Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone yang Menarik Diulas

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Saat ini semua juga seakan menjadi bagian terpenting dalam hidup seseorang namun tidak semua mengetahui fakta mengejutkan tentang smartphone itu sendiri. Selain fungsional sebagai alat komunikasi saat ini ponsel pintar memiliki banyak fitur.

Orang-orang seakan tidak membutuhkan lagi alat-alat lainnya. Karena sudah bisa didapatkan dari satu alat canggih di mana semua sudah bisa mengatur jadwal kegiatan sehari-hari sendiri bahkan Anda bisa mengetahui informasi dari seluruh dunia.

Baca Juga : Spesifikasi Samsung Z Flip 5G dan Harga Terbarunya

Mulai dari timer, alarm, kalender dan lain-lain bisa tersedia hanya dengan membuka aplikasi pada ponsel pintar. Bahkan juga bisa digunakan sebagai media hiburan di mana ada banyak halaman website yang memuat konten seru.

Mungkin Anda benar-benar memahami perkembangan ponsel pintar ini dalam 10 tahun terakhir di mana Android dan iOS menjadi produsen smartphone terbesar di dunia. Namun tahukah Anda bahwa ada fakta menarik yang jarang orang tahu mengenai smartphone.

Penasaran fakta mengejutkan tentang smartphone apa saja yang mungkin belum Anda tahu? Berikut rangkuman mengenai hal-hal yang menarik tentang ponsel pintar yang kini menjadi salah satu aku nasional yang paling dekat dengan pemiliknya.

Harga Handphone Pertama Dijual Sama dengan Harga Rumah

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Sebelum muncul istilah smartphone atau ponsel pintar, dulu smartphone dikenal dengan istilah telepon genggam atau telepon seluler. Istilah yang paling umum digunakan untuk menyebut ponsel ini adalah handphone.

Handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper, mungkin Anda tidak asing dengan nama tersebut di mana saat itu Martin menjadi seorang pegawai Motorola. Ponsel pertama kali diciptakan pada bulan April 1973 dan dinamai Motorola dynatac.

Saat itu ada tantangan besar yang harus dihadapi oleh Martin Cooper di mana harus memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang sangat kecil yaitu telepon genggam tersebut.

Sampai akhirnya Martin Cooper berhasil menyelesaikan tantangan tersebut dengan menciptakan telepon genggam berbobot 2 kg sebagai handphone pertama. Dulu Motorola menghabiskan biaya 1 juta USB atau sekitar 14,3 miliar hanya untuk satu ponsel genggam.

Kemudian pada tahun 1983, Motorola berhasil membuat ponsel portable yang dijual ke pabrik dengan harga yang sangat mahal setara dengan harga rumah mewah di tahun tersebut yaitu dengan harga 36 juta hingga 90 juta.

Tidak semua orang bisa membeli handphone dan masih sangat langka pada saat itu karena cara membuatnya cukup rumit. Harganya juga sangat mahal hanya kalangan tertentu saja yang berhasil mendapatkan handphone.

Lebih Kotor dari Pegangan Toilet Juga Merupakan Fakta Mengejutkan tentang Smartphone

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Fakta berikutnya, ternyata smartphone adalah salah satu alat yang paling kotor bahkan sama kotornya dengan pegangan toilet. Mungkin Anda juga tidak menyadari seberapa sering Anda memegang ponsel pintar tersebut.

Anda memegang smartphone di berbagai aktivitas bahkan beberapa orang pun membawa smartphone ke toilet dan menaruhnya di sembarang tempat. Saat memasak dan membutuhkan informasi tentang resep, ponsel pun diletakkan di dekat kompor atau alat masak.

Kemudian ketika Anda makan juga, semua seringkali diletakkan di meja makan kan tidak jarang terkena minyak atau tumpahan sup dan lain-lain. Fakta mengejutkan tentang smartphone ini artinya smartphone menjadi sarang bakteri dari berbagai benda.

Bahkan ponsel pintar ini bisa 18 kali lebih berbahaya sebagai tempat berkumpulnya bakteri dibandingkan dengan toilet atau pegangannya jadi sebaiknya Anda perlu sering membersihkan smartphone secara berkala.

Jika dibiarkan maka bakteri pada smartphone bisa saja mengganggu kesehatan. Anda bayangkan saya setelah Anda menaruhnya di sembarang tempat, ada memegangnya kembali dan setelah memegang smartphone bisa saja memegang makanan.

Setelah memegang smartphone Anda bisa memegang snack, bisa saja bakteri pada smartphone berpindah pada makanan. Sebaiknya Anda membersihkan smartphone secara berkala dengan antiseptik agar lebih aman dari kuman dan bakteri.

Rata-rata Orang Akan Mengecek Smartphone Sekitar 110 Kali dalam Sehari

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Fakta mengejutkan tentang smartphone berikutnya adalah gantungan banyak orang terhadap smartphone. Seperti yang diketahui bahwa segala jenis informasi bisa didapatkan hanya dengan berselancar di mesin pencari atau Google Search.

Tanya berbagai informasi saja bahkan saat ini sudah dijadikan sebagai sarana hiburan karena banyak media sosial yang bisa diakses seperti Instagram, YouTube hingga Tik tok. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tidak bisa berhenti memegang smartphonenya.

Bahkan ada kalimat yang mengatakan bahwa smartphone menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Di mana orang-orang lebih suka berinteraksi menggunakan ponsel pintar tersebut dibanding berkomunikasi secara langsung.

Mungkin tanpa Anda sadari, Anda akan mengabaikan orang-orang di sekeliling Anda hanya karena terlalu fokus dengan smartphone. Terkadang fokus Anda adalah melakukan komunikasi secara online dengan beberapa teman yang jauh.

Fakta mengejutkan tentang smartphone yang satu ini sebenarnya sangat umum dan semua orang terkadang sadar namun sudah menjadi candu sehingga tidak bisa berhenti memainkan gadgetnya masing-masing.

Coba ingat lagi seberapa sering Anda mengecek ponsel pintar Anda, di mana Anda bisa melihatnya atau mencari tahu seberapa sering tersebut pada screen lock aplikasi di ponsel Anda.

Banyak penelitian yang mengatakan screen lock app menunjukkan bahwa rata-rata orang mengecat smartphonenya sebanyak 110 kali dalam sehari dan paling sering terjadi pada jam 5 sore hingga jam 8 malam.

Orang-orang di Jaman Milenial Tidak Bisa Hidup Tanpa Smartphone

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Fakta mengejutkan tentang smartphone berikutnya adalah orang-orang di zaman milenial tidak bisa lepas dari ponsel pintar. Mungkin Anda pun menyadarinya di mana ada tidak bisa lepas dari smartphone.

Bahkan banyak kasus dimana orang-orang mengalami nomophobia sebuah sindrom yang terjadi ketika seseorang merasa tidakut ketika jauh dari ponselnya. Biasanya orang-orang merasa khawatir akan kehilangan informasi sehingga merasa panik.

Nomophobia atau no mobile phone data merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami kecemasan berlebihan ketika sedang tidak bersama ponselnya atau sedang tidak menggunakan ponsel.

Fakta mengejutkan tentang smartphone kali ini masuk kategori yang sangat perlu diwaspadai. Bahkan jika Anda merasa sangat panik saat tidak memegang ponsel maka perlu penanganan khusus.

Berdasarkan penelitian, phobia ini semakin meluas bahkan pada tahun 2019 saja sudah ada 53% masyarakat Inggris yang merasakan kecemasan ketika tidak memegang ponsel atau tidak bersama ponselnya.

Tidak hanya ketika tidak memegang ponsel saja, beberapa orang akan merasa panik dan cemas ketika ponsel dalam keadaan lowbat atau tidak memiliki koneksi internet. Pada tahun 2017 ada penelitian di India di mana sebanyak 17,9% mengalami nomophobia ringan.

Dan saat ini orang-orang yang mengalami nomophobia meningkat menjadi 60% dalam skala menengah dan 22% sudah mengalami phobia secara akut. Sehingga harus ditangani oleh orang-orang yang kompeten.

Ada beberapa indikasi dari nomophobia dimana Anda akan merasakan gejala emosional seperti panik atau ketakutan ketika tidak bersama dengan smartphone. Ada juga akan merasakan kecemasan berlebihan ketika harus meletakkan ponsel.

Anda merasa panik ketika beberapa saat saja tidak menemukan ponsel, stress ketika tidak memeriksa konten. Di mana hal ini berkaitan dengan ketakutan ketika tidak mendapatkan update terhadap informasi tertentu.

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone Lainnya yang Tidak Kalah Menarik Diulas

Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone - Gadget

Selain fakta fakta mengejutkan di atas, ada pula fakta-fakta menarik yang perlu Anda tahu tentang smartphone yang saat ini, merupakan salah satu alat fungsional yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang yaitu:

  1. Saat ini teknologi keamanan pada smartphone lebih canggih daripada Apollo 11 yang digunakan nasa saat moon landing pada tahun 1969. Sehingga tidak heran jika banyak sekali fitur-fitur yang sangat canggih pada smartphone
  2. Pada tahun 2012 perusahaan Apple berhasil menjual 340 ribu iPhone dalam sehari dimana rating penjualan tersebut adalah rating yang paling tinggi
  3. Fakta mengejutkan tentang smartphone terbaru datang dari para ilmuwan di mana mengklaim bisa mengisi ulang baterai smartphone dengan air kencing, di mana teknologi tersebut dikembangkan menjadi smart toilet
  4. Saat ini penduduk lebih memilih memiliki smartphone dibanding toilet di mana hal tersebut melambangkan bahwa ponsel pintar ini adalah satu hal yang sangat penting dimiliki di era modern
  5. Sebanyak 99% Malware diciptakan untuk menyerang smartphone berbasis Android sehingga tidak heran jika orang-orang terkadang lebih memilih menggunakan iOS meskipun harganya lebih mahal dari Android

Baca Juga : Rekomendasi HP Xiaomi Terbaru dan Tips Memilih Paling Bagus

Fakta-fakta di atas mungkin tidak semua orang tahu padahal ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Fakta mengejutkan tentang smartphone yang mungkin membuat Anda terkejut adalah menimbulkan phobia hingga penanganan khusus.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts