Fakta Mengenai Obat Sakit Gigi dan Cara Penyembuhannya

thumbnail obat sakit gigi - obat sakit gigi

Seperti telah kita ketahui bersama, obat sakit gigi memang saat ini bisa kalian dapatkan di toko apotik tanpa harus menggunakan resep atau rujukan dari dokter. Namun, apabila Anda tidak ingin menggunakan obat tersebut, kalian bisa menggunakan beberapa bahan alami.

Ada banyak bahan alami di mana sejatinya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit pada gigi atau dental. Tidak bisa disangkal, sakit gigi memang benar-benar sebuah siksaan. Denyut pada saraf gigi yang sakit bisa berlangsung selama berjam-jam hingga berhari-hari.

Sudah menjadi keharusan bahwa sakit gigi harus segera diobati. Namun apabila rumah Anda jauh dengan klinik dental, kalian bisa coba meredakan denyut pada sakit dental tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Pemanfaatan bahan-bahan alami tersebut secara langsung akan menjadi pengganti dari obat untuk sakit gigi. Namun sebelum mulai menentukan bahan alami apa saja yang akan digunakan, kalian juga harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab dari sakit ngilu pada dental dan gusi.

Gunakan Obat Sakit Gigi Jika Gejala Ngilu Timbul

Untuk bisa mengetahui penyebab sakit ngilu pada gigi dan gusi, pertama-tama kalian harus melihat kondisi dental dan gusi Anda terlebih dahulu. Cek secara menyeluruh area mana yang sakit dan ketahui gejalanya.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi Berlubang Mujarab Mudah Ditemukan

Secara umum, rasa ngilu timbul karena adanya pembengkakkan pada gusi. Dalam hal ini, kalian perlu merasakan mengecek apakah ngilu tersebut benar-benar terjadi karena gusi bengkak atau gejala lain.

Pada sakit dental ringan, di mana gejala yang timbul seperti ngilu, Anda bisa coba meredakan sakit tersebut dengan menggunakan air hangat di mana sebelumnya sudah diberi garam. Perlu kalian ingat, ramuan ini secara efektif dapat mengatasi iritasi ringan pada area mulut.

Bahan Alami Pada Obat Sakit Gigi yang Sering Digunakan

Mengutip dari banyak artikel kesehatan, sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa kalian gunakan untuk menyembuhkan rasa sakit pada dental. Dengan penggunaan beberapa bahan alami berikut, maka secara efektif Anda dapat menyembuhkan sakit nyeri gigi.

1. Kompres Air Dingin

Bahan alami pertama yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan obat sakit gigi yaitu kompres air dingin. Dalam hal ini, kompres air dingin secara efektif benar-benar dapat membantu penderita untuk meredakan nyeri pada dental dan gusi.

Suhu air dingin pada kompres terbukti dapat mengecilkan pembuluh darah pada area gigi. Dampaknya, nyeri saraf yang timbul pun dapat ditekan. Selain itu, kompres dingin ini juga bisa mengatasi pembengakkan dan peradangan pada gusi.

Untuk kalian yang ingin menggunakan bahan alami satu ini, pertama-tama Anda harus menyiapkan handuk kecil. Isi handuk tersebut dengan pecahan es batu, kemudian kompreskan handuk berisi es batu tersebut pada area yang sakit.

Lakukan pengompresan ini selama 20 menit dan terus ulangi dalam beberapa jam sekali. Apabila handuk yang kalian gunakan sudah tidak dingin, maka masukkan pecahan es batu lagi.

2. Kantung Teh Berbahan Peppermint

Bahan alami untuk obat dental yang selanjutnya yaitu kantung teh peppermint. Kantung teh peppermint pada praktiknya memang sering dimanfaatkan sebagai bahan alami pengganti obat sakit pada dental.

Selain kantungnya, teh celup rasa peppermint ini juga benar-benar dapat meredakan rasa nyeri pada gigi. Kandungan teh celup tersebut secara aktif dapat menenangkan gusi penderita sensitif.

Untuk bisa menggunakan bahan alami satu ini, pertama kalian harus menyiapkan kantung teh celup peppermint. Setelah sebelumnya kalian gunakan dengan cara diseduh, ambil teh tadi dan tunggu sampai suhunya turun menjadi hangat.

Kemudian, tempelkan kantung teh tadi pada permukaan gigi yang nyeri. Dalam hal ini, kalian juga bisa mendinginkan teh celup ini terlebih dahulu pada freezer sebelum menggunakannya untuk mengompres dental yang sakit.

Pemanfaatan Bahan Masakan Dapur untuk Obat Sakit Gigi

Selain beberapa bahan alami di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi bahan yang bisa kalian gunakan untuk meredakan sakit gigi. Beberapa bahan masakan seperti bawang putih dan cengkeh merupakan salah satu alternatif terbaiknya.

1. Bawang Putih

Bukan menjadi barang baru apabila bawang putih sering dimanfaatkan pada ranah medis untuk menghalau dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Menurut pakarnya, pemanfaatan bawang putih juga bisa diterapkan pada penyakit gigi.

Selain benar-benar dapat bermanfaat sebagai obat penghilang rasa sakit, bahan alami satu ini juga dipercaya dapat membunuh bakteri yang sebelumnya membentuk plak pada lapisan dental.

Untuk bisa memanfaatkan bahan satu ini, pertama kalian bisa coba menumbuk bawang putih sampai halus. Tumbuk hingga lendir yang keluar pada bawang membentuk pasta. Di sini Anda diperkenankan untuk menambahkan garam untuk meningkatkan keefektifan,

Selanjutnya, tempelkan pasta bawang putih yang kalian tumbuk tadi ke dalam lubang dan area gigi yang sakit. Cara lainnya, kalian juga bisa langsung mengunyah bawang putih ini sebagai Obat Sakit Gigi secara perlahan menggunakan area dental yang sakit.

2. Cengkeh

Secara umum, cengkeh memang erat kaitannya dengan sakit dan nyeri gigi. Bahkan sudah bukan rahasia apabila minyak cengkeh ini memiliki khasiat penuh sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi.

Pemanfaatan minyak cengkeh ini bisa kalian lakukan dengan cara ditetes pada lubang dental yang nyeri. Anda juga bisa menggunakan media kapas yang sudah ditetes minyak cengkeh dan menyumpalkannya pada permukaan dental yang sakit.

Anda juga bisa langsung meneteskan minyak cengkeh ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, gunakan air tersebut untuk berkumur. Kalian bisa coba berkumur menggunakan campuran air ini setiap dua sampai tiga jam sekali sebagai Obat Sakit Gigi.

Secara efektif, minyak satu ini bisa langsung meredakan rasa sakit dan nyeri pada gigi. Menurut penelitian, cengkeh juga memiliki kandungan eugenol yang di mana sering digunakan sebagai antiseptik alami untuk mengobati peradangan.

3. Daun Jambu

Bahan alami lain untuk obat sakit gigi yang bisa kalian manfaatkan sebagai obat sakit yaitu daun jambu. Daun jambu memang dikenal memiliki kandungan anti peradangan yang di mana dapat membantu menyembuhkan luka, termasuk luka dalam gigi.

Menurut penelitian, daun buah jambu ini juga mengandung zat anti mikroba yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan dental dan mulut. Untuk bisa menggunakannya kalian bisa langsung mengunyahnya.

Pastikan sebelum kalian mengunyah daun jambu yang Anda siapkan telah dicuci secara bersih agar kandungan-kandungan alami di dalamnya keluar. Cara lain, kalian juga bisa merebus beberapa lembar daun jambu ini, kemudian digunakan sebagai obat kumur.

4. Rumput Gandum

Terakhir, bahan alami untuk obat sakit gigi yang cukup populer digunakan yaitu rumput gandum. Rumput gandum, yang di mana disukai kucing ini sering dimanfaatkan sebagai obat pada nyeri gigi karena kandungannya.

Baca Juga : Simak Yuk, Cara Memutihkan Gigi Alami dengan Mudah

Secara aktif, rumput gandum memilik kandungan tinggi klorofil yang bisa menyerang bakteri dan kuman di mulut. Kalian bisa menggunakan bahan alami ini sebagai obat kumur, di mana sebelumnya bisa Anda blender dan dicampur menggunakan air hangat terlebih dahulu.

Penyembuhan dengan Menggunakan Obat Sakit Gigi

Sakit gigi memang dirasa banyak orang dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Saat tidur sekali pun, apabila gejala nyeri timbul maka tidur pun tidak nyenyak. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui beberapa cara untuk menyembuhkan sakit dental.

Keluhan pada gigi berlubang secara umum merupakan gangguan yang sering dialami oleh orang pada usia dewasa maupun anak-anak. Oleh karena hal tersebut, sangat penting bagi kita untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Sebenarnya, gigi berlubang dapat kita deteksi dari awal. Salah satu gejala yang timbul saat gigi berlubang yaitu rasa nyeri. Namun seringkalinya kita meremehkan rasa nyeri ini pada gejala awal.

Apabila dental berlubang tidak segera ditangani, maka bisa dipastikan hal tersebut akan menyebabkan lubang pada dental yang sakit semakin besar. Dampak yang terjadi hal tersebut yaitu pembusukkan gigi, infeksi di gigi, kemudian gigi tanggal.

Perlu kalian ketahui juga, gigi berlubang ini biasanya diawali dengan munculnya plak pada mulut. Plak pada dental memang bisa disebabkan karena banyak hal. Selain karena perawatan dental yang tidak benar, plak juga muncul karena konsumsi makanan.

Salah satu bahan makanan yang menyebabkan plak cepat timbul yaitu cokelat dan kopi. Untuk Anda di mana sering mengkonsumi dua bahan tersebut, maka kalian harus benar-benar memperhatikan kesehatan dental agar tidak perlu mengonsumsi obat sakit gigi.

Total
4
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts