Fakta tentang Air Fryer untuk Makanan Lebih Sehat

air fryer untuk makanan lebih sehat

Benarkah jika air fryer untuk makanan lebih sehat benar adanya? Hal ini masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Keberadaan teknologi bernama air fryer memang cukup membantu kita semua, terutama saat Indonesia terjadi kelangkaan minyak goreng.

Baca Juga : Makanan yang Mengandung Omega 3 yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Di tengah-tengah maraknya penggunaan air fryer, beragam pendapat mulai bermunculan mengenai sehat tidaknya makanan jika menggoreng makanan dengan alat ini? Maka, di sinilah kita akan membahasnya bersama-sama.

Sebenarnya penggunaan teknologi ini ada sisi positif dan negatifnya, tergantung bagaimana kalian memanfaatkannya. Mari kita bahas mengenai fakta air fryer untuk makanan jadi lebih sehat agar kalian juga nyaman menggunakannya.

Benarkah Air Fryer untuk Makanan Lebih Sehat?

air fryer untuk makanan lebih sehat

Adanya pernyataan tentang air fryer untuk makanan jadi lebih sehat, memang masih menjadi pro dan kontra. Benarkah bisa lebih baik dari makanan goreng yang prosesnya menggunakan minyak?

Pada kenyataannya, makanan yang berminyak terutama gorengan, bisa memicu berbagai macam penyakit, mulai dari diabetes, bisa menyebabkan obesitas, menyebabkan penyakit jantung, dan bisa memperbesar terkena kanker.

Mengetahui hal tersebut, maka banyak dari kalian yang mengakali banyak hal agar tetap bisa makan gorengan, tapi tetap sehat. Maka, muncul air fryer untuk makanan lebih sehat. Tapi, kembali lagi pada pertanyaan basic, apakah alat satu ini bisa membuat makanan menjadi lebih sehat?

Mengutip dari pendapat ahli gizi dan juga Approved educator APKI, yaitu Irtya Qiyamulail mengatakan bahwa penggunaan air fryer bisa mengurangi risiko obesitas ketika memakan gorengan.

Hal tersebut karena menggoreng menggunakan alat ini, dapat mengurangi minyak, bahkan tidak ada sama sekali. Penggunaan minyak yang sangat sedikit, kandungan kalorinya sangat berkurang.

Selain itu, ketika kalian menggoreng menggunakan air fryer juga mengurangi risiko terjadinya kanker dalam tubuh. Sebab, ketika kalian menggoreng menggunakan minyak, zat akrilamida terbentuk. Zat tersebut yang membuat kanker bisa berkembang.

Namun, apakah pernyataan air fryer untuk makanan lebih sehat bisa valid dengan pernyataan tersebut? Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa menggoreng menggunakan air fryer memang mengurangi zat akrilamida berkurang. 

Akan tetapi, terbentuk hidrokarbon aromatik siklik serta amina heterosiklik. Kedua senyawa tersebut muncul karena proses pemanasan pada saat kalian nyalakan. Selain itu, senyawa ini juga bisa menjadi penyebab risiko kanker.

Berdasarkan penjelasan di atas, jika mengatakan air fryer untuk makanan jadi lebih sehat ada benar dan tidaknya. Memang perlu bijak ketika menggunakannya.

Manfaat Menggoreng Makanan Menggunakan Air Fryer

Berdasarkan penjelasan di atas, tentang air fryer untuk makanan lebih sehat itu memang benar karena bisa mengurangi minyak yang berisiko kolesterol dan penyakit lainnya.

Namun, pada sisi lainnya juga alat ini menciptakan senyawa baru yang memiliki kandungan buruk bila kalian mengonsumsi makanan hasil dari pemanasan air fryer. Maka dari itu, perlu menggunakannya secara bijak agar kalian juga masih bisa mendapatkan manfaatnya.

Sebenarnya, jika melihat dari sisi positifnya, air fryer ini cukup banyak manfaat bagi kalian. Terutama pada saat Indonesia mengalami kelangkaan minyak goreng, air fryer menjadi penyelamat.

Alat ini juga bisa kalian gunakan jika ingin makanan renyah, tapi sedang mengurangi minyak. Karena inilah air fryer untuk makanan lebih sehat menjadi cukup masuk akal.

Meski ada senyawa yang muncul pada saat menggunakan air fryer, ketika menggunakannya dengan bijak, inilah manfaat yang akan kalian dapatkan:

Mengurangi Lemak pada Makanan

Seperti yang sudah kita jelaskan di atas, fakta bahwa air fryer untuk makanan lebih sehat tidak bohong. Sebab, dengan mengurangi penggunaan minyak, maka kalian juga mengurangi lemak pada makanan.

Biasanya memang orang yang sedang diet dan mengurangi makanan penuh kolesterol, akan memilih menggoreng makanan tersebut dengan air fryer.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa menggoreng dengan air fryer mampu menurunkan paling tidak 70% kadar lemak. 

Fakta menyebutkan, menggoreng dengan minyak, butuh kurang lebih 750ml minyak. Sementara dengan air fryer hanya perlu 1 sendok makan atau 15ml saja.

Penjelasan yang ada di atas benar adanya. Ketika kalian sedang proses menurunkan berat badan, bisa menggunakan teknologi ini untuk menggoreng makanan.

Penggunaan minyak yang sangat sedikit, membuat makanan goreng kalian tidak penuh lemak dan masih terasa renyah dan lezat. Tidak salah jika air fryer untuk makanan lebih sehat.

Sayuran Bisa Jadi Renyah dan Lezat

Untuk kalian yang vegetarian, pasti suka mengonsumsi sayuran untuk jadi camilan. Menggunakan air fryer, ternyata bisa membuat sayuran menjadi lebih renyah dan lezat, tanpa menggunakan minyak.

Ini menjadi alternatif bagus untuk kalian juga yang sulit makan sayur, bisa goreng menggunakan alat ini. Pasti akan suka dengan rasa sayuran yang renyah.

Mengurangi Zat Berbahaya

Kalian perlu tahu zat yang bernama akrilamida. Zat tersebut muncul pada makanan berlemak dengan tinggi karbohidrat hasil penggorengan, menciptakan zat tersebut.

Zat Akrilamida ini memiliki sifat karsinogenik yang mampu memicu munculnya penyakit kanker. Memilih air fryer untuk makanan lebih sehat bisa saja tepat untuk kalian, tapi perlu imbangi juga hidangan sehat lainnya.

Lebih Sehat

Mengurangnya zat berbahaya dalam makanan goreng air fryer, tentu saja membuat makanan menjadi lebih sehat. Tapi kalian juga harus ingat, jangan terlalu sering makan-makanan goreng. Kalian perlu mengimbanginya dengan hidangan yang sehat dengan cara masak tepat.

Jauh Lebih Praktis

Kategori praktis dalam menggunakan air fryer untuk makanan lebih sehat ada banyak. Sudah terbukti oleh beberapa dari kalian yang telah menggunakannya, penggunaan alat ini jauh lebih praktis karena :

  • Sangat menghemat waktu, karena menggoreng dengan air fryer hanya sebentar.
  • Hidangan tidak akan gosong karena sebelumnya kalian telah mengatur waktunya terlebih dulu.
  • Alat masak yang begitu praktis dan serba guna. Selain menggoreng, juga bisa memanggang dan juga menghangatkan hidangan. Kalian tinggal mengatur waktunya saja.
  • Menggunakan alat ini, mampu mengurangi cucian kotor. Kalian tidak perlu mencuci wajan, teflon, piring dan alat makan lainnya dengan jumlah banyak.
  • Dan sudah pasti menggunakan alat ini bisa memasak dalam jumlah besar. Tapi lihat dulu kapasitas dari air fryer milik kalian.

Mampu Mengurangi Limbah

Penggunaan minyak yang sedikit, mampu mengurangi limbah minyak. Seperti yang kalian ketahui, pengelolaan limbah minyak di Indonesia memang belum ada solusinya. Dengan mengurangi penggunaan minyak untuk menggoreng, tentu kalian membantu jumlah limbah minyak agar bisa berkurang.

Tips Menggunakan Air Fryer dengan Benar agar Makanan Tetap Sehat

air fryer untuk makanan lebih sehat

Kalian ingin menggunakan air fryer untuk makanan lebih sehat? Maka perlu memanfaatkan alat ini dengan benar. Ketika kalian menggunakannya secara tepat, alat ini juga nantinya akan awet.

Air fryer sekarang sudah banyak yang murah, tapi jangan asal memilih. Pastikan melihat kualitasnya, mulai dari daya tampung, daya listrik, proses kerja alatnya hingga brand.

Kenapa perlu melihat brand? Karena dari brand, kita bisa menilai kualitas dari alat tersebut berdasarkan review dari para penggunanya. Bagi kalian yang ingin memanfaatkan air fryer untuk makanan lebih sehat, berikut tips penggunaannya :

  • Sebelum kalian menggunakannya, alasi bagian tabung dengan alumunium foil secukupnya saja. Ini biasanya untuk memanggang makanan atau menghangatkannya saja.
  • Panaskan air fryer terlebih dulu sebelum menggunakannya. Ini berguna agar hasil hidangan menjadi jauh lebih renyah dan sedap. Panaskan kurang lebih 2-3 menit saja sebelum kalian gunakan.
  • Kalian bisa menyemprotkan atau mengoleskan minyak ke wadah air fryer. Pastikan minyaknya memang tahan panas seperti minyak sayur, zaitun dan kanola. Ada baiknya, keluarkan wadahnya dulu sebelum menyemprotkan minyak.
  • Jangan memasukkan makanan hingga wadahnya penuh. Lakukan secara bertahap saja. Tujuannya agar nanti bisa matang secara merata. Jika terlalu penuh, kemungkinan sulit matang merata.
  • Jika kalian menggoreng kentang, potongan sayuran atau bahan masakan ukuran kecil lainnya, goyangkan air fryer sesekali agar matangnya merata. Jangan buka wadahnya, cukup goyangkan dengan pelan.
  • Setelah kalian gunakan, wajib bersihkan alat ini dengan rutin. Selain agar alatnya awet, untuk menggoreng hidangan berikutnya bisa tetap lezat dan tidak tercampur rasanya.
  • Dan pastikan simpan alat ini di tempat yang tepat.

Baca Juga : Pentingnya Mengetahui Makanan Penurun Berat Badan Berikut

Harganya yang cukup ekonomis untuk alat ini, memang memberikan keuntungan bagi para penggunanya. Selain itu, daya listriknya juga rendah. Jadi, menggunakan air fryer untuk makanan lebih sehat semakin banyak peminatnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts