Apakah Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula Di Bawah Ini Adalah Pilihan Anda?

Kamera digital terbaik untuk pemula

Kamera digital terbaik untuk pemula yang akan direferensikan disini sebenarnya juga dapat dipergunakan untuk para profesional. Hanya saja, fitur-fitur yang dihadirkan dapat dengan mudah dioperasikan oleh para pemula. Saat ini, persaingan antar kamera semakin tinggi dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir. Meskipun banyak kamera tanpa teknologi cermin atau mirrorless semakin disuka, tetapi DSLR masih belum terkalahkan.

Kamera DSLR masih menjadi pilihan paling terjangkau untuk mereka yang menginginkan fitur viewfinder yang sudah terintegrasi. Selain itu, DSLR masih sangat pas dalam hal ergonomis, sekaligus daya tahan baterai. Bahkan, kamera DSLR paling murah sekalipun masih menghasilkan gambar lebih bagus ketimbang kamera smartphone paling canggih sekalipun. Terlebih, DSLR masih unggul karena sensor super sensitif serta lensa yang dapat diganti-ganti. DSLR juga menjadi andalan pemula yang dapat dengan mudah mengontrol fitur secara manual, dengan format view finder canggih.

Apa Saja Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula Yang Paling Direkomendasikan?

Nikon D3500

Kamera digital terbaik untuk pemula - Nikon D3500

Sejak diluncurkan tahun 2018, produk ini masih belum terkalahkan.  Soal kualitas gambar dan kemudahan penggunaan, produk ini juga belum tertandingi. Memang belum ada kamera keluaran Nikon terbaru setelah seri ini, tetapi para pengguna pemula sudah menganggap bahwa produk yang satu ini lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan mereka. Terlebih dengan baterai yang tahan lama. Pengguna dapat melakukan pemotretan sebanyak kurang lebih 1.500  gambar meski kamera belum diisi daya listrik. 

Fitur terbaiknya adalah 24MP sensor yang menonjolkan kualitas gambar apik. Selain itu, Nikon seri ini juga mengubah desain dengan tombol kontrol yang jauh lebih mudah, dan dengan fitur ergonomis yang lebih ramping. 

Kekurangannya adalah hanya pada kontrol touchscreen yang tidak tersedia. Selain itu, hanya ada koneksi nirkabel Bluetooth, dan koneksi WiFi juga tidak tersedia. Tetapi hal ini tidak mengurangi keinginan pecinta Nikon yang merupakan pemula untuk mencoba kamera keren ini.

Canon EOS 80D

Kamera digital terbaik untuk pemula - Canon EOS 80D

Jenis yang satu ini adalah kamera digital terbaik untuk pemula yang tak pernah lekang oleh zaman. Alasan utama para pengguna setia seri ini adalah sistem AF yang cepat dan dapat diandalkan. Tentu, hasil jepretan yang sangat mengagumkan juga menjadi salah satu alasan mengapa jenis ini masih menjadi seri terlaris. 

Tidak diragukan lagi bahwa Canon EOS 90D diluncurkan untuk menggantikan seri ini. Namun, seri ini masih merupakan jenis DSLR serba bisa, yang selalu unggul dalam hal daya tahan baterai serta fitur mumpuni. Harga kamera ini pun masih cukup tinggi meski sudah ada versi penggantinya, yaitu 90D. Sejak 2016, 80D belum terkalahkan sebagai kamera digital terbaik untuk pemula. 

(Baca Juga: 8 Kamera yang Cocok Untuk Vlog Di Tahun Ini Agar Konten Terlihat Lebih Istimewa)

Keunggulan terbaiknya adalah kombinasi sensor 24,2MP dan sistem fokus otomatis 45 titik. Pemula akan mendapatkan hasil foto serta daya fokus andal. Sistem menu telah terpadu serta mudah dinavigasi. Fitur Wi-Fi on-board dan Bluetooth untuk mentransfer gambar secara nirkabel juga sangat mudah. Perlu disarankan bahwa lensa kit 80D sedikit lebih peka, sehingga pengguna dapat membeli body dan lensa secara terpisah.

Canon EOS Rebel T8i

Kamera digital terbaik untuk pemula - Canon EOS Rebel T8i

Seperti halnya jenis Canon lainnya, sensor APS-C CMOS selalu dapat diandalkan, selain camera 24.1MP dan Canon EF-S untuk lens mount. Dengan kecepatan jepretan 7fps dan 1,040,000 dots untuk hasil jepretan, pemula pasti sangat bangga dapat menghasilkan foto-foto ciamik, serta video resolusi 4K.  Salah satu kamera digital terbaik untuk pemula ini merupakan versi terbaru dari Rebel T7i. Desain secara keseluruhan tidak banyak berubah, meski AF System sangat ciamik dalam mengandalkan Dual Pixel phase-detection.  Tombol layout juga cukup mendukung pengguna meskipun auto focus untuk video 4K tidak terlalu berfungsi. Namun,  fitur tersebut cukup untuk pemula dan mereka yang ingin menyalurkan hobi memotret. 

Nikon D5600

Kamera digital terbaik untuk pemula - Nikon D5600

Kamera digital terbaik untuk pemula selanjutnya adalah Nikon D5600. Resolusi video 1080p cukup membuat seri ini sebagai kamera digital terbaik untuk pemula. Tentu, tanpa mengabaikan kamera 24.2 MP dan Nikon DX lens mount, seri ini sangat menjanjikan kualitas gambar terbaiknya. Hanya saja, fitur SnapBridge masih perlu diperhatikan, meski hal ini mungkin tak terlalu dipusingkan pemula. D5600 merupakan ‘revisi’ dari seri D3000.  Pemula sangat menyukai layar LCD super besar yang tidak hanya sangat mendukung kegiatan vlogging. Tetapi, fitur-fitur layar sentuh, auto fokus, dan juga koneksi WiFi  sangat mendukung pengguna pemula, yang ingin kamera ciamik dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya.

Canon EOS Rebel SL3

Kamera digital terbaik untuk pemula - Canon EOS Rebel SL3

Siapa yang tidak suka dengan model ramping serta layar artikulasi dari salah satu kamera digital terbaik untuk pemula ini?  Sejauh ini, seri ini merupakan DSLR paling terjangkau yang dapat menjanjikan 4K video. Fitur-fitur terbaik DSLR semuanya terangkum dalam seri ini, sehingga pengguna dapat memaksimalkan fitur sederhana, tetapi menjanjikan gambar dengan tampilan luar biasa ini. Beberapa pengguna yang mungkin sudah ‘naik kelas’, menganggap bahwa fitur 4K sedikit ‘tertunda’ meskipun pemula masih menganggap sangat bagus dan dapat diandalkan. 

(Baca Juga: Rekomendasi Laptop dengan Backlit Keyboard Terbaik dan Terlengkap)

Canon EOS Rebel T7

 Kamera digital terbaik untuk pemula - Canon EOS Rebel T7

Sejauh ini, seri Rebel T7 adalah seri DSLR paling terjangkau yang tentunya sangat dimanfaatkan oleh para pemula. Dengan aksesoris lengkap serta fitur-fitur yang ramah pemula, seri ini masih menjadi produk DSLR terlaris selama beberapa tahun. Memang, tidak ada fitur LCD flip out dan juga 4K video. Tetapi, secara keseluruhan kamera ini sangat mendukung para pengguna pemula yang ingin belajar kontrol gambar secara manual. 

Canon EOS 90D

Kamera digital terbaik untuk pemula - Canon EOS 90D

Kamera digital terbaik untuk pemula yang terakhir adalah Canon EOS 90D. Canon 90D adalah jenis DSLR paling tinggi untuk pemula. 90D mengemas sensor resolusi tinggi dengan video 4K yang memiliki reproduksi warna luar biasa. Detail pada gambar ataupun video juga sangat mumpuni. Unsur ergonomis di seri ini juga sangat unggul, dengan daya tahan baterai hingga lebih dari 1.500 gambar.  

Dari semua kamera digital terbaik untuk pemula tersebut diatas, memang hanya ada dua merek yang menjadi rekomendasi. Sejauh ini, memang Canon dan Nikon masih belum terkalahkan untuk kamera DSLR nya.  Harga dari dua merek ini juga tidak terpaut jauh, sehingga memang keduanya bersaing untuk saling mempertahankan pengguna setia mereka. 

Yang perlu diperhatikan pembeli adalah pembelian lensa terpisah jika mereka memang ingin memaksimalkan DSLR mereka.  Biasanya, baik Nikon dan Canon menawarkan dua jenis lensa yaitu lensa dengan stabilisasi gambar dan lensa yang tidak memiliki fitur tersebut. Alangkah baiknya jika pengguna menggunakan lensa dengan stabilisasi gambar, sehingga pengguna dapat mendapatkan gambar dengan hasil tajam, meski dengan kecepatan lebih lambat. 

Pengguna dapat memaksimalkan lensa 18-55mm yang sudah cukup mumpuni untuk pengguna. Mereka dapat mengatur lensa dengan angle lebar, serta fitur zoom, dan juga opsi makro dengan hasil kualitas terbaik. Dengan demikian, mereka sudah dapat bangga bahwa kamera digital terbaik untuk pemula yang mereka pilih sangat mendukung kecintaan mereka akan fotografi.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts