Makanan yang Bagus Dikonsumsi di Tengah Pandemi

makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi merupakan makanan bergizi seimbang untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh dari virus. Makanan bergizi ini berkaitan erat dengan aturan menjaga pola makan.

Baca Juga : Kenali Makanan Sehat Untuk Tubuh dan Kandungan Nutrisinya

Khususnya keseimbangan antara karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral agar mengurangi risiko tertularnya berbagai penyakit. Menjaga pola makan seimbang perlu dilakukan selama masa pandemi Covid-19.

Selain mematuhi protokol kesehatan, penerapan gaya hidup sehat dengan mengatur makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi dapat memaksimalkan kemampuan daya tubuh. Pola makan sehat saat pandemi akan menjamin kekebalan dari serangan virus.

Beberapa penelitian mengungkapkan ada banyak yang dapat dilakukan untuk menangkal virus Covid dari tubuh manusia. Salah satunya adalah berpedoman pada menjaga sajian makanan gizi seimbang.

Maka dari itu, kami akan mengulas mengenai makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi. Termasuk bagaimana cara menjaga pola makannya, mengapa harus dilakukan, apa yang perlu dibatasi, dan sebagainya.

Cara Menjaga Pola Makan di Tengah Pandemi

makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi

Agar terhindar dari serangan virus Covid, perlu tekun mengatur gaya hidup dan pola makan seimbang. Agar tubuh tetap vit saat pandemi, lakukan cara – cara berikut untuk menjaga pola makan yang teratur.

  • Konsumsi Makanan Segar Tanpa Diproses

Daging, telur, kacang – kacangan, biji – bijian, buah, maupun sayuran merupakan golongan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika pandemi. Dikarenakan merupakan makanan segar dengan satu bahan tanpa harus diproses.

Agar kandungan nutrisi dalam sayur tidak hilang, maka memasaknya jangan terlalu lama. Selain itu, mengonsumsi 5 porsi sayuran, 4 porsi buah – buahan, 180 gram biji – bijian dapat dikonsumsi setiap harinya.

  • Minum Air Putih yang Cukup

Rutin minum air merupakan salah satu cara menjaga pola makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi. Kebutuhan air sangat penting bagi pengaturan suhu tubuh, membuang limbang, dan melumasi bantalan sendi.

Selama pandemi, usahakan minum 8-10 gelas air putih setiap hari agar tetap prima. Hindari kebanyakan minum jus buah kemasan maupun soft drink lainnya yang diproses oleh pabrik karena kandungan gulanya tinggi.

  • Atur Konsumsi Gula dan Garam

Cara berikut ini penting diperhatikan khususnya jika Anda sering memasak sajian hidangan bagi keluarga. Selalu batasi penggunaan gula dan garam dalam masakan, setidaknya kurang dari 5 gram garam per harinya.

Sementara untuk mengurangi konsumsi gula, mulai kurangi kebiasaan minum minuman ringan atau bersoda tinggi. Ganti dengan makan buah – buahan atau kacang – kacangan sebagai camilan sehat.

  • Kurangi Jajan di Luar Rumah

Cara menjaga pola makan saat pandemi berikutnya adalah mengurangi kebiasaan jajan di luar rumah. Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi memang lebih dipercaya jika dimasak sendiri di rumah.

Maka dari itu, selain mengurangi kontak bertemu dengan orang lain, jajan luar rumah juga rawan terkena virus atau bakteri. Dikarenakan posisinya yang diletakkan secara terbuka serta bertemu dengan berbagai macam pembeli.

Makanan yang Bagus Dikonsumsi di Tengah Pandemi

makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi

Sebenarnya, makanan yang baik dikonsumsi ketika musim Covid-19 ini lebih didominasi oleh buah – buahan maupun sayuran. Untuk makanan pokok, tidak jauh berbeda dari hari – hari biasanya asal tetap seimbang.

  • Jeruk Manis, Jeruk Nipis

Baik jeruk manis maupun jeruk nipis, keduanya dikenal akan kandungan Vitamin C nya yang tinggi. Sehingga baik untuk meningkatkan kekebalan imun maupun kesehatan secara menyeluruh.

  • Kacang Tanah, Kacang Hijau

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi selanjutnya adalah kacang – kacangan. Terdapat kandungan serat yang diperlukan mikrobiota dalam usus untuk meningkatkan kualitas bakteri baik. Selanjutnya akan berpengaruh pada tingkat imunitas seseorang.

  • Tomat

Tomat mengandung Vitamin C dan A, berperan sebagai antioksidan dalam melawan virus agar tidak masuk ke dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi tomat, imunitas lebih kuat juga kebal dari serangan virus.

  • Bayam

Dalam 100 gram sayur bayam, kaya akan kandungan nutrisinya beserta vitamin A sebesar 60%. Vitamin E di dalamnya juga mampu menjaga kekuatan imunitas seseorang. Anda dapat memasaknya bersama sayuran lainnya seperti tomat.

  • Jambu Biji

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi berikutnya adalah jambu biji. Mengandung Vitamin C untuk menjaga imun seseorang, menstabilkan trombosit, serta manfaat untuk kesehatan lainnya.

  • Pisang

Kandungan serat, Vitamin A, Vitamin C dalam pisang dipercaya dapat meningkatkan imun, tidak heran pisang merupakan makanan rekomendasi. Mengganti kebiasaan makan camilan ringan dengan pisang dinilai jauh lebih sehat.

  • Alpukat

Dikatakan sebagai superfood, alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin B-6, juga magnesium. Apabila dikonsumsi secara rutin, maka dipercaya dapat menjaga kesehatan secara menyeluruh. Anda dapat mengonsumsinya bersama roti bakar atau salad.

Membatasi Konsumsi Makanan Manis dan Gorengan

makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi

Ketika musim pandemi Covid-19 seperti ini, menerapkan protokol kesehatan saja tidak selalu membuat tubuh terhindar dari serangan virus. Oleh sebab itu perlu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi harus mengandung gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, mineral, kalsium, dan nutrisi lainnya. Semuanya tertuang dalam nasi, lauk pauk, sayuran, buah, juga susu.

Jika Anda sedang ingin diet karbo, maka boleh – boleh saja mengurangi takaran karbohidrat, namun tidak boleh menghilangkannya dari daftar konsumsi. Justru batas konsumsi makanan manis maupun gorengan.

Kedua jenis makanan tersebut terkenal karena kenikmatannya, tetapi tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Beberapa orang gemar memakan banyak porsi nasi, karena terdapat kandungan karbo dan gulanya.

Sama halnya dengan makanan gorengan, Anda dapat memakannya tapi harus mampu membatasi jumlahnya. Minyak untuk menggoreng gorengan dapat tertimbun dalam tubuh dan berujung menjadi lemak.

Ada beberapa cara agar membiasakan diri mengurangi makanan manis ataupun gorengan, kemudian diganti dengan makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi. Yaitu dengan mengganti minuman manis dengan yang versi rendah gula.

Atau dapat menggantinya melalui konsumsi buah – buahan. Selain itu, mengurangi konsumsi garam tidak hanya berlaku pada gorengan saja, melainkan saus, kecap , atau sambal.

Untuk menambah cita rasa makanan, Anda dapat memperbanyak rempah – rempah atau menambahkan menu jamur sebagai umami alami. Sehingga sajian masakan jadi terasa gurih tanpa kebanyakan menambahkan garam.

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi kurang lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan kebiasaan olahraga secara teratur. Setidaknya rutin berolahraga selama 150 menit setiap minggunya dapat membantu kinerja metabolisme.

Pentingnya Mengonsumsi Makanan yang Bagus Dikonsumsi di Tengah Pandemi

makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi

Pandemi Covid-19 menimbulkan krisis kesehatan di mana – mana, tidak terkecuali Indonesia. Penyebarannya dapat melalui batuk, bersin, bersentuhan dengan barang yang sudah terkontaminasi, dan lan – lain.

Sehingga krisis kesehatan ini menyerang siapa saja, bisa orang tua, anak – anak, lanjut usia, remaja, orang dewasa. Agar pencegahannya tidak terus – menerus, maka perlu diimbangi dengan peningkatan sistem imun.

Peningkatan sistem imun bisa didapat melalui asupan makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi. Pentingnya mengonsumsi makanan tersebut adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi serangan virus ataupun bakteri.

Selalu makan dengan komposisi lengkap agar asupan nutrisi terpenuhi. Selain untuk mengenyangkan, juga harus ada buah atau sayur dengan kandungan protein serta vitamin agar meningkatkan daya tahan tubuh.

Hampir sama seperti penjelasan sebelumnya, ingatlah untuk membatasi konsumsi makanan berlemak, gula, serta garam. Kebanyakan orang stres lalu melampiaskannya pada jumlah asupan makanan yang tidak terkontrol.

Kebutuhan cairan tubuh juga harus dipastikan terpenuhi supaya terhindar dari dehidrasi. Minimal minumlah air putih sebanyak 6-8 gelas setiap harinya dibarengi dengan pengurangan jumlah minuman yang mengandung banyak gula.

Makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi juga harus selalu dipastikan kebersihannya. Misalnya ketika Anda berbelanja makanan, maka selalu bersihkan bahan makanan tersebut sesampainya di rumah.

Bisa melalui penyemprotan hand sanitizer pada kemasannya atau dengan mencucinya jika bahan makanan tersebut secara langsung. Oleh sebab itu, pandai – pandailah dalam menjaga kebersihan maupun kehigienisan makanan tersebut.

Jadi, berdasarkan penjelasan ini, memperhatikan tiap asupan yang masuk ke tubuh itu diperlukan dengan cara menjaga pola makan. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang agar daya tahan tubuh semakin kuat.

Baca Juga : 7 Makanan yang Mengandung Protein Bagi Kesehatan Tubuh

Rajin mencuci tangan maupun bahan makanan adalah kunci kebersihan untuk menghindarkan diri dari serangan virus. Anda dapat mengolah sajian makanan yang bagus dikonsumsi di tengah pandemi untuk dinikmati bersama keluarga.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts