Cara Merekam Layar Laptop Paling Mudah untuk Pemula, Sudah Pernah Coba?

thumbnail cara merekam layar alptop - cara merekam layar laptop

Sebenarnya cara merekam layar laptop bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai pilihan metode agar proses perekaman tersebut dapat berlangsung. Pengguna bisa menggunakan hardware maupun software.

Dengan adanya internet culture seperti streaming sekarang rekaman layar adalah sebuah kebutuhan. Banyak pekerjaan juga menuntut para pekerjanya memiliki rekaman dari seluruh kegiatan.

Paling mudah proses pengambilan rekaman sebenarnya bisa dilakukan menggunakan capture card. Namun sayangnya biaya pembelian perangkat keras ini cukup tinggi sehingga tidak semua orang memilikinya.

Penggunaan perangkat lunak lebih direkomendasikan karena fleksibilitasnya. Meskipun kualitas kadang lebih rendah, sehingga untuk standar video streaming kurang optimal. Perlu komputer dengan spesifikasi tinggi agar kualitasnya maksimal.

Ada beberapa trik yang dapat dilakukan agar perekaman dapat optimal meskipun spesifikasi komputer rendah. Namun perlu diingat optimasi ini tidak direkomendasikan untuk penggunaan bersama aplikasi berat seperti game.

Apabila Anda hanya ingin membuat sebuah tutorial atau tangkapan layar biasa boleh digunakan. Proses yang dilakukan sebenarnya cukup simpel yaitu dengan mematikan beberapa fungsi laptop.

Berikut ini akan dijelaskan dua metode tangkapan layar dan optimasinya untuk Anda. Jadi pengguna bebas memilih metode mana paling optimal untuk digunakan. Karena sekali lagi, langkah ini cukup relatif tergantung spesifikasi komputer.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Bandicam

Bandicam merupakan sebuah program ringan khusus untuk merekam aktivitas laptop. Aktivasinya cukup dengan menekan tombol shortcut sehingga pengguna bisa memanfaatkannya saat membuka program lain.

Baca Juga : Simak Yuk, Tips Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan

Tidak ada langkah khusus untuk melakukan tangkapan video pada laptop menggunakan program ini. Pengguna hanya perlu melakukan instalasi program hingga selesai kemudian menjalankannya.

Biarkan bandicam berada di latar belakang desktop agar perekaman dapat dilakukan. Untuk mengaktifkan fitur perekam pengguna cukup menekan shortcut default yaitu ctrl + shift + f1. Tekan kembali untuk mengakhiri durasi rekaman.

Kekurangan dari bandicam adalah kualitasnya yang kurang maksimal. Aplikasi ini tidak dapat merekam gambar lebih dari 60 fps tanpa bantuan capture card. Jadi kurang direkomendasikan sebagai cara merekam layar laptop saat bermain game.

Apabila pengguna ingin mendapatkan kualitas lebih optimal bisa menggunakan bandicam premium. Namun sekali lagi Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli aplikasi secara resmi.

Kelebihan dari bandicam sendiri adalah ukurannya yang ringan. Jadi untuk laptop dengan spesifikasi perangkat keras menengah ke bawah cukup fleksibel digunakan. Durasi perekaman juga tidak terbatas.

Tergantung kemampuan dari laptop sendiri, apabila memiliki spesifikasi tinggi maka bisa merekam selama berjam-jam. Pengguna juga bisa langsung mendapatkan hasil video tanpa perlu melakukan editing.

Jadi bagi Anda yang sedang melakukan ujian dan membutuhkan tangkapan layar ini adalah metode terbaik. Cepat, mudah, dan fleksibel digunakan bahkan tanpa perlu pengetahuan khusus.

Cara Merekam Layar Laptop Menggunakan Capture Card

Capture card merupakan perangkat keras khusus yang dapat dipasang secara internal maupun eksternal pada komputer. Jadi pengguna laptop bisa memakainya sebagai piranti eksternal.

Proses perekaman menggunakan capture card paling mudah karena pengguna hanya perlu menekan satu tombol saja. Hampir sama seperti memainkan radio, pengguna cukup menekan tombol record dan stop saja.

Kelebihan dari penggunaan capture card adalah kualitas tangkapan maksimal. Meskipun spesifikasi komputer atau laptop rendah namun video yang dihasilkan mampu memiliki resolusi dan FPS tinggi.

Ini adalah cara merekam layar laptop yang sering digunakan oleh para profesional. Hasil tangkapan yang bagus membuat kualitas video bisa langsung diunggah ke cloud tanpa perlu banyak editing.

Kelemahan dari penggunaan capture card sendiri adalah harganya yang mahal. Harga capture card paling murah sekitar 300 hingga 500 dolar. Jadi tidak semua pengguna bisa memilikinya dengan mudah.

Kemudian capture card juga membutuhkan sumber daya sendiri sehingga pengguna laptop bisa kesulitan. Harus disediakan port tenaga pribadi agar pengguna bisa optimal dalam mengoperasikannya.

Penggunaan capture card paling pas untuk kebutuhan gaming. Jika Anda adalah seorang youtuber maka capture card menjadi peralatan wajib. Tanpa adanya piranti ini hasil video kurang memuaskan penonton.

Alat ini juga memiliki fitur clip sehingga bisa merekam momen penting dalam bermain game. Misalnya Anda berhasil mengalahkan beberapa lawan sekaligus dan ingin mengabadikannya cukup tekan tombol clip saja.

Optimasi Cara Merekam Layar Laptop Spek Rendah

 

 

Untuk laptop spesifikasi rendah proses merekam layar memang cukup merepotkan. Anda pasti sering mengalami lag, stuttering, dan drop FPS hasilnya video memiliki kualitas buruk ketika dilihat.

Untuk mengatasi hal tersebut terdapat cara paling mudah yaitu mematikan beberapa sistem komputer. Caranya cukup mudah cukup manfaatkan task manager atau tekan tombol ctrl+alt+del.

Disini Anda bisa melihat beberapa aplikasi latar belakang sekaligus kebutuhan memorinya. Matikan beberapa program dengan konsumsi memori besar agar perekaman dapat berjalan lebih mulus.

Cukup dengan klik kanan pada sistem latar belakang dan tekan end process. Secara otomatis sistem tersebut akan langsung dimatikan sementara. Jangan khawatir ketika komputer di restart sistem tersebut akan kembali.

Jadi optimasi cara merekam layar laptop ini memang cukup bermanfaat, terutama bagi pemula. Anda tidak perlu memasang aplikasi tambahan yang akan merepotkan dan memberatkan performa.

Namun perlu diingat cara ini kurang disarankan apabila Anda ingin melakukan perekaman dalam game. Karena beberapa sistem game memang sudah terlalu berat sehingga tetap kurang optimal digunakan.

Selain itu ketika bermain game memori ram juga tetap termakan sehingga performa aplikasi perekam tetap stagnan. Anda mungkin masih tetap merasakan stuttering dan drop FPS meskipun menggunakan cara ini.

Jadi memang trik ini terbatas untuk penggunaan pekerjaan kantoran saja. Cepat, mudah, dan bisa dilakukan siapa saja tanpa perlu kesulitan. Hasil tangkapan juga dijamin bebas drop FPS untuk pekerjaan kantoran biasa.

Optimasi Cara Merekam Layar Laptop dalam Safe Mode

Merekam layar pada saat safe mode adalah salah satu metode optimasi paling radikal. Pasalnya, ketika safe mode berjalan mayoritas sistem komputer dimatikan sehingga konsumsi ram menurun drastis.

Tentu saja hal tersebut membuat performa laptop meningkat drastis. Sehingga pengguna laptop dengan spesifikasi rendah bisa memperoleh hasil video lebih bagus. Anda juga tidak butuh bantuan perangkat lunak pihak ketiga.

Cukup masuk dalam safe mode, caranya adalah merestart komputer dan menekan tombol esc secara terus-menerus. Anda akan dialihkan pada tampilan dos dan bisa memilih menu safe mode.

Pada saat masuk safe mode booting komputer memang akan lebih lama. Hal tersebut karena komputer harus mematikan beberapa sistem tertentu. Jadi hanya beberapa saja sistem krusial yang hidup.

Cara merekam layar laptop saat safe mode ini memang cukup optimal. Bagi Anda pemilik komputer spesifikasi kantor dijamin ini menjadi solusi paling bagus. Namun tentu saja ada beberapa kelemahan dari penerapan metode.

Ketika safe mode berjalan program mungkin akan lebih lama proses pembukaannya. Jadi pengguna harus lebih sabar menunggu. Beberapa game mungkin juga tidak terbuka ketika safe mode berjalan.

Jadi sekali lagi memang cukup terbatas penggunaannya. Kemudian saat melakukan penyimpanan video mungkin akan memakan waktu lebih, karena sistem tidak semuanya beroperasi.

Apabila pengguna ingin menggunakan safe mode sebaiknya tidak menjalankan terlalu banyak program sekaligus. Fungsi dari safe mode memang membatasi kegiatan komputer sehingga membuat performanya turun.

Namun segala kekurangan tersebut bisa terbayar apabila kualitas tangkapan layar maksimal. Pengguna juga tidak akan merasa kinerja komputer terlalu berat saat bekerja dan melakukan rekaman.

Baca Juga : Begini Cara Merekam di Laptop Beserta Jenisnya

Inilah mengapa mode keamanan masih menjadi solusi tepat bagi mereka dengan komputer spesifikasi rendah. Tidak perlu mengeluarkan biaya dan aplikasi tambahan lain jika windows sudah menyediakan fitur ini.

Bagaimana Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Drop FPS?

Drop FPS tidak hanya terjadi pada komputer spesifikasi rendah namun juga tinggi. Biasanya penyebab utama terjadinya drop FPS adalah memori RAM yang penuh. Namun tetap tidak menutup kemungkinan lainnya.

Salah satu penyebab mengapa terjadi drop FPS bisa saja kartu grafis sudah kepanasan. Solusinya adalah mengistirahatkan laptop sejenak, kemudian mulai merekam video lagi saat sudah dingin.

Solusi paling efisien mengatasi drop FPS tetap harus menggunakan capture card jika Anda adalah gamers. Namun jika hanya menginginkan kualitas video lebih bagus bisa beberapa cara.

Mengosongkan ram dan menggunakan SSD juga bisa menjadi cara agar hasil tangkapan lebih bagus. Kecepatan SSD bisa menolong untuk laptop dengan spesifikasi perangkat keras kurang bagus.

Bagi pengguna laptop biasanya drop FPS terjadi karena manajemen daya kurang cocok. Atur konsumsi baterai menjadi maksimal agar laptop berada pada performa maksimalnya. Jumlah daya juga kadang berpengaruh.

Usahakan sebelum melakukan perekaman baterai berada dalam keadaan penuh. Jadi tidak terjadi penurunan daya dan performa secara tiba-tiba. Menghubungkan laptop pada charger bukan solusi bagus.

Karena mengoperasikan laptop dengan tugas berat sambil mengisi daya dapat berpotensi merusak baterai. Tentunya Anda tidak ingin merusak laptop hanya demi mendapatkan sebuah video rekaman layar saja bukan.

Oleh karena itu selalu pastikan perangkat bekerja pada performa maksimal sebelum menggunakannya untuk melakukan tangkapan gambar. Ini adalah cara merekam layar laptop paling ideal yang dapat Anda lakukan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts