Termudah! Ini 6 Cara Menyalakan Laptop yang Sleep untuk Semua Merek 

Pengertian dari laptop yang dalam keadaan sleep yaitu ketika Anda tidak menggunakan laptop yang sedang menyala dalam jangka waktu tertentu, tergantung dari konfigurasi dari laptop masing-masing. Nah, jika dalam jangka waktu tersebut tidak ada aktivitas apapun dari pengguna, maka laptop akan sleep secara otomatis.

Mode sleep ini dapat Anda temukan pada semua jenis laptop dan windows, baik itu windows 7, 10 atau jenis yang lain. Terdapat pula beberapa cara menyalakan laptop yang sleep yang berbeda-beda pada setiap merek laptop. 

Lantas, bagaimana cara menyalakan laptop yang sleep tersebut? Sebelum mengetahui cara menyalakan laptop yang sleep, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu keuntungan atau manfaat dari mode sleep bagi pengguna dan laptop itu sendiri. Mari simak penjelasannya di bawah ini. 

Keuntungan dari Mode Sleep pada Laptop

Lalu, apa sebenarnya keuntungan dari mode sleep ini bagi laptop dan pengguna? Pertama, mode sleep berguna untuk menghemat baterai pada laptop. Jadi, jika laptop yang sedang menyala tidak terdapat aktivitas apapun, maka mode sleep akan menghemat penggunaan dari daya baterai laptop. Hal ini tentu akan bermanfaat agar baterai laptop menjadi lebih tahan lama. 

Kedua, mode sleep berguna untuk mematikan laptop tanpa menutup pekerjaan Anda. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin meninggalkan pekerjaannya sebentar dan melanjutkannya kembali tanpa harus mengulang dari awal. Jadi, mode ini dapat membantu Anda untuk mengatur waktu kerja seefisien mungkin. 

Nah, setelah mengetahui penjelasan tentang manfaat dari mode sleep tersebut, mari simak ulasan mengenai cara menyalakan laptop yang sleep untuk berbagai merek laptop di bawah ini.

6 Cara Menyalakan Laptop yang Sleep

Mungkin sebagian pengguna baru laptop belum mengetahui cara menyalakan laptop yang sleep. Hal ini cukup wajar karena memang setiap jenis atau merek laptop memiliki cara yang berbeda satu dengan yang lainnya, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

Di bawah ini adalah 6 cara menyalakan laptop yang sleep dengan sangat mudah dan cepat. Anda dapat mencoba satu persatu cara di bawah ini untuk mengetahui cara yang pas untuk merek laptop Anda. Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.  

1. Membuka layar laptop

Cara menyalakan laptop yang sleep - Membuka Layar Laptop

Beberapa merek laptop memiliki cara yang sangat mudah untuk menyalakan laptop yang sleep yaitu dengan membuka layar laptop saja. Dengan cara ini, laptop sudah bisa nyala dari mode sleep, sangat mudah bukan? Anda dapat mencoba cara ini ke laptop Anda dan lihat apakah cara ini bekerja atau tidak. Jika tidak, maka Anda dapat mencoba cara selanjutnya. 

2. Dengan menekan tombol power pada laptop

Cara menyalakan laptop yang sleep - Tombol Power

Cara selanjutnya yaitu dengan menekan tombol power pada laptop Anda. Anda dapat mencoba cara ini apabila cara sebelumnya tidak bekerja pada merek laptop yang Anda pakai. Cara ini juga tergolong sangat mudah dan cepat karena hanya perlu menekan tombol power saja. 

(Baca Juga: Intip Cara Memperbaiki Mouse Laptop Yang Tidak Bisa Bergerak Dengan Mudah)

3. Menekan tombol pada keyboard

Cara menyalakan laptop yang sleep - Keyboard

Selain dengan menekan tombol power dan membuka layar pada laptop, cara menyalakan laptop yang sleep yaitu dengan menekan tombol apapun pada keyboard. Tombol yang dapat Anda tekan yaitu seperti tombol spasi atau tombol enter. Beberapa merek laptop ada yang mengatur untuk menyalakan mode sleep dengan cara tersebut. 

4. Menggerakkan mouse atau touchpad

Cara menyalakan laptop yang sleep - Mouse

Cara yang satu ini juga sangat mudah. Ada beberapa merek laptop yang mengatur cara menyalakan laptop dari mode sleep dengan menggerakkan mouse atau touchpad saja. Anda dapat menggerakkannya ke semua arah tanpa ada pola tertentu. Setelah itu, laptop akan kembali ke mode normal. 

5. Menyentuh touchscreen

 Cara menyalakan laptop yang sleep - Touchscreen

Jika Anda pengguna laptop dengan layar sentuh atau touchscreen, cara menyalakan laptop yang sleep dengan menyentuh touchscreen ini dapat Anda coba. Sentuh layar agak lama, lalu tunggu hingga laptop menyala dari mode sleep. Biasanya, cara seperti ini dapat digunakan pada laptop merek Cina. 

6. Menekan tombol power selama 3 detik

Cara menyalakan laptop yang sleep - Tombol Power

Nah, cara ini juga dapat Anda gunakan untuk menyalakan laptop dari mode sleep. Cobalah untuk menekan tombol power selama 3 detik untuk menyalakan laptop Anda. Jangan menekan tombol power selama lebih dari 3 detik. Hal ini karena akan mengakibatkan laptop menjadi mati atau shutdown yang berarti pekerjaan Anda akan tertutup dan harus memulai dari awal. 

Setelah mengetahui beberapa cara menyalakan laptop yang sleep di atas, Anda juga perlu mengetahui cara mematikan atau menonaktifkan pengaturan sleep di laptop. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu Anda tidak ingin laptop mati dalam keadaan sleep secara tiba-tiba. Nah, lalu bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

(Baca Juga: Daftar Laptop Terbaik 2021 Harga 5 Jutaan)

Cara Mematikan Pengaturan Sleep Otomatis pada Laptop

Tak jarang beberapa pengguna laptop memilih untuk menghapus adanya pengaturan sleep secara otomatis ini. Hal ini karena biasanya para pengguna tersebut kurang menyukai mode sleep ini dikarenakan oleh alasan yang berbeda-beda. 

Nah, jika Anda juga kurang menyukai adanya mode sleep ini, Anda dapat menghapus atau mematikan mode ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Klik ‘Start’

Cara yang pertama yaitu Anda harus mengklik menu start pada laptop. Menu ini dapat muncul dengan mengklik langsung menu start pada pojok kiri bawah laptop. Cara yang kedua yaitu dengan cara menekan tombol start pada keyboard. 

2. Ketik ‘Sleep’ 

Selanjutnya, setelah Anda berhasil mengklik menu start, lalu ketik ‘Sleep’ pada menu pencarian yang tersedia di menu start tersebut. Tunggu beberapa saat hingga muncul menu pengaturan sleep. 

3. Pilih ‘Change when the computer sleeps’

Nah, setelah menu pengaturan sleep muncul, maka langkah selanjutnya yaitu mengklik ‘change when the computer sleeps’. Setelah mengklik menu ini, maka akan muncul tampilan pengaturan selanjutnya. 

4. Klik ‘Never’

Setelah mengklik menu tersebut, langkah selanjutnya yaitu klik ‘never’ pada opsi ‘On battery power, PC goes to sleep after’. Jika Anda memilih ‘never’ pada opsi ini, maka laptop tidak akan mengalami mode sleep jika laptop tidak sedang dicas. 

Selanjutnya, pilih ‘never’ juga pada opsi ‘When plugged in, PC goes to sleep after’. Pilihan ‘never’ pada opsi ini berarti laptop Anda tidak akan mengalami mode sleep meski dalam keadaan dicas. Pilih ‘never’ pada kedua opsi jika ingin laptop tidak mengalami mode sleep dalam keadaan dicas maupun tidak. 

Keuntungan dari mematikan opsi sleep otomatis ini yaitu laptop tidak akan tidur secara tiba-tiba jika tidak digunakan. Namun, kelemahannya yaitu akan memerlukan daya baterai yang lebih banyak, sehingga akan menjadi lebih boros. Tapi, tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengaktifkan mode sleep kembali sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Sekian penjelasan mengenai cara menyalakan laptop yang sleep dengan mudah dan cepat yang dapat Anda gunakan. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, ya. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts