Daftar Aplikasi Programmer dan Fitur yang Bisa Dinikmati

Daftar Aplikasi Programmer dan Fitur yang Bisa Dinikmati
Daftar Aplikasi Programmer dan Fitur yang Bisa Dinikmati

Aplikasi programmer merupakan salah satu jenis fitur, yang mampu memberikan banyak kemudahan bagi profesi ini. Tentu saja seorang tenaga pemrogram akan sangat identik dengan pemakaian APKnya. Sehingga hal ini menjadi pengetahuan wajib untuk diketahui.

Baca juga : Aplikasi Bioskop Online untuk Anda yang Malas ke Lokasi

Selain itu seorang pemrogram merupakan salah satu profesi, yang memiliki tanggung jawab serta tugas dalam pengembangan sistem. Bukan hanya itu saja pihaknya juga mengembangkan aplikasi maupun perangkat lunak dengan bahasa komputer.

Hal ini bertujuan untuk menciptakan sistem dan program terbaru. Maka dari itu di era saat ini kehadirannya sangatlah penting. Semua kemudahan dalam hal teknologi tersebut bisa kalian nikmati berkat jasanya.

Apa Itu Aplikasi Programmer? Ketahui Deskripsi Lengkapnya

Apa Itu Aplikasi Programmer? Ketahui Deskripsi Lengkapnya
Apa Itu Aplikasi Programmer? Ketahui Deskripsi Lengkapnya

Setelah mengetahui penjelasan tentang profesinya. Maka langkah selanjutnya adalah berkenalan dengan tool, yang biasa digunakan oleh profesi tersebut. sehingga kedepannya kalian bisa mendapatkan pemahaman secara lengkap terkait hal tersebut. 

Layaknya aplikasi pada umumnya maka kehadirannya bagi seorang programmer sangatlah penting. Di dalamnya terdapat banyak sekali fitur untuk menunjang pekerjaannya. Tentu saja hal ini dapat tersedia secara lengkap maupun tidak.

Aplikasi programmer juga dikenal dengan integrated development environment (IDE). Layanan ini merupakan perangkat lunak, yang bisa membantu seorang programmer dalam melakukan pekerjaannya dengan mudah.

Hal tersebut termasuk mengedit, membuat, maupun menguji kode yang dihasilkan. IDE sendiri juga menyediakan berbagai fitur lengkap untuk digunakan seorang programmer. Banyak pihak juga menyebutnya sebagai APK coding.

Saat ini ada banyak sekali bentuk APKnya di pasaran. Tentu saja di antara banyaknya alat tersebut memiliki fungsi dan fitur berbeda. Sebagai seorang programmer penting bagi kalian untuk mengetahui kebutuhan pemakaian masing-masing dalam pekerjaan.

Sehingga nantinya dalam pengguna bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. tentu saja hal tersebut juga akan mempercepat selesainya pekerjaan.

Rekomendasi Aplikasi Programmer Terbaik yang Bisa Digunakan

Rekomendasi Aplikasi Programmer Terbaik yang Bisa Digunakan
Rekomendasi Aplikasi Programmer Terbaik yang Bisa Digunakan

Beragam APK coding mempunyai spesifikasi tidak sama antara satu dengan lainnya. beberapa di antaranya sudah disupport oleh fitur lengkap dan teknologi modern. Sedangkan ada juga perangkat lainnya yang mempunyai fitur sederhana.

Tidak jarang kalian juga menemukan APK dengan ketersediaan plugin tambahan di dalamnya. Hal ini menjadi salah satu kelebihan dan keuntungan bagi kalian ketika menggunakan aplikasi programmer. Berikut ini adalah rekomendasi tools untuk dipakai:

  • Sublime Text

Pertama adalah layanan cukup kompatibel dan bisa dipakai pada beberapa perangkat. Contoh perangkatnya seperti Linux, Mac, dan Windows. Sublime Text ini paling cocok ketika dipakai oleh pengguna Linux karena sistem operasinya bisa membuat APK berjalan lancar.

Tentunya ketika memakai layanan ini kalian bisa memperoleh hasil lebih maksimal dengan tampilan beragam. Meski demikian user interface pada Sublime Text masih cukup sederhana dan ramah pada beberapa pengembangan.

Aplikasi programmer satu ini masih bisa dipakai gratis dalam jangka waktu tertentu. Namun tentunya jika kalian menghendaki fitur lengkapnya bisa membayar sekitar 70 US dollar. Perlu diketahui juga bahwa Sublime Text menjadi layanan ramah pada resource terbatas.

  • Visual Code Studio

Layanan ini menjadi salah satu tools hasil besutan Windows. Tampilannya cukup sederhana namun masih sangat menarik ketika dibandingkan dengan layanan lainnya. Visual Code Studio bisa diperoleh oleh pengguna dengan cara gratis atau berbayar.

Keuntungan menggunakan layanan berbayar:

  • Keyboard shortcut
  • Melengkapi kode baris otomatis
  • Mode zen
  • Mendukung bahasa program C#
  • Perintah spesial navigasi
  • Integrasi Git dan debugging
  • Notepad++

Bagi seorang programmer pastinya kehadiran layanan ini sudah tidak asing lagi. Hal tersebut karena Notepad++ merupakan salah satu APK, yang dikembangkan oleh Windows. Meski demikian layanan ini sudah didistribusikan secara bebas di berbagai perangkat dan plugin.

Tentunya ada banyak sekali keunggulan ketika pengguna memakai aplikasi programmer satu ini dibandingkan lainnya. Hal ini karena teknologi dan fitur canggih yang sudah termuat dalam satu APK tersebut.

Fitur unggulan:

  • Text shortening
  • Macro recording
  • Shortcut customization
  • Auto completion
  • GUI beragam
  • Emacs

Salah satu layanan yang sudah ada sejak tahun 1975 adalah Editor MACroS. Layanan ini untuk pertama kalinya diciptakan oleh Guy L Steele dengan Richard Stallman. Versi terbarunya yang sudah dikembangkan oleh Richard adalah Xemacs dan GNU Emacs ii.

Aplikasi programmer tersebut menggunakan bahasa pemrograman berupa Lisp dan C. Selain itu Emacs juga hadir dengan subversion dan file manager. Beberapa fitur lain seperti debugger, email dan berita up to date.

  • Brackets

Platform satu ini menjadi salah satu APK hasil besutan Adobe dan memang ditujukan pada pemakaian web design. Bahkan beberapa front end development web juga bisa menggunakannya dengan baik.

Brackets bisa dipakai pada Windows, Linux dan MacOS. Tampilannya cukup sederhana dan bisa diganti mode terang atau gelap sesuai selera. Pengguna juga mampu menambahkan tema pada extension manager.

Fitur:

  • Highlighting
  • Keyboard shortcut
  • Mode no distraction
  • Split screen
  • Live preview
  • Komodo Edit

Salah satu tools kompatibel lain untuk kalian gunakan adalah Komodo Edit. Platform tersebut bisa dipakai pada semua perangkat seperti Linux, MacOS, maupun Windows. Komodo Edit untuk pertama kalinya dikeluarkan tahun 2007.

Tentu saja selama kurun waktu tersebut sudah menjadi aplikasi programmer yang mendukung berbagai macam pekerjaan. Fiturnya cukup lengkap dengan bahasa pemrograman luas. Hal tersebut seperti SQL, CSS, HTML, PHP, dan Python.

  • Atom

Atom adalah layanan coding yang dimiliki oleh GitHub. Platform tersebut bisa mendukung banyak sekali kegiatan programmer secara lengkap. bukan hanya itu saja layanannya tersedia dengan komplit seperti tampilan menarik dan bahasanya.

Atom bisa dijumpai pada perangkat Linux, MacOS, maupun Windows. Atom menjadi salah satu bentuk layanan modular karena bagiannya cukup besar namun bisa dibagi pada beberapa bagian.

Di sini kalian bisa menambah fitur lain melalui install plugin pada aplikasi programmer tersebut. Berbagai fitur lain dari APK tersebut seperti web based, Text Mate grammars, fuzzy finder maupun integrasi pada Node.js.

Meski demikian karena Atom mempunyai fitur yang tersedia dengan lengkap. Maka kalian memerlukan resource berukuran besar ketika ingin menggunakannya.

  • BlueFish

Layanan ini merupakan fitur yang dapat dipakai pada MacOS, Linux, dan Windows. Namun bagi pengguna Linux kinerjanya bisa semakin maksimal. BlueFish hadir dalam berbagai fitur seperti pencarian canggih, baris kode, penambahan kabel maupun toolbar.

Bluefish dapat membuka banyak file berukuran besar pada satu waktu. Bahkan terdapat snippet untuk penunjang produktivitas dengan baik. Meski demikian ukuran filenya cenderung lebih ringan dengan kecepatan serta prosesnya stabil.

  • Ultra Edit

Platform tersebut bisa dipakai pada bermacam sistem operasi. Selain itu layanannya hadir dengan berbagai kebutuhan cukup lengkap. beberapa di antaranya seperti replace, multiline dan disk based.

Namun layanan unggulan lainnya hanya bisa pada Ultra Edit berbayar. Hal ini perlu dilakukan dengan membayar pada lisensi codingnya terlebih dahulu.

Daftar Fitur dari Aplikasi Programmer untuk Digunakan Pengguna

Daftar Fitur dari Aplikasi Programmer untuk Digunakan Pengguna
Daftar Fitur dari Aplikasi Programmer untuk Digunakan Pengguna

Ada banyak sekali fitur untuk kalian gunakan dalam menggunakan deretan aplikasi di atas. Pastinya hal ini akan bermanfaat dalam proses pengerjaan job dari client. Oleh sebab itu, di sini kita akan mengetahui beberapa fitur yang tersedia di aplikasi secara lengkap.

Fitur pertama adalah penyelesaian kode atau autocompletion. Dalam hal ini ketika pengguna mengetikkan kode, maka IDE akan secara langsung menampilkan opsi kata kunci. Hal tersebut juga sudah include dengan sintaks yang mungkin digunakan.

Tentu saja hal ini akan membantu seorang programmer dalam mengetik kode secara lebih cepat dn akurat. Kedua adalah debugging, yang memungkinkan proses perbaikan dan menemukan kesalahan dalam kode.

Debugger dalam IDE dapat memungkinkan pengguna dalam memeriksa variabel dan jalur kode ketika dijalankan. Fitur aplikasi programmer kedua adalah kontrol versi. Hal ini bertujuan dalam mengelola kode menggunakan sistem kontrol seperti Git dan lainnya.

Kontrol versi tersebut memiliki fungsi dalam memudahkan proses kerja programmer secara kolaboratif ketika pengembangan proyek. Selanjutnya terdapat salah satu kemampuan untuk melakukan kompilasi dalam menjalankan perintah.

Pastinya fiturnya bermanfaat dalam membantu IDE menjalankan perintah user. Tool tersebut akan memberikan proses pengujian kode menjadi lebih cepat. Lalu ada juga fitur integrasi dengan dibantu oleh alat pengembang lain.

Baca juga : Rekomendasi Daftar Harga iPad dan Spesifikasinya

IDE ini nantinya bisa diintegrasikan bersama alat pengembang lain, seperti linters, build tools dan testing framework. Sehingga dengan keberadaan fitur tersebut pada apk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Menjadi seorang programmer tentunya bukanlah pekerjaan mudah. Namun bagi beberapa orang hal ini menjadi kegiatan menyenangkan. Pastinya jika ingin belajar untuk menjadi tenaga pemrograman pastikan kalian mengetahui beberapa aplikasi programmer di atas.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts