Obat Gusi Bengkak, Penyebab Hingga Cara Mencegah yang Perlu Anda Ketahui

thumbnail obat gusi bengkak - obat gusi bengkak

Banyak pilihan dapat digunakan sebagai obat gusi bengkak, mulai dari obat-obatan dari apotek hingga menggunakan bahan alami. Segala sesuatu yang berhubungan dengan gigi dan mulut pasti sensitif.

Baik sakit gigi hingga sakit bagian gusi, hal itu tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman. Selain sulit digunakan untuk makan atau minum, sakit dibagian mulut juga biasanya terasa mengganggu aktivitas.

Anda juga pasti sudah pernah merasakan gangguan ini yang menyebabkan gusi berdarah hingga bau mulut. Gusi yang bengkak ini memang terlihat sebagai gangguan yang bisa diabaikan begitu saja.

Tetapi sebagaimana penyakit jika tidak segera ditangani nantinya akan berkembang menjadi lebih parah lagi. Anda pasti tidak ingin hal tersebut terjadi kepada gusi dan bagian mulut yang lain.

Tenang saja pengobatan dalam skala tidak begitu parah dapat Anda lakukan sendiri menggunakan bahan-bahan tersedia di rumah. Jadi jangan khawatir mencari bahan sebagai obat gusi bengkak tersebut.

Selain itu Anda juga bisa mencari obat-obatan yang ditujukan untuk mengatasi gusi bengkak dan bisa ditemukan di apotek terdekat. Baik obat alami atau obat-obatan modern, yang terpenting adalah sembuh.

Banyak cara dan pilihan untuk menyembuhkan sakit gusi bengkak. Sebelum itu ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan gusi Anda menjadi bengkak dan menganggu kenyamanan beraktivitas sehari-hari.

Penyebab Gusi Bengkak Harus Diketahui

Beberapa hal dapat menyebabkan gangguan pada gusi di mana menimbulkan bengkak. Sebelum mencari obat gusi bengkak alangkah lebih baik mengetahui penyebab timbulnya masalah gusi sebagai berikut.

  1. Keadaan mulut atau gusi yang kurang bersih dan terawat dan tidak dibersihkan secara tepat. Tidak teratur dalam membersihkan bagian gigi dengan sikat gigi atau kumur dengan cairan khusus.
  2. Infeksi disebabkan oleh bakteri dan jamur dimana jika dalam jumlah sedikit tidak akan menimbulkan masalah. Tetapi infeksi terjadi dikarenakan jumlah bakteri atau jamur sudah bertumpuk banyak dan mungkin kondisi tubuh sedang lemah.
  3. Kekurangan nutrisi juga dapat menimbulkan masalah pada mulut, seperti vitamin B12 dan zat besi.
  4. Mulut sensitif terhadap suatu produk pasta gigi atau obat kumur. Perhatikan ini dan pahami kebiasaan sehari-hari, karena tidak cocoknya produk pasta gigi atau obat kumur dapat menganggu kesehatan mulut.
  5. Tertinggalnya sisa-sisa makanan pada gusi dan gigi yang dapat menimbulkan beberapa masalah gigi dan mulut.
  6. Adanya pengaruh hormon saat seseorang sedang dalam masa kehamilan.

Baca Juga : Obat Gusi Bengkak Instan Ini Mudah Ditemukan

Dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut menjadikan beberapa cara penanganannya juga berbeda. Berikut beberapa cara mengobati gusi yang bengkak menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah Anda.

Obat Gusi Bengkak Kumur dengan Bahan Alami

Solusi pertama untuk mengobati kebengkakan pada salah satu bagian mulut ini adalah kumur menggunakan beberapa bahan alami. Beberapa bahan dapat digunakan untuk bahan kumur-kumur saat gusi bermasalah.

Kumur dengan larutan garam, caranya campurkan satu sendok garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk merata setelah itu gunakan untuk kumur-kumur, lakukan sebanyak 3 kali sehari agar lebih ampuh.

Bahan lainnya adalah daun jambu biji, dengan cara rebus daun jambu biji dengan air secukupnya. Setelah itu kumur-kumur menggunakan air hasil rebusan tersebut, karena daun jambu biji mengandung anti bakteri.

Jadi cocok untuk dijadikan sebagai pilihan obat gusi bengkak Anda. Bahan yang biasa digunakan untuk kumur adalah jeruk lemon, terutama jika disebabkan karena adanya gigi yang berlubang.

Kandungan lemon yang dapat membasmi bakteri dan menyeimbangkan kadar pH dalam mulut sangat efektif. Gunakan campuran air hangat dengan perasan jeruk lemon, kumur-kumur sebanyak 3 kali sehari agar maksimal.

Bahan lainnya adalah daun serai dan jahe. Untuk daun serai, rebus terlebih dahulu dan gunakan air rebusan tersebut sebagai bahan berkumur, biasanya menggunakan 2 buah tangkai serai agar lebih efektif.

Untuk jahe, manfaatkan air hasil perasan jahe sebagai air berkumur. Tentu selalu gunakan air hangat agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bersihkan jahe terlebih dahulu.

Cara mengobati dengan berkumur ini lebih baik lakukan setelah Anda menggosok gigi. Lakukan secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang memuaskan, memang memerlukan kesabaran jika menggunakan bahan alami.

Obat Gusi Bengkak Menggunakan Kunyit

Kunyit biasanya digunakan sebagai pewarna alami jika berhubungan dengan urusan dapur. Tapi jangan salah masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari salah satu empon-empon dari Indonesia ini.

Salah satunya sebagai alternatif mengobati gusi membengkak dengan bahan alami. Kandungan kurkumin yang sudah terbukti ampuh melawan bakteri penyebab pembengkakan dan dapat meredakan peradangan agar tidak bertambah parah.

Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa pengobatan menggunakan kunyit berpotensi dalam pencegahan plak gigi dan gingivitis atau radang gusi. Di mana pembengkakan tersebut termasuk dalam gejala awal gingivitis.

Cara membuat kunyit sebagai obat gusi bengkak tersebut adalah parut setengah ruas kunyit kemudian campur menggunakan air. Usahakan jangan terlalu kental, bentuk hingga menjadi krim kental.

Lebih mudahnya Anda juga bisa menggunakan kunyit dalam bentuk bubuk dengan cara pembuatan serupa. Setelah itu, oleskan krim tersebut langsung ke area yang terjadi pembengkakan.

Cara lain juga bisa diterapkan yaitu gunakan untuk pasta gigi, gosok gigi menggunakan krim kunyit secara merata. Kemudian diamkan selama 10 menit agar bekerja dengan baik.

Setelah itu bilas dengan cara berkumur air bersih hingga bersih. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari agar mendapatkan hasil maksimal demi mengurangi bengkak tersebut.

Sebelum menggunakan beberapa bahan alami tersebut pastikan terlebih dahulu jika Anda tidak alergi dengan bahan-bahan tersebut. Jangan sampai niat mengobati akan menambah gangguan kesehatan lainnya.

Gunakan secara rutin dan teratur, mungkin waktu dibutuhkan dalam proses penyembuhan bengkak akan lebih lama karena menggunakan bahan alami. Pastikan juga jangan gunakan secara berlebihan.

Obat Gusi Bengkak dari Apotek

Obat-obatan dari apotek banyak sekali macamnya termasuk untuk mengobati gusi bengkak. Pada obat pereda nyeri nantinya efek hanya sementara waktu saja jadi untuk penanganan selanjutnya tetap harus ke dokter.

Obat dari apotek adalah hidrogen peroksida, larutan antiseptik ini bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Encerkan 3 % larutan hidrogen peroksida dalam 3 sendok air kemudian gunakan untuk berkumur.

Dianjurkan untuk berkumur selama 30 detik dan lakukan sebanyak 2-3 kali sehari selama seminggu. Selain pembengkakan, hidrogen peroksida juga bisa mengobati masalah gusi seperti nyeri, kemerahan dan lainnya.

Obat gusi bengkak selanjutnya adalah ibuprofen yang ampuh dalam meredakan rasa nyeri disebabkan pembengkakan. Obat ini termasuk salah satu golongan anti inflamasi non steroid atau OAINS.

Selain meredakan rasa nyeri dan radang, ibuprofen juga dapat meredakan demam yang biasa muncul dikarenakan radang tersebut. Seperti halnya obat lainnya, ibuprofen menimbulkan efek samping.

Efek samping ringan ditimbulkan antara lain terasa mual, muntah, sakit kepala, pusing hingga sakit perut. Efek samping berat seperti nyeri dada, sesak napas hingga menguning bagian mata dan kulit.

Lebih baik segera hubungi dokter jika terjadi efek samping seperti di atas. Penggunaan obat secara tepat akan menghasilkan obat ampuh yang dapat bekerja dengan maksimal.

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Beberapa hal dapat Anda lakukan untuk mencegah gangguan pada gusi tersebut sebelum mencari obat gusi bengkak. Seperti mengatur kebiasaan dan sesuatu yang dikonsumsi sehari-hari yang dapat menimbulkan permasalahan pada gusi.

  1. Minimal dalam sehari gosok gigi sebanyak dua kali dan usahakan untuk menggunakan benang gigi. Dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi dimana merupakan pertahanan paling kuat untuk mencegah terjadinya radang.
  2. Perhatikan produk pasta gigi, hindari penggunaannya jika mengiritasi Anda. Segera ganti dengan produk lainnya.
  3. Hindari konsumsi alkohol dan produk olahan tembakau karena dapat menimbulkan iritasi pada mulut.
  4. Hindari makan makanan yang mudah bersarang atau tersangkut di sela-sela gigi. Seperti keripik jagung, brondong jagung atau popcorn dan lainnya.
  5. Menambahkan bahan makanan berupa buah dan sayuran segar ke dalam makanan agar memiliki gizi yang seimbang.
  6. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak kandungan gula.
  7. Perbanyak minum air putih dibandingkan dengan jenis air lainnya.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, hal itu memang benar karena jika sudah terlanjur terjadi akan lebih merepotkan. Lakukan pencegahan di atas, minimal untuk mengurangi risiko terjadinya gusi bengkak.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi Alami yang Bisa Didapat dengan Mudah 

Jika Anda sudah melakukan berbagai upaya secara mandiri namun masih mengalami gangguan pada gusi. Lebih baik langsung konsultasikan kepada dokter dan minta resep obat gusi bengkak agar tidak lebih parah.

Total
6
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts