Manfaat Tersembunyi Bunga Sedap Malam Begini Cara Menanamnya

bunga sedap malam

Bunga sedap malam merupakan salah satu Flora yang biasa digunakan oleh manusia untuk membuat parfum karena, sesuai namanya baunya sangat harum. Selain itu, bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Bentuknya sangat cantik, dengan warna daunnya hijau tua pada permukaan bagian atas tampak panjang dan pipih. Tetapi, untuk sisi bawahnya terlihat jauh lebih muda. Coba lihat juga di pangkalnya.

Terdapat bintik kemerahan,bila diukur panjang daunnya ini sekitar 60 cm. Tumbuhnya selalu merumpun dengan ketinggian kurang lebih 0,5 sampai 1,5 meter setiap satu rumpunnya. Dalam satu batang terdiri dari umbi.

Induk serta Anak untuk jumlahnya setiap rumpun berbeda kadang 3 ada yang sampai 5. Ketahanan dari bunga sedap malam mencapai 5 hari. Beberapa lagi mampu 10 hari setelah pasca panen.

Menurut sejarahnya, Tanaman tersebut berasal dari Meksiko dan sudah sejak lama dikenal. Pada abad ke 17 dimanfaatkan sebagai parfum dengan cara di ekstrak kemudian, dicampurkan menggunakan  bunga lain.

Campuran tersebut membuat aroma parfum menjadi lebih wangi dan tahan lama. Pertumbuhannya berkembang, di mana beberapa pedagang mulai membawanya. Tidak heran bila di setiap negara selalu tersedia.

Bahkan, penggunaannya berbeda-beda. Jika, Anda berkunjung ke Bangladesh atau India dimanfaatkan sebagai bagian dari pemujaan kepada Tuhan. Sementara, di Indonesia dimanfaatkan untuk tanaman hingga diolah menjadi menu makanan.

(Baca Juga: Jenis dan Manfaat Menanam Bunga Melati di Depan Rumah)

Bunga Sedap Malam Hanya Mekar Saat Malam

bunga sedap malam - mekar saat malam hari

Beberapa orang pasti sudah mengerti dan paham kalau tanaman dengan nama latin Polianthes Tuberosa ini hanya bisa mekar saat malam saja. Sesuai dengan namanya, serta memunculkan bau harum.

Bahkan, saat Anda menaruhnya di dalam ruangan, bau harum tersebut merebak ke seluruh ruangan. Inilah alasan utama mengapa kebanyakan masyarakat khususnya Suku Jawa percaya akan mitos dari Flora tersebut.

Mereka yakin, bau harum tersebut bukan berasal dari bunga melainkan makhluk halus. Lalu, bagaimana penjelasan ilmu pengetahuan mengenai kondisi tersebut? Jadi begini, Flora ini hanya mampu tumbuh pada kondisi tertentu.

Memang cukup unik karena, sel hanya akan tumbuh pada saat cahaya meredup. Gerakan rangsangan tanaman seperti ini dinamakan Skototropisme. Atau hanya bisa melakukan perkembangannya saat malam saja.

Ada lagi pertanyaan mengapa bunga sedap malam mengeluarkan wanginya juga pada waktu matahari sudah terbenam,? Secara ilmu pengetahuan saat malam hari, ternyata Tanaman asal Meksiko ini melakukan proses fotosintesis.

Menariknya, hasil dari proses alami tersebut sangat mudah menguap. Sehingga, bau wangi akan muncul dengan bantuan angin, seluruh ruangan akan tercium. Proses tersebut juga tidak lepas dari kandungan minyak atsirinya.

Inilah alasan utama mengapa pada abad ke 17, Flora tersebut dimanfaatkan sebagai sentra industri parfum bahkan, sampai sekarang, Dari jawaban tersebut dapat menjawab semua mitos yang berkembang selama ini.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

bunga sedap malam - cara menanam bunga sedap malam

 

Di berbagai negara nama dari Polianthes Tuberosa tersebut berbeda-beda. Misalnya, Anda pergi ke India bagian Timur mengenalnya dengan istilah Ratkirani. Kalau ke Singapura mereka menyebutnya xinxiao

Sementara penamaan di Indonesia sendiri karena, memang kebiasaan fotosintesisnya serta bau wanginya. Bagi Anda yang ingin merawat dan menanamnya. Berikut, berbagai cara serta syarat wajib agar dapat tumbuh mekar.

  • Syarat Bunga Sedap Malam Dapat Mekar

Sebelum Anda mempersiapkan berbagai macam peralatannya, ketahui lebih dulu apa saja syarat mekar dan tumbuhnya. Mengapa hal ini sangat penting? Jika, tidak dipenuhi, kemungkinan untuk hidup sangat kecil.

Oleh karena itu, pastikan Anda tinggal di dataran rendah dengan ketinggian kurang lebih 600 sampai 1500 mdpl. Perlu diingat, ini adalah syarat tumbuh jadi, proses menanam dari bibit sampai berbunga.

Bila sudah panen, mau dibawa kemana saja past tetap bisa hidup dengan kurun waktu maksimal 10 hari. Pastikan pH dalam tanah terpenuhi setidaknya 5 sampai 5,7 saja. 

Pastikan menggunakan jenis tanah gembur serta sudah mengandung humus agar pertumbuhannya baik. Setelah itu, lihat kondisi ruangan atau alam sekitar, pastikan suhu berada dalam kondisi terbaik untuk Flora tersebut.

Berada di kisaran 13 hingga 27 derajat celcius. Jika, kondisinya sangat panas Anda dapat menambahkan cooling fan. Sehingga, suhu di dalam ruangan itu masih di bawah 27 derajat.

Usahakan Anda mengerti mengenai curah hujan di tempat tinggal. Idealnya 1900 – 2500 mm/tahun jika, kurang dari itu usahakan untuk menjaga kelembapan. Terakhir, sistem drainase harus baik.

  • Proses Menanam Bunga sedap malam

Setelah Anda mengetahui berbagai syaratnya saatnya melakukan eksekusi menanam. Langkah pertama adalah membeli bibitnya. Pastikan bahwa bibit dari bunga tersebut mempunyai kualitas terbaik serta berasal dari umbi secara langsung.

Mengapa harus dari bagian tersebut? Biasanya pertumbuhan umbi membuat Flora jauh lebih rimbun. Semakin, rimbun maka pesonanya sangat cantik dan sempurna. Lalu, bagaimana cara memilih kualitas terbaiknya?

Cobalah pilih pohon yang usianya sudah mencapai 1,5 tahun. Potong bagian umbi dari pohonnya, kemudian bersihkan akarnya. Tidak perlu panjang cukup 1 sampai 2 cm saja. Satu poin penting.

Dalam proses tersebut, Anda tidak menggores bagian umbi terutama permukaannya. Keringkan di bawah sinar matahari paling lama 4 minggu. Selanjutnya, simpan dulu setidaknya 1 bulan ke depan.

Sembari menunggu persiapkan semua peralatannya seperti media tanam. Biasanya menggunakan campuran seperti sekam, arang, tanah serta pupuk dengan perbandingan 1:1 semuanya. Campur secara merata, masukkan ke dalam pot atau polybag.

Jangan lupa bawahnya, diberi lubang agar sistem drainase tetap terjaga. Akar dari Sedap malam tetap bisa membusuk jika, terlalu lama terendam dalam air. Lubang tersebut setidaknya 5 cm.

Setelah persiapan alat selesai, masukkan umbi tadi ke dalam media tersebut. Siram sedikit dan tempatkan pada lokasi rindang. Jadi, jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Siram secukupnya sampai tumbuh tunas.

  • Proses Pemeliharaan Bunga Sedap Malam

Setelah selesai dengan proses menanamnya, saatnya Anda memasuki tahap melakukan pemeliharaan serta perawatan. Hal ini cukup sulit dilakukan karena, butuh konsistensi. Perlu diketahui untuk awal tanaman tersebut perlu banyak air.

Jadi, lakukan penyiraman pagi dan sore. Inilah alasannya mengapa sejak awal sistem drainase harus baik. Walau, butuh banyak air. Namun, kalau terus terendam akarnya juga kurang baik.

Bila sudah tumbuh, lakukan penyiraman hanya satu kali saja. Perlu diingat, untuk proses pemupukan jangan dilakukan kalau belum mencapai usia 6 bulan. Pupuk dapat menggunakan TSP serta urea 1:1.

Agar tumbuh sehat, maka lakukan secara rutin setidaknya 1 sampai 2 minggu sekali. Perhatikan secara keseluruhan setiap hari, lihat apakah ada hama atau gulma di sekitarnya. Jika, tampak langsung cabut.

Gulma tersebut dapat mengganggu pertumbuhannya. Bila proses penanaman sudah sesuai dan tempatnya ideal maka, Anda sudah dapat panen pada bulan ke 7 atau 8. Beberapa kasus dapat tumbuh lebih cepat.

Semua itu tergantung dari bentuk perhatian serta cara pemeliharaannya. Untuk proses memanen cukup mudah, pisahkan tangkai dengan rumpunnya dengan metode pemotongan. Lakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar.

Sehingga, tanaman yang berasal dari Suku Maya ini dapat tumbuh kembali. Poin paling penting adalah bagaimana cara merawatnya. Pupuk serta penyiraman adalah keharusan. Ditambah lagi perhatikan juga gula disekitarnya.

(Baca Juga: Kenali 16 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh)

Manfaat Besar Bunga Sedap Malam

bunga sedap malam - manfaat bunga sedap malam

Tidak banyak tahu bahwa, Flora tersebut mempunyai berbagai macam manfaat untuk kehidupan manusia. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai parfum saja. Melainkan bisa juga diolah jadi menu makanan lezat seperti, Sop Kimlo.

Jangan ditanya soal cita rasanya, sangat enak terutama bila disantap saat musim penghujan tiba. Satu suapan saja sudah menghangatkan tubuh. Tidak heran bila beberapa orang sering menggunakannya juga sebagai obat.

Beberapa penyakit bisa diatasi dengan cara mengolahnya bersama dengan bahan lainnya seperti jahe, bawang merah, serta bawang putih. atau cukup dimasak menjadi sop saja. Maka, penyakit seperti flu.

Ada lagi radang tenggorokan bisa disembuhkan. beberapa studi memberikan hasil bahwa, tanaman ini sangat baik untuk memperbaiki suasana hati. Caranya, cukup campurkan bunga saat malam hari ke dalam bathtub.

Gunakan air hangat kemudian, berendam selama 5 menit. Wanginya akan memunculkan efek aromatherapy membuat hati Anda menjadi semakin tenang serta rileks. Bahkan, solusi tepat untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur.

Polianthes Tuberosa merupakan jenis tanaman yang wajib Anda tanam di rumah. Manfaatnya bukan sebagai penghias saja. Bisa untuk obat atau olahan makanan. Hanya pastikan merawat bunga sedap malam dengan benar.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts