Ternyata Cara Memakai Sunscreen yang Benar Seperti Ini

Ternyata Cara Memakai Sunscreen yang Benar Seperti Ini
Ternyata Cara Memakai Sunscreen yang Benar Seperti Ini

Masih banyak muncul pertanyaan terkait bagaimana cara memakai sunscreen yang benar. Sebab sering terjadi masalah kesehatan kulit setelah rutin mengaplikasikan perawatan kecantikan tersebut. 

Baca juga : Cara Menurunkan Kadar Asam Urat secara Mandiri

Selain dari kandungan sunscreen yang digunakan, masalah kesehatan kulit juga bisa timbul karena kesalahan dalam pengaplikasiannya. Oleh sebab itu, perlu mengetahui cara pakai paling disarankan oleh para ahli dermatologi. 

Ini Dia Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Ini Dia Cara Memakai Sunscreen yang Benar
Ini Dia Cara Memakai Sunscreen yang Benar

Tidak disarankan untuk sembarangan dalam memilih atau menggunakan sunscreen karena efeknya bisa berkelanjutan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, ada baiknya memperhatikan penjelasan pada artikel berikut:

  • Cari Sunscreen yang Sesuai dengan Karakter Kulit

Setiap produk sunscreen yang tersebar di pasaran disusun oleh zat-zat khusus. Kalian disarankan untuk memahami bagaimana karakter kulit terlebih dahulu, kemudian dapat menyimpulkan apa saja kandungan paling sesuai. 

Disarankan juga memilih produk dengan spektrum luas yang dapat melindungi kulit dari efek buruk UVA dan UVB. Cari sunscreen dengan SPF minimal 30 atau bisa lebih tergantung dari kegiatan yang dilakukan. 

Tahapan cara memakai sunscreen yang benar ini tidak boleh dilewatkan. Apalagi untuk para pemilik kulit sensitif. Meskipun begitu, tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen baik saat berkegiatan di dalam rumah maupun luar rumah. 

  • Kocok Sunscreen Saat Akan Digunakan

Sebelum menerapkan produk pelindung matahari ini, baca terlebih dahulu tata cara penggunaan yang baik dan benar. Hindari menggunakannya secara sembarangan karena akan menimbulkan efek kurang memuaskan. 

Pada beberapa produk tertulis bahwa sunscreen harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Umumnya sunscreen tersebut untuk jenis cair ataupun spray supaya zat-zat di dalamnya tercampur. 

Sebab ada kalanya partikel pada sunscreen mengendap di dasar wadah sehingga ketika digunakan tidak memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UV. Selain itu, pastikan mengaplikasikannya secara merata. 

  • Oleskan Tabir Surya 30 Menit Sebelum ke Luar Rumah

Saat kalian berniat berkegiatan di luar ruangan, misalnya saja untuk bekerja, menjemput anak sekolah, atau kegiatan lainnya, sebaiknya gunakan sunscreen 30 menit sebelumnya. Jangan terlalu mepet dengan jam kegiatan karena zat di dalamnya belum meresap ke kulit. 

Tujuan lain dari cara memakai sunscreen yang benar pada poin ini adalah untuk membuat sunscreen tidak mudah luntur. Alhasil perlindungannya semakin maksimal serta mampu menekan efek buruk sinar matahari. 

Jika kalian ingin berenang atau melakukan kegiatan yang berkaitan dengan air, gunakan sunscreen waterproof. Hanya saja tetap perhatikan bagaimana efek baik dan buruknya pada lingkungan. 

  • Gunakan SUnscreen dengan Ukuran yang Pas

Banyak yang menyarankan untuk menggunakan sunscreen sebanyak dua jari kemudian diratakan ke seluruh area wajah. Namun sebelum menerapkannya, cek terlebih dahulu bagaimana kondisi kulit serta aktivitas apa yang akan dilakukan. 

Informasi tersebut diperkuat dari pendapat DR. Dyah Novita Anggraini bahwa cara memakai sunscreen yang benar umumnya yaitu menuangkannya ke sepanjang jari telunjuk dan jari tengah. Lanjutkan mengoleskannya pada wajah secara merata. 

Berdasarkan jurnal Frontiers in Medicine Dermatology, orang dewasa setidaknya perlu menggunakan sekitar 35 ml atau 2 sdm penuh. Takaran ini untuk pengaplikasian ke area tubuh, sedangkan pada wajah tentu saja berbeda karena areanya lebih kecil. 

  • Gunakan Sunscreen Secara Merata

Ketika berkegiatan di luar ruangan, kemungkinan kulit terkena sinar matahari sangat besar. Dianjurkan untuk selalu menggunakan sunscreen supaya kulit terlindungi dari efek buruk yang bisa saja muncul karena terlalu berlebihan terkena sinar UV

Fokuskan pada area-area yang tidak tertutup baju, misalnya wajah, tangan, kaki, atau lainnya tergantung kebutuhan. Bagian paling perlu diperhatikan lainnya adalah telinga, leher, punggung, serta bahu. 

Oleskan sunscreen ke bagian yang terbuka secukupnya saja jangan terlalu banyak atau sedikit. Jika ingin menerapkannya di sekitar area mata, pastikan untuk berhati-hati karena terasa perih ketika menyentuh mata. 

  • Ulang Penggunaan Setiap 2 Jam Sekali

Banyak yang masih menggunakan sunscreen hanya sekali saja selama berkegiatan. Perlu diketahui, tindakan seperti ini bisa membuat sistem perlindungan dari produk tersebut tidak bekerja lagi. 

Meskipun rutin menggunakan pelindung, namun kulit tetap berpotensi mengalami berbagai masalah akibat paparan sinar matahari. Cara memakai sunscreen yang benar yaitu dengan mengulangi penggunaannya setiap 2 jam sekali. 

Sebelum menggunakannya, pastikan kulit dalam keadaan bersih. Jangan sampai membiarkannya kotor karena malah dapat memunculkan berbagai masalah kesehatan kulit karena kotoran tertimbun di pori-pori. 

  • Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Seperti pada umumnya, produk pelindung matahari ini memiliki tanggal kadaluarsa. Kalian perlu melihat kapan masa layak pakainya habis, sebab berdasarkan cara memakai sunscreen yang benar, tidak boleh terus menggunakan sunscreen setelah habis masanya. 

Biasanya zat penyusun pada sunscreen akan berubah menjadi zat lain sehingga berpotensi memicu munculnya jerawat, komedo, atau lainnya. Bagaimana menandai sunscreen yang telah kadaluarsa? berikut penjelasannya:

  • Lebih Cair

Apabila kalian menemukan produk pelindung matahari yang telah berubah menjadi lebih cair, sebaiknya berhenti menggunakannya. Jangan terus-terusan memaksa menggunakannya untuk menekan efek buruk. 

  • Terasa Kasar

Memperhatikan bagaimana cara memakai sunscreen yang benar memang menjadi hal penting, namun kalian juga perlu merasakan bagaimana teksturnya. Jika terasa kasar, kemungkinan sudah expired dan sebaiknya tidak digunakan. 

  • Tidak Menempel dengan Baik pada Kulit

Tentu penampilan akan terlihat terganggu ketika sunscreen tidak menempel dengan baik pada kulit. Hal ini bisa memberikan efek seperti ada lapisan makeup terkelupas. Salah satu alasan mengapa masalah demikian bisa terjadi yaitu karena sunscreen sudah expired

  • Aplikasikan Bedak Pelindung

Sekarang ini sudah terdapat banyak sekali produk bedak yang telah dibekali dengan pelindung yang mampu menjaga dari efek buruknya sinar matahari. SPF yang tertera pada kemasan umumnya 18 – 20 saja. 

Adanya SPF pada bedak menjadi lebih praktis karena sudah dapat melindungi efek buruk dari sinar matahari pada kulit. Hanya saja perlindungannya masih kurang untuk yang beraktivitas di bawah matahari dalam jangka waktu lama. 

Kalian tetap dianjurkan untuk menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan yang bersentuhan dengan matahari dalam jangka panjang. Poin ini termasuk ke dalam salah satu cara memakai sunscreen yang benar.

  • Pilih Sunscreen Khusus

Kulit manusia terbagi menjadi beberapa, masing-masingnya memiliki karakter tersendiri yang sebaiknya dipahami. Pemilihan sunscreen harus memperhatikan hal tersebut agar dapat menghindari munculnya permasalahan pada kulit. 

Penerapan sunscreen yang tidak benar akan berakibat fatal. Misalnya saja munculnya banyak jerawat yang meninggalkan bekas. Ini bisa menjadi sesuatu yang harus diperhatikan lebih banyak lagi.

Jika kalian kalian mulai merasakan perubahan pada kulit misalnya menjadi kusam dan beruntusan, maka perlu memeriksakan pada ahli dalam bidangnya. Nanti akan tahu apakah cara memakai sunscreen yang benar sudah diterapkan atau belum. 

  • Hindarkan Kulit dari Senyawa Khusus

Senyawa khusus yang dimaksud bisa saja berbeda setiap orangnya. Pahami apa saja senyawa yang mungkin membuat kalian alergi, kemudian pastikan untuk tidak menggunakannya saat menemukan di ingredient produk. 

Saat ini sudah ada banyak sekali produk sunscreen dari berbagai brand yang tersebar di pasaran. Cara paling jitu untuk mencari produk paling sesuai adalah dengan memeriksa ingredient atau bahan-bahannya. 

Hindari bahan yang sekiranya tidak sesuai dengan karakter kulit kalian. Pastikan tidak memaksa menggunakannya meskipun banyak orang menyarankan produk terkait. Cara memakai sunscreen yang benar ini dimaksudkan agar dapat menekan efek buruk pada kulit. 

  • Gunakan Moisturizer

Poin ini terbilang sangat penting, namun sayangnya masih banyak orang mengabaikannya karena belum mengetahui manfaatnya ataupun akibat tidak telaten. Moisturizer sendiri digunakan untuk menjaga kelembaban kulit. 

Cocok untuk diterapkan bagi yang memiliki karakter kulit kering supaya terlihat lebih lembab dan terawat. Produknya sendiri bisa didapatkan di pasaran luas dalam beberapa bentuk. Pilih paling sesuai dengan karakter kulit dan gunakan sesuai arahan di balik kemasan. 

Pentingnya mengetahui cara memakai sunscreen yang benar dapat memaksimalkan hasil penggunaan sunscreen. Apalagi sekarang ini tidak sedikit orang mengalami masalah kulit karena tidak menggunakan produk pelindung dari sinar matahari dengan seharusnya. 

  • Gunakan Tabir Surya SPF Tinggi

Selain angka yang tercantum pada produk, sesuai atau tidaknya sunscreen untuk kalian gunakan tergantung dari tanda setelah angka SPF-nya. Jangan mengira tanda + yang ada di produk sunscreen hanya sebagai tambahan saja. 

Tanda tersebut dapat digunakan untuk memprediksi apakah sunscreen yang digunakan sudah dapat memberi perlindungan ekstra atau belum. Pemilihannya harus disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. 

Bagi yang sering berkegiatan di bawah terik mata hari bisa menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi disertai ikon + hingga lima. Cara pakai sunscreen yang benar ini akan sangat membantu menjaga kesehatan kulit. 

Baca juga : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Penyakit Autoimun

Sebaiknya terapkan penjelasan-penjelasan di atas jika ingin mendapatkan efek baik setelah menggunakan sunscreen. Sebab tidak sedikit orang mengeluhkan wajahnya breakout akibat sunscreen. Oleh karena itu selalu menerapkan cara memakai sunscreen yang benar. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts