Pahami Yuk, Beragam Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh

Manfaat minyak zaitun begitu banyak jika digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Minyak zaitun memiliki berbagai kandungan yang menyehatkan digunakan untuk beberapa hal, termasuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak ini sudah tidak diragukan karena terbuat dari bahan alami. Minyak zaitun tidak hanya baik dalam menjaga berat badan, melainkan untuk menurunkan tekanan darah sehingga sering juga digunakan untuk makanan.

Minyak zaitun juga disebut dengan olive oil yang merupakan minyak alami hasil ekstraksi dari buah zaitun. Minyak zaitun juga memiliki beberapa varian yaitu extra virgin, virgin dan refined (light).

Manfaat minyak zaitun lainnya cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. Kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi membuatnya cocok digunakan untuk pemulihan wajah berjerawat.

Bahkan, banyak produk kecantikan yang memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan dasarnya. Misalkan produk pembersih wajah, sabun dan body lotion karena memang memiliki banyak manfaat baik.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

manfaat minyak zaitun - olive oil

Menggunakan minyak zaitun akan memberikan Anda berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari minyak zaitun untuk kesehatan Anda secara umum dan terbukti bermanfaat.

  • Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah mengontrol tekanan darah. Sebuah riset memberikan bukti bahwa dengan mengkonsumsi sekitar 50-60 ml atau setara dengan 4 sendok setiap harinya.
  • Manfaat kedua ialah mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung karena tidak memiliki kandungan kolesterol atau lemak jenuh. Bahkan, minyak ini baik dikonsumsi mencegah penumpukan kolesterol jahat.
  • Mengkonsumsi minyak zaitun juga mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol tinggi. Minyak zaitun juga bisa membuat kadar kolesterol baik meningkat untuk kesehatan jantung Anda.
  • Minyak ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang bisa dikonsumsi saat diolah bersama makanan. Antioksidan mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
  • Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah menjaga kesehatan otak. Dengan memanfaatkan minyak zaitun, maka bisa menjaga dan mengurangi risiko penyakit pada otak, misalkan stroke dan demensia atau pikun.
  • Bagi Anda yang sedang proses menurunkan berat badan, minyak ini cocok dikonsumsi. Minyak alami ini ampuh dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas dengan diimbangi olahraga dan asupan gizi cukup.
  • Jika Anda jarang minum air dan tidak banyak mengkonsumsi makanan berserat, maka bisa menimbulkan masalah sembelit. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, maka masalah sembelit bisa diatasi dengan lebih mudah.
  • Kesehatan mulut Anda juga bisa terjaga dengan mengkonsumsi minyak zaitun. Hal ini dikarenakan memiliki sifat anti radang, antioksidan dan antibakteri sehingga membuat gigi dan mulut menjadi bersih.¬†

Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

manfaat minyak zaitun - manfaat minyak zaitun untuk rambut

Selain untuk kesehatan secara umum, manfaat dari minyak zaitun juga baik untuk kesehatan rambut. Minyak zaitun sering dijadikan kondisioner karena dianggap dapat membuat rambut semakin bersinar, lembut dan kuat.

(Baca Juga: Kenali 16 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh)

Menjaga kelembaban rambut

Manfaat pertamanya ialah menjaga kelembaban rambut karena minyak memang berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan. Hal ini dikarenakan beberapa minyak mampu menyerap ke batang rambut.

Mengurangi rambut mengembang

Minyak zaitun bisa menyerap ke dalam rambut dapat mengurangi rambut mengembang. Ketika rambut Anda tidak mengembang, maka rambut tidak akan mudah kusut dan kulit kepala tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Membuat rambut berkilau

Bagi Anda yang memiliki rambut kusam, maka dengan menggunakan minyak zaitun bisa menambah kilau rambut secara alami. Minyak zaitun mengandung vitamin A dan antioksidan yang mampu menjaga kelembaban rambut.

Mengurangi penumpukan minyak

Menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi penumpukan minyak alami yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Dengan tidak terhambatnya pertumbuhan, maka memberikan kesempatan rambut baru untuk bertumbuh.

Mencegah ketombe

Masalah rambut yang sering terjadi adalah berketombe sehingga kulit rambut mudah mengelupas. Jika rambut selalu dalam keadaan lembab, maka kulit rambut tidak mudah kering dan mengelupas.

Meskipun Anda bukanlah orang berketombe, tetapi dengan menggunakan minyak zaitun mampu mengurangi serpihan-serpihan putih. Kelembaban ini bisa mengurangi dengan baik ketika Anda berketombe dalam jumlah banyak ataupun sedikit.

Bahan minyak ini memang memberikan manfaat baik bagi kesehatan rambut. Meskipun demikian, perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait efektivitas bahan zaitun untuk perawatan rambut secara alami.

Manfaat Minyak Zaitun Mengatasi Jerawat

manfaat minyak zaitun - manfaat minyak zaitun untuk jerawat

Manfaat minyak dari zaitun berikutnya ialah cocok untuk mengurangi masalah jerawat di wajah. Tentunya jerawat sering menjadi boomerang bagi kenyamanan dan kesehatan wajah, baik pria maupun wanita.

Manfaat pertama ialah cocok digunakan untuk membersihkan make up yang dimanfaatkan sebagai cleansing oil. Minyak zaitun cocok untuk membersihkan wajah karena tidak akan membuat kulit menjadi kering.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda bisa mengawalinya dengan menuangkan minyak zaitun ke telapak tangan. Kemudian, Anda bisa mengaplikasikan ke wajah dengan sedikit pijatan. Setelahnya bisa dibersihkan menggunakan kapas.

Sama halnya dengan rambut, maka minyak zaitun jika diaplikasikan pada wajah mampu melembabkan kulit wajah. Wajah yang kering membuat bakteri lebih cepat berkembang sehingga memicu timbulnya jerawat.

Untuk menjaga kelembaban wajah, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti krim malam. Kandungan vitamin E dan antioksidannya mampu mengatasi masalah jerawat akibat kulit kering.

Meskipun minyak zaitun baik digunakan, Anda perlu benar-benar memilih yang memiliki kandungan lengkap. Lebih disarankan menggunakan minyak zaitun murni agar terhindar dari bahan kimia yang tidak aman untuk kulit.

Sebelum menggunakannya ke wajah, Anda bisa mencoba menggunakannya pada area kulit lainnya, seperti tangan. Jika tidak adanya reaksi alergi, maka baik digunakan untuk kesehatan wajah Anda.

Jika sampai menimbulkan alergi, maka jangan lanjutkan untuk menggunakannya pada wajah. Pada intinya, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih minyak zaitun yang memang benar-benar memiliki kandungan sehat.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Memasak

manfaat minyak zaitun - memasak

Minyak zaitun juga baik digunakan pada makanan. Anda akan memperoleh banyak manfaat dari minyak zaitun jika menggunakannya untuk memasak. Tentunya akan menyehatkan makanan yang Anda buat.

Pertama, minyak zaitun mengandung antioksidan dan lemak sehat dalam takaran cukup banyak. Selain itu, minyak zaitun juga memiliki lebih dari 30 jenis senyawa fenolik yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika digunakan untuk memasak, maka minyak zaitun merupakan minyak goreng terbaik. Minyak zaitun memiliki ketahanan terhadap panas dan memiliki banyak antioksidan seperti tokoferol dan hydroxytyrosol.

Memasak menggunakan minyak zaitun juga akan membuat makanan menjadi lebih bergizi karena ketahanannya tidak rusak ketika panas. Sedangkan, minyak akan diserap makanan sehingga kandungan gizi baiknya tinggi.

Minyak zaitun juga mampu mempertahankan nutrisi makanan ketika dimasak. Bahkan hal ini didukung dengan adanya studi menunjukkan kandungan vitamin C pada brokoli tetap bertahan ketika dimasak menggunakan minyak zaitun.

Minyak zaitun yang dicampurkan pada makanan dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mampu menghambat reabsorbsi tulang dan meningkatkan pembentukan tulang dengan baik.

Bagi Anda yang mengalami rematik, maka dengan menggunakan minyak zaitun ketika memasak bisa membantu mengobatinya. Bahkan, dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi peradangan dan memperkuat genggaman tangan.

(Baca Juga: Yuk Kenali, Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan)

Memasak dengan menggunakan Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun yang pastinya Anda peroleh bisa digunakan untuk memasak. Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal tentang memasak menggunakan minyak zaitun sebelum menggunakannya.

Pertama, Anda perlu mengetahui kualitas minyak zaitun yang baik digunakan untuk memasak. Dua jenis minyak zaitun yaitu minyak zaitun murni dan extra virgin olive oil yang paling baik untuk kesehatan.

Anda juga perlu memperhatikan cara penyimpanannya agar mendapatkan manfaat minyak zaitun secara optimal. Sebaiknya minyak ini disimpan pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Jika Anda mengolah sayur dengan minyak ini, maka sangat cocok digunakan. Pasalnya, kandungan antioksidannya yang banyak membuatnya mampu meningkatkan nilai gizi dari masakan yang dibuat.

Ketika memasak menggunakan minyak zaitun, maka Anda dapat mengurangi suhu. Hal ini dikarenakan penggunaan minyak zaitun pada suhu tinggi dapat mengurangi gizi yang dimiliki oleh minyak zaitun.

Jika Anda ingin memasak dengan cara menggoreng, seperti menggoreng ayam maka tidak dianjurkan menggunakan minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya dengan menyirami ayam yang sudah matang dengan minyak zaitun.

Menggunakan minyak zaitun dalam kehidupan sehari-hari memang memberikan banyak manfaat baik untuk Anda. Mencegah kanker, baik untuk masakan, mampu menjaga berat badan dan cocok untuk rambut menjadi manfaat minyak zaitun.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts