Tips Pintar Memilih Gadget untuk Ngevlog, Praktis!

gadget untuk vlog

Zaman yang berkembang membuat kebutuhan gadget untuk ngevlog menjadi solusi efisien dibandingkan harus membeli kamera yang notabene lebih mahal. Dengan perkembangan teknologi, bukan tidak mungkin Anda mendapatkan smartphone setara kamera.

Sekarang saja sudah banyak kamera sekian megapiksel yang bahkan bisa memperbesar objek tangkapan hingga ke detail terkecilnya. Tidak perlu takut blur atau tidak perlu khawatir ketika objek berada terlalu jauh dari titik tangkapan sebab kameranya sudah canggih.

Vlogging atau kegiatan membuat vlog bukan lagi sekedar menjadi hobi belaka, namun menjadi sumber penghasilan masa kini. Tidak sedikit influencer dari kalangan milenial yang memilih berprofesi sebagai influencer, daripada bekerja sebagai orang kantoran atau pegawai.

Waktu bekerja lebih fleksibel dan tidak terikat pihak tertentu menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang ingin menjajal peruntungan sebagai vlogger. Apalagi sekarang ini media sosial memberikan dukungan terhadap beragam konten, dari serius sampai candaan.

Tips Menilai Gadget untuk Ngevlog

Para vlogger pemula, tidak perlu bimbang saat uang kurang memadai untuk membeli kamera dan perangkat lainnya. Tetap lakukan kreativitas Anda melalui pilihan gadget yang digunakan untuk ngevlog secara tepat. Bagaimana tips memilihnya? ini dia caranya:

  • Kamera

Sangat dianjurkan untuk memilih kamera yang memiliki beberapa pembagian fungsi pada bagian belakang smartphone. Ketika melihat ada lebih dari satu kamera pada belakang ponsel, jangan dulu aneh karena sebenarnya semua kamera tersebut memiliki fungsi berbeda.

  • Pengambilan Gambar Stabil

Ketika mengambil gambar maupun video lalu kamera bergoyang, masalahnya bukan hanya karena tangan tremor, namun tidak lengkapnya fitur kamera. Rekomendasi smartphone guna vlogging adalah adanya fitur OIS atau optical image stabilization.

  • Perekaman Video

Sangat dianjurkan untuk memilih smartphone dengan kualitas perekaman video 4k atau minimal HD. Hal ini diperlukan sebagai antisipasi ketika proses editing, ditemukan ada tangkapan gambar kurang jelas kemudian pada saat diperbesar justru menjadi pecah.

  • Kapasitas Baterai

Pengguna gadget untuk ngevlog dengan pengguna smartphone biasa tentu memiliki intensitas waktu berbeda. Para vlogger membutuhkan waktu lebih panjang sehingga seminimal mungkin kapasitas baterai yang dibutuhkan untuk mendukung vlogging adalah 4000 mAH.

  • Fitur Foto dan Video

Semakin lengkap fitur yang diberikan maka semakin bagus tangkapan gambar maupun video dihasilkan. Salah satu andalan para vlogger dalam membuat konten adalah AI atau artificial intelligence yang bisa menyesuaikan pencahayaan kala malam hari untuk ditayangkan.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Handphone Dibawah 2 Juta Mei 2021)

Rekomendasi Smartphone yang Digunakan untuk Vlog

Di pasaran sudah tersedia banyak gadget untuk ngevlog dengan spesifikasi dan keunggulan berbeda-beda. Anda tinggal memilih perangkat paling sesuai, namun jika dirasa membingungkan maka bisa melirik berbagai gadget di bawah ini:

  • Samsung Galaxy M21

gadget untuk ngevlog - samsung galaxy s21

 

Smartphone ternama dari Korea Selatan ini sudah dilengkapi dengan fitur AI dan juga pengambilan foto maupun video super steady. Selain itu tidak perlu cemas baterai cepat habis karena tersedia kapasitas mencapai 6000 mAH yang bisa kuat seharian penuh.

  • Xiaomi MI Note 10

gadget untuk ngevlog - Xiaomi Note 10

 

Satu perangkat bisa dijadikan sebagai media pengambilan foto maupun video sekaligus sarana untuk editing. Praktis dan dilengkapi dengan fitur yang bisa memaksimalkan pencahayaan ketika malam hari. Vlogging kapan saja bebas rasa cemas.

  • Iphone 8 Plus

gadget untuk ngevlog - Iphone 8 Plus

 

Setiap produk dari Iphone memang tidak perlu diragukan lagi, apalagi kualitas tangkapan layarnya mencapai 4K. Selain itu, bisa memperbesar objek sampai 6 kali lipat sehingga memudahkan vlogger mengambil konten dari jarak sekian meter.

  • Oppo Reno5 5G

gadget untuk ngevlog - Oppo Reno5

 

Tidak mau kalah dengan brand ternama lainnya, varian dari Oppo ini juga melengkapi kamera dengan kemampuan merekam dari kamera depan dan belakang bersamaan. Fitur cukup menarik dan pastinya memberikan manfaat besar bagi para pembuat vlog.

Berbagai rekomendasi gadget ngevlog hadir dengan berbagai varian harga yang bisa disesuaikan dengan budget Anda. Pastinya selain memperhatikan harga, Anda juga harus memperhatikan apakah spesifikasi dari produk di atas sudah sesuai dengan kebutuhan?

(Baca Juga: Pekerjaan Menggunakan Handphone? Ini Dia HP dengan baterai tahan lama)

Aplikasi Edit Video di HP

Ketika sudah mendapatkan gadget untuk ngevlog selanjutnya Anda perlu menggunakan aplikasi sebagai proses editing. Akan lebih praktis jika dari pengambilan gambar maupun video sampai editing menggunakan smartphone, efisiensi waktunya lebih optimal.

Untuk beberapa rekomendasi aplikasi editing vlog, contohnya berikut ini:

  • Corel Video Studio

Ketika membuat konten, pastinya dari satu adegan ke adegan lain, kerap kali ada potongan. Biasanya jika salah memilih aplikasi editing, perpindahan scene tersebut lebih kasar dan tidak rapi. Salah satu keunggulan Corel Video Studio ini menghasilkan potongan lebih halus.

  • FilmoraGo

Aplikasi editing yang satu ini ada juga versi PC-nya bernama Wondershare Filmora. FilmoraGo memberikan operasional lebih praktis dan mudah digunakan dari handphone. Cukup beberapa menit saja, dari mulai cropping sampai pemberian efek mudah diberikan.

  • KineMaster

KineMaster juga tidak kalah menjadi salah satu rekomendasi aplikasi editing yang memiliki banyak fitur menjanjikan. Namun, untuk pengguna yang tidak menggunakan aplikasi pro biasanya ada watermark pada bagian sudut video sehingga orang tahu Anda menggunakan KineMaster.

  • Final Cut Pro X

Sesuai dengan namanya, Final Cut Pro X memberikan kualitas editing konten secara lebih halus sampai akhir. Operasionalnya tidak rumit, menyesuaikan dengan efektivitas gadget untuk ngevlog karena berbeda antara menggunakan smartphone dengan kamera dslr.

  • Explaindio

Explaindio merupakan aplikasi edit video yang berbeda dari lainnya karena dilengkapi dengan fitur tulisan tangan sebagai sentuhan tambahan. Lain-lain dari aplikasi ini adalah berbagai fitur dengan kelengkapan unik, dari proses pemotongan sampai pemberian efek.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Produk Samsung yang direkomendasikan sebagai gadget untuk ngevlog adalah Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Fitur unggulan dari smartphone ini adalah prograde kamera yang didapuk sebagai fitur unggulan paling baik diantara jajaran varian Galaxy Samsung.

Tambahan pen menjadi kemudahan tersendiri ketika proses edit video, bahkan bisa lebih efektif menjangkau detail terkecil. Varian S21 Ultra 5G ini kabarnya didapuk sebagai smartphone dengan kecanggihan pionir diantara seri S lainnya dari Samsung smartphone.

Ukuran layar cukup besar, berbeda dari ukuran smartphone kebanyakan menjadi kelebihan dari segi eksterior. Selain tentu saja pada spesifikasi interiornya juga tidak kalah memberikan banyak hal guna memudahkan para vlogger menyalurkan ide dan kreativitas berkarya.

Jika biasanya pengambilan gambar paling bagus ada pada kelas 4K, maka Galaxy S21 Ultra 5G ini lebih epic karena memberikan kualitas pengambilan gambar 8K. Tidak perlu ditanya hasil tangkapan layar dan hasil rekam videonya pasti jauh lebih bening dari kualitas 4K.

Sebagai gadget untuk ngevlog smartphone besutan Samsung ini juga dilengkapi dengan fitur director view yang bisa mengatur dari sudut mana angle pengambilan gambar. Anda bisa memilih satu diantara sekian kamera untuk mendapatkan tampilan konten lebih estetik.

Fitur lainnya yang akan didapatkan ketika menggunakan varian Galaxy S dari Samsung ini adalah kamera yang fleksibel untuk pengambilan gambar. Kamera depan khususnya bisa membuat angle konten lebih ciamik, baik untuk merekam vlogger atau objek sasarannya.

Oppo Reno 2 F

Selain Samsung, daftar gadget untuk ngevlog lainnya yang memberikan dukungan pengambilan gambar dengan kualitas ciamik adalah Oppo Reno2 F. Uniknya fitur canggih handphone ini dilengkapi dengan pilihan 12 warna yang membuat konten semakin menarik.

Ketika membuat video, pasti banyak pergerakan yang berpotensi membuat kamera bergerak tidak stabil sehingga mempengaruhi stabilitas gambar. Untungnya, Oppo Reno2 F sudah dilengkapi dengan penstabil guna meminimalisir tremor akibat berbagai tipe guncangan.

Dilengkapi dengan fitur ultra wide video membuat hasil tangkapan gambar maupun video jauh lebih berkualitas. Meskipun hanya memanfaatkan smartphone, namun kualitas konten bisa setara dengan pengambilan konten oleh kamera DSLR karena kelengkapan fasilitasnya.

Smartphone besutan Oppo satu ini memiliki dua varian warna, yakni cenderung hijau dan putih. Keduanya memiliki spesifikasi internal sama, hanya berbeda dari segi kapasitas memori. Biasanya berbeda ukuran memori maka berbeda juga penawaran harga diberikan.

Buat cerita atau konten Anda lebih menarik tanpa menghabiskan banyak budget dengan fasilitas yang tepat. Sebelum menentukan smartphone, pastikan dulu bahwa berbagai fitur di dalamnya memang ditujukan untuk pembuatan konten para vlogger masa kini.

Sebab, harga mahal tidak menentukan fasilitas. Banyak gadget untuk ngevlog dengan harga ramah di dompet yang memberikan kualitas terbaik di kelasnya.

Total
165
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts