Perbandingan Intel dan AMD, Prosesor Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan intel dan AMD saat membeli laptop tentu saja menjadi pertimbangan penting. Kedua prosesor ini menguasai pasaran di dunia dan sama-sama berasal dari Amerika Serikat. Memilih prosesor menjadi momen yang membuat dilema. Kedua prosesor ini memiliki keunggulannya masing-masing. Selain itu, keduanya memiliki pengguna setianya sendiri.

Memang tidak dapat dipungkiri, kebutuhan penggunaan laptop dan komputer pada setiap orang berbeda. Sama halnya dengan Anda, tentukan terlebih dahulu dominasi peruntukan laptop yang akan digunakan. Setelah menentukan peruntukannya, maka Anda harus menyimak perbandingan kedua prosesor ini. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menentukan mana yang terbaik.

Kelebihan yang Dimiliki Prosesor Intel

perbandingan intel dan amd - kelebihan intel

Anda pasti sudah tidak asing dengan prosesor satu ini. Sebab, hampir semua laptop dulunya menggunakan intel. Popularitasnya juga ditunjang dengan promosi besar-besaran dari perusahaan. Iklan di berbagai saluran tv, radio, majalah, koran, hingga internet. Selain itu, kualitas yang mumpuni membuat prosesor ini sangat mudah diterima oleh masyarakat.  Hingga saat ini, bahkan masih menjadi prosesor ternama. Berikut ini adalah kelebihan yang dihadirkan oleh prosesor Intel dalam perbandingan Intel dan AMD.

  • Tidak Mudah Panas

Intel sudah dirancang memiliki kemampuan untuk mengontrol suhu laptop saat sedang beroperasi. Meski digunakan dalam waktu yang lama laptop dengan prosesor intel tidak akan mudah panas. Prosesor akan menurunkan performa CPU jika laptop memiliki suhu di atas rata-rata. Transfer rate akan menurun hingga suhunya normal kembali. hal ini bertujuan untuk menghindari overheat.

Overheat pada laptop yang terlalu sering pasti akan menyebabkan kerusakan lebih cepat. Penurunan performa juga hanya dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, laptop yang memiliki prosesor intel terkenal awet. Terlebih lagi untuk laptop gaming. Intel memiliki teknologi yang sangat mumpuni dalam hal ini. Laptop gaming memiliki spesifikasi khusus karena program yang dijalankan cukup berat. Jika tidak, laptop akan mudah panas.

Laptop gaming dengan prosesor Intel dikenal juara di kelasnya. Spesifikasinya sudah di tingkat atas, bahkan lonjakan panas dapat dengan mudah diredam oleh porosesor satu ini.

(Baca Juga: Apa perbedaan SSD dan HDD? Mari Kita Kupas Tuntas)

  • Suara Prosesor Intel Tidak Bising

Kelebihan berikutnya adalah terletak pada suara yang dihasilkan oleh prosesor Intel tidak menyebabkan kipas berbunyi bising. Perbandingan Intel dan AMD ini cukup terlihat dengan jelas. Hal ini yang membuat konsumen puas. Anda tidak perlu merasa malu saat membawa laptop ke tempat umum. Suara kipas bising ini tidak muncul secara tiba-tiba. Jika dikaitkan dengan prosesor, maka alasan utamanya adalah kehandalan dari prosesor tersebut.

Kipas akan berbunyi bising saat prosesor bekerja sangat keras karena program yang berjalan diluar kapasitasnya. Prosesor yang tidak dilengkapi teknologi pengatur suhu, akan menyebabkan overheat. Pada saat overheat tersebut, kipas bekerja ekstra sehingga menimbulkan bunyi. Hal ini tidak terjadi pada prosesor intel karena kemampuannya meredam suhu.

  • Unggul dalam Bidang Multimedia

Jika berbicara mengenai bidang multimedia seperti editing video dan gambar, intel lebih unggul. Baik dari segi kecepatan editing atau ketajaman gambar yang ditampil, AMD masih kalah. Terutama dalam hal editing video atau biasa disebut dengan rendering. Proses rendering menggunakan prosesor intel terbukti jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan prosesor lain. 

  • Brand Menang di Pasaran

Perbandingan Intel dan AMD memang selalu dikaitkan dengan branding. Intel muncul jauh lebih dulu jika dibandingkan dengan AMD, maka tidak salah jika popularitasnya jauh dibandingkan dengan AMD.

Banyak konsumen yang terkadang menentukan pilihan karena mereknya lebih terkenal dan banyak diiklankan. Maka, pangsa pasar intel jauh lebih luas dibandingkan dengan saingannya. Tentu saja keunggulan brand ini diimbangi dengan kualitas mumpuni dari Intel. Meski pada kenyataannya, AMD juga tidak kalah canggih dari Intel.

Kekurangan yang Dimiliki Prosesor Intel

perbandingan intel dan amd - kekurangan intel

Setiap teknologi pasti memiliki kekurangan, meski sudah terlihat sempurna. Hal ini yang akan membuatnya terus berkembang dan menyempurnakan teknologinya tersebut. Tidak terkecuali bagi Intel. Jika dibandingkan dengan prosesor pesainya, Intel masih memiliki beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Kekurangan utama yang dimiliki oleh intel adalah biaya. Jadi, saat memilih prosesor ini, Anda harus menyiapkan biaya besar.

  • Harga Beli Mahal

Anda pasti setuju dengan kekurangan prosesor intel yang satu ini. Harga yang dibanderol untuk laptop dengan prosesor intel jauh lebih mahal. Jika dibandingkan dengan versi yang sama dengan pesaingnya, perbedaan harga terlihat jelas.

Hal ini disebabkan karena reputasi dan branding intel yang sudah ada di kelas atas. Sehingga meski dengan teknologi dan spesifikasi sama, prosesor Intel akan jauh lebih mahal. Selain itu, jika ada pembaruan spesifikasi prosesor, harganya akan jauh melonjak. Bisa hingga berkali-kali lipat. Berbeda dengan prosesor lain yang menaikkan harga tidak setinggi Intel.

  • Biaya Perbaikan Mahal

Karena harga prosesornya yang mahal, maka biaya perbaikannya juga akan mahal. Hal ini akan Anda rasakan sendiri saat laptop dengan prosesor intel rusak, biaya servicenya jauh lebih mahal.

Sebab, Intel sudah menyatu dengan motherboard. Jadi, jika prosesornya rusak, maka Anda harus membeli moethe boardnya juga. Kondisi ini akan menyulitkan jika laptop yang Anda miliki terus mengalami kerusakan. Jadi, Anda harus terus mengeluarkan biaya untuk perbaikan. Perbandingan Intel dan AMD dalam biaya service tentunya akan sangat signifikan perbedaannya.

  • Grafis Kurang Unggul

Jika dibandingkan dengan AMD, grafis intel memang masih tertinggal. Grafis ini akan sangat terlihat saat Anda memutar media, seperti video, gambar, atau game. Ketajamannya akan berbeda jika disandingkan.

Para gamer yang memiliki mata sensitif terhadap tampilan grafis, akan merasakan perbedaannya. Mereka akan lebih nyaman bermain jika tampilan grafisnya tajam dan nyata. Sayangnya, prosesor Intel masih kurang dalam memberikan grafis yang tajam. Namun, jika Anda tidak begitu sensitif dengan hal tersebut, maka tidak akan menjadi masalah.

Kelebihan dari Prosesor AMD yang Perlu Diketahui

perbandingan intel dan amd - kelebihan amd

AMD dengan kepanjangan Advanced Micro Device muncul setelah Intel meraih popularitas tinggi di seluruh dunia. Perbandingan Intel dan AMD dalam segi popularitas memang cukup jauh.  Banyak pengguna laptop atau komputer awam yang masih belum mengetahui prosesor ini. Padahal, jika dibandingkan dengan Intel, AMD memiliki kelebihan signifikan. Terutama dalam bidang gamin. AMD sering digunakan pada laptop gaming karena kelebihan yang dimilikinya sebagai berikut:

  • Harga Lebih Terjangkau

Keunggulan pertama yang dimiliki oleh prosesor AMD adalah harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Intel. Bahkan, jika keduanya memiliki kemampuan dan teknologi yang sama. Hal ini dikarenakan kekuatan branding AMD belum sekuat Intel. Sebab, jika memiliki harga yang sama dengan Intel, tentu saja konsumen akan lebih memilih Intel. Kekuatan branding memang sangat penting dalam bisnis.

Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan kualitas mumpuni AMD, jika brandingnya semakin kuat maka harganya akan semakin mahal. Namun, harganya saat ini menjadi suatu kelebihan untuk konsumen.

  • Grafis lebih Unggul

Perbandingan Intel dan AMD dalam bidang grafis memang memberikan dampak yang besar. AMD disukai oleh gamers karena tampilan grafisnya yang tajam dan nyata. Hal ini juga membuka peluang baik untuk AMD.

  • Memiliki Kemampuan Mendeteksi Malware

Kelebihan satu ini yang menjadi unggulan dari prosesor AMD dan tidak dimiliki oleh Intel. Deteksi malware sangat penting untuk laptop agar dapat terhindar dari virus dan berbagai program berbahaya.

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Suka Desain, Ini Dia Rekomendasi Laptop untuk Desain Grafis Murah)

  • Bekerja Maksimal di Aplikasi 64 bit

Pengembangan teknologi aplikasi sekarang semakin pesat, sehingga banyak dari mereka sudah berbasis 64 bit. Terutama dalam bidang game. Oleh sebab itu, AMD menjadi pilihan utama untuk para gamers.

Kekurangan yang Dimiliki Prosesor AMD

perbandingan intel dan amd - kekurangan amd

AMD tidak lepas dari kekurangan, sama halnya seperti Intel. Umumnya, kekurangan yang dimiliki oleh AMD adalah kelebihan dari intel. Tapi, jika dibandingkan dengan harganya tentu hal ini dapat dimaklumi. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh prosesor AMD:

  • AMD Lebih Mudah Panas

Prosesor satu ini lebih mudah panas jika dibandingkan dengan Intel. Sebab, prosesnya akan tetap stabil meski panas sudah di atas rata-rata. AMD tidak menurunkan performanya dan membiarkan CPU dingin. Oleh sebab itu, Anda memerlukan cooler agar tidak terjadi overheat pada laptop. Jika tidak, maka laptop Anda akan lebih mudah rusak.

  • Suara Lebih Bising

Karena mudah terkena overhear, maka kipas akan lebih bising untuk menurunkan suhunya. Oleh sebab itu, laptop Anda menjadi berisik dan terkadang mengganggu konsentrasi.

  • Bidang Multimedia Kurang

Sebelumnya sudah dibahas bahwa bidang multimedia AMD sangat kurang. Hal ini dapat dilihat dari proses rendering video yang memakan waktu lama dan editing foto performanya kurang memuaskan.

Perbandingan Intel dan AMD, Pilih Mana?

Setelah membahas mengenai perbandingan dari keduanya, tentu Anda sudah bisa menentukan sendiri. AMD sangat cocok untuk gamers yang ingin memiliki laptop dengan grafis baik tapu harga terjangkau.

Sedangkan untuk Intel sangat cocok bagi pekerja di bidang kreatif karena kecepatan dan fitur multimedianya sangat mumpuni. Tentu harga bukan lagi masalah jika sudah menemukan yang terbaik.

Setiap prosesor pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Semuanya tergantung dari kebutuhan Anda sebagai pengguna. Perbandingan Intel dan AMD ini dapat digunakan sebagai referensi saat Anda ingin membeli laptop.

Total
21
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts