Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati

Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati
Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati

Bagi Anda yang sedang menjalani ibadah puasa, kami akan memberi rekomendasi makanan yang menambah energi saat berpuasa. Makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu faktor cukup berpengaruh, pada kondisi tubuh serta energi yang digunakan saat beraktivitas.

Baca juga: 5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

Rasa lemas dan kurang berenergi memang sering kita rasakan saat sedang berpuasa, kondisi ini tentunya wajar terjadi, karena pola makan yang biasanya kita jalankan sudah berubah. Tapi kondisi ini bisa kita perbaiki, dengan mengonsumsi jenis makanan sehat ketika sahur. 

Meskipun pola makan berubah tidak seperti biasanya, bukan berarti Anda tidak menjaga asupan makanan untuk dikonsumsi. Untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat, konsumsi beberapa rekomendasi makanan yang menambah energi saat berpuasa.

Jadikan ibadah puasa Anda menjadi lebih semangat untuk dijalani, serta atur pola makan dan asupan secara teratur. Hindari beberapa makanan tidak baik dikonsumsi ketika perut masih kosong, untuk menghindari berbagai efek negatif bagi kesehatan anda.

4 Rekomendasi Makanan yang Menambah Energi Ketika Berpuasa

Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati
Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati

Meskipun sedang berpuasa bukan berarti waktu dihabiskan dengan bermalas-malasan, Anda harus tetap beraktivitas dengan memanfaatkan energi tubuh. Namun kadang kala energi digunakan lebih cepat habis saat berpuasa, dan membuat kita tidak bersemangat.

  • Ikan

Makanan yang menambah energi saat berpuasa pertama adalah ikan, salah satu jenis lauk pauk sering diolah ini membawa banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin B12 juga asam folat, menjadi salah satu kandungan nutrisi yang bisa Anda temukan di berbagai jenis ikan.

Asam folat bisa ditemukan di jenis ikan salmon atau tuna, dan membantu peredaran darah bisa bekerja secara optimal, sehingga energi dapat bertambah dan Anda merasa lebih kuat saat berpuasa sepanjang hari.

  • Nasi Merah

Jika dibandingkan dengan nasi putih, maka nasi merah memang mengandung lebih banyak serat, vitamin serta mineral membantu dalam proses pembentukan energi tubuh. Serat yang terkandung juga bisa menjaga gula darah, jika dibandingkan dengan nasi putih.

  • Pisang

Makanan yang menambah energi saat berpuasa selanjutnya adalah pisang, selain cocok dimakan langsung kamu juga bisa menjadikannya sebagai smoothies dengan mencampurnya bersama jenis buah-buahan lain kaya akan manfaat baik.

Pisang mengandung karbohidrat, vitamin B6, serta potassium mampu meningkatkan energi tubuh saat beraktivitas. Setelah mengkonsumsi makanan berat ketika sahur, kamu bisa menjadikan pisang sebagai snack penutup nantinya.

  • Alpukat

Alpukat memang dipercaya sebagai buah yang mampu mengenyangkan perut, terdapat lemak sehat dan vitamin B dan terbukti mampu menyerap nutrisi. Kandungan serat pada alpukat dapat meningkatkan energi, juga menjaganya agar tetap stabil meski berpuasa. 

Tips Menjaga Hidup Sehat saat Berpuasa 

Makanan yang menambah energi saat berpuasa memang cukup berpengaruh pada kondisi tubuh anda, namun ada pula faktor lain harus diperhatikan yaitu menjaga pola hidup sehat meskipun pola makan kita berubah selama 1 bulan ke depan.

  • Berbuka dengan Porsi Makan Tidak Berlebih

Selain memperhatikan nutrisi pada makanan yang menambah energi saat berpuasa, Anda juga perlu mengatur porsi makan ketika berbuka agar tidak berlebih. Saat masih berpuasa dan perut dalam keadaan lapar, biasanya kita akan melahap berbagai jenis makanan.

Padahal mengkonsumsi makanan secara berlebihan, bisa membuat kondisi tubuh terasa tidak nyaman dan begah. Lebih baik fokus terlebih dulu, pada makanan yang mampu meningkatkan gula darah agar tubuh lebih berenergi.

  • Hindari Makanan dengan Rasa Pedas dan Asam

Saat perut kosong, memang sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan yang terasa pedas dan asam, karena bisa membuat membuat asam lambung kambuh. 

Lambung cukup sensitif pada makanan dengan rasa asam atau pedas, selain itu minuman bersoda atau kupi juga sebaiknya dihindari terlebih dulu.

  • Batasi Makanan Manis dan Berminyak

Mengonsumsi makanan yang menambah energi saat berpuasa memang perlu, namun batasi juga makanan manis dan berminyak saat berbuka. Bukan berarti karena keadaan perut sudah kosong, kita bebas mengonsumsi makanan apa saja.

Tetap batasi makanan-makanan tertentu yang kurang baik bagi kesehatan, seperti makanan mengandung pengawet, berminyak atau kadar gulanya cukup tinggi. Konsumsi secukupnya, agar kandungan makanan tersebut tidak berpengaruh negatif pada tubuh.

  • Cukupi Kadar Air

Kadar air sangat penting untuk diperhatikan, karena ketika berpuasa tentu cairan di dalam tubuh akan berkurang tidak seperti biasanya. Jika cairan berkurang, maka bisa menyebabkan dehidrasi dan bisa mengganggu kesehatan anda.

Rekomendasi Buah-Buahan yang Baik saat Berbuka Puasa

Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati_Rekomendasi Buah-Buahan yang Baik saat Berbuka Puasa
Makanan yang Menambah Energi Saat Berpuasa dan Lezat untuk Dinikmati_Rekomendasi Buah-Buahan yang Baik saat Berbuka Puasa

Mengonsumsi buah-buahan menjadi salah satu cara, untuk menjaga kesehatan tubuh serta agar cairan tubuh tidak berkurang. Buah-buahan memiliki banyak nutrisi, vitamin serta serat membawa banyak manfaat baik bagi kesehatan dan tentu dibutuhkan ketika berpuasa.

  • Kurma

Makanan yang menambah energi saat berpuasa juga baik dikonsumsi saat berbuka yaitu kurma, memang sudah banyak orang mengetahui jika buah satu ini juga menjadi sunnah, untuk dikonsumsi ketika berbuka karena mengandung kadar gula tinggi dan menyehatkan.

Kandungan lainnya pada kurma adalah serat, protein dan mineral, selain itu buah ini juga memiliki serat yang membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

  • Semangka

Buah berwarna hijau dan merah ini dikenal mengandung banyak air, sehingga bisa mengisi kembali kadar cairan tubuh secara maksimal. Selain itu semangka juga mengandung banyak nutrisi, vitamin serta antioksidan yang mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  • Apel

Makanan yang menambah energi saat berpuasa selanjutnya adalah apel, buah ini menjadi favorit bagi banyak orang. Terlebih lagi buah ini juga baik bagi sistem pencernaan anda, jika kamu mengalami susah buang air besar, maka buah ini bisa menjadi solusinya.

Meski kandungan air pada apel tidak sebanyak semangka, namun apel juga termasuk ke dalam jenis buah mengandung cukup banyak air dan berserat.

  • Anggur

Seringkali saat menjalani puasa kita mengalami sembelit, karena kekurangan serat atau cairan tubuh. Namun kondisi tersebut bisa ditangani dengan mengonsumsi buah yang kaya akan serat, juga mengandung banyak air karena bisa memperlancar sistem pencernaan.

Anggur menjadi salah satu buah kami rekomendasikan, dimana jenis buah ini memiliki rasa manis dengan kadar gula tinggi serta kaya akan kandungan air serta vitamin. Jika bosan mengkonsumsinya secara langsung, Anda bisa menjadikannya salad, jus atau smoothies.

Deretan Menu Makanan saat Sahur Bisa Menjadi Inspirasi

Seringkali kita bingung untuk memasak makanan apa, yang akan dihidangkan saat sahur nanti. Berikut rekomendasi menu makanan yang menambah energi saat berpuasa, dengan cara penyajian cukup mudah dan bisa menjaga tubuh tetap fit dalam menjalani hari.

  • Capcay 

Rekomendasi menu makanan yang menambah energi saat berpuasa yaitu capcay, masakan ini terdiri dari berbagai jenis sayuran dan daging dan tentunya bisa memenuhi nutrisi tubuh. Jika bosan dengan makanan cepat saji, maka masakan ini bisa menjadi menu sahur yang pas.

Proses pembuatannya juga cukup mudah dan tidak memakan waktu lama, biasanya capcay terdiri dari wortel, kembang kol, sawi, jagung muda, baso, serta daging ayam. Hanya dengan satu hidangan, maka kamu sudah memenuhi gizi dengan baik.

  • Sup Ayam

Biasanya saat menghidangkan menu sahur, kita tidak ingin memasak makanan yang memakan waktu lama, maka sup ayam bisa menjadi pilihan anda. Masakan ini mengandung ayam serta sayuran, dan kuah pada sup ini membuat tenggorokan menjadi lebih hangat dan tidak kering.

Bahan-bahan dibutuhkan dalam membuat sup ayam cukup mudah, sayuran wortel, kol, daun bawang, baso, kentang, seledri dan ayam.

  • Sayur Bening

Sayur bening juga menjadi makanan yang menambah energi saat berpuasa, kamu bisa membuat masakan ini hanya dalam beberapa menit saja, namun kandungan masakan ini sangat baik bagi kesehatan dan menjaga agar energi tidak mudah terkuras ketika beraktivitas.

Sayur bening terdiri dari bayam, jagung, labu siam dan bahan-bahan lain bisa kamu masukkan sesuai selera. Kuah hangat yang dihidangkan bersama nasi panas, bisa membuat selera makan kamu meningkat saat sahur nanti.

  • Tumis Brokoli Udang

Jika ingin mengkonsumsi masakan yang lebih kaya akan rasa, maka tumis brokoli udang bisa menjadi inspirasi Anda dalam memasak. Bahan masakan Anda butuhkan cukup simpel, seperti brokoli, udang, bawang putih, jahe, lada dan penyedap rasa.

Kamu juga bebas menambahkan bahan lain, untuk membuat masakan ini lebih beragam. Hanya dengan menumis semua bahan, maka Anda sudah bisa mendapatkan masakan sehat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Manfaat Donor Darah dan Perubahan Pada Kesehatan Tubuh

Memperhatikan asupan ketika berpuasa memang tidak kalah penting, karena seringkali kita tidak mempedulikan kandungan dari makanan yang dimakan. Maka dari itu terapkan makanan yang menambah energi saat berpuasa, agar Anda lebih bersemangat saat menjalaninya.

Total
34
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts