadi yang paling populer dikalangan pencinta fotografi dan photo editor. Adobe Photoshop memiliki banyak seri yang selalu update. Aplikasi ini juga memiliki banyak fungsi.

Anda bisa menuangkan berbagai kreativitas. Mulai dari mengedit foto menjadi lebih indah dari aslinya, hingga mendesain ulang gambar. Berikut ini adalah kelebihan dari aplikasi Adobe Photoshop:

  1. Memiliki efek fotografi yang lengkap, Anda juga bisa mengaturnya secara manual. Sehingga, hasil jepretan lebih hidup dan sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Fitur cukup lengkap dan unggul, Anda bisa memaksimalkan hasil foto dengan memanfaatkan fitur tersebut.
  3. Cukup mudah dioperasikan oleh pemula. Selain itu, Anda dapat menemukan berbagai tutorial pengoperasiannya di berbagai situs atau channel YouTube.
  4. Tidak hanya foto saja, kamu juga bisa membuat berbagai desain tulisan untuk banner atau kebutuhan desain grafis lainnya.
  5. Unggul untuk mengeksplorasi berbagai jenis foto, misalnya membuat kartun, desain grafis, jenis gambar 3D, bahkan bentuk gambar pixel dan lain sebagainya. Jadi tidak terbatas hanya efek saja.
  6. Tersedia banyak format penyimpanan, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.
  7. Performa kerja dari aplikasi edit foto PCini terbilang cepat jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Meski demikian, terdapat beberapa kekurangan pada aplikasi ini. Salah satunya adalah karena banyak layer yang tidak jarang membingungkan. Selain itu, optimasi untuk teks dan paragraf masih kurang.

Aplikasi Edit Foto DxO Photolab

DxO Photolab merupakan rekomendasi selanjutnya. Aplikasi ini akan menghasilkan foto yang profesional. Toolsnya sangat lengkap, Anda bisa mengeksplorasinya dengan leluasa. Sayangnya cukup rumit.

Anda dituntut untuk memiliki skil edit foto yang mumpuni untuk bisa memaksimalkan aplikasi edit foto PC ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab kini banyak sekali tutorialnya di berbagai media. Dengan menggunakan DxO Photolab, Anda akan mendapatkan kelebihan berikut ini:

  1. Mengurangi noise foto sangat signifikan, sehingga noise atau faktor pengganggu dalam foto mampu dikurangi secara maksimal.
  2. PRIME Noise Reduction berteknologi tinggi tidak hanya mampu mengurangi noise, tapi juga mempertahankan ketajaman dari foto hasil jepretan Anda. Sebab, detail warna yang dihasilkan sangat baik.
  3. Fitur masking memudahkan Anda untuk mengedit bagian tertentu dalam foto secara terpisah.
  4. Tersedianya fitur virtual copy pada aplikasi DxO Photolab. Fungi dari fitur tersebut adalah untuk membuat salinan foto asli sebanyak mungkin.

Aplikasi Edit Foto PC GIMP

Aplikasi GIMP sangat direkomendasikan untuk editor foto dan desainer pemula. Hal ini dikarenakan aplikasi ini adalah program open source. Artinya, Anda dapat menggunakannya kapan saja secara gratis.

Yang tidak kalah menarik adalah tools dan dan fiturnya tidak kalah dari versi edit foto berbayar. Jika Anda belum memiliki dana untuk membeli aplikasi berbayar.

Lebih baik menggunakan aplikasi gratis ini terlebih dahulu. Berikut ini merupakan kelebihan GIMP jika dibandingkan dengan photo editor lainnya:

  1. Kapasitasnya ringan, sehingga performanya lebih maksimal dan nyaman digunakan pada pc. Proses loading aplikasinya juga cepat, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan waktu editing.
  2. Dapat digunakan untuk kegiatan desain grafis, seperti membuat logo, mengolah gambar, dan lain sebagainya.
  3. Dapat dijalankan di berbagai operating system, yaitu Windows, Mac, atau Linux.

Untuk kekurangannya adalah kurang lengkapnya tools yang dimiliki. Sehingga, Anda tidak dapat mengeksplore gambar yang akan diedit lebih jauh. Hal ini dapat dimengerti karena GIMP merupakan aplikasi gratis.

Aplikasi Edit Foto Adobe Lightroom

Tidak kalah dengan Adobe Photoshop, Lightroom juga menyajikan banyak tools untuk mempercantik foto. Meski fiturnya tidak sekomplit Adobe Photoshop, namun Adobe Lightroom sudah sangat mumpuni.

Terlebih lagi untuk Anda yang hanya ingin mempercantik tampilan foto, tanpa melakukan pengolahan atau desain ulang. Berikut ini adalah kelebihan aplikasi edit foto PC satu ini:

  1. Aplikasinya lebih ringan dari Photoshop, sehingga tidak akan membuat komputer Anda ngelag atau macet. Dengan demikian, aplikasi juga lebih mudah untuk dijalankan.
  2. Harga lebih murah dari Photoshop, dengan fitur yang dimilikinya tentu akan sangat menguntungkan Anda jika membeli aplikasi ini.
  3. Dapat mengedit langsung dari foto dengan format RAW, sehingga memudahkan para fotografer.
  4. Fitur dan tool fotografi yang lengkap, dengan demikian pengeditan gambar akan lebih mudah untuk dieksplor.
  5. UI (user interface) sangat mudah dipahami, sehingga Anda tidak akan bingung dalam penggunaannya.

Untuk kekurangannya hanya kalah lengkap berbagai toolsnya dari Adobe Photoshop dan terkadang mengalami gangguan.

Aplikasi Edit Foto Skylum Luminar

Salah satu rekomendasi kami untuk mempercantik hasil jepretan Anda adalah Skylum Luminar. Pada aplikasi edit foto PC ini, Anda dapat menemukan banyak fiter yang bisa langsung diterapkan.

Selain itu terdapat berbagai kelebihan lain yang pastinya memudahkan Anda dalam proses editing foto, yaitu:

  1. Tidak kurang dari 45 filter yang dapat meningkatkan kualitas foto Anda. Jika ingin mengedit foto secara cepat, tentunya Anda bisa memanfaatkan filter ini.
  2. Memiliki berbagai tools untuk memperbaiki warna, tone, lense distortion, atau chromatic untuk memperbaiki kualitas gambar. Anda juga bisa menggunakan auto correction.
  3. Pemrosesan datanya sangat cepat, sehingga tidak lelet saat sedang mengedit foto.
  4. Dilengkapi berbagai fitur berbasis AI, yaitu iris AI, skin AI, sky dan atmosphere AI. Fitur ini akan menjadikanfoto lebih menakjubkan.

Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak mampunya untuk mengolah atau mendesain ulang foto. Sehingga Anda hanya dapat mempercantik foto hasil jepretan saja.

Aplikasi Edit Foto Exposure X6

Jika Anda mengenal Exposure X6 sebagai salah satu plugin dalam Adobe Photoshop atau Lightroom, maka kini harus berkenalan dengan versi aplikasinya. Sebab, aplikasi edit foto PC ini memiliki versinya sendiri. Banyak keunggulan yang dimiliki oleh Exposure X6, diantaranya adalah:

  1. Lebih dari 500 preset tersedia yang dapat meningkatkan kualitas foto Anda.
  2. Fitur seperti automatic adjustmen, noise reduction, hingga pengeditan warna dapat disesuaikan dengan sensor kamera yang Anda miliki.
  3. Tools sangat lengkap dan tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti dan banyak penggunanya.
  4. Aplikasi edit foto PC ini sangat mudah digunakan karena memiliki tampilan user interface yang sederhana dan mudah dipahami.

Sayangnya untuk menginstal aplikasi ini, PC Anda harus memakai versi VGA VRAM minimal 2GB tahun 2015 ke atas. Selain itu, prosesornya minimal Apple M1 atau Inter Core 2 agar aplikasi ini bisa dijalankan tanpa kendala.

Aplikasi Edit Foto Microsoft Photos

Beralih dari aplikasi edit foto profesional. Kini kami akan membahas beberapa aplikasi edi foto basic. Tentunya hal ini sangat membantu bagi Anda yang masih awam dan belum memiliki budget untuk membeli aplikasi premium.

Bagi Anda pengguna Windows, sebenarnya sudah dibekali dengan aplikasi edit foto bawaan yang cukup mumpuni, yaitu Microsoft Photos. Untuk pemula yang masih belajar mengedit foto hasil jepretannya, aplikasi ini sangan recomended.

Aplikasi edit foto PC ini sudah ada secara default yang menggunakan operating system Windows 10. Beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi ini diantaranya adalah:

  1. Mengatur rasio gambar gambar dengan mudah, sehingga ukuran foto Anda bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.
  2. Filter yang bisa menajamkan warna dan mengubah tone hasil jepretan Anda lebih menarik.
  3. Tools pengaturan kualitas gambar yang sudah cukup baik untuk aplikasi default.

Karena ini merupakan aplikasi default, jadi Anda tidak bisa berharap banyak. Filter dan toolsnya kalah jauh dari aplikasi premium yang sudah dibahas sebelumnya.

Aplikasi Edit Foto Apple Photos

Sama halnya dengan microsoft photos, apple photos juga terdapat secara default di PC macOS. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan berbagai pengorganisasian foto dan basic editing.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai filter menarik dan tools basic yang cukup banyak. Anda juga dapat mengedit foto dengan format RAW. Tidak hanya foto saja, bahkan Anda bisa mengedit video.

Selain itu, kamu bisa langsung menyimpannya dalam penyimpanan cloud agar file lebih aman. Sebab, aplikasi ini didukung dengan cloud integration dengan fitur iCloud.

Baca Juga : Simak Yuk, 10 Daftar Laptop Terbaik untuk Editing Video

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentunya Anda sudah memiliki gambaran aplikasi seperti apa yang dibutuhkan. Sebab, setiap aplikasi edit foto PC memiliki keunggulannya masing-masing.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts