Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

thumbnail air kelapa - manfaat air kelapa hijau

Manfaat air kelapa hijau sudah diketahui secara luas oleh masyarakat di Indonesia dan juga menjadi minuman yang dapat menyegarkan dahaga. Kelapa hijau memang memiliki manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan tubuh.

Kelapa merupakan tumbuhan serbaguna karena hampir semua bagiannya berguna dalam kehidupan manusia. Buah kelapa merupakan tanaman tropis yang termasuk dalam jenis palem-paleman dengan ukuran kebanyakan mirip dengan kepala manusia.

Di dalam satu biji kelapa terdapat air yang dapat langsung diminum dan memberikan kesegaran dengan rasa manisnya. Air kelapa ini kemudian dijual bersamaan dengan daging buahnya yang semakin menggugah selera ketika sedang haus.

Saat ini banyak orang yang memanfaatkan air kelapa menjadi obat tradisional untuk segala jenis penyakit seperti penyakit dalam. Ada tiga jenis kelapa yang dapat ditemukan yaitu kelapa hijau, kelapa merah, dan terakhir kelapa kuning.

Baca Juga : Ingin Muka Mulus? Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Paling Efektif

Di mana ketiga jenis ini tentu memiliki perbedaan sampai pada manfaatnya masing-masing. Namun kali ini akan dibahas bagaimana manfaat air kelapa hijau secara lebih jelas untuk dikonsumsi dengan takaran yang tepat.

Mengenal Jenis Kelapa untuk Kesehatan

Negara yang memiliki suhu tropis seperti Indonesia akan menjadi tempat pohon kelapa bisa hidup dan bertumbuh dengan sangat baik. Sebagaimana diketahui banyak masakan yang menggunakan bagian dari kelapa untuk menjadi bahan dasar dan tambahannya.

Rasa gurih yang dihasilkan dari air kelapa akan membuat banyak makanan menjadi semakin nikmat untuk disantap. Tidak hanya itu, ternyata air kelapa memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh bahkan untuk menambah stamina.

Akan tetapi manfaat tersebut tidak diberikan oleh semua jenis kelapa, oleh karena itu berikut ini tiga jenis kelapa.

1. Kelapa Kuning

Jenis kelapa yang satu ini cukup banyak dan sering ditemui dengan nama latin yaitu Cocos Eburen. Di mana ciri khas dari jenis kelapa ini adalah ukuran pohonnya yang tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu besar.

Air dari kelapa kuning memang bisa diminum untuk menyegarkan dahaga namun tidak seperti manfaat air kelapa hijau yang bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak jenis penyakit.

Kelapa kuning memiliki warna kulit yaitu kuning dan ukurannya juga lebih kecil dibandingkan jenis kelapa lainnya.

2. Kelapa Merah

Jenis kelapa selanjutnya sekilas tampak mirip dengan kelapa hijau, namun perbedaannya akan terlihat ketika buah sudah dipotong. Ukuran dari kelapa ini bulat dan besar sehingga memiliki kandungan minyak yang cukup banyak.

3. Kelapa Hijau

Terakhir ada kelapa hijau yang menjadi pokok bahasan pada kali ini diberi nama latin yaitu Cocos Viridis. Kulit berwarna hijau menjadi ciri khas dari jenis kelapa satu ini dan pohonnya berukuran besar serta tinggi.

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Sebutan obat tradisional yang disematkan untuk kelapa hijau bukan dibuat sembarangan tanpa didasari faktanya. Bahkan para medis juga sudah mengakui manfaat air kelapa hijau dari beragam zat baik dalam kandungannya.

Manfaat air dari jenis kelapa yang satu ini dapat dirasakan juga oleh ibu hamil di mana disebutkan bahwa dapat memperkuat janinnya. Ibu hamil seringkali rentan dengan kondisi fisiknya yang dapat berubah dalam waktu cepat.

Oleh karena itu, ketika kondisi sedang tidak baik maka janin bisa mengalami masalah yang tidak diinginkan. Sebagai minuman isotonik maka air kelapa bisa dikonsumsi oleh ibu hamil yang mungkin saja harus menghindari banyak jenis makanan dan minuman lainnya.

Selain itu, adapun manfaat lain dari air kelapa hijau ini bagi ibu hamil yaitu untuk menjaga tekanan darah. Kandungan elektrolit seperti klorida, magnesium, natrium, dan riboflavin yang berperan penting dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

Ibu hamil juga bisa mencegah dehidrasi secara efektif dengan minum air kelapa hijau karena memiliki cairan dengan kandungan kalsium dan lainnya yang tinggi. Manfaat air kelapa hijau ini akan membuat ibu hamil terhindar dari masalah kesehatan seperti sakit kepala.

Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki bentuk tubuh yang ideal menjadi impian bagi banyak orang meski dirasa banyak hal untuk dilakukan yang susah-susah gampang. Segala cara dilakukan untuk menurunkan berat badan bahkan jika hal tersebut bisa menyiksa badan.

Tidak perlu jauh-jauh dan kesulitan mencari cara, siapa sangka ternyata minum air kelapa bisa menjadi solusi dari masalah tersebut. Ada kandungan lemak, kalori, dan gula yang rendah membuat manfaat dari air kelapa untuk menurunkan berat badan semakin baik.

Selain itu, karena ini adalah bahan yang alami maka ketika menggunakannya sebagai solusi untuk menurunkan berat badan tidak akan menimbulkan masalah efek samping. Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal dengan olahraga dan mengatur pola makan.

Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Segala Penyakit

Jika ibu yang sedang hamil saja bisa merasakan manfaat dari air kelapa hijau untuk menjaga kesehatan tubuh dan janinnya. Maka di bawah ini adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh dan menyembuhkan segala penyakit.

1. Membuat Pencernaan Sehat

Pencernaan dalam tubuh memiliki peran untuk menjaga kesehatan dalam tubuh karena banyak penyakit muncul berkaitan dengan sistem pencernaan. Diare, infeksi kandung kemih sampai gangguan ginjal bisa disembuhkan dengan air kelapa hijau.

Saat diare yang membuat tubuh kekurangan cairan akan digantikan dengan cairan dari kelapa hijau. Kandungan seperti asam amino, mineral, asam lemak, dan enzim membuat air kelapa punya osmolaritas tinggi.

2. Mencegah Diabetes

Ketika seseorang mengidap diabetes maka seringkali membuat dirinya mudah khawatir dan mencari obatnya. Banyak penelitian menyebutkan bahwa air kelapa hijau dapat membantu pencegahan diabetes.

Kandungan magnesium dalam air kelapa dapat membuat sensitivitas insulin meningkat hingga kadar gula darah akan lebih bisa dikontrol.

Rasa manis alami juga membantu menurunkan risiko dari seseorang terkena diabetes adalah manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh.

3. Menetralisir Racun

Seringkali Anda mengabaikan racun yang bisa masuk ke dalam tubuh untuk kemudian menyebabkan rasa sakit. Racun tersebut bisa berasal dari makanan apa saja yang Anda konsumsi tanpa Anda sadari.

Jangan khawatir, karena ketika racun masuk dalam tubuh Anda bisa menetralisir racun dengan lebih mudah karena adanya kandungan zat antiracun, berbagai elektrolit, serta antioksidan yang efektif untuk tubuh Anda.

Jika Anda orang yang sering menambah energi dalam tubuh dengan minuman berenergi setelah berolahraga, maka sudah saatnya mencoba manfaat air kelapa hijau sebagai obat tradisional untuk segala penyakit ini.

4. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan merupakan salah satu hal yang sulit dikendalikan oleh semua orang baik pria dan Wanita. Apalagi jika lingkungan sekitar tidak mendukung hal tersebut seperti polusi, sinaran matahari hingga mengonsumsi makanan secara sembarangan.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Maka dari itu, Anda bisa mencoba menggunakan air kelapa hijau sebagai solusi dari masalah satu ini. Kandungan sitokinin yang menjadi pengatur pertumbuhan, perkembangan serta penuaan sel dapat ditemukan dalam air kelapa hijau.

Khasiat Ramuan Air Kelapa Hijau Muda

Mengenal berbagai khasiat dari air kelapa hijau kini membuka mata banyak orang untuk semakin giat mengonsumsinya.

Saat ini juga banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat air kelapa hijau semakin bermanfaat dengan menambahkan tambahan ramuannya.

Salah satunya adalah dengan mencampurkan air kelapa hijau muda dengan madu yang memiliki rasa manis alami. Tentu madu yang memiliki fungsi khusus akan menambah kekuatan dari manfaat ketika keduanya dicampurkan sesuai takaran tertentu.

Ada juga yang membuat manfaat air kelapa hijau dengan mencampurkannya bersama garam dan jeruk nipis. Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai mengolah berbagai bahan alami untuk jadi obat herbal mencegah penyebarannya.

Oleh karena itu, ramuan seperti ini dapat berfungsi untuk menghambat virus covid-19 masuk ke dalam tubuh. Meskipun secara jelasnya belum ada penelitian lebih jauh mengenai hal tersebut, akan tetapi sudah banyak orang yang mencoba untuk mengonsumsinya.

Dalam hal ini, minum air kelapa hijau sendiri sudah memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari namun juga tidak boleh terlalu kebanyakan karena dapat menimbulkan kekenyangan yang berlebihan.

Selain itu, semua obat baik yang alami atau tidak harus dikonsumsi sesuai takaran yang pas dan tidak boleh berlebihan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan lainnya dari manfaat air kelapa hijau tersebut.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts