Intip Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak – Bagaimana cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut. Ada baiknya jika Anda mengenal mouse atau kursor itu sendiri. Dengan mengetahui apa itu kursor atau mouse serta beragam fungsi yang dimilikinya, tentunya proses perbaikan pun dapat dilakukan dengan mudah. Kursor atau mouse dikenal sebagai bagian penting dari sebuah komputer. Pasalnya tanpa kursor atau mouse tersebut tentunya penggunaan komputer pun tidak akan berjalan dengan maksimal.

Hal ini berkaitan dengan kerja kursor atau mouse itu sendiri yang berperan sebagai pointer. Tanpa kursor / mouse tentunya setiap aplikasi yang ada dan hendak dijalankan pun tidak akan terbuka. Mengapa demikian? Karena Anda tidak dapat mengklik bagian aplikasi tersebut untuk membukanya. Untuk itu, dapat dipastikan bahwa keberadaan kursor / mouse tersebut sangat membantu Anda dalam menjalankan komputer dengan baik.

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak Dengan Mudah

Salah satu hal yang sangat mengganggu dari kursor / mouse itu tadi adalah ketika terjadi error. Seperti halnya kursor tersebut yang mengalami loading sehingga tidak dapat berfungsi. Tidak hanya itu, ada pula masalah kursor yang tampil secara terputus-putus atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali.

Bagi Anda yang pernah atau mungkin sedang mengalami hal serupa, ada baiknya jika Anda mencoba memperbaikinya. Seperti halnya dengan melakukan cara mengatasi masalah kursor / mouse tidak bergerak yang akan penulis jelaskan kali ini.

Penyebab mouse / kursor yang tidak dapat bergerak

Sebelum menjelaskan tata cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak. Ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan kursor / mouse tersebut menjadi tidak bergerak. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu proses untuk perbaikan pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan kursor / mouse tersebut menjadi tidak bergerak, di antaranya :

  •         Touchpad yang dipukul dengan keras dan kasar, baik itu dilakukan dengan sengaja atau bahkan tidak disengaja.
  •         Mouse yang langsung dicabut dengan kasar dan keras.

Selain kedua penyebab hal tersebut, mouse / cursor sendiri bisa mengalami kerusakan dari bagian lainnya.

Cara tepat atasi mouse atau kursor yang tidak bergerak

Untuk mengatasi masalah tersebut ada dua cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak dengan mudah. Cara tersebut dapat dilakukan dengan menekan tombol FN + F7 / F9. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menonaktifkan pointer ataupun kursor yang mengalami freeze.

(Baca Juga: Hindari! Ini Dia Resiko Bermain HP Sambil Di Cas)

Sedangkan untuk cara kedua, tentunya jauh lebih rumit dibandingkan dengan cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak di bagian atas tadi. Berikut ini adalah beberapa tahapan langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya :

 1. Masuk pada bagian control panel

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak Dengan Mudah - Masuk Pada Bagian Kontrol Panel

Untuk memasuki bagian control panel, tentunya setiap laptop atau bahkan komputer memiliki cara yang berbeda. Namun untuk mempermudah Anda, ada baiknya jika Anda membukanya melalui menu pencarian. Setelah itu ketikan tulisan “Control panel”. Dengan demikian bagian tersebut pun dapat Anda temukan dan buka dengan mudah.

2. Klik pada bagian hardware and Sound

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Klik pada bagian hardware and Sound

Apabila bagian control panel telah terbuka, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih bagian Hardware and Sound.

3. Klik mouse

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Klik Mouse

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Kemudian pastikan untuk memilih bagian Device and Printer. Lalu lanjutkan dengan mengklik bagian Mouse.

4. Klik Enable

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Klik Enable

Setelah muncul tampilan Mouse Properties pada layar laptop / komputer Anda, maka hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memilih bagian Device Settings. Tampilan tersebut umumnya muncul pada penggunaan windows 7, 8 serta 10. Sedangkan pada jenis windows lainnya tampilan Device Setting tersebut dikenal dengan sebutan ELAN.

Setelah memasuki bagian tersebut, pastikan untuk mengklik pilihan menu Enable, setelah itu klik bagian Apply pada pengaturan tersebut dan lanjutkan dengan memilih tombol OK.

5. Percobaan

Apabila beberapa hal di bagian atas tadi telah Anda lakukan dengan baik dan benar. Umumnya mouse / kursor yang semula tidak dapat bergerak pun akan kembali seperti semula. Artinya kursor tersebut dapat kembali bergerak sesuai dengan arahan atau perintah yang Anda lakukan padanya. Karena itulah pada tahapan yang satu ini, dikenal dengan sebutan tahap percobaan.

Proses perbaikan secara fisik

Apabila cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak di bagian atas tadi tidak berhasil Anda lakukan. Tentunya ada cara lain yang dapat coba Anda lakukan, Cara tersebut dikenal dengan bentuk perbaikan secara fisik. Namun untuk melakukan cara yang satu ini tentunya tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Hal tersebut berkaitan dengan berbagai permasalahan yang mungkin akan dihadapinya. Apabila perbaikan dilakukan oleh orang yang tepat, tentunya masalah kursor / mouse yang tidak bergerak pun dapat diatasi dengan mudah. Namun jika perbaikan dilakukan oleh orang yang salah, tentunya kerusakan pun beresiko menjadi lebih parah dan bahkan akan semakin sulit untuk diperbaiki.

Untuk cara perbaiki mouse / kursor yang dilakukan secara fisik, umumnya disebabkan oleh beberapa hal yang berbeda dengan penyebab di bagian atas tadi. Hal tersebut umumnya terjadi karena :

Kabel yang terputus

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Kabel yang Terputus

 

 

Dengan kondisi kabel yang terputus, tentunya konektivitas antara mouse / touchpad dengan komputer atau laptop itu sendiri pun akan terganggu. Sehingga ia tidak dapat bergerak dan melakukan aktivitas sesuai dengan fungsinya

Lampu yang mati

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Lampu Yang Mati

 

Apabila bagian lampu yang menyala pada mouse tidak terlihat menyala kembali, maka dapat dipastikan mouse tersebut pun tidak akan dapat bergerak kembali. Hal tersebut menjadi penanda bahwa terdapat kerusakan di bagian dalamnya.

(Baca Juga: Yuk Simak, 6 Rekomendasi Laptop Murah Terbaik Untuk Mahasiswa)

 

Bagian touchpad yang telah rusak

Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak - Bagian Touchpad Yang Telah Rusak

Selain kerusakan pada jenis mouse di bagian atas tadi. Touchpad yang terdapat pada laptop pun dapat mengalami kerusakan pula. Hal ini tentunya dapat diatasi dengan cara mengganti bagian touchpad tersebut. Akan tetapi, karena jarang sekali laptop yang mengalami kerusakan pada bagian tersebut, tentunya proses perbaikannya pun sedikit sulit untuk dilakukan.

Karena itulah jika Anda tetap ingin memperbaikinya, maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan touchpad yang berasal dari jenis laptop lainnya. Namun pastikan bahwa touchpad yang digunakan tersebut berasal dari jenis laptop yang sama.

Kesimpulan

Merujuk pada penjelasan singkat di bagian atas tadi, tentunya Anda dapat melihat bahwa masalah kursor / mouse yang tidak bergerak itu terjadi karena beberapa alasan. Baik itu alasan yang berkaitan dengan masalah teknis, hingga kerusakan secara fisik.

Karena itulah cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak pun harus disesuaikan dengan penyebab yang dimilikinya. Apabila penyebabnya berasal dari masalah teknis yang berhubungan dengan sistem komputer. Tentunya Anda pun dapat memperbaikinya melalui sistem itu sendiri.  Akan tetapi jika kerusakan terjadi secara fisik, tentunya perbaikan pun harus dilakukan dengan proses penggantian dan lainnya.

Itulah kiranya penjelasan singkat yang dapat penulis jelaskan tentang cara memperbaiki mouse laptop yang tidak bisa bergerak kali ini. Semoga dapat menjadi solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan untuk memperbaikinya dengan lebih mudah.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts