Simak Yuk, Tips Memilih Laptop Terbaik Sesuai Kebutuhan

Bagi Anda yang sedang sibuk di dunia perkuliahan dan pekerjaan, pasti membutuhkan tips memilih laptop baru. Kebutuhan membeli alat teknologi tersebut dapat disesuaikan dengan budget dan kepentingan calon pemiliknya.

Memilih notebook memang gampang-gampang susah, kadang ada barang yang bagus tetapi harganya cukup mahal. Ada juga produk dengan harga murah, namun spesifikasinya kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan calon pemiliknya.

Anda tidak perlu terburu-buru, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk gadget, pastikan membaca secara detail spesifikasinya. Setelah itu, Anda bisa memperhitungkan apakah sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Rekomendasi Laptop Baru untuk Pelajar

tips memilih laptop - rekomendasi laptop untuk pelajar

Tips memilih laptop biasanya disesuaikan dengan kebutuhan pembeli. Bagi pembeli yang masih berstatus pelajar, kebutuhan laptopnya lebih ringan dibandingkan dengan spesifikasi untuk editing atau gaming.

Perhatikan tips utama yang penting untuk Anda ketika membeli laptop baru, yaitu menentukan Operating System. OS atau Operating System adalah pusat dari gadget dan dirancang dengan struktur cukup rumit.

Ada tiga jenis OS pilihan dengan struktur berbeda, yaitu Windows, MacOS, dan Chrome OS. Kebutuhan dan pemahaman setiap orang terkait ketiga OS tersebut berbeda-beda. Pilihlah OS terbaik versi Anda.

Sebagian besar konsumen gadget di dunia lebih suka menggunakan Windows (Kini sudah update hingga Windows 10). Ketika mendatangi toko gadget, mereka akan menawarkan laptop yang sudah terinstal Windows 10.

Konsumen tentu saja akan tertarik, karena harga laptop yang menggunakan Windows 10 lebih terjangkau daripada MacOS. Bagi Anda yang mencari gadget untuk keperluan sekolah, maka disarankan untuk memilih OS Windows.

(Baca Juga: Ini Dia, Rekomendasi Laptop Gaming di Bawah 8 Juta Terbaik Mei 2021)

Setelah menentukan OS, Anda wajib memaksimalkan fungsi komputer portable berdasarkan kebutuhan. Seorang pelajar atau mahasiswa cenderung memiliki kebutuhan mengerjakan tugas presentasi, browsing, atau membuat makalah.

Oleh karena itu, belilah laptop sesuai dengan prioritas kebutuhan. Tidak perlu membeli komputer portable tersebut dengan spesifikasi tinggi dan harga mahal. Cukup temukan kenyamanan saat Anda bekerja menggunakan alat tersebut.

Namun, lain halnya jika Anda adalah mahasiswa teknik atau desain, tentu membutuhkan teknologi dengan spesifikasi lebih tinggi. Meski begitu, tetap prioritaskan kebutuhanmu agar bisa menghemat budget.

Cara terakhir memilih gadget terbaik, yaitu dengan memperhatikan desainnya. Meski dengan spesifikasi standar, pastikan gadget Anda memiliki tampilan yang sesuai selera, sehingga dapat menambah mood bekerja.

Pilihan Laptop untuk Kebutuhan Editing Video

tips memilih laptop - laptop untuk editing video

Dunia digital semakin berkembang, termasuk media sosial seperti Instagram, Twitter, bahkan platform Youtube. Oleh karena itu, banyak konsumen yang membutuhkan informasi tentang tips memilih laptop untuk editing.

Editing membantu banyak generasi muda untuk menciptakan berbagai karya. Hal tersebut didukung dengan meningkatnya minat untuk menjadi seorang content creator.
Sebagai content creator, Anda membutuhkan laptop dengan berbagai spesifikasi mumpuni. Berikut beberapa pertimbangan untuk membeli laptop editing :

Prosesor yang Sesuai

Ada dua jenis prosesor yang populer di kalangan konsumen, yaitu AMD dan Intel. Kedua processor tersebut bersaing ketat untuk menciptakan performa gadget terbaik sesuai kebutuhan konsumennya.

Memilih prosesor cukup mudah, Anda bisa mempelajari keunggulan dan kekurangan dari AMD dan Intel. Keduanya memiliki versi yang terus diperbarui, oleh karena itu Anda harusnya dengan prosesor versi terbaru.

Prosesor sangat penting untuk membuat kerja laptop tidak lemot. Kini, versi terbaru untuk editing di prosesor Intel, minimal pilihlah Core i5. Sedangkan untuk prosesor AMD, pilihlah minimal AMD Ryzen 5.

Memperhitungkan RAM

Selain prosesor, masih ada RAM yang mempengaruhi kenyamanan Anda saat mengedit video. Untuk mendukung performa komputer portable, pilih spesifikasi dengan minimal RAM 8GB, Anda juga bisa meng-update-nya menjadi 16 GB.

Pastikan Gadget Anda Memiliki Sistem Pendingin

Mengapa membutuhkan sistem pendingin? Ketika mengedit video, seringkali Anda merasa lupa waktu hingga sudah bekerja sampai berjam-jam. Penggunaan gadget berjam-jam, tentu membuat mesin di dalamnya bekerja lebih keras.

Oleh karena itu, sistem pendingin diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan mesin. Sehingga, mesin di dalam gadget tidak terlalu panas dan dapat bekerja optimal dalam jangka waktu lama.

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaru 2021

tips memilih laptop - tips memilih laptop gaming

Tidak hanya digunakan untuk kuliah, sekolah, bekerja, atau mengedit video, teknologi ini bisa juga sebagai alat untuk menyalurkan hobi atau hiburan saat mengalami penat menghadapi berbagai pekerjaan.

Bahkan, kini games bukan sekedar hobi bagi sebagian besar orang, melainkan sudah menjadi profesi sebagian besar remaja, baik perempuan maupun laki-laki hingga dikompetisikan sampai tingkat internasional.

Kompetisi tersebut akhirnya meningkatkan minat remaja untuk ikut serta bermain berbagai games. Apalagi, kini bermunculan berbagai jenis games yang seru dan menarik.

Hal tersebut mendasari Anda untuk memperhatikan tips memilih laptop gaming paling sesuai. Beragam fitur yang menjadi pertimbangan untuk membeli laptop agar saat bermain bisa lebih nyaman.

Pertama, Anda perlu memperhatikan ukuran, resolusi, serta kecepatan refresh dari layar yang dapat mempengaruhi permainan. Semakin tinggi resolusi, maka permainan akan semakin seru dan menarik.

Kedua, perhatikan memori dan penyimpanan. Pelajari lebih dalam terkait HDD dan SDD, serta tentukan berapa RAM agar tidak lemot ketika bermain. Semakin bagus games, maka semakin membutuhkan lebih banyak ruang.

Ketiga, pengalaman bermain semakin menarik jika menggunakan gadget berkualitas, tidak hanya dari spesifikasi, melainkan juga desain. Seringkali Anda melihat keyboard laptop gaming dibuat berwarna-warni dan warna bernuansa dark.

Keempat, memperhitungkan port dan input. Tentu saja, bermain games membuat Anda harus menyimpan banyak data. Oleh sebab itu, perlu untuk memperhitungkan penyimpanan eksternal dan memilih port berkecepatan tinggi tambahan.

Tips memilih laptop gaming terakhir, yaitu melihat CPU dan GPU dengan membandingkan spesifikasi dari berbagai komponen, contohnya kecepatan clock, benchmark, dari berbagai produk gadget yang dijual.

Beli Laptop Bekas? Perhatikan Hal-hal di Bawah Ini

tips memilih laptop - laptop bekas

Tidak masalah meski membeli laptop bekas, selama kondisinya masih bagus dan tidak pernah dibawa ke tempat servis. Dengan membeli bekas, Anda akan mendapatkan harga lebih miring.

Tapi, pastikan untuk mengikuti tips memilih laptop bekas agar tidak rugi. Sebagian besar laptop dijual karena alasan tertentu, tidak sedikit penjual juga jujur dengan kondisi barang yang sebenarnya.

Maka dari itu, Anda harus pandai dan cermat untuk memastikan bahwa benda bekas tersebut masih berfungsi dengan baik. Hal pertama sebelum membeli, Anda harus mencoba barangnya di hadapan penjual.

Apabila laptop sudah menyala dengan baik sesuai dengan kondisi yang disampaikan penjual, maka pembeli bisa mempertimbangkan apakah harganya worth it, sesuai kualitas atau tidak.

Setelah kondisi baik, periksa kembali kelengkapannya. Paling penting adalah memastikan bahwa charger-nya masih berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa perlengkapan lain, seperti CD/DVD driver dan kartu garansi (jika ada).

Biasanya, semakin banyak kelengkapan yang diberikan oleh penjual, maka menunjukkan bahwa penggunaan barang tersebut sangat baik dan menguatkan pertimbangan untuk membelinya. Sehingga, jika ingin menjualnya kembali, Anda tidak terlalu rugi.

Tidak hanya itu saja, kelengkapan juga menambah jaminan bahwa barang tersebut aman dan asli, tidak sedikit kasus dialami oleh pembeli yang mendapatkan barang curian dari penjual.

Selanjutnya, periksa kondisi layar. Layar adalah salah satu komponen penting yang harus diperhatikan ketika membeli barang second. Terdapat dua standar pengecekan layar, yaitu memastikan layarnya tidak buram atau terdapat bintik-bintik.
Kedua, cek pemasangan layar monitor LCD apakah sudah baik dan benar. Cukup sedikit goyang-goyangkan layarnya dan buka tutup pelan-pelan beberapa kali untuk memastikan engselnya stabil.

(Baca Juga: Daftar Laptop Terbaik 2021 Harga 5 Jutaan)

Tips Memilih Laptop Saat Belanja Online dengan Aman

tips memilih laptop - membeli laptop online

Menyeleksi laptop bekas tidak hanya dibutuhkan ketika Anda membelinya secara offline, melainkan secara online justru lebih sulit, karena tidak bisa melihat kondisi fisiknya secara langsung.

Sistem jual beli online memang cukup memudahkan semua pihak, tetapi tidak menjamin kualitas barang sempurna, sesuai dengan foto yang diberikan penjual. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan tips penting ini.

Pertama, pilihlah penjual yang berlokasi di lokasi terdekat dari kota Anda. Meski pembayaran dan pemilihan barang dilakukan online, mintalah alamatnya untuk melihat secara langsung kondisi fisik barang.

Kedua, belilah barang bekas melalui e-commerce karena keamanannya lebih terjamin. E-Commerce berperan sebagai jembatan antara penjual dan pembeli, serta meminimalisir terjadinya penipuan. Anda juga mendapatkan pelayanan tersebut secara gratis.

Terakhir, buatlah perjanjian retur untuk berjaga-jaga jika barang yang datang tidak memiliki kualitas sesuai deskripsi dapat dikembalikan, sehingga Anda tidak akan rugi dan mendapatkan pertanggungjawaban dari penjual.

Perkembangan teknologi semakin pesat menyajikan berbagai pilihan gadget. Sebagai konsumen, Anda perlu memperhatikan tips memilih laptop sesuai kebutuhan, baik untuk sekolah atau kuliah, editing, serta gaming.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts