Cara Memperbaiki Smartphone yang Terkena Air

Barang elektronik memang disarankan untuk jauh dari air, termasuk smartphone. Sayangnya, tak jarang hp terkena air ketika sedang di genggam, alhasil semua air masuk ke dalam ponsel dan merusaknya. Jika ponsel sampai rusak,nomor dan berbagai data lain yang terdapat di dalamnya akan hilang. Padahal, data-data tersebut tentu penting.Sekarang kita akan membahas tentang cara memperbaiki smartphone yang terkena air. Mau tak mau hp perlu di service itu pun tidak menjamin data di dalamnya dapat diselamatkan.

Memang benar kini banyak smartphone yang sudah dibekali dengan kemampuan ketahanan air. Namun bukan berarti kamu bisa membiarkannya begitu saja. Ponsel yang sudah dilengkapi dengan spesifikasi tahan air maupun belum tetap butuh diperbaiki agar tak ada satu komponen hp pun yang terdampak karenanya. Berikut cara memperbaiki smartphone yang terkena air yang perlu kamu ketahui.

Cara Memperbaiki Smartphone yang Terkena Air

Tak perlu terlalu khawatir dan panik, hp yang terkena air dapat diselamatkan dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Segera angkat ponsel dari dalam air

 Cara memperbaiki smarthpune yang terkena air - Angkat Ponsel dari dalam air

Cara memperbaiki smartphone yang terkena air  yang perlu kamu lakukan adalah harus segera mengangkat handphone dari dalam air. Pastikan melakukannya sesegera mungkin supaya air tidak merembes dan masuk ke dalam bagian ponsel.

Jika smartphone terkena tumpahan air, lekas ambil dan angkat dari sumber air tersebut. Perlu diingat jika air bisa masuk melalui celah sempit yang ada pada ponsel, misalnya pada lubang charger atau pada lubang jack.

Jika ponsel yang terkena air ternyata sedang dalam kondisi di charge, maka lepaskan charger tersebut terlebih dahulu dari listrik. Kemudian, baru pisahkan ponsel dengan charger tersebut.  Pasalnya, mengambil ponsel yang sedang di charger dalam keadaan basah bisa berbahaya. Ini sebabnya penting untuk mengambil ponsel tersebut setelah tidak tersambung dengan charger.

  • Jangan nyalakan ponsel terlebih dahulu

 Cara memperbaiki smarthpone yang terkena air - Jangan nyalakan handphone terlebih dahulu

Cara memperbaiki smartphone yang terkena air kedua adalah jangan menyalakan smartphone terlebih dahulu. Ketika ponsel terkena air baik terkena tumpahan atau masuk dalam genangan air, disarankan untuk tidak menyalakan ponsel terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan, menyalakan ponsel dalam keadaan yang belum kering dapat menyebabkan arus pendek. Bukan hanya itu, komponen yang terdapat di dalam nya juga bisa mengalami kerusakan yang lebih parah. Jika sudah begini, akan sulit untuk mengembalikan ponsel ke keadaan semula dan dapat menyebabkan hp menjadi mati

  • Lepaskan memory card, baterai serta sim card

Cara memperbaiki smarthpone yang terkena air - Lepaskan memory  card, bateraiserta simcard

Jika dua cara memperbaiki smartphone yang terkena air tersebut sudah dilakukan, ini saatnya melakukan cara perbaiki smartphone yang terkena air. Lepaskan sim card, bateraai serta memory card pada ponsel. Tujuannya untuk mencegah timbulnya kerusakan yang lebih fatal pada bagian-bagian tersebut. Jangan lupa untuk melepaskan casing hp ketika mengeringkan ponsel. Dengan begitu, bagian ponsel dapat kering secara menyeluruh.

(Baca Juga: Hindari! Ini Dia Resiko Bermain HP Sambil Di Cas)

  • Keringkan hp

Cara memperbaiki smarthpune yang terkena air - Keringkan HP

Cara memperbaiki smartphone yang terkena air adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu. Hal ini wajib untuk dilakukan supaya ponsel dapat kembali digunakan dan kerusakan dapat dicegah. Keringkan ponsel baik bagian dalam maupun bagian luarnya. Untuk alat bantunya bisa menggunakan penghisap udara atau bisa juga menggunakan mesin compressor. Namun, jika tak memilikinya, kamu bisa menggunakan cara manual dengan menjemurnya di bawah sinar matahari, diamkan hingga ponsel mongering. Perlu diperhatikan, ketika menjemur hp hadapkan layarnya membelakangi sinar matahari. Psalnya, bagian tersebut dapat mengalami kerusakan saat terkena sinar matahari secara langsung.

Cara lain yang bisa digunakan yakni menggunakan vacuum cleaner. Alat penyedot debu tersebut juga efektif untuk mengeringkan ponsel dari sisa-sisa air. Pastikan untuk tidak mengarahkan handphone terlalu dekat dengan bagian corong vacuum cleaner. Penyedot debu sendiri bisa menghasilkan listrik statis yang berbahaya apalagi jika terkena air.

  • Kubur ponsel di beras

Cara memperbaiki smarthpone yang terkena air - Kubur hp dalam beras

Jika beberapa Cara memperbaiki smartphone yang terkena air tadi dianggap masih beresiko, kamu bisa mencoba mengeringkannya dengan cara lain. Yakni, dengan mengubur ponsel ke dalam beras. Beras sendiri mudah menyerap air dan sifatnya pun kering dengan begitu air pada ponsel bisa lebih mudah hilang jika menggunakan cara ini.

Langkahnya pun terbilang mudah, lepaskan semua komponen yang menempel pada ponsel seperti baterai, sim card dan memory card. Taruh ponsel dan semua komponen tersebut dalam beras sampai airnya diserap oleh beras tersebut. Namun, cara ini cukup memakan waktu, pasalnya kamu perlu mendiamkan hp pada beras setidaknya 2 sampai 3 hari.

  • Gunakan silica gel

Cara memperbaiki smarthpone yang terkena air - Silica Gel

Silika gel bukan hanya dapat mengeringkan hp dari air namun juga membantu menghilangkan kelembabannya. Cara untuk mengeringkannya juga mudah, sama seperti saat menggunakan beras. Kamu hanya perlu melepas semua komponen ponsel, kemudian kubur hp dan komponen yang sudah dicopot dalam tumpukan silika gel yang sudah disiapkan. Tunggu hingga air benar-benar terserah secara menyeluruh pada silika gel.

Dilarang menggunakan hair dryer

Ada 5 cara yang bisa digunakan untuk mengeringkan ponsel yang terkena air. Namun dilarang untuk menggunakan hair dryer. Meskipun alat yang satu ini bisa menghilangkan air, tapi bukan solusi yang tepat untuk dijadikan sebagai cara memperbaiki smartphone yang terkena air. Pasalnya, hair dryer akan menghasilkan udara panas yang justru dapat merusak komponen hp. Jika alat ini digunakan justru akan menyebabkan air yang terperangkap dalam ponsel pintar menjadi menyebar dan menyebabkan kerusakan yang lebih fatal.

(Baca Juga: Pekerjaan Menggunakan Handphone? Ini Dia HP dengan baterai tahan lama)

  • Pasang semua komponen kembali

 Cara memperbaiki smarthpone yang terkena air - Komponen Hp

Jika kamu sudah melakukan cara memperbaiki smartphone yang terkena air seperti langkah di atas, ini saatnya untuk memasang semua komponen kembali pada tempatnya. Sebelum memulai, pastikan ponsel memang sudah benar-benar kering. Pasang satu persatu komponen pada hp. Jika sudah nyalakan kembali smartphone tersebut. Jika baterai ponsel lemah, ada baiknya charge dahulu sebelum kamu menyalakannya. Jika baterai sudah terisi penuh, kamu bisa menyalakan ponsel tersebut.

Beberapa Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Smartphone Terkena Air

Supaya tidak salah langkah ketika melakukan cara memperbaiki smartphone yang terkena air, kamu perlu mengetahui apa-apa saja yang sebaiknya tidak boleh dilakukan. Jangan sampai perbaikan tersebut malah membuat smartphone mengalami kerusakan yang lebih parah.

  1.       Jangan menghidupkan hp sesaat setelah smartphone terkena air. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hal yang satu ini terlarang untuk dilakukan. Pasalnya, zat cair akan mengakibatkan hal negatif ketika “disatukan” dengan barang elektronik.
  2.       Jangan sambungkan smartphone pada tenaga listrik. Jangan coba charger atau menyambungkan hp yang basah pada tenaga listrik. Hal ini berbahaya, bahkan bisa membuat kesetrum.
  3.       Jangan terlalu banyak menggerakan smartphone. Air yang terperangkap pada ponsel akan bergerak hingga menyebabkan komponen penting pada ponsel menjadi basah dan rusak.
  4.       Jangan gunakan oven dan hair dryer karena dapat memperparah kerusakan smartphone
  5.       Tombol yang boleh digunakan saat hp terkena air hanyalah tombol turn off saja. Jangan menekan tombol lain karena justru akan menyebabkan air semakin masuk pada sela-sela smartphone.

 

 

Total
16
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts