Manfaat Jalan Kaki yang Penting Kalian Ketahui

Manfaat Jalan Kaki yang Penting Kalian Ketahui
Manfaat Jalan Kaki yang Penting Kalian Ketahui

Manfaat jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga termudah dan paling mudah diakses. Baik berjalan-jalan santai di taman atau berjalan-jalan di kota, berjalan kaki memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa yang Simpel

Tidak hanya berjalan bagus untuk kesehatan jantung, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu manajemen berat badan, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. 

Dalam tulisan ini, kita akan mengeksplorasi banyak manfaat berjalan dari ujung kepala sampai ujung kaki, dan memberikan tips tentang cara memasukkan berjalan ke dalam rutinitas harian. Agar terasa bagaimana manfaat dari jalan kaki.

5 Manfaat Jalan Kaki bagi Diri Sendiri

5 Manfaat Jalan Kaki bagi Diri Sendiri
5 Manfaat Jalan Kaki bagi Diri Sendiri

Berjalan adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang paling sederhana dan paling mudah diakses, tetapi banyak orang mungkin tidak tahu seberapa banyak, seberapa sering. Dan seberapa cepat mereka harus berjalan untuk menuai manfaat kesehatannya. 

Menurut American Heart Association, orang dewasa harus menargetkan setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang atau 75 menit. Aktivitas intensitas kuat per minggu untuk menjaga kesehatan jantung mereka. Itu rusak menjadi sekitar 30 menit berjalan per hari, lima hari seminggu.

Namun, dimulai dengan berjalan lebih pendek dan secara bertahap meningkatkan durasi dan intensitas dari waktu ke waktu. Dapat membantu mencegah cedera dan membuatnya lebih mudah dikelola agar sesuai dengan rutinitas harian. 

Pemula dapat memulai dengan berjalan kaki 10 menit dan secara bertahap menambahkan dua hingga tiga menit setiap minggu sampai mereka mencapai durasi yang diinginkan. Dalam hal kecepatan, jalan cepat direkomendasikan untuk manfaat kesehatan yang maksimal. 

Ini berarti berjalan dengan kecepatan yang meningkatkan detak jantung kalian dan membuatnya sedikit sulit untuk mengadakan percakapan. Cara yang baik untuk mengukur ini adalah dengan menggunakan “tes bicara”. 

Jika kalian dapat berbicara dengan nyaman, tetapi tidak bernyanyi, kalian berjalan dengan kecepatan yang tepat. Secara keseluruhan, berjalan kaki adalah cara yang berdampak rendah dan menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental. 

Dengan memahami dasar-dasar seberapa banyak, seberapa sering, dan seberapa cepat berjalan, kalian dapat memanfaatkan bentuk latihan sederhana setelah mengetahui manfaat jalan kaki. Berikut penjelasannya:

Kesehatan Fisik

berjalan kaki adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang paling mudah dan paling mudah diakses. Ini berdampak rendah, tidak memerlukan peralatan khusus, dan dapat dilakukan hampir di mana saja kapan saja. 

Manfaat jalan kaki pada kesehatan fisik dari berjalan sangat banyak dan dapat berdampak positif pada kesejahteraan kalian secara keseluruhan. Pertama dan terpenting, berjalan sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Ini membuat jantung memompa dan meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Berjalan juga membantu memperkuat otot, terutama di kaki, pinggul, dan inti, yang dapat meningkatkan keseimbangan dan stabilitas.

Selain manfaat jalan kaki berdampak pada kardiovaskular dan otot, berjalan juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Ini sangat penting seiring bertambahnya usia, karena kepadatan tulang secara alami menurun seiring waktu. 

Berjalan adalah aktivitas menahan beban, yang berarti memberi tekanan pada tulang dan mendorong mereka untuk tumbuh lebih kuat. Ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan kondisi terkait tulang lainnya.

Berjalan juga memiliki manfaat kesehatan mental. Ini adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan. 

Berjalan melepaskan endorfin, yang merupakan bahan kimia yang dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan. Ini juga bisa menjadi kegiatan meditasi, memungkinkan kalian untuk menjernihkan pikiran dan fokus pada saat ini.

Kesehatan Mental

Manfaat jalan kaki tidak hanya baik untuk kesehatan fisik kalian, tetapi juga dapat memiliki banyak manfaat kesehatan mental. Berjalan dikenal untuk melepaskan endorfin, yaitu hormon perasaan baik alami yang dapat membantu meningkatkan suasana hati. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan bisa sama efektifnya dengan pengobatan untuk mengobati depresi ringan hingga sedang. Berjalan juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

Ketika berjalan, kalian bisa menjernihkan pikiran dan fokus pada saat ini, yang bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi tingkat stres. Berjalan di alam bisa sangat efektif dalam mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

Karena berada di alam telah terbukti memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Ini bagian kecil dari manfaat jalan kaki. Selain itu, berjalan dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kreativitas kalian. 

Berjalan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Berjalan juga dapat membantu meningkatkan kreativitas, karena memberikan perubahan pemandangan dan dapat membantu merangsang ide-ide baru.

Secara keseluruhan, manfaat jalan kaki pada kesehatan mental dari berjalan sangat banyak, dan ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan suasana hati. Mengurangi tingkat stres dan kecemasan, dan meningkatkan fungsi kognitif dan kreativitas. 

Manfaat Sosial

Berjalan kaki tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik kalian, tetapi juga dapat memiliki manfaat sosial yang signifikan. Salah satu hal terbaik tentang berjalan adalah aktivitas yang mudah dilakukan dengan orang lain. 

Berjalan dengan teman, keluarga, atau bahkan hewan peliharaan dapat membantu kalian membangun hubungan yang lebih kuat dan menciptakan kenangan positif. 

Ini merupakan langkah kecil dari manfaat jalan kaki. Berjalan kaki juga dapat memberikan kesempatan untuk bertemu orang baru dan mendapatkan teman baru. 

Bergabung dengan kelompok berjalan atau klub adalah cara yang bagus untuk bersosialisasi sambil juga berolahraga. Berjalan dengan orang lain dapat memotivasi dan membantu kalian tetap di jalur dengan tujuan kebugaran.

Berjalan juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati, yang dapat berdampak positif pada interaksi sosial. Ketika merasa baik, lebih mungkin untuk terlibat dengan orang lain dengan cara yang positif.

Selain itu, berjalan di alam dapat memberikan manfaat sosial yang lebih besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat meningkatkan mood dan fungsi kognitif, serta mengurangi stres dan kecemasan. 

Berjalan di taman atau cagar alam bisa menjadi cara yang bagus untuk bertemu individu yang berpikiran sama dengan cinta bersama untuk alam bebas.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Aktivitas fisik secara teratur, termasuk berjalan, telah terbukti meningkatkan kualitas tidur. Penelitian telah menemukan bahwa orang yang berjalan secara teratur cenderung tertidur lebih cepat, tidur lebih lama, dan bangun merasa lebih segar daripada mereka yang tidak.

Salah satu manfaat jalan kaki dapat meningkatkan kualitas tidur adalah membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, yang keduanya dapat mengganggu tidur. 

Ketika berjalan, tubuh melepaskan endorfin, yang merupakan penguat suasana hati alami yang dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. 

Selain itu, berjalan dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh, yang merupakan jam internal tubuh kalian yang mengatur siklus tidur dan bangun.

Berjalan juga membantu melelahkan tubuh, membuatnya lebih mudah tertidur di malam hari. Ketika berjalan, tubuh kalian menggunakan energi dan membakar kalori, yang dapat membantu merasa lebih lelah dan siap untuk tidur di penghujung hari.

Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki maksimal dari berjalan untuk tidur yang lebih baik, disarankan untuk berjalan setidaknya 30 menit per hari, lebih disukai di pagi atau sore hari. Berjalan terlalu dekat dengan waktu tidur sebenarnya dapat memiliki efek sebaliknya dan membuat lebih sulit untuk tertidur.

Berjalan Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan 

Berjalan adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Ini adalah aktivitas berdampak rendah yang mudah pada persendian kalian, tetapi dapat membakar sejumlah besar kalori. 

Manfaat jalan kaki dapat membakar saat berjalan tergantung pada berat badan dan intensitas berjalan. Umumnya, semakin cepat kalian berjalan, semakin banyak kalori yang akan bakar. 

Misalnya, orang dengan berat 150 pon akan membakar sekitar 100 kalori per mil berjalan dengan kecepatan sedang 3 mil per jam. Jika orang yang sama meningkatkan kecepatannya menjadi 4 mil per jam, mereka akan membakar sekitar 130 kalori per mil.

Selain itu, berjalan dapat membantu membangun massa otot, yang pada gilirannya membantu membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Ini juga dapat meningkatkan metabolisme, membuat tubuh lebih efisien dalam membakar kalori. 

Berjalan juga dapat mengurangi nafsu makan dengan mengatur hormon yang mengendalikan rasa lapar, dan itu dapat meningkatkan suasana hati kalian, mengurangi stres dan depresi. Untuk melihat manfaat penurunan berat badan dari berjalan, penting untuk menjadikannya bagian rutin dari rutinitas. 

Bertujuan untuk setidaknya 30 menit berjalan per hari, lima hari seminggu. Kalian dapat meningkatkan waktu dan intensitas berjalan secara bertahap seiring waktu saat kebugaran meningkat. 

Baca juga: Tips Konsisten Olahraga Meskipun Sedang Masa Pandemi

Berjalan dengan pasangan atau bergabung dengan kelompok berjalan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap termotivasi dan membuat jalan-jalan lebih menyenangkan dan semakin merasakan manfaat jalan kaki.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts