Cara Mengatasi Laptop Lemot, Coba Perhatikan Bagian Berikut

ara mengatasi laptop lemot

Ada beberapa cara mengatasi laptop lemot yang bisa Anda gunakan tanpa harus pergi ke service center. Tidak bisa dipungkiri, keadaan perangkat komputer berjalan lambat memang menyebalkan. Apalagi, kalau terburu-buru.

Kemudian, perlu membuka sebuah file penting, pasti keadaan tersebut terasa sangat menyebalkan. Ada beberapa penyebab yang menjadi dasar mengapa kondisi tersebut dapat terjadi. Misalnya saja harddisk atau perangkat keras.

Mungkin, usia dari komponen tersebut sudah terlalu tua. Untuk barang elektronik, usia 5 tahun itu sudah termasuk tua. Apakah bisa dilakukan pemeriksaan dan pembenahan? Jawabannya tidak solusi utamanya adalah ganti.

Jangan heran bila hal seperti ini sering terjadi. Bila diibaratkan harddisk adalah otak manusia. menyimpan segala memori dan dokumen. Coba saja bayangkan bila sudah berumur, pasti cara berpikir akan lambat.

Begitu juga dengan komponen tersebut, oleh karena itu cara mengatasi laptop lemot karena, umur HDD sudah tua adalah dengan mengganti yang baru. Untuk harganya dapat disesuaikan dengan jenis laptop.

Serta kapasitas yang diinginkan. Mulai dari 500 gb dan paling murah dikisaran Rp400 ribu ini untuk penjualan offline. Bila menginginkan online, bisa langsung datang ke shop center.

Apakah permasalahannya karena, harddisk saja? Bukan, berikut ini penjelasan lengkap mengenai berbagai penyebab mengapa salah satu komputer Anda lemot dan langkah mudah dalam mengatasinya tanpa harus ke service center.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Virus

cara mengatasi laptop lemot

Penyebab berikutnya mengapa laptop lemot terjadi karena, diserang oleh virus. Mungkin, Anda tidak sadar komponen lain seperti flashdisk sebenarnya sudah ada virusnya, masuk ke perangkat kemudian menyebar ke seluruh jaringan.

Penyakit tersebut biasanya menyerang beberapa komponen vital. Bila terus dibiarkan begitu saja maka, laptop bisa mati total dan solusinya harus ganti baru. Sayangnya, penggantian unit belum lepas dari masalah.

Contohnya, ada beberapa file penting atau foto bersejarah yang disimpan. Kemudian, virus datang dan merusaknya. Kalau semua itu masih bisa diselamatkan Anda masih lega karena, foto adalah barang mahal.

Kejadiannya, sulit untuk dilakukan untuk kedua kalinya. Kalau kondisinya semua foto tersebut hilang? Anda pasti akan kecewa, pergantian unit terasa sia-sia bukan? Oleh karena itu cara mengatasi laptop lemot.

(Baca Juga: Cara Menonaktifkan Update Windows 10 Agar Tidak Boros Kuota)

Bila permasalahannya karena ada virus Anda dapat melakukan instalasi antivirus. Ada banyak pilihan terbaik di internet mulai dari smadav, anvast, McAfee, atau Avira. Berikut cara melakukan penginstalannya.

  • Buka situs resmi antivirus misalnya saja Smadav
  • Biasanya Ada dua pilihan gratis atau berbayar, lebih disarankan berbayar karena, fasilitasnya lengkap dan kemampuannya terpercaya.
  • Bila pilih gratis klik download 
  • Setelah terunduh, buka bagian folder pengunduhan
  • lakukan setup agar terinstal sempurna ke dalam perangkat
  • Selanjutnya, perhatikan berbagai langkah yang sudah dijelaskan
  • Antivirus sudah dapat digunakan.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Akibat RAM

cara mengatasi laptop lemot

Hampir semua perangkat komputer menggunakan istilah RAM. Bahkan, handphone juga mulai memakainya. Bila dilihat dari pengertiannya, Random Acces Memory ini mempunyai peranan penting dalam membaca berbagai data.

Termasuk yang terdapat dalam harddisk. Selain itu, fungsi lain dari komponen ini juga membantu kinerja dari grafis sampai pengolahan data. Sementara, untuk harga laptop kelas menengah ke bawah.

Biasanya hanya ditenagai maksimal 4 GB saja. Angka tersebut dirasa sangat kurang, terutama bagi Anda yang menggunakan perangkat tersebut untuk kinerja berat. Contohnya, editing video atau gaming.

Dari ilustrasi ini pasti, Anda sudah tahu bukan. Alasan mengapa laptop Anda berjalan sangat lambat adalah RAM telah mencapai batas. Oleh karena itu, cara mengatasi laptop lemot seperti ini.

Pertama, dengan uninstall beberapa aplikasi tidak perlu. Mungkin, jarang sekali digunakan atau sebenarnya, dapat diganti dengan baru. Berikut beberapa langkah untuk memeriksa kondisi Random Acces Memory sekaligus mengurangi bebannya.

  • Buka bagian task manager di perangkat
  • Pilih menu personalize
  • Di sana ada kolom ketik saja “task manager”
  • Masuk ke Tab performance
  • Disana Anda dapat melihat kapasitasnya
  • Hapus aplikasi tidak perlu

Langkah kedua paling mudah cukup dengan, menggantinya saja dan usahakan upgrade misalnya dari 4GB menuju ke 8 GB atau seterusnya. Untuk harganya sendiri tergantung dengan merek serta kapasitas.

Bila ingin melakukan pembelian secara offline, sudah tersedia di berbagai macam E-Commerce dengan harga mulai dari Rp400 ribu. Sebelum beli, perlu perhatikan dulu kualitasnya jangan hanya asal murah saja.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Banyak Beban

cara mengatasi laptop lemot

Memang, peran dari perangkat ini semakin mahal harganya dan chip di dalamnya bagus maka, pekerjaan multitasking pasti mampu dikerjakan dengan mudah. Hanya saja, pekerjaan seperti ini terasa membebani.

Kebiasaan membuka berbagai macam aplikasi dalam satu waktu membebani kinerjanya. Apalagi, kalau kebiasaannya Anda download file dengan kapasitas sampai 2 GB. Karena, lama menunggu mengerjakan lainnya. Memang bisa dilakukan.

Hanya saja, kondisinya kurang bagus bagi keadaan perangkat komputer Anda. Cara mengatasi laptop lemot akibat kebiasaan seperti ini cukup mudah saja. Buka satu sampai lima aplikasi, jangan lebih.

Hanya saja disarankan tiga cukup. Jangan pernah, melakukan pekerjaan multitasking berlebihan dengan download dua file kapasitasnya di atas 1 GB. Bukan hanya kinerjanya akan lemot tetapi, berpengaruh ke lainnya.

Terutama pada kondisi baterai pasti akan bermasalah. Kenapa bisa sampai ke bagian tersebut? Pada saat proses download, kinerja mesin biasanya dua kali lebih besar. Jika, terus dibiarkan kondisi kurang bagus.

Dapat mempengaruhi baterai karena, keadaan panas dalam laptop menyebabkan konsumsinya berjalan lebih cepat. Jadi, perhatikan dulu bagaimana kinerja Laptop Anda. Apakah mampu untuk multitasking atau hanya bisa beberapa saja.

Kebiasaan seperti ini merupakan bentuk perawatan terbaik. Perlu diingat, perangkat komputer tersebut usianya bisa lama asalkan benar dalam merawatnya. Salah satunya bagaimana cara memakainya sesuai saran pabrik atau tidak.

(Baca Juga: Simak Yuk, Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah)

Cara Mengatasi Laptop Lemot Dengan Update

Saat menggunakan perangkat ini mungkin, para penggunanya sering mengeluh jika, terus meminta pembaruan. Sebenarnya, apa yang terjadi dalam pembaharuan tersebut? Apakah itu penting? Jawabannya adalah sangat penting dan wajib dilakukan.

Pembaharuan ini membuat perangkat Anda lebih baru hal ini merupakan satu metode terbaik menjaga performanya. Dalam pembaharuan tersebut biasanya memperbaiki kinerjanya. Misalnya, soal keamanan belum mampu face unlock.

Setelah Anda melakukan update, ternyata, keamanan menggunakan pemindai wajah itu dapat digunakan. Dengan kata lain, perangkat semakin aman dari beberapa tangan nakal yang ingin mencuri file atau dokumen.

Cara mengatasi laptop lemot dengan melakukan update seperti ini membuat bug semakin lebih baik. Seperti diketahui, bahwa bug sendiri merupakan kesalahan kurang wajar terjadi baik pada software atau hardware.

Kehadirannya akan selalu ada di setiap perangkat atau aplikasi. Inilah alasan utama mengapa Anda perlu melakukan update. Agar kesalahan tersebut dapat dihindari. Minimnya bug membuat perangkat lebih cepat.

Lalu kapan perangkat harus mengalami pembaharuan? Memang belum bisa dipastikan kapan Anda harus melakukannya, menunggu saja perintah dari komputer. Untuk waktunya sendiri tergantung apakah banyak atau sedikit.

Jika, perlu banyak perbaikan dan penambahan fasilitas biasanya butuh waktu beberapa jam. Kalau hanya mengatasi masalah satu atau dua maksimal 40 menit sudah selesai. Bahkan, ada yang 20 menit saja.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Perawatan Terbaik

Terakhir, cobalah lakukan berbagai jenis perawatan terbaik. Misalnya saja, mengganti HDD dengan SDD. Di mana performanya jauh lebih baik dan kencang. Sayangnya, untuk harga serta kapasitas lebih mahal.

Tetapi, bila Anda termasuk orang yang peduli dengan performa. Langsung saja menggantinya tanpa berpikir panjang. Rasakan bagaimana perbedaannya. Berikutnya, tambahkan beberapa aksesoris terutama pendingin agar mesin tidak panas.

Sebenarnya, laptop sudah dibekali dengan pendingin bawaan. Sayangnya, semakin usia bertambah sistemnya juga akan berkurang kekuatannya. Jadi, perlu adanya penambahan aksesoris seperti kipas angin menghindari overheat secara berkelanjutan.

Menjaga suhu agar tetap dingin efeknya sangat banyak. Terutama soal menjaga kondisi laptop tetap awet. Tetapi, dalam melakukan pembelian harus berkualitas. Atau bisa juga ditambah penghisap panas.

Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp50 ribu bahkan, ada yang mencapai ratusan ribu. Sesuai dengan merek dan kekuatannya. Jangan lupa lakukan upgrade pada beberapa bagian seperti, motherboard.

Berbagai langkah bisa Anda lakukan untuk mengatasi kinerja perangkat komputer ini melambat hanya saja lihat dulu penyebabnya. Dengan begitu cara mengatasi laptop lemot akan jauh lebih efektif.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts