Simple, Ini Dia Cara Instal Ulang Laptop Sendiri dengan Cepat Anti Ribet

cara instal ulang laptop

Banyak orang yang masih belum memahami cara instal ulang laptop, sehingga mereka harus pergi ke jasa servis untuk melakukannya. Padahal proses ini tidaklah sulit dan dapat dilakukan seorang diri.

Laptop sudah menjadi alat penting untuk sebagian orang. Beberapa pekerjaan dan profesi tidak bisa terpisahkan dari laptop. Contohnya adalah ilustrator digital ataupun editor video membutuhkan laptop untuk bisa bekerja.

Selain dua profesi tersebut, masih banyak profesi lain yang mengharuskan penggunaan laptop. Jika Anda juga merupakan orang yang bekerja menggunakan laptop, pasti akan memahami bagaimana pentingnya laptop.

Salah satu hal penting agar laptop bisa berjalan adalah OS atau sistem operasi. Tanpa adanya OS, laptop tidak dapat menjalankan berbagai aplikasi dan program untuk melakukan pekerjaan.

Sehingga keberadaan OS sangat penting untuk laptop. Namun terdapat beberapa kondisi yang membuat OS harus diinstal ulang pada laptop. Sehingga laptop dapat bekerja normal dan tanpa masalah.

Beberapa Penyebab Perlu Melakukan Instal Ulang Laptop

Sebelum membahas mengenai cara instal ulang laptop, ada baiknya Anda perlu memahami mengapa hal ini perlu dilakukan. Karena sebenarnya melakukan instal ulang laptop tidak bisa dibilang mudah.

Selain itu, melakukan instal ulang juga berpotensi menghilangkan beberapa data penting. Sehingga lebih baik tidak terlalu sering melakukan instal ulang pada laptop. Lakukan instal ulang jika hanya terjadi hal berikut.

Terkena Virus Atau Malware

cara instal ulang laptop - terkena virus atau malware

Virus atau malware adalah program jahat yang menyerang sistem. Ada beberapa tanda jika laptop terserang virus. Salah satunya adalah laptop menjadi lemot dan lambat dalam menjalankan aplikasi.

Selain memberikan beban berlebih pada laptop, virus juga menyerang dengan berbagai cara lain. Mulai dari mengambil data-data penting Anda, mengunci data penting atau bahkan membuat data menjadi corrupt.

Beberapa masalah virus bisa diatasi dengan menggunakan software anti virus. Namun tidak sedikit virus yang kebal terhadap program ini. Sehingga untuk mengatasinya harus dilakukan dengan cara instal ulang laptop.

(Baca Juga: Intip Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak Dengan Mudah)

Terdapat Kesalahan Sistem

cara instal ulang laptop - terdapat kesalahan sistem

Anda pasti pernah menemukan beberapa file atau folder yang tidak dikenali di dalam laptop. File ini biasanya memiliki nama aneh yang membuat beberapa orang menjadi curiga.

Sehingga banyak orang menghapus file atau folder tersebut karena menganggap file itu adalah program jahat atau virus. Padahal bisa jadi file tersebut adalah file sistem yang penting.

Jika menghapus file tersebut, tentu akan terjadi kesalahan pada sistem. Sehingga sistem tidak bisa berjalan dengan optimal seperti tidak bisa membuka beberapa aplikasi. Maka untuk memperbaikinya, laptop perlu diinstal ulang.

Persiapan Sebelum Melakukan Cara Instal Ulang Laptop

Melakukan instal ulang laptop sebenarnya memiliki beberapa risiko. Oleh karena itu hal ini tidak boleh dilakukan tanpa persiapan. Berikut adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum memulainya.

Melakukan Backup Data

cara instal ulang laptop - Backup Data

Dengan menginstal ulang laptop, maka semua data akan terhapus. Oleh karena itu Anda harus membackup data penting sebelum memulai instal ulang pada laptop. Sehingga Anda tidak akan kehilangan data tersebut.

Sediakan tempat penyimpanan untuk menampung data Anda untuk sementara. Tentunya kapasitas yang dibutuhkan bergantung pada seberapa banyak data Anda. Semakin banyak data, semakin besar juga kapasitas yang diperlukan.

Saat ini memang telah tersedia teknologi penyimpanan berupa cloud untuk menyimpan data. Namun kami sarankan Anda menggunakan hard disk eksternal untuk menghemat penggunaan kuota internet.

Menyimpan Serial Number

cara instal ulang laptop - Menyimpan serial number

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa melakukan cara instal ulang laptop akan membuat seluruh aplikasi atau program hilang. Namun ada beberapa program yang harus dibeli untuk bisa memakainya.

Sehingga jika program tersebut terhapus dari laptop, Anda tidak bisa begitu saja mendownload dan menggunakannya. Namun tenang saja jika Anda sebelumnya telah membeli program tersebut.

Karena setiap program yang bersifat premium pasti memiliki serial number. Serial number ini berfungsi untuk mendeteksi apakah Anda sudah membeli program. Sehingga dengan serial number, program bisa digunakan kembali.

Oleh karena itu Anda harus mencatat seluruh serial number dari program-program premium milik Anda. Sehingga setelah proses instal ulang selesai, Anda bisa memasukkan serial number tersebut kembali.

(Baca Juga: Termudah! Ini 6 Cara Menyalakan Laptop yang Sleep untuk Semua Merek)

Cara Instal Ulang Laptop dengan Metode Reset to New State

Proses instal ulang laptop saat ini dapat dilakukan dengan mudah. Khususnya bagi para pengguna OS windows 10 karena tersedia pilihan instan untuk melakukan instal ulang.

Pilihan ini disebut dengan reset to new state. Pilihan ini merupakan fitur terbaru yang hanya bisa ditemukan pada windows 10. Dengan fitur ini, semua file akan terhapus kecuali file-file bawaan.

Jika Anda ingin cara yang lebih cepat dan mudah, bisa mencoba untuk menggunakan cara ini. Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan metode reset to new state.

  • Masuk ke pengaturan pada laptop. Klik icon gear atau ketik settings lalu enter. Anda juga bisa melakukannya dengan cara klik tombol windows + i.
  • Setelah masuk pada menu pengaturan, klik pada pilihan update & security.
  • Selanjutnya klik pada menu recovery.
  • Pada menu ini akan diberikan 3 pilihan. Pertama adalah reset this PC. Kedua adalah Go back to the previous version of windows 10. Terakhir adalah advance startup.
  • Cara instal ulang laptop adalah dengan klik pilihan pertama, yaitu reset this PC. Klik pada tombol Get Started.
  • Selanjutnya Anda akan diberikan dua pilihan yaitu menghapus bersih semua file atau dengan mengamankan file personal.
  • Pilihan kedua akan membiarkan beberapa file seperti dokumen, foto dan video pribadi tidak terhapus.
  • Pilih pilihan pertama untuk menghapus bersih semua file.
  • Selanjutnya cukup ikuti instruksi yang diberikan.
  • Setelah itu tunggu hingga proses instal ulang selesai.
  • Proses ini biasanya akan membutuhkan waktu lama. Hal ini bergantung pada seberapa besar file Anda.
  • Selesai.

Cara Instal Ulang Laptop dengan Metode Format Manual

Cara di atas memang cukup mudah digunakan. Namun karena sifatnya akan menyisakan file bawaan, maka ada potensi virus tidak terhapus. Selain itu cara di atas hanya tersedia untuk Windows 10.

Sehingga apabila Anda menggunakan windows di bawah windows 10 atau menggunakan OS lain, cara di atas tidak bisa dilakukan. Maka Anda harus melakukan instal ulang dengan cara format manual.

Cara ini juga dianggap paling ampuh untuk menghilangkan virus. Karena cara ini akan benar-benar menghapus semua file dan menggantinya dengan file baru. Sehingga tidak ada kesempatan untuk virus bersembunyi.

Untuk melakukan hal ini, Anda harus memiliki installer windows baik itu di dalam CD, ataupun flashdisk. Jika Anda sudah memilikinya, maka ikuti cara instal ulang laptop berikut ini.

  • Masuk ke BIOS laptop. Cara untuk masuk ke BIOS laptop berbeda-beda untuk tiap merk laptop. Namun secara umum adalah dengan melakukan restart lalu menekan tombol esc, F1 atau F2.
  • Masukkan CD atau flashdisk instalasi ke dalam laptop.
  • Pergi ke bagian pengaturan BIOS. Lalu klik pada tab boot atau boot device. Ubah urutan booting agar CD atau flashdisk instalasi berada di urutan pertama.
  • Jika sudah, keluar dari menu BIOS. Lalu klik tombol apapun untuk memulai proses booting.
  • Akan muncul tampilan pengaturan bahasa saat proses booting. Anda bisa memiliki bahasa Indonesia ataupun Inggris menyesuaikan keinginan.
  • Selanjutnya akan ada pilihan untuk melakukan instalasi Windows. Pilihan tersebut adalah upgrade dan custom. Pilih pilihan custom.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengatur partisi. Pada proses ini akan ada pilihan untuk membiarkan atau menghapus data yang lama. Pilih pilihan untuk menghapus semua data.
  • Setelah itu klik format, dan next.
  • Laptop akan melakukan restart.
  • Selanjutnya laptop akan kembali melakukan booting.
  • Biarkan laptop berjalan hingga muncul layar tampilan sistem operasi yang sudah diinstal ulang.
  • Proses instal ulang telah selesai.

Dengan cara instal ulang laptop tersebut, laptop akan benar-benar kembali seperti saat pertama kali baru dibeli. Oleh karena itu mungkin Anda perlu melakukan berbagai penyesuaian pada setting.

Sekarang Anda tidak perlu lagi pergi ke tempat servis hanya untuk melakukan instal ulang pada laptop. Karena Anda bisa melakukan proses tersebut seorang diri di rumah.

Silahkan pilih cara yang paling mudah untuk dilakukan. Namun jika Anda ingin memastikan laptop benar-benar bersih dan bebas dari virus, cara format manual akan lebih baik.

Meski begitu bukan berarti cara pertama buruk. Cara instal ulang laptop dengan menggunakan metode reset to new state justru lebih mudah dan cepat untuk dilakukan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts