Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit – Tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, Manfaat Air Jahe Untuk Kulit pun terbilang beragam. Tidak heran jika kemudian banyak ditemukan produk kecantikkan seperti halnya perawatan kulit yang menggunakan bahan utama jahe. Bagi Anda yang ingin mengetahui berbagai manfaat jahe tersebut, ada baiknya jika Anda simak penjelasan berikut ini.

Mengenal keistimewaan jahe

Sebagai salah satu jenis tumbuhan rimpang, jahe termasuk dalam tanaman yang populer dan banyak diminati. Hal ini tentu saja berkaitan dengan manfaat yang dimilikinya. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, jahe juga dapat digunakan dengan berbagai cara lainnya. Tidak hanya itu, keistimewaan jahe juga terlihat melalui berbagai kandungan zat berkhasiat di dalamnya. Pasalnya jahe memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena itulah, berbagai sifat yang dimilikinya pun akan membantu anda dalam menjaga kesehatan kulit.

Manfaat jahe dalam merawat kesehatan kulit

Jika dilihat dari berbagai kandungan yang dimilikinya, seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, magnesium, sodium, fosfor dalam lainnya. Tentu dapat dipastikan ada banyak Manfaat Air Jahe Untuk Kulit. Seperti halnya beberapa manfaat berikut ini :

1. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit -Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat air jahe untuk kulit yang pertama adalah mempercepat peyembuhan luka. Jika Anda termasuk sosok yang aktif dalam beraktivitas dan seringkali mengalami luka pada bagian kulit. Kini Anda tidak perlu khawatir kembali dengan kondisi tersebut. Pasalnya penggunaan jahe dapat membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan luka. Manfaat yang satu ini bisa Anda dapatkan dari sifat anti inflamasi yang dimilikinya. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot dalam memilih produk untuk kulit sensitif. Karena dengan jahe masalah penyembuhan luka pun dapat diatasi dengan mudah.   

2. Atasi sunburn

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Atasi Sunburn

Sunburn atau kulit yang terbakar oleh paparan sinar matahari umumnya terjadi jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan dalam waktu lama. Hal tersebut juga seringkali terjadi pada mereka yang tidak menggunakan produk pelindung kulit. Ketika sunburn terjadi, umumnya kulit Anda akan terasa perih, memerah hingga muncul luka bakar. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya Anda harus melakukan perawat secara langsung pada dokter kulit. Namun sebagai cara alternatif, Anda juga dapat memanfaatkan penggunaan jahe.

3. Atasi jerawat

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Atasi Jerawat

Manfaat air jahe untuk kulit yang berikutnya adalah mengatasi jerawat. Selain ditujukan untuk proses penyembuhan luka, Manfaat Air Jahe Untuk Kulit juga bisa Anda gunakan pada jenis kulit berjerawat. Hal ini masih berkaitan dengan sifat anti inflamasi atau anti radang. Dengan menggunakan jahe, tentunya peradangan yang dialami akibat kulit berjerawat pun dapat diatasi dengan lebih mudah.

(Baca Juga: Cara Menanam Jahe Di Halaman Rumah Dan Yang Kita Perlukan)

4. Kontrol minyak wajah

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Kontrol Minyak Wajah

Manfaat air jahe untuk kulit yang berikutnya adalah mengontrol minyak pada wajah. Minyak berlebih yang hadir pada bagian kulit wajah dikenal sebagai penyebab utama munculnya masalah jerawat. Dengan menggunakan jahe sebagai salah satu tanaman tradisional, Anda dapat mengurangi kadar minyak pada kulit. Sehingga kulit wajah Anda pun tidak akan berjerawat. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir akan kondisi kulit kering. Pasalnya penggunaan jahe tidak akan menjadikan kulit wajah Anda berubah menjadi kering.

5. Menenangkan kulit kering

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Menenangkan Kulit Kering

Seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas bahwa jahe tidak akan menjadikan kulit wajah kering. Penggunaan jahe justru dapat menenangkan kulit yang kering menjadi lebih baik. Hal ini terbukti dari penggunaan jahe pada jenis kulit yang mengalami masalah sunburn. Pasalnya jenis kulit kering sangat rentan terkena iritasi. Dalam kondisi yang buruk, ia bahkan dapat berubah menjadi gatal, menimbulkan ruam kemerahan dan lainnya. Karena itulah konsumsi air putih dan jahe pun menjadi solusi tepat untuk mengatasinya.

6. Menyamarkan bekas luka

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Menyamarkan Bekas Luka

Pada bagian di atas telah dijelaskan bahwa jahe dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah jerawat. Namun setelah masalah jerawat teratasi, terkadang ia meninggalkan noda bekas berwarna hitam. Bagi Anda yang menggunakan jahe sebagai obat tradisional, hal tersebut tentunya dapat diatasi dengan mudah. Pasalnya penggunaan jahe secara rutin sebagai produk alami untuk merawat kulit juga dapat membantu menyamarkan noda tersebut. Dengan kata lain, noda bekas jerawat atau bahkan luka pun dapat disamarkan dengan baik.

7. Mencerahkan kulit

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Mencerahkan Kulit

Manfaat air jahe untuk kulit selanjutnya adalah mencerahkan kulit. Tidak hanya menyamarkan noda hitam atau noda bekas luka saja, penggunaan jahe juga dapat Anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit. Banyak orang yang menyatakan bahwa penggunaan jahe secara rutin selama 1 minggu dapat memberikan efek maksimal. Bahkan warna kulit Anda pun akan berubah dengan signifikan. Hal tersebut memang ada benarnya, apalagi jika dilihat dari fungsi jahe yang dapat digunakan dalam proses mengangkat sel kulit mati. Dengan demikian, kulit pun akan melakukan proses regenerasi. Tidak heran jika akhirnya ia terlihat jauh lebih cerah dari sebelumnya.

8. Atasi warna kulit tidak merata

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Atasi warna kulit tidak merata

Kulit yang tampil dengan warna tidak merata adalah salah satu hal yang sangat mengganggu penampilan. Masalah ini dikenal sebagai hiperpigmentasi yang umumnya terjadi dengan tidak merata. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda juga dapat mengatasinya dengan menggunakan jahe. Dengan Manfaat Air Jahe Untuk Kulit pada masalah yang satu ini, ia akan berperan sebagai pencerah kulit atau menyamarkan noda hitam. Dari hal tersebut, tentunya akan semakin mudah pula baginya dalam menjadikan warna kulit lebih merata.

(Baca Juga: Cara Membuat Minuman Jahe Yang Enak Dan Segar)

9. Kurangi tampilan kantung mata

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Kurangi tampilan kantong mata

Kantung mata dikenal sebagai salah satu masalah yang seringkali hadir akibat lelah atau bahkan kurang tidur. Dengan waktu istirahat yang tidak cukup, tampilan kantung mata akan terlihat semakin jelas pula. Adanya kantung mata seringkali membuat Anda terlihat tua dan bahkan kurang segar. Dari sekian banyak orang yang memiliki kantung mata, umumnya mereka akan menutupi hal tersebut dengan menggunakan make up. Namun cara tersebut tentunya tidak dapat bertahan lama. Sedangkan penggunaan jahe justru dapat menyamarkan kantung mata dengan lebih efektif.

10. Cegah penuaan dini

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit - Mencegah penuaan dini

Manfaat air jahe untuk kulit yang terakhir adalah mencegah penuaan dini. Masalah penuaan dini umumnya muncul ketika usia seseorang mulai menua. Namun bukan hanya itu saja, permasalah ini pun seringkali timbul dari paparan polusi dan juga radikal bebas. Tidak heran jika mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan umumnya lebih mudah mengalami masalah penuaan dini. Jika Anda termasuk salah satu diantaranya, kini Anda tidak perlu khawatir kembali. Pasalnya jahe sebagai tanaman tradisional  memiliki beragam kandungan antioksidan. Dengan demikian masalah penuaan dini pun dapat diatasi dengan cepat.  

Cara mengolah jahe untuk perawatan kulit Ada beberapa cara pengolahan jahe yang dapat dilakukan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

Air jahe

Manfaat Air Jahe Untuk Kulit bisa Anda dapatkan dengan mengolah jahe menjadi obat tradisional dalam bentuk air rebusan jahe. Cara pembuatannya cukup mudah. Anda hanya perlu merebus jahe dalam air mendidih. Setelah itu, jahe pun disaring dan kemudian airnya dapat diminum secara langsung.

  • Penggunaan jahe secara langsung

Untuk perawatan kulit lainnya, Anda juga dapat menggunakan jahe secara langsung. Hal ini dilakukan dengan cara ditumbuk terlebih dahulu. Setelah itu, jahe digunakan sebagai masker. Baik itu digunakan secara mandiri atau bahkan ditambah dengan bahan lainnya.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai berbagai Manfaat Air Jahe Untuk Kulit yang dapat penulis jelaskan kali ini.

Total
177
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts