Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN
Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Seiring berjalannya waktu, daftar BPJS online hadir untuk memudahkan para penggunanya. Jadi, tidak harus datang dan mengantri ke kantor resminya untuk bisa mendaftarkan diri. Proses lebih mudah dan tidak harus menunggu jam operasional kerja.

Baca juga: Manfaat Punya BPJS Kesehatan dan Cara Daftar Pengguna Baru

Sebab, pengaksesan bisa dilakukan sewaktu-waktu, kapan saja dan di mana saja. Walaupun sudah memiliki kemudahan, banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaat mengikuti program BPJS kesehatan.

Ada juga yang sudah mendaftarkan diri dan mengikuti programnya, tapi belum terlalu paham mengenai manfaat BPJS kesehatan. Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat dan cara daftar lewat aplikasi Mobile JKN, simak pembahasan berikut.

Penjelasan Singkat Mengenai Pengertian BPJS Kesehatan

Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN_Penjelasan Singkat Mengenai Pengertian BPJS Kesehatan
Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN_Penjelasan Singkat Mengenai Pengertian BPJS Kesehatan

Sebelum mengetahui cara daftar BPJS online, Anda perlu memahami pengertiannya. BPJS kesehatan merupakan layanan yang memberikan jaminan sosial kesehatan dan dikeluarkan oleh pemerintah.

Badan Pelayanan Jaminan Sosial atau BPJS kesehatan sebenarnya wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia. Bahkan bukan hanya diberlakukan untuk WNI saja, tapi juga WNA yang sudah menetap di negara Indonesia dengan waktu minimal 6 bulan.

Jaminan kesehatan ini diberikan tidak secara gratis. Seperti halnya asuransi, BPJS kesehatan memberikan kewajiban terhadap penggunanya untuk membayarkan iuran pada setiap bulan. Melalui program ini pemerintah ingin memberikan jaminan yang merata, adil serta komprehensif.

Layanan akan secara pasti diberikan bila pelaksanaannya teratur dan rutin. Bila dibandingkan dengan asuransi, iuran yang perlu dikeluarkan lebih murah. Inilah yang membuat banyak masyarakat akhirnya tertarik untuk daftar BPJS online maupun offline.

Beberapa Keuntungan Mendaftar BPJS Online

Sebenarnya untuk mendaftar BPJS kesehatan itu bisa melalui dua metode, yaitu offline dan online. Bila dibandingkan harus datang ke tempat yang ditunjuk untuk mengurusnya, sekarang lebih banyak orang lebih memilih untuk mengurusnya secara online lewat aplikasi.

Sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang. Ada dua keuntungan utama yang bisa Anda peroleh bila mendaftarkan diri secara online, yaitu meliputi:

  • Lebih Efisien Waktu

Manfaat pertama daftar BPJS online yaitu lebih efisien waktu. Bukan hanya cara mendaftar, tapi cara membayarnya juga bisa secara online, sehingga menghemat waktu serta tenaga. Anda hanya memerlukan ponsel yang sudah terpasang aplikasi saja.

Selain itu, pendaftaran tidak terikat dengan waktu dan bisa dilakukan tanpa ada hari libur. Berbeda bila Anda mengurusnya secara offline, ada batasan waktu maksimalnya. 

  • Catatan Rincian Tagihan Rapi

Manfaat daftar BPJS online kedua adalah catatan rincian tagihannya rapi. Untuk mengetahui berapa pengeluaran per bulannya dan pada tanggal berapa sudah membayar, Anda hanya perlu mengakses riwayat transaksi.

Kemudian Anda bisa memindahkannya ke dalam catatan rincian keuangan pribadi. Hal ini akan sangat membantu, terutama bila pada situasi tertentu terlupa untuk mencatat.

Manfaat Daftar BPJS Online Kesehatan dan Rutin Membayar Tagihannya

Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN_Manfaat Daftar BPJS Online Kesehatan dan Rutin Membayar Tagihannya
Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN_Manfaat Daftar BPJS Online Kesehatan dan Rutin Membayar Tagihannya

Mendaftarkan diri ke dalam program BPJS kesehatan secara online dan rutin membayarkan tagihannya memberikan banyak manfaat. Apa sajakah manfaat yang bisa diperoleh oleh penggunanya? Beberapa diantaranya yaitu:

  • Iuran yang Dibayarkan pada Setiap Bulan Murah

BPJS kesehatan memberikan tarif iuran berharga paling murah dibandingkan dengan jenis layanan jaminan lainnya. Untuk pembayaran preminya, menyesuaikan dengan jenis kelas yang dipilih.

Misalnya, Anda daftar BPJS online kelas 1, biaya iuran yang harus dibayarkan hanya 150 ribu untuk setiap bulannya.  Bila memilih kelas 2, biaya per bulan hanya 100 ribu. Sedangkan bila Anda lebih tertarik dengan kelas 3, besarnya iuran 42 ribu.

Penting diingat bahwa penghitungan ini hanya untuk satu orang saja. Jadi, jika ingin mendaftarkan untuk seluruh anggota keluarga, maka tinggal mengakumulasikan jumlahnya.

  • Hampir Semua Jenis Penyakit Tercakup

Manfaat yang sangat menguntungkan pengguna yaitu hampir segala jenis penyakit ditanggung bila dibayarkan secara rutin. Perlu diketahui bahwa syarat jaminan yang diberikan bukan bersifat komplementer, alternatif, estetika serta infertilitas.

Sudah ada ketentuannya apa saja hal-hal yang tidak dijamin oleh pihak BPJS kesehatan. Sebagaimana tertera pada pedoman Peraturan Menteri Kesehatan yang dikeluarkan pada tahun 2014 tepatnya nomor 28.

  • Medical Check Up Tidak Perlu Dilakukan

Manfaat daftar BPJS online berikutnya yang bisa diperoleh yaitu tidak memerlukan medical check up sebelum menjadi pengguna layanan. Hal ini berbeda dengan jaminan kesehatan jenis lainnya.

Jadi, berbagai kalangan masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaatnya, tidak hanya menengah ke atas saja. Sebab, untuk jenis jaminan lain biasanya penghitungan premi sesuai dengan umur serta hasil medical check up.

Sedangkan untuk BPJS kesehatan, sistem yang diberikan lebih setara dan adil untuk biaya penagihannya. Situasi ini akan memberikan kenyamanan kepada para pengguna karena tidak perlu khawatir premi bernilai besar.

  • Kemudahan Akses Faskes

Bila Anda daftar BPJS online dan membayarkannya secara rutin, akses faskes atau fasilitas kesehatan menjadi lebih mudah. Biasanya pilihan tempat pelayanan kesehatan adalah yang dekat tempat tinggal.

Tujuannya supaya ketika sewaktu-waktu ada masalah kesehatan, bisa mengunjunginya dengan mudah dan cepat. Tapi, jika ternyata pelayanan lanjutan ke rumah sakit dibutuhkan, surat rujukan akan diberikan sesuai dengan pilihan Anda.

  • Akuisisi Jaminan Seumur Hidup

Manfaat terakhir adalah mendapatkan jaminan perlindungan seumur hidup.  Jaminan perlindungan akan membuat penggunanya merasa lebih aman bila suatu saat tiba-tiba mengalami hal-hal yang tidak diinginkan dan memerlukan akses kesehatan.

Inilah Cara Daftar BPJS Online Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile JKN

Peserta BPJS kesehatan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu penerima bantuan dan bukan. Untuk kelompok penerima bantuan, pembayaran iurannya sudah ditanggung oleh pemerintah sesuai dengan skema dari bantuan sosial.

Sedangkan bagi non PBI alias bukan penerima bantuan iuran jaminan kesehatan, pengguna wajib untuk membayarkan setiap bulan sesuai dengan jenis kelas yang sudah dipilih. Para calon pengguna bisa daftar BPJS online melalui aplikasi mobile JKN.

Hal ini menjadi solusi tepat bagi Anda yang enggan untuk keluar rumah atau tidak memiliki banyak waktu mengurusnya. Sebelum menerapkan tata cara pendaftarannya, pastikan Anda sudah memasang aplikasi mobile JKN.

Bila belum, segera pasang terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah lewat App Store maupun Play Store. Pastikan juga memiliki akses internet, baik itu WiFi maupun paket data karena pendaftarannya secara online.

Bila sudah, persiapkan NPWP, KK, buku rekening, alamat email, KTP, nomor handphone dan pas foto berukuran 3×4 maksimal resolusi 50 KB. Siapkan beberapa dokumen penting tersebut supaya proses daftar BPJS online lebih cepat selesai.

Daripada harus mencari dokumennya ditengah melakukan proses pendaftaran, menyiapkan terlebih dahulu akan lebih efektif. Inilah tata cara mendaftar BPJS kesehatan secara online melalui aplikasi Mobile JKN yang bisa Anda lakukan:

  1. Buka aplikasi Mobile JKN yang sudah Anda pasang pada ponsel. 
  2. Setelah itu, siapkan kelengkapan data berupa KK, nomor rekening bank serta NIK.
  3. Bila sudah, pilih bagian menu daftar yang tertera pada aplikasi JKN, lanjutkan dengan pendaftaran peserta baru.
  4. Pilih persetujuan yang bertuliskan saya setuju usai membaca syarat serta ketentuan dari pendaftaran.
  5. Kemudian, klik selanjutnya dan masukkan NIK beserta kode captcha, lanjutkan dengan klik cari.
  6. Tunggu hingga data calon peserta muncul sesuai dengan yang sudah terdaftar di Dukcapil.
  7. Bila sudah muncul, untuk melanjutkan daftar BPJS online, Anda bisa memasukkan data diri secara lengkap, kemudian klik selanjutnya.
  8. Akan muncul FKTP atau Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama serta kelas yang diinginkan, pilih.
  9. Lanjutkan langkah dengan memasukkan email, klik simpan dan tunggu kode verifikasi masuk sesuai alamat email yang terdaftar.
  10. Lakukan pengecekan pada email masuk apakah kode verifikasi sudah ada atau belum. Jika sudah, salin kode tersebut ke aplikasi JKN Mobile.
  11. Setelah itu, peserta akan memperoleh nomor VA atau virtual account untuk nantinya digunakan sebagai pembayaran premi. Terkait pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai metode, seperti mobile banking, kantor pos, ATM, minimarket dan lain-lain.
  12. Usai membayar, menandakan bahwa Anda telah terdaftar secara resmi. Proses daftar BPJS online sudah selesai dan Anda bisa mendapatkan kartunya secara virtual di aplikasi.

Bila mengalami kendala atau hambatan saat proses pendaftaran, Anda dapat langsung menghubungi kontak resmi BPJS kesehatan melalui situs resminya di bpjs-kesehatan.go.id. Atau menghubungi nomor care centernya di 165.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Korea yang Nikmat untuk Dicoba

Bisa juga langsung mengunjungi kantor resmi BPJS setempat agar segera dibantu untuk mengatasi permasalahannya. Setelah daftar BPJS online, jangan lupa untuk membayarkan premi atau iurannya secara tepat waktu agar terhindar dari pembayaran denda. 

Total
6
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts