Simak Yuk, Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah

cara menghapus cache di laptop

Cara menghapus cache di laptop menjadi salah satu langkah yang sering dicari. Apalagi jika mendapati keadaan laptop berubah menjadi lemot. Ketika laptop berubah menjadi lemot, besar kemungkinan laptop dipenuhi dengan cache.

Cache yang belum dihapus dengan baik ini semakin lama akan semakin menumpuk kemudian membuat laptop Anda menjadi begitu lemot. Cache biasanya mengisi memori penyimpanan dalam laptop. 

Memori yang terus menerus tertimbun bersama dengan file sampah ini membuat performa mengalami penurunan. Sebenarnya, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan agar laptop bersih dari cache.

Mengenal Pengertian dari Cache Laptop

Sebelum mencari tahu cara menghapus cache di laptop, tidak ada salahnya mengenal apa itu cache terlebih dahulu. Cache adalah sebuah proses penyimpanan data HTML serta gambar sementara yang berasal dari situs pencarian.

Cache ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bandwidth serta meminimalkan loading dari server sehingga halaman website menjadi jauh lebih cepat ditampilkan. Pada dasarnya, penggunaan cache memang membuat kita jauh lebih cepat dalam mengakses internet.

Sayangnya, meskipun membuat kita lebih cepat dalam mengakses internet, namun file cache yang begitu banyak menumpuk malah membuat performa laptop menjadi kurang maksimal dan mengalami penurunan. Inilah alasan mengapa cara menghapus cache di laptop penting diketahui. 

Cache terbagi menjadi 2 kategori. Pertama ialah server side caching. Jenis ini disimpan di dalam server website. Server side ini terdiri atas berbagai macam jenis seperti object cache, database cache serta DNS cache. 

Ada juga client side caching. Jenis ini adalah kumpulan data yang berada di dalam PC atau laptop yang bisa dengan mudah digunakan sewaktu-waktu. Jenis ini sering dikenal dengan nama browser cache dan termasuk di dalam kategori client-side caching. 

Untuk jenis cache ini, Anda dapat melakukan pengecekan seminggu sekali. Setelah seminggu, Anda dapat mengecek apakah cache tersebut tidak memakan banyak tempat atau justru memenuhi tempat Anda. 

Jenis-jenis Cache Laptop yang Harus Diketahui

cara menghapus cache di laptop - jenis-jenis cache di laptop

Setelah mengenal pengertian cache, Anda juga harus mengetahui jenis cache laptop sebelum mencari tahu cara menghapus cache di laptop. Berikut jenis cache laptop:

Memory cache

Memory cache atau yang sering disebut dengan RAM merupakan porsi memori yang sengaja dibuat menggunakan kecepatan tinggi. tipe ini lebih efektif karena semua program bisa dengan mudah diakses atau diperintah berulang kali.

Ini berarti, akan semakin banyak informasi yang berada di dalam static RAM, laptop yang sering digunakan, juga akan semakin banyak informasi yang tersimpan di dalamnya, dibandingkan dengan laptop jarang digunakan. 

Jenis cache ini memiliki 3 level. Level L1 merupakan internal cache. Internal cache ini menghuni di bagian CPU serat DRAM. Kecepatan akses dari L1 ini paling tinggi dibandingkan dengan yang lain. 

Ada juga L2. Jenis L2 ini memiliki kapasitas yang lebih besar. kurang lebih 256 Kb hingga 2 Mb. Tetapi kecepatannya sedikit lebih lamban. Terakhir adalah L3, fungsinya untuk mengatur data yang diakses. 

(Baca Juga: Simple, Ini Dia Cara Instal Ulang Laptop Sendiri dengan Cepat Anti Ribet)

Disk cache

Disk cache beda dengan memori cache. Jenis ini berpatokan pada prinsip sama. Namun cache ini tidak menggunakan data yang berkecepatan tinggi namun menggunakan memori konvensional yang sering disebut dengan DRAM, sehingga lebih lambat.

Cara kerja yang dimiliki disk cache adalah menjalankan aplikasi yang memerlukan data dari disk. Nantinya aplikasi akan memeriksa ketersediaan data di memory buffer. Disk cache bisa memberi dapat kecepatan signifikan.

Web cache

Jenis yang terakhir ini diadopsi pada aplikasi-aplikasi seperti Google Chrome, Opera dan Firefox. Cache ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan ketika Anda menjelajah di dunia maya. 

Cara Menghapus Cache di Laptop Tanpa Aplikasi

cara menghapus cache di laptop - menghapus cache di laptop tanpa aplikasi

Sebenarnya, untuk membersihkan cache ini, Anda tidak perlu menggunakan aplikasi. Berikut langkah membersihkan cache di laptop tanpa menggunakan aplikasi:

Tekan tombol Windows+R, dan tunggu hingga terbuka. Ketikkan prefetch, enter. Nantinya file cache ada di jendela file explorer, klik delete. 

Tekan tombol Win+R di keyboard laptop Anda. Cara ini dilakukan untuk membuka fitur Run, kemudian Anda bisa mengetik temp, di kolom yang sudah tersedia, kemudian tekan enter.

Setelah menekan enter, nantinya Anda akan diarahkan di jendela file explorer dan banyak file cache di sana. Select seluruh file dengan cara menekan CTRL+A. Anda bisa segera menekan tombol delete. Cara menghapus cache di laptop ini cukup mudah. 

Anda bisa membuka file explorer yang berada di dalam laptop, kemudian klik menu this PC. Nantinya Anda akan melihat semua drive di dalam laptop. Dalam ikon C, klik kanan mouse kemudian pilih properties.

Nantinya pada jendela local disk (C: ), Properties terbuka. Dan klik tombol disk cleanup. Jika sudah selesai, Anda dapat membuka recycle bin, kemudian klik kanan di area kosongnya. Pilih empty recycle bin. 

Namun, bila laptop yang Anda miliki adalah Mac. Berikut langkah yang dapat Anda lakukan:

Buka Mac Finder, setelah jendela finder terbuka, di bagian menu bar Anda dapat mengklik menu go. Nantinya drop down muncul, dan pilih Go To Folder. Jendela akan terbuka. 

Pada kolom yang disediakan, Anda bisa mengetik library dan klik go. Nantinya berbagai macam folder ditampilkan. Pilih move to trash. 

Cara Menghapus Cache di Laptop Menggunakan Aplikasi

cara menghapus cache di laptop - menghapus cache menggunakan aplikasi

Bila ingin menghapus cache di dalam laptop menggunakan aplikasi, salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah CCleaner. CCleaner menjadi salah satu software yang cukup baik sekarang ini. apalagi berbagai macam keunggulan dan fitur dimiliki CCleaner.

CCleaner memiliki sifat freemium sehingga Anda dapat menggunakan software ini dengan gratis namun tetap dapat menggunakan versi berbayar. Untuk versi berbayar, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 280 ribuan saja. 

Tetapi, dengan menggunakan fitur free CCleaner saja, Anda akan memperoleh pembersihan yang sangat optimal. Selain itu, CCleaner dapat menghapus cache dengan menyeluruh bahkan dapat membersihkan file yang sudah tidak dibutuhkan.

Pembersihan file yang sudah tidak diperlukan tentu saja menjadi fitur bagus yang mungkin tidak bisa dilakukan ketika mengikuti cara menghapus cache di laptop biasa. Berikut langkah menggunakan CCleaner untuk membersihkan cache laptop:

Download software CCleaner terlebih dulu. Anda bisa melakukan download secara langsung di situs resmi CCleaner. Setelah berhasil terdownload dengan baik, instal kemudian buka aplikasi. Anda bisa menjalankan perintah analyze. 

Tekan analyze sehingga bisa menganalisa seperti apa laptop Anda dengan cepat. di sini, Anda juga dapat mengatur kemudian memilih mana saja file yang ingin dihapus pada menu custom clean.

Setelah selesai, Anda bisa memilih registry. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung membersihkan seluruh file sampah. Nantinya akan keluar perintah untuk melakukan pembersihan file dengan memilih clean all. 

Bila sudah selesai, berarti seluruh cache yang berada di dalam laptop Anda sudah terhapus dengan baik oleh aplikasi CCleaner ini, dan cara menghapus cache di laptop selesai dilakukan. 

(Baca Juga: Perbandingan Intel dan AMD, Prosesor Mana yang Lebih Baik?)

Tips Agar Laptop Tidak Penuh dengan Cache

Jika sudah selesai melakukan pembersihan cache di dalam laptop, pasti Anda tidak ingin cache tersebut kembali memenuhi laptop kesayangan bukan. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar cache tidak penuh, seperti:

Bersihkan secara berkala

Agar tidak terlalu penuh, pembersihan cache secara berkala bisa dilakukan. Anda bisa menjadwalkan pembersihan seperti melakukan pembersihan cache seminggu sekali. 

Mengaktifkan storage sense

Storage sense sebenarnya digunakan untuk mengatur cache yang berada di dalam laptop. Dengan mengatur cache di dalam laptop, cache ini akan secara otomatis dioptimalisasi oleh Windows.

Jika Anda sudah melakukan langkah cara menghapus cache di laptop, Anda juga bisa mengaktifkan fitur ini dengan cara mengklik kolom search, kemudian klik storage sense, kemudian buka. Pastikan kembali jika pengaturan storage sense telah aktif. Kemudian tutup jendela. 

Instal aplikasi pembersih cache

Sebenarnya, agar cache tidak terlalu penuh. Anda bisa menginstal aplikasi yang digunakan untuk membersihkan cache. Karena, terkadang kita sendiri malas untuk melakukan pembersihan. 

Banyak aplikasi yang didesain khusus agar bisa mengoptimalisasi sistem sehingga berada di dalam kinerja maksimal. Anda dapat memilih aplikasi pembersih cache yang gratis jika keberatan membayar biaya langganan. 

Terkadang, ketika laptop berubah menjadi lemot, kita akan sangat kesal. Sayangnya, hal tersebut tidak dibarengi dengan ketelatenan perawatan. Padahal, sekarang ini tidak sedikit cara menghapus cache di laptop yang dapat dipraktekkan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts