Begini Cara Merekam di Laptop Beserta Jenisnya

thumbnail screen recorder - cara merekam di laptop

Laptop atau yang biasa disebut komputer jinjing memiliki lebih banyak fungsi, sehingga Anda perlu mempelajari bagaimana cara merekam di laptop. Komputer jinjing tersebut merupakan perangkat canggih yang memudahkan pekerjaan manusia.

Berbagai bidang profesi kini membutuhkan perangkat tersebut, seperti dosen, dokter, freelancer, arsitektur, dan masih banyaj lagi. Bahkan, meski masih berstatus sebagai mahasiswa, Anda tetap membutuhkan komputer jinjing itu.

Bentuknya fleksibel, membuat Anda bisa bekerja kapanpun dan dimanapun. Terutama, ketika terjadi pandemic covid-19 yang mengharuskan Anda berkomunikasi secara online. Hal tersebut akhirnya membuat kebutuhan online semakin meningkat.

Cara merekam di laptop dibutuhkan untuk berbagai keperluan yang cukup penting. Utamanya, hasil rekaman tersebut bisa menjadi bukti atau notulen untuk mengingatkan Anda setelah meeting berlangsung.

Aplikasi untuk Record Tampilan Layar Laptop

Tidak hanya mengetahui bagaimana cara merekam di laptop, Anda juga bisa memilih beberapa aplikasi yang memudahkan proses record. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Lemot, Coba Perhatikan Bagian Berikut

ShareX adalah aplikasi pertama yang direkomendasikan bagi pengguna untuk merekam sesuatu pada layar perangkatnya. ShareX menawarkan fitur tanpa watermark, sehingga Anda tidak perlu repot menghapus watermark dari hasil record-an.

Tidak hanya itu, fitur anotasi dan berbagai metode perekam layar cukup beragam untuk membantu Anda menyimpan data penting yang berkaitan dengan record layar. Pengguna juga bisa merekam tanpa batasan waktu.

Dari segi tampilan, aplikasi ini masih terkesan kaku namun cukup sederhana. Beberapa pengguna memberikan komentar bahwa ShareX kurang direkomendasikan untuk kepentingan me-record permainan laptop.

Aplikasi kedua, Anda bisa menggunakan Filmora Scrn. Filmora umumnya digunakan untuk mengedit atau menyatukan potongan-potongan video. Namun, seiring berjalannya waktu, Filmora dikembangkan menjadi screen recorder dengan nama Filmora Scrn.

Filmora Scrn mampu memenuhi kekurangan Sharex, yaitu Anda bisa menggunakannya untuk merekam aktivitas game. Karena, Filmora menyediakan bermacam-macam template unik dan menarik untuk semua video editannya.

Namun, fitur menyenangkan tersebut hanya bisa bermanfaat bagi pengguna yang bersedia membayar demi kepentingannya. Pengguna bisa melakukan pembayaran yang ada pada bagian sisi kanan atas untuk menikmati berbagai fitur menarik.

Ketiga, yaitu Icecream Screen Recorder. Kabar baik bagi para pengguna, Icecream Screen Recorder gratis dapat berfungsi, baik untuk pengguna PC, Mac, maupun Android. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan selain Filmora.

Selain gratis, Icecream Screen Recorder juga cocok bagi pengguna yang memulai karir sebagai seorang content creator atau Youtuber. Dengan tampilan cukup sederhana, fiturnya cukup bervariasi.

Hadirnya Xbox Game Bar, Cara Merekam di Laptop tanpa Aplikasi

Ada berbagai cara merekam di laptop, tergantung dengan kebutuhan pengguna. Jika hanya digunakan sebagai bahan bukti atau notes berupa video, tentu saja tidak memerlukan aplikasi yang sedemikian rupa.

Dahulu, fitur screen recorder ini cukup sulit dilakukan terutama pada masa sebelum Windows 10. Harus menggunakan aplikasi tertentu sebagai pihak ketiga untuk dapat digunakan sebagai screen recorder di PC.

Namun, ketika windows akhirnya meng-upgrade menjadi windows 10, merekam layar menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan Microsoft membuat inovasi baru berupa fitur yang diberi nama Xbox Game Bar.

Tidak heran, munculnya Xbox Game Bar karena banyaknya kendala untuk menggunakan aplikasi. Diantaranya, laptop atau PC memiliki ruang terbatas, sehingga hadirnya aplikasi tambahan justru membuat perangkat menjadi lemot.

Oleh karena itu, Xbox Game Bar sangat memudahkan untuk dapat melakukan screen recorder tanpa harus menginstal aplikasi apapun. Dengan begitu, tidak perlu menghabiskan banyak ruang dan kinerja perangkat tetap optimal.

Bukan hanya menghemat ruang, penggunaan Xbox Game Bar juga cukup mudah, hanya dengan mengklik beberapa opsi, maka pengguna sudah bisa mendapatkan file video dari tampilan di layar yang ingin direkam.

Cara merekam di laptop ini dimulai dari, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya, dengan masuk ke menu “Setting” di bagian menu Windows. Setelah itu, pilihlah menu bernama “Gaming.

Anda akan menemukan menu yang bernama Game Bar, itulah fitur yang harus diaktifkan. Cukup aktifkan dengan merubah “Off” menjadi “On”, maka pengguna bisa langsung menikmatinya.

Begini Record Layar Laptop Berbasis Windows

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara merekam di laptop menggunakan Xbox Game Bar cukup mudah. Setelah menyalakannya melalui menu Windows, Setting, Gaming, dan Game Bar, Anda bisa langsung menggunakannya.

Pertama-tama, pilih Windows Logo + G di keyboard, kemudian pilihlah menu “Capture” (ikon webcam” yang membuat tab baru muncul di layar perangkat. Selanjutnya, pengguna akan menemukan ikon tombol rekam.

Klik ikon tombol rekam tersebut berupa titik besar yang menandakan bahwa perangkat siap me-record layar sesuai perintah penggunanya. Biarkan, hingga mencapai batas kebutuhan record anda.

Jika sudah selesai, pilihlah tombol hijau yang tampil di sebelah kanan atas. Klik untuk menghentikan aktivitas perekaman. Kotak yang berisi tombol hijau tersebut juga menampilkan durasi dari hasil rekaman anda.

Pengguna juga menemui ikon mic dengan tanda dilarang, artinya Anda hanya ingin merekam audio dan visual yang ada di dalam layar, bukan audio dari luar.

Untuk melihat hasilnya, pengguna bisa masuk ke folder video di menu capture. Pastikan kembali bahwa hasil videonya sudah sesuai dengan keinginan anda, seringkali terjadi miss seperti kebocoran suara ketika merekamnya.

Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan shortcut seperti Windows+G untuk membuka Game Bar tanpa harus menggunakan mouse. Kedua, Windows+Alt+PrintScreen, shortcut ini bisa digunakan sebagai opsi pengambilan screenshot.

Memulai rekaman bisa dengan menekan tombol Wondows+Alt+R, pengguna juga bisa menggunakannya ketika selesai record. Adapula Windows+Alt+M untuk memulai dan menghentikan rekaman dengan mic di perangkat.

Cara Merekam Suara di Laptop

Cara merekam di laptop menggunakan windows 10 memang sangat mudah, tidak hanya untuk me-record aktivitas di layar, Anda juga bisa merekam audio atau suara saja, meski tanpa memunculkan visualnya.

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Gadget untuk Ngevlog, Praktis!

Sama seperti video, merekam audio juga memiliki tingkatan kualitas sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Jika ingin mendapatkan hasil jernih, tentu saja harus dengan bantuan aplikasi, seperti Audacity atau Ableton Live.

Bagi pengguna windows 10, beginilah cara merekam suara di laptop :

1. Membuka Voice Recorder

Video Recorder merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk perekam audio dengan tampilan cukup sederhana dan bisa didapatkan di perangkat Windows 10. Anda bisa mencarinya di menu Start dengan mengetik namanya.

2. Pilihlah Ikon Microfon

Temukan ikon microfon di bawah panel kiri, bentuknya berupa lingkaran besar. Fungsinya adalah untuk memulai dan menghentikan aktivitas rekaman. Anda bisa melakukan short cut dengan menekan Control+R di keyboard.

3. Membuat Suara

Setelah perangkat Anda mempersilahkan untuk merekam audio, buatlah suara sesuai dengan tujuan dibuatnya file ini. Misalnya, Anda ingin membuat podcast bersama teman-teman, maka Anda bisa mulai membahas topik menariknya.

Apabila terjadi kesalahan atau gangguan, pengguna bisa menghentikan sementara aktivitas rekaman tersebut dengan mengklik opsi tombol jeda berupa dua garis vertical hingga membentuk segitiga menghadap kanan.

Jika ingin melanjutkan, Anda bisa mengubah icon segitiga menghadap kanan tersebut dengan mengkliknya agar berubah menjadi dua garis vertical. Artinya, rekaman akan dilanjutkan oleh perangkat.

4. Menyelesaikan Rekaman

Selesai merekam suara sendiri, Anda bisa mengklik tombol henti yang berbentuk lingkaran besar dan persegi di dalam lingkaran tersebut. Untuk mendengarkan hasilnya, temukan di folder Sound Recordings di bagian dokumen.

Beraneka Macam Alasan Mempelajari Cara Merekam di Laptop

Terdapat berbagai alasan mengapa Anda butuh mempelajari dan mengetahui cara merekam di laptop. Meski perangkat kecil Anda yang biasa disebut smartphone juga dilengkapi fitur tersebut.

Pertama, dengan mengetahui bagaimana cara screen recorder, maka pengguna bisa melihat kembali aktivitas yang tidak bisa disimpan begitu saja. Misalnya, aktivitas kelas saat zoom meeting karena Anda tidak sempat mencatat.

Hasil rekaman akan membantu Anda mempelajari kembali materi di kelas online. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan materi walaupun pada saat kelas tersebut terkendala sesuatu atau situasi dan kondisi tertentu.

Kedua, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan dokumentasi. Banyaknya event yang diselenggarakan secara online membuat Anda harus membuat dokumentasi, tidak lagi menggunakan kamera seperti event offline, cukup dengan screen recorder.

Banyaknya teknik untuk mendapatkan berbagai file yang muncul di layar perangkat Anda ini sangat memudahkan pekerjaan. Mempelajari cara merekam di laptop juga mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts