Olahraga Yang Membantu Meningkatkan Imun Tubuh

Olahraga Meningkatkan Imun - Meningkatkan Imun Tubuh

Anda sekarang sudah tahu cara melindungi diri dari virus corona baru, sering mencuci tangan, menjaga jarak, dan, sampai batas tertentu, menjaga pola makan seimbang untuk menjaga tubuh  Anda sesehat mungkin. Tetapi aspek penting lainnya untuk mendukung kesehatan  Anda secara keseluruhan juga dapat berguna saat ini untuk meningkatkan imun tubuh Anda: olahraga teratur.

Tentu saja, dengan jadwal di mana-mana dan pusat kebugaran tutup, mengikat sepatu Anda untuk berlari terkadang terasa seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tetapi tindakan sederhana untuk menggerakkan tubuh Anda lebih dapat memberikan alat yang ampuh untuk melawan infeksi. Hasilnya, Tidak semua olahraga sepenuhnya membantu sistem kekebalan Anda, terutama dengan ancaman virus baru yang mengintai di luar.

Untuk menjelaskan hubungan antara olahraga dan kekebalan, kami menjelajahi sains dan berbicara dengan para ahli yang telah mempelajari efek olahraga pada sistem kekebalan tubuh. Inilah cara memaksimalkan latihan Anda untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama selama pandemi.Ada beberapa olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga : Inilah Dampak Fatal Polusi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia!

Alasan Olahraga Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga Meningkatkan Imun - Meningkatkan Imun Tubuh

Bahkan dengan perintah berteduh di tempat dan tinggal di rumah ditetapkan di seluruh negeri, pejabat tinggi seperti CDC dan WHO masih mendorong olahraga teratur dan untuk alasan yang bagus. Selain meningkatkan kesehatan mental Anda, tinjauan ilmiah 2019 dalam Journal of Sport and Health Science menyatakan bahwa olahraga mampu meningkatkan imun tubuh, menurunkan risiko sakit, dan mengurangi peradangan.

Studi ini mengamati “olahraga akut,” yang berarti intensitas sedang hingga kuat yang berlangsung kurang dari satu jam. (Studi ini terutama meneliti berjalan, tetapi itu juga bisa berarti latihan elips, kelas berputar, atau bahkan lari.). Sel-sel itu biasanya berada pada jaringan  limfoid seperti limpa, yakni saat tubuh  dapat melenyapkan virus, bakteri, dan mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Memang benar ada olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh.

Olahraga memperlancar peredaran darah

Karena olahraga mampu memperlancar peredaran darah dan juga getah bening ketika otot-otot Anda berkontraksi, itu juga meningkatkan sirkulasi sel-sel kekebalan, mengakibatkan benda ini bertahan di tubuh dan jumlahnya bertambah lebih tinggi.  Dalam olahraga mampu membawa sel kekebalan yang sangat berfungsi seperti sel pembunuh alami dan sel T menemukan patogen (seperti virus) dan membunuhnya. Orang yang melakukan jalan cepat selama 45 menit mengalami peningkatan sel-sel kekebalan yang mengambang di sekitar tubuh hingga tiga jam  setelah berjalan.

Olahraga pernafasan dan peredaran Oksigen

Walaupun Anda memperoleh respons langsung dari sistem imunitas ketika berolahraga, itu semua kan hilang jika anda tidak konsisten berolahraga. Sehingga jalankanlah olahraga secara rutin. Penelitian menyatakan bahwa mereka yang melakukan latihan aerobik lima hari atau lebih dalam seminggu menurunkan jumlah infeksi saluran pernapasan bagian atas (seperti yang umum terjadi). dingin) selama periode 12 minggu lebih dari 40%.Sehingga benar ada olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh.

Olahraga meningkatkan imunitas

Pikirkan efek kekebalan yang bertahan lama dari olahraga seperti ini, Nieman menjelaskan: Katakanlah Anda memiliki pembantu rumah tangga datang untuk membersihkan rumah Anda selama 45 menit hampir setiap hari dalam seminggu. Rumah akan terlihat jauh lebih baik pada hari pertama daripada jika seseorang tidak pernah datang. Tetapi semakin sering pengurus rumah tangga kembali, semakin baik dan bersih rumah itu akan terlihat

 Jadi, Anda tidak bisa serta merta berolahraga di sana-sini dan berharap memiliki sistem kekebalan yang menyembuhkan penyakit. Namun, kembalilah untuk lebih banyak bergerak secara teratur, dan sistem kekebalan Anda lebih siap untuk menghapus kuman penyebab penyakit. Ini bertahan, bahkan seiring bertambahnya usia, menurut artikel ulasan 2018 lainnya yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Immunology. Banyak manfaat dari olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh

Olahraga mengurangi peradangan dalam tubuh

Manfaat lain dari olahraga adalah mengurangi peradangan dalam tubuh yang, pada gilirannya, juga dapat meningkatkan kekebalan. Ketika sel-sel kekebalan mencoba berfungsi dengan peradangan, itu menempatkan sistem kekebalan dalam keadaan meradang kronis juga,” katanya, yang membuatnya lebih sulit untuk melawan infeksi. Untuk mengurangi peradangan, tingkatkan aktivitas Anda.

Jenis Olahraga Terbaik Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Olahraga Meningkatkan Imun - Meningkatkan Imun Tubuh

Sebagian besar penelitian, termasuk Nieman, melihat aktivitas aerobik misalnya berjalan, berlari, atau bersepeda. Untuk mendapatkan manfaatnya, yang terbaik adalah mendorong sedikit kecepatan saat berjalan. Bagi kebanyakan orang, kita berbicara tentang 15 menit mil,  kata Neiman tentang kecepatan rata-rata yang mengarah pada hasil yang menjanjikan dalam studinya. “Itu stimulus yang cukup untuk merekrut sel-sel kekebalan ke dalam sirkulasi. Ada beberapa olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh

Ada sedikit ilmu tentang latihan interval intensitas tinggi (atau HIIT, jenis latihan populer) dan apakah itu membantu kekebalan Anda. Satu penelitian kecil dari tahun 2018 dalam jurnal Arthritis Research & Therapy, yang berfokus pada pasien radang sendi, mengatakan bahwa itu dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Namun, ia berhati-hati terhadap latihan yang merusak otot yang parah, seperti mengangkat beban super berat atau melakukan latihan eksentrik (memperlambat fase gerakan ke bawah) sehingga proses perbaikan otot tidak bersaing dengan fungsi kekebalan Anda. Jadi, kecuali Anda secara teratur mengikuti latihan seperti CrossFit, sekarang mungkin bukan waktunya untuk memulai rutinitas kekuatan berdampak tinggi yang baru. Jalankanlah dengan baik olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh.

Hubungan Olahraga Dan Infeksi

Olahraga Meningkatkan Imun - Meningkatkan Imun Tubuh

Banyak jenis olahraga yang dapat meningkatkan respons imun Anda terhadap bakteri dan virus. Latihan dapat memperkuat antibodi. Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti, mulai dari mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga meningkatkan suasana hati Anda  dan bahkan sistem kekebalan yang lebih kuat

Olahraga Meningkatkan Imun yang melawan  penyakit

Penelitian banyak yang  menyatakan olahraga bisa menaikan  imun tubuh. Menjauhkan penyakit,  namun selain itu harus dilakukan dengan cara yang tepat.  Maka dari itu  Anda harus tahu tips agar bisa berolahraga dengan tepat dan aman saat masa pandemi ini. Ada beberapa olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh.

Olahraga Membantu Melawan Infeksi

Olahraga bermanfaat bagi sistem kekebalan Anda dalam banyak hal. Ini dapat meningkatkan aliran darah, membantu membersihkan bakteri dari saluran udara Anda, menyebabkan peningkatan singkat suhu tubuh yang mungkin bersifat protektif, memperkuat antibodi untuk membantu melawan infeksi, dan mengurangi hormon stres.

Olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh dan juga menyebabkan sel-sel kekebalan menjadi lebih efektif, kata Farshad Fani Marvasti, MD, direktur tema kesehatan masyarakat di University of Arizona College of Medicine. Olahraga yang konsisten mampu  menghindari peradangan, hingga mengakibatkan sistem imun bekerja maksimal. 

Studi 2018 lainnya dengan survey ke banyak orang didapati bahwa mereka yang dilatih dengan rejimen olahraga sedang kurang lebih dalam delapan minggu mengurangi risiko penyakit pernapasan akut sebesar 14%, dan jumlah hari sakit mereka sebesar 23%, dibandingkan dengan orang yang tidak menerima latihan olahraga.

Baca Juga : Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ada yang Belum Tahu?

Tips Berolahraga Aman Selama Pandemi

Olahraga Meningkatkan Imun - Meningkatkan Imun Tubuh

Menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa yang sehat harus berusaha untuk mendapatkan setidaknya 150 menit olahraga sedang setiap minggu – yang dapat mencakup kegiatan seperti berjalan, yoga, atau berkebun. Inilah contoh olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh

Berolahraga selama pandemi agak sulit dengan adanya aturan untuk tetap di rumah dan mengurangi mobilitas. Dan Scott mengatakan yang paling penting bagi Anda untuk mengikuti pedoman jarak sosial – olahraga dapat membantu membangun kekebalan dan respons Anda, tetapi itu tidak akan sepenuhnya mencegah Anda dari sakit jika Anda langsung terpapar kuman.

Scott juga menekankan bahwa ada banyak latihan yang layak Anda lakukan di dalam dan di rumah sebagai olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh, yaitu sebagai berikut : 

  • Latihan kursi
  • Latihan band resistensi
  • Latihan isometrik
  • Latihan perut
  • Latihan seluruh tubuh
  • Yoga

Banyak negara bagian mengizinkan penduduknya keluar untuk berolahraga. Ingat saja, jika Anda berolahraga di luar. Telepon seorang teman dan berjalan-jalan saat Anda berdua berbicara satu sama lain dengan penutup telinga atau secara virtual menonton video yang sama dan melakukan latihan. Demikianlah informasi tentang olahraga yang membantu meningkatkan imun tubuh, semoga artikel ini  bermanfaat.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts