Simak! Beberapa Alasan Harus Mengetahui Kalori Makanan Yang Anda Makan

Alasan Harus Mengetahui Kalori Makanan Yang Anda Makan

Pada masa ini, sudah ada banyak orang di kalangan masyarakat yang berbeda daerah tidak mempedulikan tentang kesehatan mereka sendiri. Hal tersebut membuat banyak orang terserang berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang tidak mementingkan kesehatan dirinya. Salah satu hal sederhananya adalah makanan. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang tidak tahu alasan harus mengetahui kalori makanan

Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Hal tersebut membuat Anda akan mengalami penyakit obesitas. Obesitas adalah peningkatan berat badan secara berlebihan. Hal ini diakibatkan Anda yang obesitas memakan maupun mengonsumsi kalori secara berlebihan. Hal yang perlu Anda ketahui agar Anda terhindar dari penyakit obesitas tersebut adalah menghitung kalori yang ada pada makanan yang Anda sukai maupun pada makanan yang ingin Anda makan. 

Namun, Anda harus tahu bahwa ada beberapa alasan harus mengetahui kalori makanan yang ingin Anda makan. Tapi, ada banyak orang yang tidak mengetahui alasan mengapa harus menghitung kalori pada makanan Anda. Berikut ini menjadi beberapa alasan yang membuat Anda harus menghitung maupun menjumlahkan kalori pada makanan yang Anda makan. 

Beberapa Alasan Harus Mengetahui Kalori Makanan Yang Anda Akan Makan

Anda harus tahu bahwa ada beberapa alasan yang mengharuskan Anda dalam menghitung jumlah kalori yang ada pada makanan Anda. Bagi Anda yang tidak mengetahui beberapa alasan yang membuat Anda harus menghitung kalori yang ada di makanan yang akan Anda nikmati. 

Maka, Anda dapat melihat artikel yang akan dibuat ini. Hal ini dikarenakan di artikel ini Anda akan mengetahui beberapa alasan harus menghitung kalori makanan. Berikut ini menjadi beberapa alasan harus mengetahui kalori makanan yang akan Anda nikmati. 

1. Membatasi makanan Anda alasan harus menghitung kalori makanan

Alasan maupun penyebab pertama yang mengharuskan Anda yang ada di kalangan masyarakat menghitung kalori adalah sebagai pembatas makanan Anda. Semua dari Anda harus tahu bahwa saat Anda melakukan proses penghitungan kalori. 

Maka, Anda akan mengetahui apa yang harus Anda makan dan berapa banyak jumlah dari kalori yang ada di makanan Anda. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus tahu bahwa dalam proses penghitungan tersebut Anda juga akan mengetahui berapa banyak makanan yang harus Anda makan pada saat itu. 

Selain itu, Anda harus tahu bahwa mengetahui kalori pada suatu makanan yang akan Anda makan dapat membuat Anda tidak perlu merasa kesulitan dalam melakukan diet. Namun, Anda harus tahu bahwa Anda tidak boleh mengurangi porsi makanan yang telah ditentukan. Hal ini dikarenakan dapat membuat Anda merasa lemas bahkan kehilangan tenaga. Tidak hanya itu saja, hal tersebut juga dapat membuat Anda terlalu kurus. 

2. Dapat digunakan untuk menaikan berat badan 

Bagi Anda yang kurus Anda juga dapat menghitung kalori. Hal ini dikarenakan menghitung kalori tidak hanya untuk orang yang ingin diet maupun menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan Anda dapat menghitung kalori untuk menaikan berat badan Anda. Tentunya ini karena Anda dapat memakan lebih banyak kalori jika Anda menginginkan kenaikan berat badan. 

Para ahli mengatakan bahwa ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Maka, Anda dapat meningkatkan berat badan. Namun, Anda harus tahu bahwa kalori yang perlu Anda makan pun tidak boleh sedikit. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan berat badan Anda. Anda harus memakan lebih banyak kalori dari yang biasanya Anda makan.

3. Dapat terhindar dari penyakit obesitas 

Alasan harus mengetahui kalori makanan lain adalah dapat terhindar dari penyakit obesitas. Dapat terhindar dari obesitas hal ini dikarenakan makanan Anda harus dibatasi. Tidak hanya dapat terhindar dari obesitas saja Anda juga menjadi lebih tertata dalam gaya makan. 

4. Menjadi lebih cantik

Alasan lain yang mengharuskan Anda dalam mengetahui maupun menghitung kalori yang ada pada makanan yang akan Anda nikmati Anda adalah menjadi lebih cantik. Hal ini dikarenakan jika Anda menghitung kalori Anda. Maka, Anda akan memiliki badan yang langsing. 

Hal tersebut membuat Anda dapat mengurangi kalori yang ada pada makanan Anda. Agar Anda dapat melakukan diet yang baik. Jika, Anda melakukan diet. Maka, badan yang Anda miliki akan bagus maupun cantik. Sehingga, membuat banyak orang tertarik dengan Anda. Jadi, mulai sekarang Anda para perempuan dapat menghitung kalori yang akan Anda makan dei kecantikan maupun visual yang Anda miliki. 

Kebutuhan Kalori Yang Sesuai

1. Kebutuhan kalori wanita

Anda harus tahu bahwa ada kalori yang tepat untuk seorang wanita yang ingin memiliki badan yang seperti biasanya. Kalori yang dibutuhkan untuk Anda para perempuan yang ingin melakukan diet pada umur 14 sampai umur 18 adalah 1800 kalori. Namun, bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan Anda harus makan 2400 kalori. 

Sedangkan, jika Anda berumur 19 sampai umur 30 ingin melakukan diet maka Anda harus makan sekitar 1800 kalori sampai 2000 kalori. Namun, Anda yang ingin badanya maupun tubuhnya seperti itu. Maka, Anda tidak perlu merubah apapun dari makanan yang Anda makan. Tapi, Anda harus tahu bahwa jika Anda ingin menaikkan berat badan Anda. Maka, Anda harus memakan 2400 kalori saja. 

2. Kebutuhan kalori laki laki

Anda harus tahu bahwa kalori menjadi hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan jika Anda tidak memiliki kalori. Maka, Anda tidak akan memiliki tenaga. Hal tersebut membuat Anda harus memakan kalori sesuai batasnya. Namun, Anda harus tahu bahwa laki laki yang ingin diet pada masa maupun umur 14 sampai umuir 18 harus memakan minimal 2000 kalori sampai 2400 kalori. 

Tidak hanya itu saja, bagi Anda yang tidak ingin menurunkan maupun meningkatkan berat badan Anda. Maka, Anda tidak perlu menambahkan kalori pada makanan yang akan Anda nikmati. Namun, bagi Anda para pria yang akan meningkatkan berat badan. Maka, Anda harus memakan 2800 kalori sampai dengan 3200 kalori. 

Pria yang berumur 19 sampai 31 dapat melakukan diet dengan memakan 2400 kalori sampai 2600 kalori. Tapi, bagi pria yang ingin meningkatkan berat badannya. Pria itu harus memakan 3000 kalori. Semakin banyak memakan kalori. Maka, Anda akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup pesat. Namun, Anda tidak boleh makan kalori terlalu banyak. Hal ini dikarenakan hal tersebut dapat membuat Anda mengalami penyakit obesitas. 

Cara Menghitung Kalori

1. Membaca informasi produk

Cara hitung kalori pertama yang dapat Anda lakukan dalam mengetahui kalori adalah membaca informasi pada produk yang ingin Anda beli. Namun Anda harus tahu bahwa hampir semua produk yang dibuat pastinya memiliki informasi nilai gizi di belakang produknya. Namun, Anda juga harus tahu bahwa Anda harus menyeimbangkan asupan jumlah kalori dengan kalori yang akan dibakar di badan maupun tubuh Anda. 

2. Mengkalikan setiap zat gizi dengan kalori

Hal yang dapat Anda dapat lakukan selanjutnya dalam menghitung kalori makanan yang ingin Anda akan adalah melakukan perkalian ketiga zat gizi. Satu gram protein berisi sekitar 4 kalori. 

Tidak hanya itu saja, satu gram karbohidrat berisi sekitar 4 kalori. Namun, Anda juga harus tahu bahwa Anda dapat menghitung kalori dengan melakukan perkalian seperti 20 gram protein × 4 kalori hasilnya adalah 80 kalori. Sebaliknya, Anda dapat melakukan perkalian itu kepada lemak serta karbohidrat yang ada pada makanan yang akan Anda makan. Sekarang Anda telah tahu akan alasan harus mengetahui kalori makanan

3. Timbang menggunakan timbangan kalori 

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui maupun menghitung kalori yang ada di makan Anda di timbangan kalori elektronik. Untuk menghitung kalori yang ada di makanan Anda itu pun mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan Anda hanya perlu meletakkan makanan yang Anda miliki di timbangan kalori elektronik. 

Baca Juga : Berat Badan Stagnan? Kenali Penyebab Berat Badan Susah Naik Berikut Ini

Hal tersebut menjadi maupun merupakan beberapa alasan harus mengetahui kalori makanan yang ingin Anda makan pada saaat itu. Sekarang, Anda telah mengetahui beberapa alasan Anda harus mengetahui berapa kalori yang ada pada makanan yang Anda sukai maupun makanan yang akan Anda makan. Namun, Anda harus tahu bahwa semakin banyak kalori yang Anda makan. Maka, Anda akan mengalami obesitas atau kenaikan berat badan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts