Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Produk Alami, Sudah Coba?

thumbnail cara memutihkan wajah - cara memutihkan wajah

Kekayaan alam memberikan Anda berbagai cara memutihkan wajah secara mudah. Produk-produk alami memiliki beberapa kandungan khusus yang tidak kalah efektif dari obat-obatan kimia.

Bagi Anda yang ingin memutihkan wajah, tentunya menggunakan produk dari alam bisa menjadi pilihan paling tepat. Meskipun membutuhkan waktu lebih lama, setidaknya kandungan alami tidak akan memberikan banyak efek samping.

Beberapa tumbuhan dan buah bisa dijadikan piranti untuk meningkatkan kecerahan wajah. Namun sekali lagi Anda jangan berharap mendapatkan hasil seperti operasi plastik. Karena bahan alami tidak memiliki potensi setinggi itu.

Memang tidak sedikit orang sering mengatakan efek bahan alami memiliki potensi tidak terbatas. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun jika penggunaannya juga secara tradisional, Anda kurang tepat apabila berharap lebih.

Bagi orang Indonesia dengan rata-rata warna kulit sawo matang. Penggunaan produk natural akan meningkatkan kecerahannya. Tidak semerta-merta kulit menjadi putih seperti artis korea.

Namun sel epidermis mati yang terakumulasi dapat dibersihkan menggunakan bahan natural sehingga membuat warnanya lebih cerah. Sel epidermis mati tersebut memang sering menjadi penyebab gelapnya warna kulit selain gen pigmen.

Pada artikel ini kami hanya akan membahas penggunaan produk natural secara tradisional. Jadi Anda tidak perlu menggunakan bahan tambahan lain. Semuanya murni menggunakan produk dari alam.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Masker Bengkoang

Memutihkan kulit menggunakan bengkoang merupakan salah satu cara tradisional dari Asia Tenggara. Kandungan thiamine, ascorbic acid, dan cobalamins mampu memberikan nutrisi untuk membantu regenerasi epidermis.

Baca Juga : Ingin Wajah Tetap Cantik? Manfaat Air Mawar Perlu Diketahui

Saat digunakan sebagai masker, bengkoang akan memberikan sensasi dingin dan segar. Selain sebagai masker, mengonsumsi bengkoang juga banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan imunitas adalah sebagian kecil manfaatnya. Anda tidak perlu mengolahnya, cukup cuci bersih, kupas, dan nikmati selagi masih segar.

Cara memutihkan wajah menggunakan masker bengkoang juga tidak sulit, peralatan yang dibutuhkan juga mudah ditemui di dalam rumah. Berikut ini adalah tutorial lengkap bagaimana membuat masker wajah dari bengkoang.

1. Parut Bengkoang

Anda bisa memarut bengkoang menggunakan parutan biasa, apabila tidak ada gunakan blender atau mesin pencacah. Proses pemarutan memiliki tujuan agar bengkoang lebih mudah mengeluarkan air.

2. Peras

Setelah bahan selesai diparut maka proses berikutnya adalah memerasnya. Bengkoang bisa diberi sedikit air agar lebih mudah diperas. Sari ini nantinya dapat digunakan sebagai masker atau lulur.

3. Sisa Parutan

Sisa parutan jangan dibuang, Anda bisa menggunakannya sebagai scrub saat mandi. Sisa bengkoang masih memiliki manfaat yang bisa mengangkat sel mati epidermis secara cepat.

Langkah tersebut tentu saja mudah dilakukan oleh siapa saja. Memang bahan alami ini sudah sering digunakan dari zaman dulu. Namun saat ini cukup sedikit orang yang memanfaatkannya secara natural.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Sari Beras

Banyak orang mengira air cucian beras bisa digunakan sebagai pemutih. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun kurang efektif. Kandungan asam folat dan cobalamins pada air tersebut masih kurang maksimal.

Akan lebih baik jika beras tersebut ditumbuk kemudian dijadikan sebagai lulur atau masker. Dengan begitu asam folat dan cobalamins tidak larut sepenuhnya dalam air. Tentu saja manfaatnya akan lebih maksimal dibandingkan menggunakan airnya saja.

Beras tumbuk memang sudah menjadi cara memutihkan wajah secara tradisional di nusantara, terutama di daerah Indonesia timur. Para nelayan sering menggunakannya sebagai masker agar kulit tidak terbakar matahari.

Kandungan beras sendiri mampu melindungi epidermis dari sinar UV yang berbahaya. Memang setelah dikonsumsi kandungan vitamin tersebut mayoritas rusak dan hanya menyisakan karbohidrat.

Pembuatan lulur dari beras tumbuk cukup mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan alat penumbuk dan air saja. Di beberapa daerah biasanya ditambah dengan sedikit perasan air tebu, berikut cara pembuatannya.

1. Cuci Beras

Berbeda seperti akan dimasak, di sini pencucian hanya menggunakan air sebanyak 1:1 dari volume beras. Jadi jika Anda menggunakan satu mangkuk beras maka air yang digunakan juga satu mangkuk saja.

2. Tumbuk

Haluskan beras dengan penumbuk agar bisa halus seperti tepung. Anda bisa menggunakan alat manual atau mesin. Selama beras bisa halus semuanya boleh dilakukan pengguna.

3. Campur dengan Air Cucian

Air cucian beras tadi jangan dibuang, gunakan sebagai campuran untuk membuat bubuk beras mengental. Hasilnya dapat digunakan sebagai lulur mandi atau masker wajah.

Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami lainnya seperti parutan mentimun, sari tebu, atau daging lidah buaya. Memang di setiap daerah masker beras memiliki berbagai bahan tambahan tersendiri.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Sari Lemon

Selain menjadi minuman segar ternyata lemon juga memiliki manfaat untuk memutihkan kulit. Antioksidan dalam lemon juga dipercaya mampu mencegah kulit dari penuaan dini penyebab kerutan.

Kandungan ascorbic acid dalam lemon mampu merangsang regenerasi epidermis. Pyridoxine dan pantothenic acid juga mampu melindungi sel epidermis dari radikal bebas pemicu terjadinya kanker.

Proses pemanfaatan sari lemon sebagai pemutih wajah alami cukup mudah dilakukan. Perlengkapan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu mempersiapkan air, mangkuk, dan alat pemeras.

Jadi cara memutihkan wajah menggunakan sari lemon bisa dilakukan siapa saja secara mudah. Berikut ini adalah cara pembuatan masker lemon, sekaligus cara pengaplikasiannya pada wajah.

1. Peras Lemon

Peras lemon seperti Anda ingin membuat jus. Pulpy pada buahnya jangan dibuang, bisa digunakan sebagai bahan tambahan. Sisihkan hasil perasan pada mangkuk agar lebih ringkas.

2. Potong Lemon

Siapkan lemon lain bukan untuk diperas melainkan dipotong. Lakukan potongan horizontal agar dapat digunakan sebagai masker mata. Rendam potongan tersebut pada mangkuk berisi sarinya.

3. Penggunaan

Oleskan sari lemon pada bagian wajah secara menyeluruh. Potongan lemon dapat digunakan sebagai masker mata. Anda bisa menghancurkan pulp lemon agar lebih mudah dioleskan pada bagian wajah.

Anda bisa menggunakan masker ini selama 10 hingga 15 menit. Setelah durasi berakhir bersihkan dengan air mengalir atau menggunakan sabun wajah. Pengaplikasiannya paling tepat dilakukan sebelum mandi.

Penggunaan masker lemon tidak boleh terlalu sering dilakukan. Hal ini karena kandungan asamnya cukup kuat. Bagi orang dengan kulit sensitif juga disarankan untuk melihat dampaknya terlebih dahulu.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Susu dan Madu

Tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Ternyata paduan antara susu dan madu memiliki khasiat bagus untuk kecantikan. Jika ingin mengencangkan wajah juga mencerahkannya kombinasi keduanya bisa digunakan.

Campuran susu dan madu mengandung vitamin B6, kolagen, vitamin D yang bagus untuk regenerasi sel. Kolagen juga memiliki khasiat kuat untuk membantu mengencangkan kulit akibat proses penuaan.

Di Indonesia sendiri penggunaan susu dan madu sebagai lulur sudah diterapkan sejak zaman kerajaan. Cara memutihkan wajah menggunakan susu dan madu cukup mudah dilakukan, berikut ini tutorialnya.

1. Hangatkan Susu

Beberapa orang berpendapat untuk menggunakan susu segar. Namun akan lebih baik jika susu tersebut dihangatkan hingga suam-suam kuku. Jangan sampai didihkan karena dapat merusak kolagen dan vitamin D.

2. Campur dengan Madu

Setelah terasa hangat matikan api kemudian pindah di wadah lain. Campurkan susu dan madu secukupnya, lalu aduk hingga sedikit mengental. Setelah diaduk dan bercampur hangatkan lagi dengan api kecil.

3. Penggunaan

Oleskan campuran susu dan madu selagi hangat pada permukaan kulit. Oleskan secara merata setelah itu biarkan selama 5 hingga 15 menit. Setelah dirasa cukup bersihkan menggunakan air mengalir.

Ingat susu dan madu hanya dihangatkan saja, jangan direbus. Jika Anda memiliki termometer maka suhu yang diperlukan maksimal 45 derajat celcius saja. Sebelum campuran menyentuh batas atas tersebut usahakan sudah dipindahkan ke tempat lain.

Baca Juga : Masker Wajah Alami Ini Membuat Anda Tampil Berbeda

Ini perlu diketahui karena banyak orang memanaskan susu sehingga manfaatnya hilang. Vitamin D dan kolagen sangat mudah rusak terkena suhu tinggi. Jadi sekali lagi ingat, jangan dipanaskan apalagi direbus.

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Yogurt Paling Mudah

Hampir seperti susu, yogurt juga mengandung kolagen dan vitamin D. Kelebihan dari yogurt adalah kandungan zinc dan kalsiumnya lebih tinggi. Ini tentu sangat bermanfaat untuk memutihkan dan melembabkan kulit.

Jadi Anda dengan tipe kulit kering akan lebih cocok menggunakan masker yogurt dibandingkan susu. Proses pengaplikasiannya juga jauh lebih mudah karena tidak perlu membuat lagi.

Anda hanya perlu mengoleskan krim yogurt di bagian yang ingin dirawat. Kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu bilas krim tersebut menggunakan air hangat dan sabun jika diperlukan.

Untuk perawatan khusus wajah, yogurt dapat ditambahkan dengan beberapa bahan lain seperti sari bengkoang dan lidah buaya. Campuran tersebut tentunya tergantung pada kebutuhan kulit masing-masing.

Untuk kulit berminyak akan lebih baik jika ditambahkan campuran sari bengkoang. Sedangkan kulit sensitif lebih baik menggunakan plain yogurt karena bahan terlalu keras akan menimbulkan iritasi.

Khusus bagi kulit sensitif diharapkan berhati-hati menggunakan bahan dengan kandungan asam tinggi seperti lemon dan jeruk. Apabila penggunaan masker dari bahan tersebut terasa tidak nyaman segera hentikan.

Memang memiliki wajah cantik menjadi primadona hampir semua wanita. Penggunaan bahan alami bisa menjadi solusi paling sehat. Cara memutihkan wajah juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts