Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk Hingga Cegah Kanker

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk

Tanaman kencur bisa mengobati batuk bahkan juga digunakan sebagai pencegah kanker. Kencur mampu menekan batuk karena memiliki sifat antitusif. Caranya yaitu dengan menurunkan aktivitas pusat batuk di bagian otak.

Baca Juga : Serba-serbi Jamu Tradisional agar Tubuh Tetap Sehat!

Menurut penelitian, tanaman ini dapat memicu dahak untuk keluar dari saluran pernapasan karena sifatnya ekspektoran. Jadi, mengobati batuk tidak harus dengan bahan kimia. Anda dapat menggunakan tanaman ini untuk mengatasinya.

Mengingat bahan kimia juga tidak baik jika dikonsumsi dalam jangka panjang untuk tubuh. Bahkan ada beberapa orang yang alergi terhadap bahan kimia tertentu, sehingga harus mencari alternatif lain untuk mengatasinya, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi obat alami.

Selain digunakan sebagai bahan rempah-rempah makanan, tanaman ini dapat meredakan batuk. Banyak kandungan zat dan senyawa kimia bermanfaat yang ada di dalamnya. Diantaranya seperti mineral, alkaloid, asam sinamat, sineol, pati, borneol, asam metal kanil dan lain-lain.

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk Secara Alami

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk

Salah satu jenis rempah yang sudah lama digunakan sebagai pengobatan herbal adalah kencur. Kencur bisa mengobati batuk secara alami. Jadi, tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja, tanaman ini berkhasiat untuk kesehatan.

Tanaman ini dapat menghambat infeksi berbagai jenis jamur dan bakteri karena mempunyai sifat anti mikroba. Salah satunya adalah bakteri penyebab pneumonia. Kandungan propolis yang ada di dalam tanaman ini dapat menghadang kuman atau patogen penyebab penyakit.

Kandungan propolis ini akan membuat patogen yang menginfeksi bagian saluran pernapasan menjadi sulit untuk berkembang, sehingga peradangan bisa reda. Infeksi flu, iritasi tenggorokan dan penyakit pernapasan lainnya yang menimbulkan peradangan dapat menyebabkan batuk.

Jadi, secara otomatis kencur dapat mengatasi batuk karena pasalnya penyakit ini timbul saat adanya gangguan di saluran pernapasan. Sebenarnya tanaman ini tidak hanya bermanfaat untuk mengobati batuk saja.

Manfaat Kencur Selain Bisa Mengobati Batuk, Salah Satunya Cegah Kanker

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk

Salah satu manfaat kencur bisa mengobati batuk. Namun, masih banyak manfaat lainnya dari tanaman herbal keluarga satu ini untuk tubuh, salah satunya mencegah kanker. Beberapa manfaat lainnya dari tanaman herbal ini antara lain:

  • Mencegah Kanker

Kencur memiliki kandungan etil p-metoksisinamat. Zat anti kanker ini dapat menghambat proliferasi dari sel karsinoma hati hepatoseluler. Efek menenangkan bisa didapatkan dari kandungan etil p-metoksi sinamat ini serta etil cinnamate.

  • Kencing Batu

Selain mengatasi batuk, tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang dapat mengobati penyakit kencing batu. Caranya yaitu dengan meminum campuran saringan parutan kencur, air hangat dan sedikit garam secara rutin sehari sekali.

  • Asam Lambung dan Diare

Kencur merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat anti bakteri dan anti radang. Kandungan zat sitotoksiknya yang tinggi membuat tanaman ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan seperti asam lambung dan diare.

Jadi, selain kencur bisa mengobati batuk juga dapat Anda gunakan sebagai obat berbagai gangguan pencernaan. Anda dapat menggunakannya sebagai bahan alami untuk mencegah inflamasi pada lambung.

  • Meringankan Sariawan dan Melegakan Tenggorokan

Manfaat berikutnya dari tanaman herbal ini adalah meringankan sariawan dan melegakan tenggorokan. Sifat anti bakteri dan rasa hangat yang ditimbulkan dari penggunaan tanaman ini dapat meringankan sariawan.

Sedangkan kandungan minyak atsirinya seperti sineol, borneol, kamfer dan etil alkohol dapat melegakan tenggorokan, membantu menghangatkan badan serta menghilangkan lendir penyumbat hidung.

  • Flu dan Masuk Angin

Flu dan masuk angin bisa diobati menggunakan kencur yang sudah diolah menjadi inhaler. Caranya yaitu dengan menumbuknya bersama daun kemukus dan sedikit air hangat, lalu bungkus menggunakan kain. Kemudian oleskan ramuan ini di sekitar hidung. 

  • Mengatasi Muntah

Manfaat lainnya dari tanaman ini yaitu mampu mengatasi muntah-muntah. Caranya yaitu dengan mengambil 1,5 jari kencur segar yang sudah dicuci bersih, lalu mengunyahnya bersama garam sedikit dan menelannya. Lakukan sebanyak dua kali sehari.

  • Penurun Kolesterol

Menurut penelitian, khasiat lainnya dari tanaman ini adalah menurunkan kolesterol karena memiliki kandungan etanol. Hal ini sudah dibuktikan pada hewan, namun masih memerlukan penelitian lebih lanjut jika digunakan pada manusia. 

  • Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi Anda yang memiliki masalah terkait nafsu makan, gunakan tanaman ini sebagai peningkatnya. Sifat karminatif dalam tanaman ini akan membuat nafsu makan meningkat. Anda dapat mengolahnya menjadi jamu atau menjadikannya bahan tambahan masakan.

  • Mengatasi Infeksi Jamur

Selain kencur bisa mengobati batuk juga dapat mengatasi infeksi jamur. Pertumbuhan jamur Candida Albicans dapat dihambat menggunakan tanaman ini. Pada umumnya jamur ini hidup di dalam organ tubuh seperti mulut, saluran pencernaan dan vagina.

  • Penyakit Akibat Bakteri

Beberapa penyakit akibat bakteri dapat dibasmi menggunakan tanaman herbal ini yang memiliki kandungan methanol. Mengkonsumsinya secara rutin dapat mengatasi penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri.

Diantaranya seperti bakteri penyebab infeksi pada kornea mata Amoebic Keratitis, penyerang sistem saraf pusat Granulomatous Amoebic Encephalitis dan cacing parasit yang menyebabkan timbulnya penyakit toksokariasis.

Kencur Bisa Mengobati Batuk dengan Beberapa Cara Berikut

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk

Ada beberapa cara agar kencur bisa mengobati batuk. Bisa dengan mengkonsumsinya secara langsung atau melalui olahan bersama bahan lainnya. Beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Mengunyahnya

Untuk meredakan batuk, Anda dapat langsung mengunyah kencur sebanyak 2-3 siung. Namun, pastikan untuk membersihkan dan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kunyah hingga halus tapi tidak perlu ditelan.

Sensasi hangat ketika mengunyah inilah yang akan membuat kencur bisa mengobati batuk karena dapat melegakan tenggorokan. Setelah selesai mengunyah, Anda bisa membuangnya.

2. Meminum Air Perasannya

Jika Anda tidak menyukai penggunaan kencur dengan cara mengunyahnya secara langsung, maka olah terlebih dahulu. Apalagi tidak semua orang mampu bertahan dengan rasanya yang cenderung menyengat.

Anda bisa meminum air perasannya untuk mendapatkan manfaatnya. Caranya sangat mudah yaitu tumbuk kencur sebanyak 3-5 siung hingga halus, kemudian tambahkan air hangat. Pisahkan dengan air melalui proses penyaringan.

Untuk mengurangi batuk berkepanjangan, Anda bisa meminum air perasan tersebut. Menambahkan larutan teh sari herbal bisa juga dilakukan jika rasanya masih terlalu menyengat.

3. Mencampurkan dengan Madu dan Jahe

Cara berikutnya yaitu dengan mencampurkan kencur bersama bahan alami lainnya seperti madu dan jahe. Cara untuk membuatnya sangat mudah. Haluskan tanaman herbal ini bersama jahe beberapa siung, lalu larutkan di dalam air hangat.

Kemudian pisahkan sari perasan dengan cara menyaringnya. Anda juga bisa merebus keduanya secara bersamaan di dalam air hingga mendidih untuk mendapatkan sari perasan. Setelah itu, campurkan sari perasan dengan madu.

Aduk sari perasan tersebut bersama madu hingga merata dan Anda bisa meminumnya. Batuk kering dapat ditekan dengan cara mengkonsumsi olahan minuman ini. Bahkan juga bisa mengurangi batuk berdahak karena lendir yang menggumpal dilarutkan.

Sebenarnya masih banyak olahan atau ramuan lainnya. Anda bisa mencampurkan hasil perasan kencur dengan air dan garam hangat supaya rasanya tidak terlalu pekat. Meminum hasil olahan ini dua kali sehari yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur supaya batuk berdahak.

Jenis olahan atau ramuan seperti apa yang diinginkan menyesuaikan dengan selera Anda. Karena semua cara memiliki tujuan sama yaitu untuk meredakan dan mengobati batuk. Namun pastikan dalam pengolahannya bersih supaya tidak menimbulkan penyakit lainnya.

Efek Samping Kencur yang Bisa Mengobati Batuk Secara Alami

Manfaat Kencur Bisa Mengobati Batuk

Meskipun kencur bisa mengobati batuk dan banyak manfaat lainnya, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Hal yang penting untuk dipahami adalah belum ada penelitian lebih lanjut mengenai berapa dosis tepat penggunaannya.

Efektifitas dosis tanaman ini mengobati batuk secara pasti masih dibutuhkan penelitian lagi dalam skala lebih besar. Dampak jangka panjang mengkonsumsinya secara berlebihan juga belum dipastikan secara lebih lengkap oleh para ahli.

Namun, risiko yang ditimbulkan mengarah ke beberapa efek samping seperti nyeri pada bagian perut, diare dan buang air kecil secara terus-menerus. Penelitian pada hewan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

Jadi, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya dengan jumlah yang banyak apalagi dalam satu waktu, baik itu dalam bentuk masih mentah maupun sudah diolah. Konsumsi secukupnya agar tetap mendapatkan khasiat yang terkandung didalamnya.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi kencur, selain mengobati batuk juga mencegah kanker. Berbagai macam cara mengkonsumsi juga dapat dijadikan alternatif pilihan, menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Baca Juga : Teh Menjadi Minuman Favorit yang Baik untuk Kesehatan

Meskipun bermanfaat, Anda harus tetap mengkonsumsinya secukupnya. Jangan berlebihan agar kencur bisa mengobati batuk secara efektif, bukan malah menimbulkan penyakit lainnya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts