Bagaimana Cara Membuat Smartphone Jadi Remote TV? Ini Dia Caranya

Cara membuat smartphone jadi remote tv

Pernah dengar cara membuat smartphone jadi remote TV atau belum? Nah, remote sendiri adalah salah satu dari sekian banyak benda yang menjadi sangat penting ada diantara barang elektronik kita. Remote adalah pengendali jarak jauh yang bisa mengendalikan barang elektronik yang kita tuju dalam jarak tertentu. Remote memudahkan penggunaan karena ada benda-benda yang ditempatkan jauh dari jangkauan kita. Misalnya AC atau kipas angin langit-langit. Tidak mungkin kan kita memanjat plafon kalau kita ingin menyalakan kipas angin. 

 

Belakangan ini, banyak sekali hal-hal yang membuat cara kita menjalani kehidupan menjadi berubah. Berubah menjadi cepat dan dinamis dan ada pula hal-hal  yang berubah menjadi lambat dibanding masa lalu seperti keputusan para muda untuk menikah. Namun terkait masalah teknologi, perubahan yang terjadi menjadi suatu hal yang sangat cepat. Bahkan bisa jadi tiap hari atau minggu ada saja jenis teknologi yang berbeda. Jika diperhatikan di dalam rumah kita sendiri terbilang banyak sekali benda yang sangat memudahkan kita untuk menjalani hidup ini. Nah, ada satu barang yang biasanya sangat penting dan datang satu paket dengan barang utamanya. Misalnya TV, ketika membeli pasti dalam kemasannya ada pengendali jarak jauh yang disebut remote. 

 

Remote TV diciptakan agar kita tidak kesulitan beranjak untuk menyalakan, mematikan, mengganti saluran atau mengubah volume TV. Remote TV sendiri berbentuk benda yang mudah digenggam dengan sederetan tombol dengan berbagai menu setting dan angka di tiap tombolnya. Remote TV biasanya sesuai dengan jenis televisi yang anda beli. Sehingga kalau digunakan pada merk TV yang lain, maka remotenya tidak akan berfungsi. Jadi sangat penting untuk tidak kehilangan benda yang satu ini ya. Pertanyaannya adalah apakah ada cara membuat smartphone jadi remote TV atau tidak ya?

(Baca Juga: Cara Memperbaiki Smartphone yang Terkena Air)

Sayangnya karena kecil, maka benda ini sangat gampang kita lupakan keberadaannya. Apalagi kalau anda termasuk orang yang pelupa atau teledor sehingga lupa menaruh remote nya. Kalau anda memiliki anak kecil juga biasanya benda ini jika tidak digunakan akan menjadi sangat sulit dicari keberadaannya. 

Bagaimana jika remote TV anda hilang? Wah pasti sangat merepotkan dan anda jadi tidak bisa mengoperasikan televisinya. Meski sebenarnya TV juga dilengkapi dengan tombol-tombol manual untuk mengantisipasi jika remote anda tidak bisa ditemukan.namun sayangnya cara ini cukup merepotkan. Jika anda adalah pengguna layanan TV berbayar atau TV Cable, tentu juga ada alat yang memerlukan remote tambahan TV sehingga otomatis anda akan memerlukan 2 buah remote yang kalau hilang salah satunya pasti anda tidak akan bisa menonton acara kesayangan anda dan TV atau routernya menjadi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Anda bisa mempertimbangkan cara membuat smartphone jadi remote TV saat anda tidak bisa menemukan remote TV anda. Atau bahkan ketika remote TV anda rusak dan memerlukan pergantian ke yang baru. HP Smartphone tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi saja tapi bisa sebagai asisten kita. termasuk jadi remote TV.

 Nah Bagaimana cara membuat smartphone jadi remote TV? Cek tips dibawah ini ya

1. Perhatikan Jenis TV

Termudah! Ini 6 Cara Menyalakan Laptop yang Sleep untuk Semua Merek - Perhatikan Jenis TV

Perhatikan jenis TV anda. apakah itu termasuk TV tabung atau TV LED. Karena kalau TV adalah TV tabung maka yang harus kamu lakukan adalah benar-benar mengecek aplikasi yang kamu akan install atau jika ingin tidak repot, kamu  pergi ke toko elektronik dan membeli remote TV yang baru. Berbeda dengan TV LED, pilihan untuk menggunakan smartphone sebagai remote TV masih memiliki banyak opsi. karena banyak aplikasi remote TV yang hanya cocok untuk TV LED.

2. Cek Smartphone Anda

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Cek smartphone anda

Apakah memakai sistem android atau Ios. saat ini dari sekian aplikasi yang beredar biasanya hanya kompatibel dengan smartphone android dan akan lebih baik jika kamu menginstall aplikasi remote ini pada saat kamu masih memiliki remote TV sungguhan bersamamu. Karena beberapa aplikasi, misalnya saja Indihome memerlukan system pairing atau dipasangkan dengan jenis smartphone mu. 

3. Mengganti Remote TV

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Mengganti remote tv

Jika yang hilang adalah remote dari router layanan TV berbayar, biasanya anda bisa melapor ke provider layanannya untuk meminta ganti remote TV yang baru, Tapi kalau ada enggan ke provider, anda bisa unduh di  playstore atau appstore dan anda dan anda bisa mengetikkan kata kunci Aplikasi Remote TV dan anda akan diberikan berapa pilihan, Ini adalah cara membuat smartphone jadi remote TV yang paling umum.

4. Menginstall Aplikasi

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Menginstall aplikasi

Anda harus memastikan bahwa aplikasi yang akan kamu install memang benar-benar cocok untuk TV mu. Karena banyak sekali remote TV universal yang bahkan merknya belum pernah kamu dengar. Ada remote TV yang universal yang artinya bisa digunakan di hampir semua jenis merk TV. Namun biasanya hanya merk-merk besar saja yang cocok dengan aplikasi ini.

5. Memilih Aplikasi yang Tepat

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Memilih aplikasi yang tepat

Ada aplikasi yang memang bisa berfungsi sebagaimana remote TV ada juga yang hanya bisa memindah saluran tapi tidak bisa mengatur volume atau menu setting. Atau ada juga aplikasi remote yang memiliki banyak iklan. Coba lah install salah satu dan coba pakai untuk terhubung dengan TV anda supaya anda bisa langsung praktek cara membuat smartphone jadi remote TV.

6. Perhatikan Model TV

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Tv Tabung

Jika jenis TV anda adalah televisi tabung namun memiliki sistem operasi android maka anda tinggal mencari remote  yang memiliki fitur Infra red untuk menghubungkan smartphone anda dengan televisinya. Tetapi syaratnya smartphone anda harus memiliki fitur infrared ini supaya bisa berfungsi dengan baik. Jika TV anda sudah termasuk jenis LED maka biasanya akan menggunakan Wifi untuk menghubungkan TV sebagai cara membuat smartphone jadi remote TV.

(Baca Juga: Termudah! Ini 6 Cara Menyalakan Laptop yang Sleep untuk Semua Merek)

7. Menggunakan Google Home

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Menggunakan google home

Salah satu aplikasi yang umum dan mudah penggunaan adalah Google Home. Google Home cocok dengan TV android dan tidak hanya bisa menjadi remote TV namun juga bisa menjadi remote home theater, AC bahkan pemutar musik.

8. Perhatikan Jenis Smartphone

Cara membuat smartphone jadi remote tv - Perhatikan jenis smartphone

Hal lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah jenis smartphone. Jika merk smartphone adalah Samsung, LG, Xiaomi atau Huawei, maka sangat mudah untuk menjadikan smartphonemu menjadi remote TV atau AC karena smartphone merk ini biasanya memiliki fitur Infra Red. Misalnya Xiaomi yang tidak mau kalah saing dengan Google, mereka membuat aplikasi remote untuk kamu yang malas mencari remote TV atau AC. Jika smartphone anda adalah smartphone yang tidak memiliki fitur infrared, jangan khawatir, aplikasi Roku, Unified Remote atau Universal TV remote bisa jadi pilihan untuk smartphone kamu.

Nah demikian adalah cara untuk membuat smartphone jadi remote TV. Tentunya di zaman serba canggih sekarang tidak masalah jika kehilangan remote TV. Dengan cara-cara yang sudah di sebutkan di atas. Bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mengubah smartphone mu menjadi remote TV? 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts