Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Saat mulai jatuh sakit, beberapa orang baru menyadari bahwa cara menjaga kesehatan tubuh perlu dilakukan. Dikarenakan kesadaran bahwa pentingnya tubuh sehat baru datang ketika sudah terkena penyakit.

Baca juga : Cara Mendidik Anak yang Benar Agar Lebih Patuh

Apalagi di masa pandemi ini, menjaga kesehatan tubuh penting agar selalu diperhatikan dibandingkan sebelum pandemi. Tetapi mempertahankan kondisi prima tubuh juga tidak susah maupun mahal.

Salah satunya dengan membiasakan diri untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat sendiri merupakan sebuah komitmen atau janji pada diri sendiri untuk melakukan beberapa kegiatan.

Tentunya kegiatan tersebut semata – mata untuk mendukung fungsi tubuh yang berujung pada sehatnya fisik maupun mental. Sehingga, dengan cara menjaga kesehatan tubuh, kualitas hidup meningkat serta membawa pengaruh positif pada lingkungan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Sampai saat ini, masih ada orang – orang yang belum begitu memahami pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri secara prima. Meskipun beberapa telah memahami, masih ada yang belum menerapkan pola hidup sehat secara berkelanjutan.

Gaya hidup sehat ditentukan oleh pola aktivitas yang dilakukan orang itu sehari – hari. misalnya aktivitas yang padat menyebabkan seseorang menjadi lupa makan, jam istirahat tidak teratur, sehingga berujung pada stes.

Hal – hal tersebut jika dibiarkan dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan secara repetitif. Dimulai dari mudah lemahnya tubuh, mudah mengantuk ketika beraktivitas, kurang makan, muncul penyakit pencernaan, dan sebagainya.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan tubuh penting untuk dimulai dari kesadaran diri sendiri terlebih dahulu. Tidak ada kata terlambat dalam memulai gaya hidup sehat dimulai dari kegiatan – kegiatan sederhana.

Jika sudah, maka secara tidak langsung akan memotivasi diri sendiri untuk terus melakukan perubahan positif tersebut. Menjaga kesehatan tubuh juga berpengaruh besar pada mental, hemat uang, umur panjang, maupun kelebihan lainnya.

Mulai langkah sederhana dengan menjaga kebersihan tempat tinggal, mengontrol makanan minuman yang masuk ke mulut, menjaga aktivitas fisik, menjauhi alkohol, dan lain sebagainya.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Dari penjelasan mengenai pentingnya kesehatan sebelumnya, maka ada beberapa langkah gaya hidup sehat yang dapat diterapkan. Berikut 5 cara menjaga kesehatan tubuh agar Anda tidak mudah terkena penyakit.

  • Mengatur Waktu Tidur

Pada kenyataannya, begadang hingga subuh lalu diganti dengan istirahat sepanjang siang dapat merusak siklus tubuh. Siklus tidur yang rusak berpotensi memunculkan penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, hingga obesitas.

Maka dari itu, cara menjaga kesehatan tubuh dimulai dari membiasakan diri memberi batasan maksimal terjaga, misalnya pukul 10 malam. Lalu bangun subuh supaya sistem tubuh kembali pada pola kebiasaan lebih sehat.

  • Pandai Mengelola Stres

Stres dapat memicu timbulnya hormon kortisol dan adrenalin, meningkatkan detak jantuk, pernapasan jadi lebih cepat. Kelola stres tersebut dengan cara mengenali trigger apa saja yang biasanya kerap memicu timbulnya stres.

Contohnya keseringan melihat postingan Instagram membuat Anda mudah cemas, khawatir berlebihan, hingga overthinking. Maka solusi cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan diet konsumsi sosial media diganti meditasi atau olahraga.

  • Mengurangi Asupan Gula

Konsumsi gula berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit diabetes, obesitas, gangguan fungsi hati, ginjal, dan sebagainya. Kurangi konsumsi gula maupun tepung berlebih, ganti dengan memperbanyak konsumsi sayur juga buah.

  • Rutin Berolahraga

Olah raga paling mudah adalah berjalan kaki 30 menit setiap hari, Anda dapat melakukannya di sekitar rumah. Berdasarkan beberapa penelitian, berjalan sekitar 6 kilometer per 30 menit meminimalisir risiko diabetes tipe 2.

  • Selalu Menjaga Kebersihan

Cara menjaga kesehatan tubuh melalui kebersihan diri adalah rajin mandi setiap hari. Selain itu, cuci tangan sebelum menyiapkan, mengonsumsi, maupun sesudah makan. Tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin.

Mengapa Orang Susah Menerapkan Hidup Sehat?

Terdapat teori mengapa masyarakat memahami pentingnya cara menjaga kesehatan tubuh, namun kenyataannya sulit dilakukan. Sehingga tidak heran jika melihat orang sering merokok padahal telah memahami apa bahayanya.

  • Tahap Pre-Kontemplasi

Pada fase ini, individu masih tidak peduli dengan perilaku hidup sehat. Oleh sebab itu, ketika menerima informasi mengenai kesehatan ataupun perubahan pola hidup sehat, tetap tidak mengubah pandangannya tentang kesehatan.

  • Tahap Kontemplasi

Individu mulai menyadari pentingnya kesehatan, biasanya dikarenakan telah terkena penyakit. Namun kenyataannya masih belum ada komitmen untuk melakukan perubahan pola hidup sehat.

  • Tahap Persiapan

Individu mulai mencoba menerapkan cara menjaga kesehatan tubuh, misalnya dengan olahraga. Tetapi masih terbilang jarang atau bolong – bolong, sama seperti perokok yang masih kembali pada habitatnya jika bertemu sesama perokok.

  • Tahap Tindakan

Fase ini menunjukkan bahwa individu sudah mampu melakukan perubahan hidup sehat serta menjalaninya dengan tekun. Melakukan perubahan tersebut secara konsisten, untuk selanjutnya masuk pada fase pemeliharaan.

  • Tahap Perubahan Perilaku

Pada fase ini, tidak jarang individu kembali ke fase kontemplasi karena merasa tidak ada motivasi untuk kembali melakukannya. Oleh sebab itu, pentingnya mendapatkan reward jika sudah melakukan perubahan agar berkelanjutan.

7 Dampak Positif Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara menjaga kesehatan tubuh memberi manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang. Selain membuat tubuh jasmani sehat, mental pun juga ikut sehat. Berikut ini 7 dampak positifnya.

  • Menghindarkan Diri dari Berbagai Penyakit

Rutin mengkonsumsi makanan bernutrisi secara teratur, tidak banyak begadang, rajin berolahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu, imun semakin kuat dan kemungkinan terserang penyakit akan berkurang.

  • Mempunyai Cukup Energi

Menjalani kebiasaan hidup sehat, tentunya turut memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam badan. Alhasil metabolisme meningkat, badan memiliki cukup energi, kemudian dapat semangat dalam melakukan aktivitas sehari – hari.

  • Produktivitas Meningkat

Secara otomatis produktivitas ikut meningkat apabila mempunyai cukup energi. Selain itu, makanan bernutrisi juga berpengaruh pada cara kerja otak agar semakin optimal. Sehingga Anda dapat beraktivitas lebih produktif.

  • Berat Badan Terjaga

Dampak positif cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya adalah berat badan terjaga juga seimbang. Anda tidak akan mudah lelah dalam beraktivitas, di sisi lain juga meningkatkan kekebalan tubuh maupun kesehatan jantung.

  • Hidup Jadi Lebih Teratur

Dampak positif berikutnya ini bisa dirasakan jika sudah memasuki tahap tindakan dalam mengelola hidup sehat. Anda jadi memahami rutinitas apa yang harus dikerjakan lalu dapat diorganisir dengan baik.

  • Mental Lebih Sehat

Kebiasaan melakukan rutinitas yang baik untuk jasmani rohani membuat kesehatan mental cenderung lebih stabil. Misalnya individu pengidap depresi mengirimkannya melalui kegiatan positif seperti hobi melukis atau olah raga.

  • Selalu Bersikap Positif

Rajin berolahraga ternyata mengeluarkan hormon endorfin yang memicu meningkatnya perasaan bahagia. Sehingga Anda lebih berpositive thinking dalam menghadapi sesuatu, secara tidak langsung juga meningkatkan kepercayaan diri.

Asupan Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit_Asupan Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit_Asupan Nutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Agar badan terhindar dari berbagai penyakit, asupan makanan juga perlu dijaga karena turut berkontribusi pada metabolisme tubuh. Berikut ini sumber nutrisi apa saja yang dapat dikonsumsi agar kesehatan lebih optimal.

  • Kalsium

Cara menjaga kesehatan tubuh adalah melalui konsumsi kalsium sebagai mineral paling penting bagi tulang maupun gigi. Kalsium dapat membantu otot, otak, juga saraf Anda saling berkoordinasi.

Contoh dari nutrisi berupa kalsium sendiri bisa melalui konsumsi susu, yoghurt, tahu, sayuran hijau, atau kacang – kacangan.

  • Protein

Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, protein juga memaksimalkan pertumbuhan, membentuk sistem kekebalan tubuh, meningkatkan massa otot. Contohnya seperti telur, buncis, susu, kacang tanah, greek yoghurt, almond.

  • Vitamin A

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya adalah rajin mengonsumsi makanan mengandung Vitamin A. Selain merawat kulit, mulut, paru – paru, Vitamin A juga membantu agar penglihatan jadi lebih tajam.

Minimal rajinlah mengkonsumsi ubi jalar, wortel, bayam, juga sedikit lemak untuk proses penyerapan lebih baik.

  • Omega-3

Omega-3 merupakan nutrisi yang juga membantu menajamkan penglihatan serta menyehatkan otak. Anda dapat menemukan kandungan Omega-3 pada ikan berlemak, kacang – kacangan, biji – bijian, atau sayuran.

Baca juga: Pentingnya Olahraga untuk Anak, untuk Tumbuh Kembangnya

  • Vitamin C

Nutrisi Vitamin C berperan sebagai antioksidan dalam melindungi sel dari kerusakan serta anemia. Anda dapat menemukannya pada jeruk, kiwi, brokoli, tomat, stroberi, kiwi, kembang kol, atau paprika merah.

Pada dasarnya, memastikan tubuh dalam keadaan sehat sebenarnya tidak sulit. Namun memang membutuhkan kesadaran diri sendiri untuk terus melakukannya. Lakukan 5 cara menjaga kesehatan tubuh di atas agar terhindar dari penyakit.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts