Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya

Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya
Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya

Wanita setelah melahirkan sering kali menjadi lebih gemuk dan berisi karena badannya yang naik selama hamil, dengan melakukan pekerjaan rumah pembakar kalori ini. Para ibu rumah tangga bisa kembali mendapatkan tubuh singsetnya seperti saat muda.

Baca Juga: Ragam Makanan Manis Kekinian yang Wajib untuk Dicoba!

Banyak ibu rumah tangga yang walaupun menginginkan tubuh saat mudanya kembali tetapi malas untuk berolahraga. Alasannya karena sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang sudah menguras tenaga.

Tapi tidak disadari sebenarnya olahraga bisa dilakukan dimana saja dengan cara apa saja. salah satunya memanfaatkan pekerjaan rumah pembakar kalori alami dan memanfaatkan perabotan rumah tangga yang ada.

Cara Mudah Menghitung Kalori Harian

Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya
Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal disarankan untuk mengimbangi aktivitas fisik dan pola makan yang sehat. Salah satu yang perlu diperhatikan oleh ibu rumah tangga yang ingin mengembalikan bentuk tubuhnya seperti dulu adalah menghitung kalori pada makanan yang akan dikonsumsi.

Kalori dalam makanan ini berperan penting untuk membentuk energi dalam tubuh, hanya saja konsumsinya tidak boleh berlebihan karena akan menyebabkan penumpukan kalori akhirnya membuat Anda obesitas. Berikut ini cara menghitung kcal harian.

1. Membaca Informasi Gizi

Salah satu cara termudah pertama adalah membaca informasi nilai gizi pada makanan kemasan yang dibeli sebelum diolah. Setiap produsen pasti mencantumkan nilai gizi pada kemasan produknya.

2. Perhatikan Jumlah Protein, Karbohidrat dan Lemak

Saat membaca informasi gizi fokus Anda hanya perlu tertuju pada tiga kandungan gizi saja yaitu protein, karbohidrat dan lemak. Ketiga zat gizi ini akan meliputi jumlah kalori yang terkandung dalam satu hidangan.

3. Mengalikan Zat Gizi Makro dengan Kalori

Langkah selanjutnya mengalikan jumlah zat gizi tersebut dengan jumlah kalori. Setiap satu gram protein diperkirakan mengandung 4 kalori, satu gram karbohidrat diperkirakan mengandung 4 kalori dan satu gram lemak memiliki 9 kalori.

Sehingga cara menghitungnya seperti ini, misal makanan tersebut mengandung 10 gr protein, 25 gr karbohidrat dan 5 gr lemak. Maka cara mengalikannya adalah jumlah protein dikalikan dengan jumlah kalori untuk protein 10 gr protein x 4 kcal = 40 kalori.

Sama seperti sebelumnya jumlah karbohidrat dikalikan jumlah kalori untuk karbohidrat seperti ini 25 gr karbohidrat x 4 kcal = 100 kalori. Dan untuk lemak, 5 gr lemak x 9 kalori = 40 kalori. Sehingga semuanya jika dijumlahkan menjadi 40 kcal + 100 kcal + 40 kcal = 180 kalori.

Selain menghitung jumlah kalori dalam makanan, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Untuk mendapatkan kembali tubuh singset saat muda dahulu, para ibu rumah tangga harus mulai menjalani pola hidup sehat salah satunya berolahraga.

Jika malas, tidak perlu khawatir karena ternyata dengan melakukan pekerjaan di rumah pembakar kalori bisa dilakukan. Melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah biasa dilakukan setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar kalori.

Berkeringat Tanda Telah Banyak Membakar Lemak

Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya
Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya

Sering kali Anda berkeringat saat melakukan pekerjaan rumah pembakar kalori. Apakah benar jika Anda berkeringat banyak tanda telah membakar lemak. Banyak orang yang memilih untuk berolahraga saat sinar matahari sedang terik-teriknya untuk mengeluarkan lebih banyak keringat.

Karena sebagian orang beranggapan dengan mengeluarkan banyak keringat artinya sedang membakar lemak yang ada di tubuhnya. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar, karena banyaknya keringat yang keluar saat berolahraga belum tentu setara dengan lemak yang dibakar.

Berkeringat sendiri merupakan proses dari pendinginan tubuh untuk membantu tetap menjaga suhu tubuh optimal. Tetapi berkeringat bukan tolak ukur menentukan intensitas olahraga yang dilakukan.

Saat melakukan olahraga suhu tubuh cenderung meningkat sehingga menyebabkan keluarnya keringat lebih banyak. Hal ini membantu proses pendingin dalam tubuh serta meningkatkan aliran darah ke kulit lebih baik.

Setiap orang memproduksi jumlah keringat berbeda saat berolahraga, untuk wanita cenderung lebih banyak memiliki kelenjar keringat daripada pria. Tapi kelenjar keringat yang dimiliki pria bekerja lebih aktif.

Sehingga pria cenderung lebih cepat mengeluarkan keringat dibandingkan wanita meski memiliki jumlah kelenjar lebih banyak dibandingkan pria. Pada kenyataanya banyak sedikitnya keringat yang dikeluarkan tidak menentukan jumlah yang dibakar.

Untuk menurunkan berat badan pada dasarnya memang harus membakar lebih banyak berkalori dibandingkan yang dikonsumsi. Untuk orang dewasa disarankan untuk melakukan 30 menit kegiatan pembakaran lemak untuk membuat badan berkeringat sebanyak 5 kali dalam seminggu.

Kegiatan yang dianjurkan adalah berjalan kaki, jogging, berlari, berenang, bersepeda, lompat tali dan latihan HIIT (high-intensity interval training).

Malas Berolahraga, Ini Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori

Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya
Pekerjaan Rumah Pembakar Kalori, IRT Biasa Melakukannya

Sangat malas untuk berolahraga, ternyata pekerjaan rumah tangga ini sudah dapat membakar lemak. Berikut ini daftar pekerjaan di rumah pembakar kalori yang sudah bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

1. Mengepel

Pekerjaan rumah pembakar kalori pertama adalah mengepel adalah salah satu pekerjaan rumah tangga yang sering dilakukan oleh ibu-ibu untuk membuat rumah menjadi bersih dan sehat. Tetapi mengepel juga bisa membakar lemak Anda juga. Dengan melakukannya dalam waktu 30 menit nonstop akan membakar kalori sebanyak 200.

2. Menyapu

Siapa sangka kegiatan yang setiap hari melakukan ini bisa membakar 136 kkal jika dilakukan selama 30 menit nonstop. Menyapu juga dapat mengecilkan bagian lengan atas. Sehingga tidak perlu lagi melakukan workout lagi sambil membersihkan rumah saja sudah bisa melakukan pembakaran lemak.

3. Vacuum

Masih kegiatan membersihkan rumah, penggunaan vacuum sudah biasa dimanfaatkan untuk membersihkan debu-debu di lantai, karpet dan permukaan lainnya. Pekerjaan rumah ini jika dilakukan selama 60 menit akan membakar lemak sampai 200 kcal.

4. Laundry atau Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian salah satu pekerjaan rumah pembakar kalori banyak sekali karena banyak sekali kegiatan yang dihabiskan saat laundry. Dari mulai mencuci baju, menjemur, melipatnya, dan menaruhnya ke lemari dapat menghabiskan 280 kcal.

Jika Anda melakukan kegiatan tambahan seperti menyetrika baju maka pembakaran kalorinya bisa mencapai 460 kcal.

5. Membersihkan Jendela

Berapa banyak jendela yang harus dilap di rumah Anda, jangan sedih dulu jika di rumah banyak sekali jendela yang harus dibersihkan. Karena, mengelap jendela dapat menjadi salah satu pekerjaan rumah pembakar kalori.

Selain melam jendela, biasanya Anda akan sekalian membersihkan furnitur lain seperti vas bunga, pigura dan lainnya. Kegiatan ini bisa membakar 167 kalori jika dilakukan selama 30 menit. Tetapi hal ini akan tergantung dengan banyaknya pekerjaan yang sudah dilakukan.

6. Mencuci Mobil

Pekerjaan mencuci mobil memang sedikit merepotkan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mencucinya sendiri. Selain untuk menghemat biaya untuk cuci steam, kegiatan ini juga merupakan salah satu pekerjaan rumah pembakar kalori.

Cuci mobil sendiri bisa membakar lemak sebanyak 153 jika dilakukan selama 30 menit. Durasinya tergantung dengan besar tidaknya mobil.

7. Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi juga salah satu pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Membersihkannya secara menyeluruh biasanya akan membakar 180 lemak jika dilakukan selama 60 menit.

8. Berkebun

Salah satu kegiatan lain pekerjaan rumah pembakar kalori yang akan membakar banyak lemak adalah berkebun. Karena dalam pekerjaan ini banyak sekali hal yang perlu dilakukan seperti penyiangan, memotong rumput, memangkas semak-semak sampai menggali.

Kegiatan-kegiatan tersebut bisa membakar 325 kcal setiap 60 menit bekerja. ibu-ibu yang sangat menggemari tanaman, berbahagialah karena dengan melakukan hobi saja sudah bisa sambil menguruskan badan.

9. Dekorasi Rumah

Selain pekerjaan rumah pembakar kalori dengan cara mengepel dan menyapu, mendekorasi rumah juga merupakan salah satu kegiatan membersihkan rumah untuk menampilkan suasana baru. Setiap ruangan yang berusaha untuk di dekorasi ulang bisa mencapai 167 kkal yang terbakar per 30 menit.

Perabot Rumah yang bisa Digunakan sebagai Pembakar Kalori

Tidak memerlukan alat-alat fitness mahal jika ingin memulai berolahraga. Karena Anda bisa memanfaatkan perabotan rumah atau alat-alat rumah tangga sebagai alat untuk membakar lemak. Berikut ini daftar perabot rumah tangga untuk membakar lemak.

1. Botol air

Botol air bisa digunakan sebagai pengganti barbel, cara menggunakannya sangat mudah masukkan air ke dalam botol sampai terisi penuh. Setelah itu, pakaikan seperti halnya saat memakai barbel.

Ukuran botol yang sering digunakan adalah berukuran 1 liter. Penggunaan botol ini dapat melatih otot lengan bagian atas bawah dan biasa atau bisa disebut juga otot trisep.

2. Piring Kertas

Anda pasti heran mengenai penggunaan piring kertas sebagai alat pembakar lemak. Alasannya karena piring kertas ini akan dijadikan sebagai cakram meluncur. Gayanya sama saja seperti permainan olahraga lempar cakram.

3. Kursi Dapur

Kursi dapur juga bisa menjadi salah satu perabotan rumah tangga sebagai alat olahraga. Caranya sangat mudah, posisi pertama adalah saat duduk di kursi kedua tangan diletakan pada pinggir badan dan ujung kursi.

Setelah itu, angkat perlahan badan jadikan tangan dan kaki menjadi tumpuan untuk menopang berat badan tubuh. Gerakan badan naik dan turun seperti sedang push up.

Baca Juga: Teh Menjadi Minuman Favorit yang Baik untuk Kesehatan

Olahraga tidak perlu dilakukan tempat fitness saja, dari kegiatan sehari-hari saja sudah cukup untuk menguras keringat dan membakar kcal. Sudah tidak ada kata malas lagi untuk berolahraga karena bisa melakukannya sambil melakukan pekerjaan rumah pembakar kalori.

Total
3
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts