Jenis dan Manfaat Menanam Bunga Melati di Depan Rumah

 

Bunga melati sering kali dikaitkan dalam hal mistis, namun ada banyak manfaat menanam bunga melati di depan rumah yang belum banyak diketahui. Melati merupakan jenis tanaman perdu yang berbatang tegak dan hidup selama bertahun serta termasuk dalam genus dan juga tanaman merambat dari keluarga besar zaitun. 

Melati atau yang biasa disebut sebagai jasmine dalam Bahasa Inggris ini mempunyai makna atau arti yang melambangkan kesucian. Bunga ini juga dilambangkan sebagai bentuk keagungan,  ketulusan dan juga kesederhanaan. Melati mengeluarkan aroma harumnya pada saat matahari terbenam, atau malam hari. 

Ciri Khas Melati di Indonesia 

Melati memiliki ciri khas kelopak yang cantik dengan aroma yang sangat harum serta khas, pada batangnya berbentuk bulat dengan tinggi 0,3 sampai dengan 3 meter dan berwarna coklat. Bunga ini tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis dan dapat tumbuh mekar sepanjang tahun. Bunga ini biasanya dijadikan sebagai hiasan pada mempelai pengantin saat pernikahan. 

Pada bunga melati terdapat karakteristik yang termasuk ke dalam jenis bunga majemuk yang biasa tumbuh di bagian ketiak daun dan memiliki tiga bunga dalam satu tangkai. Umumnya pada setiap bunga  memiliki 4-9 kelopak, 2 lokulus, 4 ovula serta benang sari yang berjumlah 2 dan mengacungkan filamen pendek.

Ukuran bunga itu sendiri berkisar 2,5 cm dengan warna putih sebagai ciri khasnya, dan terdapat mahkota bunga yang mengerut menyerupai bentuk seperti terompet. Pada bagian daunnya tumbuh dengan ukuran 5 mm dan letaknya yang saling berhadapan dengan bentuk seperti bulat telur yang terdiri dari dua lembar atau lebih. Keindahannya memberikan manfaat menanam bunga melati di depan rumah.

(Baca Juga: Jenis-Jenis Jahe Beserta Harganya Yang Tersedia Di Pasaran, Yuk Simak)

Jenis-Jenis Bunga Melati / Jasmine

Aroma bunga melati yang harum banyak digunakan sebagai bahan campuran yang biasa digunakan pada produk minyak wangi. Pengharum ruangan, kosmetik, teh, kosmetik dan sebagainya, pada minuman biasanya seperti teh melati. Walaupun begitu, ada bunga melati yang tidak memiliki aroma wangi, berikut ini adalah beberapa jenis melati. 

1. Melati Arum Dalu 

manfaat menanam bunga melati di depan rumah - Melati Arumdalu

Arum dalu atau biasa disebut sebagai night blooming jasmine termasuk dalam solanaceae dan berasal dari benua Amerika. Bunga ini terlihat sederhana dengan bentuknya yang lonjong dan bunganya yang memiliki warna putih kehijauan. Arum dalu ini dapat tumbuh subur walaupun di tanah kering serta di bawah sinar matahari yang kuat. 

Aromanya juga terbilang sangat kuat terutama pada saat malam hari tiba, aromanya terkesan lebih menyengat. Bahkan beberapa orang mungkin ada yang alergi cukup parah terhadap aroma bunga ini perawatannya pun sangat mudah, namun Anda perlu memberikan perhatian khusus jika merawatnya di daerah yang memiliki iklim cuaca dingin untuk mendapatkan manfaat menanam bunga melati di depan rumah dengan baik.

 

2.  Melati Primrose 

manfaat menanam bunga melati di depan rumah  - Melati Primrose

Primrose memiliki sifat yang semi ganda dengan bentuknya yang menyerupai corong berwarna kekuningan. Batang tanaman ini berbentuk melengkung yang seperti air mancur dan membentuk persegi, bunga ini sangat rentan terhadap dingin. Jika dalam keadaan iklim dingin yang bunga ini mungkin bisa bertahan dalam waktu sebentar, namun tidak untuk jangka panjang. 

3. Melati Jepang

manfaat menanam bunga melati di depan rumah - Melati Jepang 

Melati jepang memang sangat indah dipandang dengan warna bunganya yang memiliki perpaduan antara putih dan ungu. Kelopaknya yang berwarna putih terdapat bintik-bintik ungu pada bagian tengah bunga tersebut, sehingga menambah keunikan yang berbeda. Tanaman hias jenis  ini juga termasuk dalam golongan tanaman semak. 

4.  Melati Kacapiring Frostproof 

manfaat menanam bunga melati di depan rumah - 0.	Melati Kacapiring Frostproof 

Bunga ini memiliki sifat yang kuat karena mampu bertahan dari cuaca akhir pada saat musim semi yang beku dan sangat dingin. Bentuk tanaman ini sendiri terlihat lebih tegak simetris yang bagus dengan bentuk kelopaknya yang terlihat lebih indah. Bentuk bunganya berukuran 5 sampai 7 cm berwarna putih dan memiliki aroma yang sama kuatnya seperti melati pada umumnya. 

Aromanya memberikan ketenangan dan mampu membuat Anda merasa lebih rileks dan tidak berlebihan. Jika Anda menanamnya dalam pot maka melati kacapiring proofproof ini akan tumbuh dengan tinggi 30 hingga 35 cm. Tidak hanya itu bunga ini juga bisa tumbuh hingga 7cm jika ditanam di luar ruangan fungsinya pun tetap sama seperti manfaat menanam bunga melati di depan rumah.

5.  Melati X Stephanense

manfaat menanam bunga melati di depan rumah - Melati X Stephanense

Jenis tanaman ini berasal dari Barat Daya China, serta termasuk hibrida dengan spesies Cina seperti melati gambir dan melati merah. Warna pada bunga tersebut sedikit bercampur antara putih dan pink, dengan bunga berbentuk tabung pada bagian kayu dan berwarna pink. Perawatannya juga tidak sulit dan relatif mudah untuk ditanam di pekarangan rumah. 

 

Manfaat Tanaman Bunga Melati Di Depan Rumah

Tanaman melati ini sering dikaitkan dengan banyaknya mitos yang beredar di Indonesia, mitos tersebut sudah ada sejak dahulu. Selain mitos terdapat banyak manfaat dari bunga melati yang bisa Anda dapatkan dari menanamnya di sekitar rumah. Berikut Adalah beberapa manfaat khusus dari menanam bunga melati. 

(Baca Juga: Cara Menanam Jahe Di Halaman Rumah Dan Yang Kita Perlukan)

Sebagai Tanaman Herbal 

Tanaman ini memiliki fungsi dan khasiat yang dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional untuk beberapa penyakit seperti sesak nafas, mengobati luka, demam, mengatasi radang usus dan lainnya. Jika asma Anda dapat merebus beberapa lembar daunnya dengan air sebanyak 2-3 gelas untuk diminum airnya. 

Jika pada sakit  demam, maka pengolahannya dengan cara meremas-remas  daun serta bunganya untuk direndam menggunakan air hangat. Anda dapat mengompreskan ramuan tersebut pada orang yang sedang menderita sakit demam. Manfaat menanam bunga melati di depan rumah ini juga berguna untuk mengobati sakit mata, radang ginjal dan penyakit lainnya. 

Aromanya Memberikan Ketenangan

Aroma dari tanaman jenis melati mampu memberikan ketenangan, sehingga mampu mengurangi rasa stres dan mengembalikan suasana hati menjadi baik. Serta membuat rumah menjadi lebih wangi walaupun tidak menggunakan pewangi ruangan. Sehingga tidak heran jika melati dijadikan sebagai bahan campuran untuk industri parfum dan sebagainya. 

Sebagai Tanaman Hias yang Indah

Manfaat menanam bunga melati di depan rumah berikutnya adalah Sebagai tanaman hias yang indah. Semua jenis dari tanaman melati ini memiliki bentuk dan warna yang indah, membuatnya tampak cantik jika di tanam di depan rumah. Selain itu perawatannya juga relatif lebih mudah jika Anda menanamnya di daerah beriklim tropis. Hal ini karena melati membutuhkan perawatan lebih jika berada pada cuaca dingin atau daerah yang dingin.

Dipercaya Mampu Memberikan Keharmonisan untuk Penghuni Rumah

Bunga ini memiliki mitos yang sudah ada sejak dahulu, adapun mitos yang terdengar yaitu manfaat menanam bunga melati di depan rumah maka akan membawa keagungan, kesejahteraan dan keharmonisan. Hal ini karena tanamannya yang dipercaya dapat memberikan pengaruh untuk aura manusia, serta dipercaya memiliki daya pikat yang sangat kuat untuk orang lain. 

Bermanfaat untuk Kecantikan

Melati juga bermanfaat untuk merawat kecantikan secara alami, diantaranya yaitu dapat menyembuhkan jerawat, mengatasi penyakit kulit, dan membantu menurunkan berat badan secara alami. Tentunya manfaat tersebut bisa didapatkan dengan cara mengolah bunga tersebut sesuai dengan manfaatnya. 

Adapun olahannya seperti dijadikan lotion, teh melati, minyak esensial, dan sebagainya. Melati yang diolah dan dijadikan sebagai bahan campuran untuk lotion berfungsi untuk merawat kulit dari sinar matahari. Selain itu masih banyak lagi manfaat menanam bunga melati di depan rumah untuk kecantikan wajah agar terlihat lebih awet muda.

 

Ulasah tentang manfaat menanam bunga melati di depan rumah bisa kamu jadikan sebagai referensi jika ingin bercocok tanam. Semoga artikel tersebuut bermanfaat dan bisa kamu coba dirumah.

Selamat Membaca!

Total
10
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts