5 Macam Metode Melahirkan yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

macam metode melahirkan

Macam metode melahirkan tidak hanya menjadi bahan pertimbangan, karena banyak faktor yang harus diperhatikan oleh kalian saat akan melahirkan. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu, kondisi janin, hingga proses pemulihan setelah itu.

Baca Juga : Momen Nagita Slavina Melahirkan Anak Kedua Lewat Live Tiktok

Pasalnya, dulu kita hanya mengenal dua cara melahirkan, yaitu melalui cara normal dan melalui operasi caesar. Sekarang ada banyak pilihan untuk menjadi pilihan dan bahan pertimbangan sendiri sebelum memilih salah satunya.

Pastinya dapat kalian diskusikan terlebih dahulu dengan pasangan dan dokter kandungan untuk bisa membantu untuk menentukan metode terbaik. Kalian juga bisa mencari informasi mengenai perbedaan antara satu metode dan lainnya. 

Sehingga, kalian bisa lebih memahami kelebihan dan kekurangan dari macam metode melahirkan tersebut. Kalian juga dapat mempersiapkan apakah yang harus disiapkan sebelum proses persalinan. Jadi saat waktunya sudah dekat, kalian bisa fokus pada proses dan penyembuhannya.

5 Macam Metode Melahirkan Beserta Kelebihan dan Kekurangannya 

macam metode melahirkan

Pasalnya melahirkan adalah momen berharga buat pasangan yang telah menantikan sang buah hati. Bahkan, banyak yang mengabadikan momen tersebut melalui video atau foto. Seiring, dengan kecanggihan teknologi, membuat begitu banyak metode persalinan untuk dipilih.

Metode Melahirkan Normal

Cara ini paling umum diketahui dan dilakukan. Setelah kontraksi, otot-otot di sekitar vagina akan meregang dan melebar. Kemudian sang ibu diposisikan berbaring kemudian diminta untuk mengejan agar bayi dalam kandungan terdorong dan keluar melalui vagina.

Kelancaran dalam cara normal umumnya dipengaruhi oleh tiga faktor penting, yaitu kekuatan ibu saat mengejan, kondisi jalan lahir dan kondisi janin. Ketiga faktor ini harus dipastikan sama-sama baik agar persalinan berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, ada beberapa kelebihan dari macam metode melahirkan secara normal, yaitu:

  • Proses pemulihan atau penyembuhan terbilang lebih cepat
  • Tidak menginap terlalu lama di rumah sakit
  • Risiko infeksi terbilang kecil
  • Bayi melalui metode ini lebih kecil terkena risiko gangguan pernafasan
  • Adapun kekurangan yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:
  • Metode ini menuntut kondisi fisik prima dan kuat dari sang ibu
  • Sang ibu tidak boleh memiliki gangguan pada pernafasan 
  • Metode ini relatif lebih sulit, karena membutuhkan banyak persiapan sebelumnya
  • Jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan robeknya perineum (kulit di antara vagina dan anus)

Macam metode melahirkan secara normal saat ini tidak harus dilakukan di rumah sakit. Kalian bisa melakukannya di rumah, dan biasa dikenal dengan home birth. Biasanya dokter, suster, atau bidan yang akan membantu prosesnya dengan datang ke rumah untuk memastikan tidak ada kendala.

Metode Melahirkan Caesar

Macam metode melahirkan selanjutnya secara caesar juga termasuk sudah banyak diketahui dan dilakukan. Cara ini merupakan alternatif pertama yang biasa dilakukan pihak media ketika kondisi sang ibu atau bayinya tidak memungkinkan untuk proses persalinan normal.

Pada dasarnya, operasi caesar ini merupakan proses persalinan dengan cara mengambil bayi di dalam kandungan melalui proses pembedahan di bagian perut. Tindakan ini perlu dilakukan pada situasi tertentu.

Seperti contohnya, ketika plasenta menutupi jalan lahir, rongga panggul ibu sempit dibanding ukuran janin, ukuran bayi terlalu besar, atau letak janin melintang. Namun, metode ini memiliki beberapa risiko yang perlu diketahui, yaitu:

  • Mengharuskan menginap lebih lama di rumah sakit untuk proses pemulihan
  • Cenderung merasakan sakit di sekitar daerah pembedahan
  • Tidak menutup kemungkinan akan timbul masalah seperti kekurangan darah, infeksi luka, dan efek samping lainnya dari pembiusan setelah operasi
  • Bayi berisiko lebih membutuhkan bantuan pernafasan
  • Sang ibu tidak bisa langsung menyusui sang buah hatinya

Metode Melahirkan Vakum

Macam metode melahirkan melalui cara vakum dilakukan dengan menarik kepala bayi menggunakan alat penyedot. Dengan cara ini sang ibu juga membutuhkan usaha untuk tetap berusaha mendorong keluar bayinya melalui vagina. 

Sementara itu, pihak medis akan membantu menangani peralatan vakum supaya bayi cepat keluar. Ada beberapa kelebihan cara persalinan yang satu ini, yaitu:

  • Dengan bantuan vakum menekan risiko robeknya perineum, karena beban mengeluarkan bayi lebih ringan karena adanya bantuan alat vakum
  • Proses persalinan menjadi relatif lebih cepat, membuat bayi bisa segera mendapat penanganan dari pihak medis
  • Cara ini merupakan jalan tengah untuk menghindari operasi caesar tapi tidak sepenuhnya kuat untuk melakukan persalinan secara normal

Metode Melahirkan Water Birth

Macam metode melahirkan jenis ini dengan menempatkan sang ibu pada sebuah tub berisi air. Kemudian prosesnya bayi akan dikeluarkan dibawah air. Melalui cara ini diyakini dapat mengurangi rasa sakit persalinan normal. 

Selain itu, kini persalinan dalam air juga sudah biasa dilakukan di rumah. Kalian cukup menyiapkan tub melahirkan saja dan mengisinya dengan air. Berikut kelebihan persalinan melalui metode water birth:

  • Rasa sakit terbilang lebih sedikit
  • Sang ibu bisa mengatur posisi sesuai kenyamanannya dalam tub yang telah terisi air
  • Pasangan kalian bisa berada di sisi ibu untuk memberikan dukungan
  • Selain itu, ada juga beberapa kekurangan yang di dapat dari metode water birth, diantaranya
  • Kebersihan air penting diperhatikan supaya tidak menimbulkan infeksi pada ibu dan bayinya
  • Perlu beberapa peralatan tambahan demi kelancaran saat proses persalinan dengan cara ini
  • Jika persalinan di rumah tidak memungkinkan, tetap perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lanjutan

Metode Melahirkan Gentle Birth

Macam metode melahirkan terakhir ini bukan hanya berfokus pada praktik pengeluaran bayi dari rahim, melainkan pada kondisi psikologis yang dirasakan pada ibu saat menjalani prosesnya. Tujuan dari cara ini untuk mengurangi risiko traumatis dari sebuah proses persalinan. 

Selain itu, pada cara ini perawat wajib mendengarkan keinginan sang ibu. Sehingga, prosesnya sebisa mungkin dilakukan dengan cara yang lembut. Berikut beberapa persiapan untuk kalian lakukan sebelum memilih metode ini:

  • Ikuti kelas konsultasi yang memang sejalan pada visi gentle birth
  • Lakukan komunikasi dengan ibu yang telah mencobanya sebagai gambaran psikologis yang diinginkan
  • Jauhi untuk menyaksikan tayangan, gambar, atau cerita yang menggambarkan persalian dinilai sebagai proses yang menyiksa.
  • Pilihlah tenaga medis yang terlatih untuk membantu proses metode ini
  • Pilihlah siapa saja orang terdekat yang diinginkan untuk menemani kalian saat persalinan

Hal yang Perlu Diketahui Setelah Proses Melahirkan

macam metode melahirkan

Setelah persalinan dengan menggunakan salah satu macam metode melahirkan, kalian perlu mengetahui beberapa hal. Hal tersebut penting, apalagi jika kalian adalah ibu baru atau melahirkan anak pertama kalinya.

Cara Tetap Sehat Setelah Melahirkan

Pasalnya kesehatan menjadi kunci dari kualitas hidup baik. Setelah melewati proses persalinan, ibu pasti akan mengalami banyak perubahan, termasuk dalam hal kebiasaan saat menjaga kesehatannya. Hal tersebut perlu diperhatikan kesehatan fisik maupun jiwa setelah persalinan.

Cara Merawat Bayi

Pada hari pertama setelah kelahiran bayi, hal perlu diperhatikan adalah perawatan tali pusat. Pastikan kalian mencuci tangan ketika akan merawat tali pusat tersebut. Tidak perlu mengoleskan apapun pada tali pusat, tidak perlu ditutup kasa, gurita, atau popok sekalipun. 

Dengan macam metode melahirkan yang telah kalian lakukan, pastinya akan berpengaruh saat merawat bayi pada awal setelah proses persalinan. Karena, dengan apapun caranya, seorang ibu tetap membutuhkan waktu untuk masa pemulihan.

Cara Memandikan Bayi

Kalian perlu belajar memandikan bayi baru lahir karena masih ada lapisan yang melindunginya. Kemudian, enam jam setelahnya bayi bisa dibersihkan dengan cara dilap dengan kain air hangat. Pastikan selama tali pusat masih ada, gunakan lap hangat atau spon saat memandikan bayi.

Cara Menyusui yang Benar

Kunci saat menyusui bayi secara benar dengan memastikan ibu merasa senang dan nyaman, begitu juga dengan bayinya. Sebelumnya kalian perlu cuci tangan dulu dengan bersih sebelum menyusui. Kemudian perah air susu sedikit, lalu oleskan puting dan area sekitarnya demi menjaga kelembapan.

Pastikan sudah dalam posisi nyaman baik duduk atau berbaring. Selanjutnya perut bayi harus menempel ke tubuh ibu dan mulutnya berada di depan puting. Beri rangsangan bibir bayi hingga mulutnya terbuka lebar. Sesuaikan proses menyusui dengan macam metode melahirkan untuk masa pemulihannya.

Baca Juga : Alasan Nikita Willy Melahirkan di Amerika Serta Kenalan Dengan Anaknya

Bisa juga kalian mencari layanan setelah persalinan. Hal tersebut bisa dipertimbangkan sebelum menentukan macam metode melahirkan yang akan digunakan. Bayi menjadi lebih terjamin perawatannya, ketika kalian belum benar-benar pulih pasca melahirkan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts