Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 Agar Tetap Produktif

Salah satu hal penting untuk dipahami di zaman sekarang ini adalah mengenai cara mengatasi laptop lemot windows 10. Sebab, tanpa memahami hal ini, kinerja seseorang akan menjadi tidak produktif.

Laptop sudah menjadi salah satu perangkat wajib dalam bekerja. Beberapa pekerjaan dan profesi mensyaratkan kepemilikan laptop agar bisa dilakukan. Selain itu, laptop juga sangat membantu untuk menunjang pekerjaan lainnya.

Selain untuk bekerja, laptop juga merupakan media hiburan untuk para penggunanya. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan laptop. Mulai dari bermain game hingga menonton film kesukaan.

Semua hal ini akan bisa dijalankan bila laptop dapat berjalan normal. Bahkan akan lebih baik lagi bila laptop bisa berjalan kencang. Sehingga setiap program yang dibuka dapat dijalankan dengan cepat.

Namun seringkali laptop mengalami masalah ketika sudah beberapa lama digunakan. Hal ini membuat laptop menjadi lemot dan tidak dapat menjalankan program dengan cepat. Sehingga membuat pengguna sangat terganggu.

Memahami Beberapa Penyebab Laptop Lemot

Untuk bisa mengetahui cara mengatasi laptop lemot windows 10, Anda harus memahami terlebih dahulu beberapa sebab laptop lemot. Sehingga penyebab tersebut dapat benar-benar dihilangkan dan laptop menjadi cepat.

Dengan memahami hal ini, Anda juga akan bisa melakukan langkah pencegahan. Dengan begitu kecepatan kinerja laptop dapat terjaga dan tidak mengalami penurunan. Sehingga Anda tidak akan mengalami gangguan dalam mengoperasikannya.

Sebenarnya ada banyak penyebab laptop lemot. Namun dalam artikel kali ini, kami hanya memberikan beberapa penyebab yang paling sering dialami para pengguna laptop. Berikut adalah hal-hal yang membuat laptop lemot.

  • OS Jarang Di Update

cara mengatasi laptop lemot

OS atau sistem operasi adalah perangkat lunak yang menjalankan seluruh proses kinerja laptop. Windows 10 adalah salah satu dari beberapa OS yang tersedia di pasaran.

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 adalah dengan rutin update OS. Karena jika jarang melakukan update, performa OS akan semakin menurun. Sehingga membuat kemampuan menjalankan program terhambat.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot, Coba Perhatikan Bagian Berikut)

  • Terlalu Banyak Menginstal Program

cara mengatasi laptop lemot

Ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan laptop. Untuk melakukan berbagai hal tersebut, Anda harus memasang program pada laptop. Karena program tersebutlah yang akan melakukan beragam fungsi.

Setiap program yang diinstal akan memberikan beban tersendiri pada laptop. Seperti beban prosesor, memori dan RAM. Sehingga semakin banyak program akan semakin banyak juga beban pada laptop.

  • Terkena Virus

cara mengatasi laptop lemot - virus

Salah satu masalah paling serius untuk para pengguna laptop adalah virus. Virus adalah program jahat yang menyerang sistem pada laptop. Sehingga membuat laptop tidak dapat bekerja secara optimal.

Pentingnya Memahami Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Setelah mengetahui penyebab laptop lemot, maka selanjutnya Anda juga perlu memahami cara mengatasinya. Sehingga Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut seorang diri tanpa bantuan orang lain.

Mengatasi laptop lemot memang bisa dilakukan dengan membawanya pada tempat servis. Anda cukup menunggu hingga laptop selesai diperbaiki oleh profesional dan dapat bekerja kembali secara normal.

Namun tentu cara ini memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pertama adalah Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membuat laptop kembali cepat. Bahkan uang yang harus dikeluarkan bisa cukup banyak.

Bahkan dalam beberapa kasus, Anda akan disarankan untuk mengganti beberapa komponen seperti hard disk dan RAM. Padahal sebenarnya penggantian tersebut tidak harus dilakukan untuk membuat laptop kembali cepat.

Namun karena Anda tidak memahami cara mengatasi laptop lemot windows 10, maka Anda bisa setuju-setuju saja pada saran tersebut. Sehingga uang yang dikeluarkan akan lebih besar dari seharusnya.

Selain itu melakukan servis pada laptop tentu akan membutuhkan waktu. Terlebih bila terdapat banyak laptop yang diservis. Laptop Anda bisa ditahan dalam beberapa hari hingga proses servis selesai.

Tentunya hal ini akan sangat menghambat pekerjaan Anda. Karena selama menunggu tersebut, Anda tidak bisa menggunakan laptop. Artinya selama itu juga Anda tidak bisa bekerja.

Jika Anda mengetahui cara untuk mengembalikan kecepatan laptop, maka tidak perlu lagi untuk menunggu. Paling lama hanya dalam waktu satu hari laptop sudah dapat Anda gunakan kembali dengan normal.

Bahkan jika ternyata masalah penyebab laptop lemot tidak terlalu rumit, bisa Anda selesaikan hanya dalam beberapa jam. Hal ini pasti akan sangat memudahkan dan menunjang produktivitas Anda.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Rutin Melakukan Update OS

Seperti telah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab laptop lemot adalah jarang melakukan update OS. Ada banyak penyebab seseorang jarang melakukan update OS. Padahal dampaknya sangat besar pada kinerja laptop.

Salah satu persoalan utama seseorang enggan melakukan update OS adalah karena masalah kuota internet. Karena memang update OS biasanya membutuhkan kuota internet yang cukup besar.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan pergi ke kafe atau tempat umum yang menyediakan wifi gratis. Sehingga Anda tidak harus mendownload update OS dengan menggunakan kuota sendiri.

Dengan cara ini, Anda bisa menghemat kuota internet namun tetap memastikan OS selalu update. Sehingga laptop bisa terhindar dari kata lemot. Kinerja Anda juga tidak akan terganggu.

Cara mengatasi laptop lemot windows 10 ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Karena sekarang sangat banyak tempat-tempat dengan layanan wifi gratis. Anda tidak perlu pusing untuk mencarinya.

Hal lain yang menjadi masalah sehingga seseorang enggan untuk melakukan update OS adalah tidak tahu caranya. Padahal cara melakukan update OS sangatlah mudah. Bahkan untuk windows 10, update dilakukan otomatis.

Anda cukup pergi ke bagian settings. Lalu klik pada tab update & security dan pilih check for updates. Setelah itu laptop akan melakukan pengecekan apakah ada update tersedia atau tidak.

Jika update tersedia, sistem akan memberikan info tersebut pada Anda. Cukup klik untuk melakukan update dan tunggu hingga selesai. Laptop akan melakukan restart dalam proses update OS tersebut.

(Baca Juga: Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Agar Tidak Boros Kuota)

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Menyeleksi Program yang Diinstal

Selain OS, program yang terpasang dalam laptop juga harus diperhatikan. Karena program juga merupakan salah satu penyebab laptop mengalami perlambatan. Sehingga program yang diinstal perlu diseleksi.

Khususnya pada beberapa program yang sudah tidak lagi Anda gunakan. Maka Anda bisa menghapus program tersebut dari laptop. Berikut adalah langkah-langkah dalam menghapus program dari laptop.

  • Pergi ke Control Panel dengan klik start dan ketik Control Panel lalu enter.
  • Klik pada pilihan uninstall program.
  • Selanjutnya Anda akan diberikan list program yang terinstal di dalam laptop.
  • Cara mengatasi laptop lemot windows 10 adalah dengan memilih program yang sudah tidak digunakan.
  • Jika sudah menemukan beberapa program yang tidak pernah Anda gunakan, klik kanan pada program tersebut.
  • Lalu klik unsintall.
  • Tunggu hingga proses uninstall selesai.

Dengan cara di atas, memory laptop Anda akan menjadi lebih lega. Selain itu, beban laptop juga akan berkurang karena program-program tidak terpakai sudah dihapus.

Selain menghapus program tidak terpakai, cara mengatasi laptop lemot windows 10 juga dilakukan dengan menyeleksi program yang hendak diinstal. Hal ini agar laptop Anda terhindar dari virus berbahaya.

Untuk melakukannya Anda bisa menggunakan program anti virus. Ada banyak program anti virus untuk dipilih. Gunakan anti virus kepercayaan Anda sebagai pelindung laptop dari berbagai program jahat.

Anti virus akan memberikan peringatan pada Anda jika ada program jahat yang hendak dipasang. Sehingga Anda bisa langsung membatalkan proses pemasangan dan membuat laptop terhindar dari virus.

Laptop adalah salah satu perangkat wajib yang harus dimiliki di zaman modern seperti sekarang. Karena ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan laptop.

Laptop dapat dijadikan sebagai alat kerja yang membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan. Mulai dari pengelolaan dokumen, melakukan editing gambar, menulis dan lain sebagainya. Selain itu laptop juga bisa dijadikan media hiburan.

Karena dengan laptop Anda bisa bermain game, mendengarkan musik hingga menonton film. Sehingga bukan hanya membuat Anda produktif, laptop juga bermanfaat untuk merefresh pikiran agar jernih kembali. 

Namun salah satu persoalan yang sering terjadi terhadap laptop adalah mengalami perlambatan proses kinerja. Sehingga hal-hal yang disebutkan sebelumnya tidak dapat dijalankan dengan baik dan optimal.

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Bahkan Anda tidak harus bergantung pada tempat servis untuk mengembalikan kecepatan laptop. Cukup lakukan beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 10 di atas.

Total
18
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts