Cara Cek Imei iPhone dengan 4 Langkah Mudah

cara cek imei iphone

Banyak dari Anda pasti masih bingung mengenai cara cek imei iPhone. Apakah memang sesulit itu? Mengapa terkadang kita perlu melakukan pengecekan tersebut? 

Di jaman sekarang ini, hampir semua orang pasti ingin memiliki smartphone canggih keluaran dari Apple itu. Oleh karena itu, banyak sekalipun oknum di luaran sana yang kemudian membuat replikanya. 

Sekilas, Anda pasti akan tertipu dengan tampilan replikanya karena sangat mirip dengan yang asli. Namun, tetap saja ada beberapa cara berguna yang bisa digunakan untuk membedakan keduanya. 

Cara yang paling sering direkomendasikan adalah dengan melakukan pengecekan seri Imei smartphone Anda. Lalu, bagaimanakah cara cek imei iPhone yang benar sekaligus mudah? 

Kenali Terlebih Dulu tentang IMEI. 

Dalam dunia gadget, terutama handphone, IMEI adalah salah satu hal yang sudah cukup dikenal. Setiap produk atau item selalu hadir dengan seri nomornya sendiri – sendiri. 

Sebagai informasi, IMEI merupakan singkatan dari kata dalam bahasa Inggris yakni International Mobile Equipment Identity. Jika diterjemahkan maka berarti identitas peralatan mobile international. 

Ini semacam kode produksi yang digunakan untuk membedakan satu perangkat serta lainnya. Inilah alasan mengapa kode atau nomornya selalu berbeda antara yang satu dan lainnya. 

Cara Cek Imei iPhone dengan 4 Cara 

cara cek imei iphone

Sangat direkomendasikan untuk mengecek kode tersebut sebelum Anda memutuskan membeli iPhone. Pastikan bahwa nomor yang tertera di smartphone sama dengan pada bagian dus. 

Seringkali, penjual juga akan mencatat Imei tersebut guna kepentingan garansi. Bukan hanya untuk keluaran Apple, namun juga seluruh Brand smartphone yang ada di pasaran. 

Nah, jika Anda penasaran bagaimana cara mengeceknya, ada 4 langkah berbeda untuk dilakukan. Semuanya sangat mudah. Di bawah ini adalah informasinya secara lebih lanjut. 

  • Menggunakan sistem dari iPhone

Tidak dipungkiri bahwa menggunakan sistem dari pabrikannya ialah cara cek imei iPhone paling mudah. Untuk melakukannya, maka Anda harus masuk ke dalam menu setting atau pengaturan dahulu. 

Kemudian, buka pilihan ‘general’ dan pilih menu ‘about’ disana. Dari about tersebut, cobalah cari bagian IMEI. Selain itu, ada juga bagian untuk mengecek ICCID darisana. 

(Baca Juga: Daftar Gadget Anti Air, Anti Panik Berlibur ke Pantai)

  • Lihat dari fisik perangkat

Selanjutnya ialah melihat kode dari bagian fisik perangkat atau dalam hal ini adalah iPhone. Caranya adalah dengan membuka casing bagian belakangnya terlebih dahulu.

Lalu, lepaskan baterai yang ada disana. Biasanya, rangkaian no Imei bisa ditemukan pada bagian dekat dengan slot SIM CARD. Untuk itu, coba cari bagian itu guna menemukannya. 

  • Cek dari Kode Khusus

Banyak pengguna juga memilih untuk menggunakan cara cek imei iPhone ini. Anda juga dapat melakukannya apabila memang dirasa lebih mudah. Bagaimana untuk memulainya?

Pertama – tama, buka terlebih dahulu menu call atau panggilan. Sama seperti jika Anda ingin membuat panggilan ke nomor lain. Jika sudah, Ketikkan nomor *#06#.

Lalu, perangkat iPhone Anda akan segera menampilkan kode imei dari smartphone itu. Karena cukup sederhana, tidak ada salahnya untuk mencobanya bukan? Siapapun bisa melakukannya. 

  • Periksa dari iTunes 

Banyak dari pengguna pasti mengira bahwa iTunes hanya memiliki fungsi untuk mengisi musik ke dalam perangkat. Padahal kenyataannya bukan itu saja. Terdapat fungsi lain yang wajib diketahui. 

ITunes sebagai salah satu software resmi dari Apple bisa dimanfaatkan sebagai cara cek imei iPhone. Pertama-tama, sambungkan dahulu iPhone dengan perangkat komputer yang sudah menginstall iTunes. 

Jika sudah berhasil tersambung, maka klik menu library di software iTunes. Setelah itu, kode IMEI akan secara otomatis dituliskan di layar. Selain informasi tersebut, data lain bisa ditampilkan juga. 

  • Segera Cocokkan Nomor yang Tertulis di Dus

Apa yang selanjutnya dilakukan jika Anda sudah mengetahui imei nya? Langkah penting selanjutnya adalah dengan melakukan pencocokan dengan nomor yang tertulis di dus smartphone. 

Pastikan bahwa IMEI nya sama baik pada bagian dus kemasan, fisik hp, ataupun sistem. Itulah tanda bahwa perangkat yang Anda miliki adalah asli. Setelah itu, lakukan pencocokan dengan situs. 

Caranya, buka dulu website www.imei.info. Setelah halamannya terbuka, masukkan saja kode perangkat Anda disana. Kemudian, website akan menampilkan data komplit tentang iPhone itu. 

Anda harus waspada jika kemudian data yang ditampilkan ternyata menginformasikan tentang ponsel lain. Bisa dipastikan bahwa iPhone Anda adalah produk palsu. 

  • Mengetahui Fungsi Imei yang Penting

Rasanya, hanya mengetahui cara cek imei iPhone tidaklah cukup. Alangkah lebih baik jika kita membekali diri dengan beragam informasi penting lainnya seperti apakah fungsi nomor tersebut. 

Wajib diketahui bahwa IMEI sendiri merupakan bagian utama dari ponsel atau smartphone. Sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak belajar lebih lanjut tentangnya. Mereka kebanyakan tidak melakukan pengecekan. 

Kegunaan utama pengecekan adalah memastikan keaslian perangkat. Selain itu, IMEI akan sangat berguna untuk menangkap pencuri ketika mungkin iPhone Anda diambil oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Menggunakan IMEI untuk Melacak Pencuri

cara cek imei iphone - imei untuk melacak pencuri

Penasaran mengenai bagaimana cara cek imei iPhone dan menggunakannya untuk melacak pencuri smartphone Anda? Ketika pencurian terjadi, segeralah laporkan ke pihak provider operator. 

Lalu, mereka akan segera melakukan pelacakan dinamakan lokasi dari perangkat tersebut secara akurat. Selain itu, mereka juga bisa melakukan pemboikotan atau blokir sementara. 

Ini artinya, pencuri tersebut tidak akan mampu menggunakan IPhone Anda dalam jangka waktu lama. Mengingat pengecekan Imei sangatlah kristal, banyak pihak menyarankan untuk melakukan pembelian gadget secara offline. 

Langkah ini dirasa lebih mampu untuk membedakan manakah produk yang asli dan tidak. Mengingat pentingnya kode ini, bahkan pihak kepolisian juga sering menggunakannya untuk tahu lokasi pencuri. 

Panduan Dalam Membeli iPhone Asli

cara cek imei iphone - panduan membeli iphone

Pada dasarnya, informasi tentang cara cek imei iPhone di atas membuat kita semua sadar betapa pentingnya membeli produk original. Sayangnya, masih banyak yang belum paham. 

Agar Anda tidak tertipu oleh penjual nakal, ketahui dahulu beberapa tips membeli produk Apple yang asli itu. Tenang saja karena panduannya sangat mudah. Berikut beberapa diantaranya. 

  • Pilih seller atau penjual resmi

Sangat wajib hukumnya untuk membeli produk iPhone hanya di authorized seller Apple di tanah air. Ini merupakan gerai resmi yang menjual perangkat keluaran pabrik berlogo apel itu. 

Namun, harus diketahui bahwa mungkin tidak semua menjamin bahwa produknya adalah resmi. Oleh sebab itu, tetap cek nomor IMEI device tersebut sesaat setelah Anda membelinya. 

Tujuannya adalah memastikan bahwa Anda memperoleh iPhone asli. Jika mungkin perangkatnya palsu, maka segera tukarkan atau minta kembali uang pembelian pada penjual. 

  • Cek langsung di toko

Karena Anda sudah tahu tentang cara cek imei iPhone, maka jangan ragu untuk segera melakukan pengecekan di tokonya langsung. Langsung cocokkan dengan kode pada bagian dus. 

Apabila sama maka tidak ada masalah. Jika berbeda, Anda dalam posisi yang lebih unggul karena belum meninggalkan lokasi pembelian sehingga barang bisa langsung ditukarkan. 

Jika memang sudah terlanjur meninggalkan lokasi gerai, selalu simpan bukti pembelian. Misalnya saja Seperti nota, kemasan, kartu garansi, dan lain sebagainya. Semua dokumen itu sangat penting.

(Baca Juga: Tips Pintar Memilih Gadget untuk Ngevlog, Praktis!)

  • Jangan tergoda harga murah

Di jaman sekarang ini banyak sekali penjual menawarkan harga miring. Apabila harganya tidak masuk akal, maka Anda patut curiga mengenai keaslian dan kualitasnya. 

Anda harus tahu bahwa toko offline atau online yang normal tidak mungkin menjual iPhone terbaru dengan harga super miring. Mendapatkan harga murah memang menyenangkan, namun harus tetap rasional. 

Potongan atau diskon adalah hal lumrah. Umumnya, gerai penjualan hanya memberikan diskon maksimal sebanyak tidak lebih dari 50%. Itulah jumlah masuk akal sejauh ini. 

  • Hubungkan ke iTunes atau iCloud

Ada salah satu cara pamungkas lainnya untuk dilakukan. Setelah membeli perangkat, cobalah koneksikan ke software iTunes atau iCloud. Apabila aman dan lancar, besar kemungkinan itu asli. 

Namun, apabila terjadi teror atau kesalahan, maka bisa jadi produknya tidak original. Ada baiknya Anda mempelajari mengenai bagaimana cara menyambungkannya dengan benar. 

Ketahuilah juga bagaimana karakter iPhone yang asli. Ini bisa menjadi panduan Anda sebelum membeli perangkat yang tepat. Informasinya sekarang ini banyak sekali tersedia dimanapun. 

Ketika sudah membeli perangkat smartphone canggih ini, tugas utama selanjutnya tentu dengan memeriksa kodenya. Panduan cara cek imei iPhone tersebut sesuai dengan penjelasan di atas. 

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts