Hindari! Ini Dia Resiko Bermain HP Sambil Di Cas

Resiko bermain HP sambil di cas

Resiko Bermain HP Sambil Di Cas – Banyak hal sepele dalam kegiatan sehari-hari kita yang ternyata membawa bahaya. Salah satunya adalah bermain HP ketika masih di cas. Hal pasti sudah pernah atau malah sering kita lakukan. Menyenangkan memang tiduran atau duduk sambil bermain HP yang di cas, ibarat  pepatah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Akan tetapi dibalik kenyamanan itu semua ada banyak resiko bermain HP sambil di cas. Untuk menghindarinya, ketahuilah resiko-resiko berikut ini.

Sebelum membahas satu persatu resiko, perlu diketahui bahwa saat ini sudah banyak smartphone yang memang didesain untuk dapat terus bekerja saat di cas. Kemungkinan resiko-resiko di bawah ini muncul juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kapasitas penyimpanan HP, orisinalitas charger yang digunakan, lama tidaknya bermain HP dan lainnya. Terlepas dari faktor tersebut, resiko-resiko di bawah ini tentunya dapat membahayakan jika terus menerus terjadi.

Suhu HP meningkat

Resiko bermain HP sambil di cas  - Suhu HP meningkat

Resiko bermain HP sambil di cas pertama adalah HP menjadi panas. Ketika proses pengisian daya terjadi, HP seharusnya fokus dalam menerima dan mengelola daya yang diterima. Akan tetapi jika Anda tetap menggunakan HP, hal ini berarti bahwa HP harus menambah beban kerja HP Anda. Tidak hanya memproses energi tapi juga langsung membagi energinya untuk digunakan.

Pernah terjadi beberapa laporan yang mengatakan bahwa overheating atau panas berlebih merusak chip atau hardware di dalam HP. Suhu panas juga secara otomatis memicu turunnya kecepatan GPU dan prosesor. Yang terakhir, panas juga memicu pembengkakan baterai.

Proses pengisian daya yang lama

Resiko bermain HP sambil di cas  - Proses pengisian daya yang lama

Charger HP adalah DC (direct current) yang menyuplai daya ke HP dan sistem manajemen daya HP menentukan pembagian daya yang digunakan. Ketika HP Anda tidak digunakan selama proses pengisian daya, maka daya yang masuk akan langsung tersimpan ke dalam baterai. Namun jika Anda tetap menggunakan HP ketika di cas, maka daya yang masuk tidak akan tersimpan dan langsung digunakan.

(Baca Juga:Ini Dia, Smartphone Terbaru Di 2021)

 

Sedikitnya energi yang tersimpan membuat proses pengisian daya lebih lama. Sudah pasti resiko bermain HP sambil di cas ini terjadi pada semua HP. Untuk mempercepat proses pengisian daya, Anda dapat mengaktifkan mode airplane, menutup semua aplikasi yang berjalan, atau mematikan mobile data Anda. 

Performa HP yang menurun

Resiko bermain HP sambil di cas  - Performa HP Yang Menurun

Resiko bermain HP sambil di cas yang satu ini sangat mungkin terjadi jika kebiasaan bermain HP sambil di cas dilakukan terus menerus. Dikarenakan beban kerja yang tinggi, HP harus membagi daya dan menjalankan kinerja aplikasi yang Anda buka. Tak jarang HP membutuhkan lebih banyak waktu dalam memproses beberapa aplikasi saat di cas daripada saat tidak di cas. Bahkan di beberapa kasus yang parah lagging bisa terjadi pada HP. Sekali lagi, hal ini bisa terjadi juga karena dipengaruhi faktor lain seperti memori HP yang penuh lalu diperparah dengan beban kerja tinggi karena digunakan saat di cas. 

Kemungkinan kerusakan kabel charger

Resiko bermain HP sambil di cas  - Kemungkina Kerusakan Kabel Charger

Lagi, resiko bisa terjadi jika dilakukan secara terus menerus. Ketika Anda bermain HP saat proses pengisian daya, Anda pasti berubah posisi beberapa kali. Berubahnya posisi yang sering bisa jadi membuat kabel terputar, terguncang, atau ketarik. Hal inilah yang bisa membuat kabel menjadi rusak. 

Proses pencabutan yang kasar dan sering juga mengganggu aliran daya yang bisa merusak bagian konektor. Ditambah panas yang tinggi dari baterai, bagian konektor juga terpengaruh sehingga chip dan lempeng tembaga bisa aus lebih cepat. Resiko bermain HP sambil di cas yang satu ini bisa disiasati dengan mengisi daya ketika Anda tidur atau melakukan pekerjaan lain. Jadi, HP akan bisa ditinggal dan berada dalam posisi yang stagnan untuk beberapa waktu. 

Kemungkinan kerusakan otak

Resiko bermain HP sambil di cas  - Kemungkinan Kerusakan Otak

Resiko bermain HP sambil di cas yang terakhir adalah kemungkinan kerusakan otak. Tidak hanya pada charger dan HP, resiko bermain HP sambil di cas juga bisa terjadi pada kesehatan tubuh pengguna HP. Ketika Anda bermain HP selama proses charging, posisi HP yang di cas akan lebih dekat dengan kepala Anda. Sedangkan selama proses charging, HP Anda memancarkan radiasi (meski dalam intensitas yang rendah). Radiasi yang sedikit tapi sering inilah yang dapat menyebabkan kerusakan otak dalam jangka waktu yang lama. 

Secara teknis, proses transfer muatan listrik masuk dan keluar dari HP yang terjadi selama proses pengisian daya lah yang menciptakan medan magnet. Medan magnet ini juga yang mempengaruhi area pendengaran. Lebih parah lagi, dilaporkan bahwa kesehatan jantung juga terganggu akibat kesetrum atau sengatan listrik yang terjadi ketika bermain HP sambil mengecas. 

Tips menghindari resiko bermain HP sambil di cas

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa bermain HP sambil di cas memang diperbolehkan. Akan tetapi untuk meminimalisir resiko yang terjadi, ada beberapa hal dapat Anda lakukan. Ini dia beberapa tips yang bisa diterapkan bila Anda harus tetap menggunakan HP selama proses pengisian daya.

Menggunakan charger dan baterai yang sesuai seri dan original tanpa modifikasi. 

Resiko bermain HP sambil di cas - Menggunakan charger dan baterai yang sesuai seri dan orisinal tanpa modifikasi.

Tidak semua memiliki HP memiliki daya terima yang sama dan tidak semua charger pun mentransfer dengan jumlah daya yang sama. Sering terjadi konsleting atau kerusakan karena proses pengecasan dilakukan menggunakan charger yang tidak sesuai. Ada beberapa charger modifikasi yang membuat proses pengisian daya lebih cepat, tapi nyatanya hal ini justru merusak komponen HP. Jika ditambah dengan bermain selama proses pengisian daya, hal ini tentunya dapat membahayakan HP dan pengguna.

(Baca Juga: Rekomendasi Smartphone Murah dengan Ram 8GB, Ada Incaranmu?)

Mencari posisi yang tepat

Resiko bermain HP sambil di cas  - Mencari Posisi Yang Tepat

Bila posisi pengguna kurang nyaman, maka pengguna akan sering berubah posisi. Perubahan ini dapat mengganggu proses transfer daya dan juga merusak kabel charger.  Seperti yang disebutkan tadi perubahan posisi dapat menyebabkan resiko bermain HP sambil di cas seperti kabel yang rusak, Perhatikan juga posisi pengguna. Posisi tidur atau rebahan dapat merusak penglihatan pengguna. 

Hindari tempat yang dekat dengan air

Resiko bermain HP sambil di cas - Hindari Tempat yang Dekat Dengan Air

Hal ini ditujukan untuk menghindari konsleting listrik karena cipratan air yang mungkin terjadi. Percaya atau tidak, banyak kerusakan HP dan kebakaran yang terjadi karena dipicu oleh cipratan air yang mengenai soket listrik atau charger HP. Jauhkan HP dan soket listrik dari air seperti air minum dan lainnya.

Hindari membiarkan HP drop atau kehabisan daya hingga 0%

Resiko bermain HP sambil di cas - Hindari membiarkan HP drop atau kehabisan daya hingga 0%

Ketika daya HP Anda 0% hal ini berarti tidak ada daya yang tersisa lagi bagi HP Anda untuk menjalan fungsinya. Lalu bila Anda cas HP Anda dan langsung memakainya sama saja Anda tidak membiarkan HP mengisi energinya terlebih dahulu. Baterai yang sering kosong akan lebih mudah rusak. Daya ideal bagi baterai HP adalah 330% hingga 80%. Jangan biarkan daya baterai Anda berada di bawah 30%. Mengisi daya sebagian tetapi sering itu lebih baik daripada mengisi daya hingga full tetapi baterai kosong. 

Itulah resiko bermain HP sambil di cas dan beberapa tips untuk menghindarinya. Bila Anda sayang dengan HP Anda dan tidak berencana untuk rutin mengganti HP Anda, silahkan terapkan tips tersebut. Semoga HP Anda awet.

Total
15
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts