Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan yang Jarang Diketahui

thumbnail manfaat bawang putih - manfaat bawang putih untuk kecantikan

Tahukah Anda manfaat bawang putih untuk kecantikan sangat banyak dan beragam? Sayangnya hanya sedikit wanita yang mengetahui khasiat dari bumbu dapur tersebut dalam hal kecantikan.

Selama ini bawang berwarna putih tersebut hanya dikenal masyarakat luas sebagai bumbu dapur. Apalagi perannya sebagai bumbu masakan tidak lepas dari bawang merah dan bahan lainnya.

Kendati demikian bumbu masakan tersebut selalu ada di dapur setiap rumah. Karena sifatnya yang wajib digunakan dalam setiap masakan rupanya kebanyakan orang hanya meletakkannya di dapur.

Agar manfaatnya semakin lengkap dan maksimal tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya dalam hal kecantikan. Yuk, melihat berbagai macam manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan bawang putih tersebut.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Wajah

Wajah merupakan aset berharga bagi setiap orang termasuk para wanita yang ingin terlihat cantik maksimal di depan pasangan. Banyak cara dilakukan agar mendapatkan wajah yang halus dan cerah.

Baca Juga : Yuk Kenali, Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Setiap orang biasanya mempunyai cara masing-masing dalam merawat kecantikan kulit wajah. Mulai dari menggunakan krim wajah khusus sampai memanfaatkan cara-cara alami yang murah dan aman.

Bawang putih rupanya efektif dimanfaatkan untuk memaksimalkan kecantikan wajah Anda. Bumbu dapur yang juga dikenal dengan sebutan garlic tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatasi sejumlah masalah pada wajah.

Bawang putih mempunyai kandungan antibiotik yang bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah wanita. Manfaat bawang putih untuk kecantikan wajah salah satunya yaitu menghilangkan jerawat pada kulit.

Jerawat umumnya mengganggu penampilan wanita karena bentuknya yang kurang enak dipandang. Tidak hanya itu jerawat juga dapat menyebabkan bekas bopeng di kulit wajah cantik Anda.

Perawatan yang salah dalam menghilangkan jerawat justru membuat kulit wajah menjadi tidak mulus kembali. Karena itu Anda bisa memanfaatkan garlic untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Untuk menghilangkan penyebab jerawat Anda dapat memotong beberapa siung bawang putih. Kemudian haluskan dengan cara ditumbuk sampai teksturnya berubah seperti pasta yang siap dioleskan ke wajah.

Agar manfaat bawang putih untuk kecantikan tersebut maksimal sebaiknya segera oleskan ke kulit wajah yang ditumbuhi jerawat. Setelah 5 menit angkat pasta dari kulit wajah dan cuci bersih.

Manfaat selanjutnya adalah mengecilkan pori-pori wajah yang terlihat besar dan mengganggu penampilan Anda. Pori-pori wajah yang besar menyulitkan sebagian orang pada saat menggunakan makeup lengkap.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Rambut

Selain bermanfaat mempercantik kulit wajah rupanya garlic juga bermanfaat dalam urusan rambut. Hal tersebut karena garlic mempunyai kandungan selenium yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah.

Rambut merupakan salah satu bagian dari kecantikan seorang wanita. Bahkan dalam ajang kecantikan rambut juga ikut diperhitungkan karena perannya penting dalam mempercantik diri seorang wanita.

Seiring waktu ada berbagai permasalahan pada rambut wanita yang mengurangi rasa percaya diri. Seperti rambut rontok, bercabang, kusam, susah diatur dan mudah lembek ketika terkena sinar matahari.

Namun jangan khawatir karena manfaat bawang putih untuk kecantikan rambut bisa Anda dapatkan dengan mudah. Garlic efektif membantu meningkatkan pertumbuhan rambut jika dimanfaatkan dengan benar.

Penelitian yang dilakukan oleh Ilmuwan pada tahun 2007 silam membuktikan bahwa bawang putih mempunyai khasiat dalam menyuburkan rambut. Penelitian tentang efek bawang putih pada rambut rontok tersebut membuahkan hasil.

Para peneliti pada akhirnya menemukan efek positif pada bawang putih yang berperan dalam menyuburkan rambut. Kandungan selenium pada bawang putih konon membantu peredaran darah menjadi lebih lancar.

Nutrisi yang masuk ke dalam otak dan rambut semakin lancar berkat aliran darah normal. Selain itu nutrisi yang Anda berikan lewat vitamin rambut dan makanan ikut terserap secara maksimal.

Manfaat bawang putih untuk kecantikan rambut juga masih berkaitan dengan folikel. Jika peredaran darah lancar akan memengaruhi jalannya pembersihan folikel yang ada di rambut Anda.

Bagaimana caranya mendapatkan khasiat garlic secara maksimal untuk mempercantik rambut  Anda? Caranya haluskan beberapa siung bawang putih dan balurkan ke rambut beberapa menit sebelum akhirnya dibersihkan.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Kulit

Satu lagi manfaat bumbu dapur yang dikenal dengan nama latin allium sativum. Khasiatnya salah satunya untuk mempercantik kulit Anda sehingga menjadi lebih halus dan terawat.

Kulit yang halus tidak didapat dalam sekejab mata saja oleh semua orang. Melainkan kulit perlu dijaga dan dirawat agar tetap elastis dan sehat sepanjang hari.

Kulit yang kurang terawat biasanya akan memengaruhi kesehatan pemiliknya. Selain itu orang yang dalam kondisi kurang sehat biasanya mempunyai kulit cenderung kusut dan tidak berseri.

Tapi sudahkah Anda memaksimalkan manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit? Agar bawang putih di dapur rumah bermanfaat tidak ada salanya Anda mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Persiapkan Bahan untuk Racikan Wajah

Langkah pertama adalah menyiapkan bahan racikan yang nantinya dibalurkan ke kulit. Bahan-bahannya seperti bawang putih, gandum, tea tree oil, air perasan jeruk lemon dan madu.

Semua bahan-bahan tersebut mudah ditemukan di dapur karena biasanya digunakan untuk masakan. Selain itu bahan di atas tidak menimbulkan efek samping jika dioleskan ke kulit.

2. Membuat Racikan Masker Kulit Wajah

Langkah kedua yaitu menerapkan perawatan kulit menggunakan bahan-bahan yang sudah disiapkan. Manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit akan maksimal jika Anda memerhatikan tahap kedua ini.

Haluskan dua siung bawang putih sehingga teksturnya menyerupai pasta atau masker wajah. Setelah itu campurkan bawang putih dengan gandum, dua tetes tea tree oil, perasan lemon dan madu.

3. Mengoleskan Masker Bawang Putih ke Wajah

Tahap ketiga yaitu mengoleskan semua bahan yang telah dicampur menjadi satu ke kulit wajah. Tunggu beberapa menit agar kandungan terserap kulit dan bersihkan menggunakan air bersih.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Kulit Perut

 

Selanjutnya garlic ternyata efektif untuk menghilangkan stretchmark yang biasanya mengganggu penampilan wanita. Hal tersebut lantaran di dalam bawang putih terdapat kandungan cairan yang berkhasiat untuk mengurangi stretchmark.

Stretchmark merupakan garis-garis belang yang muncul akibat retakan kulit. Garis-garis tersebut umumnya muncul di bagian perut dan sekitar paha wanita setelah proses lahiran buah hati.

Garis belang terbentuk lantaran kulit bagian perut melebar pada saat seorang wanita hamil. Setelah proses melahirkan kulit akan menjadi kendor dan muncul stretchmark di beberapa bagian tubuh.

Manfaat bawang putih untuk kecantikan kulit perut bisa Anda dapatkan dengan beberapa langkah mudah. Untuk cara yang satu ini Anda juga memerlukan bahan tambahan dari dapur rumah.

Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah beberapa siung bawang putih, air kelapa atau minyak zaitun. Anda dapat memilih salah satu di antara minyak zaitun dan air kelapa saat membuat ramuan tersebut.

Selain itu jika dirasa sulit menumbuk bawang putih Anda bisa memanfaatkan sarinya yang bisa dibeli di toko atau pasar. Kemudian campurkan sari bawang putih dengan minyak zaitun.

Agar manfaat dari bumbu dapur tersebut cepat membuahkan hasil sebaiknya oleskan ramuan ke stretchmark. Lakukan rutinitas tersebut sambil memijat bagian kulit yang ada stretchmarknya.

Tunggu hingga beberapa menit agar kandungan racikan bawang putih dan minyak zaitun dapat meresap ke kulit. Perawatan untuk menghilangkan garis stretchmark ini sebaiknya dilakukan secara rutin.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Perawatan sebaiknya dilakukan setiap dua hari sekali agar kulit perut dengan garis stretchmark memudar. Hasil biasanya dapat dilihat setelah perawatan berlangsung selama minimal enam minggu.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan Kuku

Terakhir yaitu khasiat dari garlis untuk mempercantik kuku para wanita. Siapa sangka bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk membuat masakan ternyata dapat dimanfaatkan untuk memperkuat kuku.

Bawang putih mengandung kandungan yang dapat memperkuat kuku. Salah satunya adalah kandungan mineral pada bawang putih efektif dalam menguatkan jaringan kuku tangan maupun kaki.

Permasalahan kuku seringkali dialami banyak orang terutama bagi kalangan wanita yang ingin tampil cantik di depan umum. Untuk mendapatkan kuku yang kuat sebaiknya lakukan perawatan menggunakan bawang putih.

Caranya ialah dengan menggosok bawang putih yang masih segar pada bagian kuku. Kemudian tunggu hingga kering dan bersihkan kuku menggunakan air hangat pada tahapan akhir.

Beragam keuntungan menggunakan garlic tersebut lebih maksimal jika Anda konsisten melakukannya. Sehingga manfaat bawang putih untuk kecantikan di atas bisa didapat dalam waktu dekat.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts