Simak Yuk, Jenis Obat Maag Alami yang Menyehatkan untuk Tubuh

obat maag alami

Obat maag alami ternyata bisa didapatkan dengan mudah karena tersedia di beberapa jenis makanan seperti sayur dan buah-buahan segar. Dibanding bahan kimia, keduanya relatif lebih mudah diolah menjadi asupan menyehatkan.

Jenis sayuran dan buah tersebut juga tergolong sangat umum dan mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern, sehingga tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Selengkapnya, simak ulasan di bawah berikut ini.

Bahan Obat Maag Alami yang Mudah Didapat

Beberapa jenis hijauan menyehatkan seperti kubis, bayam, dan brokoli dikenal dengan senyawanya yang sanggup meredam gejala hipertensi. Hal tersebut juga ditemukan pada bahan alaminya seperti buah, telur hingga minyak zaitun.

Jenis buah lezat dengan zat alaminya

obat maag alami - buah buahan

Melon, pisang dan apel sangat bagus untuk dikonsumsi oleh pengidap maag karena memiliki kadar asam dengan tingkat yang sangat rendah. Lambung juga akan lebih gampang mencerna jika diolah menjadi jus.

Selain rendah asam, beberapa jenis buah di atas mengandung senyawa khusus seperti pektin, mineral magnesium, hingga kalium. Zat tersebut juga mampu menjaga pencernaan dari peradangan dan mencegah bertambahnya asam lambung.

Tipe sayuran untuk meredam tingkat asam lambung berlebih

obat maag alami - sayuran hijau

Kubis, bayam, dan brokoli dikenal sebagai tipikal sayuran yang cocok disajikan kepada penderita asam lambung. Selain mudah didapatkan di pasar tradisional maupun modern, bahan alami tersebut aman untuk pencernaan perut. 

Selain mengandung gizi dan jenis vitamin menyehatkan lainnya, juga aman untuk pencernaan karena mampu mengurangi tingkat asam lambung. Beberapa bahan alami lainnya seperti seledri, asparagus, dan timun juga bisa dicoba. 

(Baca Juga: Berikut Obat Asam Urat Paling Manjur dan Efektif)

Daging dan minyak zaitun

obat maag alami - daging dan minyak zaitun

Bahan obat maag alami berikutnya yang bisa dicoba adalah daging ikan dan ayam. Rendahnya kadar lemak dari keduanya dinilai sangat bagus karena mudah dicerna oleh lambung sehingga aman ketika dikonsumsi.

Minyak zaitun juga cocok sebagai kombinasi makanan yang menyehatkan bagi lambung karena tingginya antioksidan. Asupan alami tersebut bisa digunakan untuk membantu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan usus dan meredakan penyakit maag.

Susu rendah lemak dan yoghurt

obat maag alami - susu rendah lemak dan yogurt

Susu rendah lemak sangat cocok untuk pengidap asam lambung karena mempunyai senyawa berupa kalsium yang sangat banyak. Zat tersebut dianggap mampu menetralisir tingkat keasaman pada perut sehingga mengurangi risiko maag.

Bahan alami lainnya seperti yoghurt juga bisa dicerna oleh pengidap maag dengan catatan tidak berlebihan. Kandungan probiotiknya dinilai tidak hanya sebagai zat yang bagus, tapi juga dianggap menimbulkan efek samping. 

Khasiat Mengonsumsi Obat Maag Alami Pada Tubuh

obat maag alami - khasiat obat maag alami

Pengidap asam lambung tentu akan mendapatkan beragam manfaat jika memilih obat-obatan dari sumber alami dibandingkan dengan zat kimia. Salah satunya adalah mudah didapatkan secara cepat dan dianggap lebih menyehatkan perut.

Kandungan penting dari sayuran maupun jenis buah seperti antioksidan, pektin, hingga rendah serat, dinilai mampu meredakan tingginya kadar asam lambung di perut. Selain itu, pencernaan juga lebih terjadi dari kemungkinan peradangan.

Meski beberapa dari bahan-bahan alami tersebut dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai asupan harian, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal penyajiannya ketika akan dikonsumsi karena tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

(Baca Juga: Simak Yuk, Deretan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah)

Lebih menyehatkan dibanding bahan kimia

Khasiat obat maag alami sering dianggap lebih baik dibandingkan dari bahan kimia karena dilihat dari efek samping yang ditimbulkan pada tubuh. Setelah dikonsumsi, gejala secara umum seperti mengantuk sering terjadi.

Meski demikian, obat kimia juga tidak bisa diabaikan begitu saja karena memiliki khasiat tersendiri untuk menstabilkan asam lambung. Asupan yang sering direkomendasikan adalah Antasida, Sukralfat, dan Proton pump inhibitor (PPIs).

Mendorong untuk menjalani gaya hidup sehat

Penggunaan obat-obatan dari bahan alami secara tidak langsung akan mempengaruhi kebiasaan seseorang dalam keseharian. Bagi penderita maag, aktivitas tersebut mampu membawa mereka agar senantiasa menerapkan gaya hidup sehat secara perlahan-lahan.

Hal tersebut tentu sangat baik dan dinilai sebagai efek positif karena berawal dari kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan alami. Meski tidak bisa langsung diterapkan, gaya hidup sehat setidaknya bisa dimulai lebih awal. 

Bahan baku utamanya mudah didapatkan

Bahan-bahan obat maag alami juga lebih mudah didapatkan karena banyak dijual di pasaran sebagai makanan dan bagian dari resep masakan. Secara umum biasa ditemui dalam bentuk buah-buahan dan sayuran segar 

Meski obat-obatan kimia juga mudah didapatkan di apotik terdekat, sayuran dan buah-buahan relatif lebih gampang ditemui karena telah menjadi bahan utama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan hal lainnya.

Mudah diolah menjadi asupan bergizi

Kelebihan lainnya adalah gampang dimasak menjadi asupan bergizi dengan cita rasa yang lezat. Beberapa pengidap maag biasanya disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan alami dari sayur dan jenis buah dalam bentuk olahan.

Beberapa dari jenis olahan tersebut bahkan bisa dikombinasikan sehingga bisa menjadi penambah nafsu makan, sekaligus membantu memulihkan daya tahan tubuh. Cara membuatnya juga cukup mudah dan bisa dilakukan sesuai selera.

obat maag alami - menu olahan obat maag alami

Membuat makanan olahan untuk pengidap maag tidak dilakukan sembarangan meski hal tersebut mudah dilakukan. Setidaknya ada beberapa cara yang perlu diperhatikan agar khasiatnya tidak hilang hingga mampu menambah nafsu makan.

Olahan salad dari jenis buah tertentu

Jenis buah seperti pisang, melon, pepaya, semangka dan apel dianggap sebagai asupan yang menyehatkan bagi lambung yang terserang penyakit. Tidak hanya memiliki vitamin dan mineral, bahan tersebut juga dapat diolah.

Agar tidak bosan, jenis buah bisa disajikan dalam bentuk salad hingga jus segar. Usahakan agar memilih permukaan yang masih baik dan tidak busuk agar khasiatnya tidak hilang serta mudah diolah.

Air seduhan jahe hangat

Tidak hanya itu, olahan untuk meredakan penyakit asam lambung juga bisa dalam bentuk minuman. Salah satunya adalah seduhan dari jahe hangat yang dipercaya mampu menyehatkan pencernaan dengan zat anti radang miliknya. 

Selain itu, obat maag alami dalam bentuk minuman seperti seduhan jahe di atas juga mampu menghindarkan kemungkinan iritasi pada lambung. Caranya cukup kupas jahe dan cuci dengan bersih kemudian diseduh.

Beras cokelat dan oatmeal sebagai menu sarapan

Kaya akan serat membuat oatmeal sangat bagus untuk dikonsumsi oleh penderita maag secara rutin. Zatnya juga mampu menyerap kadar asam lambung yang berlebihan sehingga melegakan pencernaan pada bagian dinding usus.

Selain oatmeal, ada juga beras cokelat dengan zat glikemik yang sedikit sehingga mudah dicerna oleh penderita penyakit maag. Bahan alami ini juga sangat mengenyangkan sehingga dapat disajikan dalam jumlah kecil.

Olahan daging rebus dan telur kukus

Obat maag alami berikutnya yang bisa dijadikan olahan menyehatkan adalah daging ayam maupun ikan kukus serta telur rebus. Khusus untuk ayam, usahakan agar disajikan tanpa kulit dan diolah sebagai sup.

Daging ayam dan ikan tersebut bisa juga diolah dengan cara dipanggang sesuai dengan selera. Sementara untuk telur, bisa dihidangkan dalam bentuk rebusan maupun dicampur dengan kuah sup sesuai dengan kebutuhan.

Berbagai jenis susu yang memiliki khasiat tinggi

Zat kalsium dan protein pada susu sangat baik untuk menetralisir tingkat keasaman pada lambung yang menjadi penyebab maag. Ada beberapa jenis susu dengan kandungan tertentu untuk mengurangi gejala penyakit tersebut.

Jenis susu tersebut adalah low fat milk atau rendah lemak, susu almond, hingga susu kambing. Masing-masing memiliki senyawa khusus seperti ph untuk menetralisir dan rendah lemak hingga di bawah 2 persen.

Pemicu Penyakit Maag yang Harus Diwaspadai

Mempersiapkan obat maag alami dapat menjadi salah satu cara untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terserang penyakit tersebut. Penyebab yang harus diwaspadai biasanya terjadi karena berbagai faktor seperti makanan hingga kondisi tubuh.

Jika dilihat dari kebiasaan, penyakit maag umumnya terjadi karena kebiasaan makan makanan pedas, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Sedangkan kondisi tubuh dipengaruhi oleh komplikasi pencernaan.

Cara Mendeteksi Gejala Maag Sejak Dini

Penyakit tersebut biasanya diawali dengan adanya keluhan berupa rasa sakit di area sekitar perut. Hal ini mengindikasikan gangguan pada sistem pencernaan akibat tingginya kadar asam sehingga memicu penyakit asam lambung.

Dalam beberapa kasus, gejalanya dibedakan sesuai dengan tingkat penyakit yang dirasakan. Mulai hanya sekedar rasa nyeri ringan, hingga merasa sakit dalam tahap kronis sehingga menyulitkan penderitanya untuk beraktivitas secara normal.

Salah satu ciri penyakit maag yang perlu dikenali adalah kemungkinan adanya iritasi atau peradangan pada lambung. Agar tidak bertambah parah, obat maag alami diperlukan sebagai asupan untuk mencegah hal tersebut.

Total
124
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts