Yuk Simak, 10 Tips Berpuasa Saat Asam Lambung Naik 

Tips berpuasa saat asam lambung naik

Asam lambung adalah salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh orang-orang ketika  berpuasa, khususnya di bulan Ramadhan ini. Pasalnya, ketika berpuasa gejala asam lambung kerap terjadi, seperti dada panas, sakit perut, mual, nyeri, hingga muntah. Gejala ini biasanya terjadi saat di siang hari. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi perut yang kosong karena sedang berpuasa. 

Namun, ada beberapa tips berpuasa saat asam lambung naik untuk para penderita asam lambung. Tapi sebelum itu, ketahui terlebih dahulu penyebab dari asam lambung yang bisa menyebabkan gejala asam lambung terjadi saat berpuasa berikut ini. 

Penyebab Asam Lambung Naik saat Berpuasa

Penyebab asam lambung naik saat penderitanya sedang berpuasa yaitu karena adanya perubahan keseimbangan dari kadar asam di lambung. Perubahan keseimbangan ini terjadi karena kondisi lambung yang kosong dalam waktu yang lama karena tidak ada sesuatu yang dicerna saat sedang berpuasa. 

Ketika lambung dalam kondisi kosong, hal ini membuat asam lambung bergejolak hingga naik menuju ke kerongkongan. Hal ini kemudian menyebabkan berbagai gejala asam lambung yang mengganggu. Gejala asam lambung juga kerap terjadi saat seseorang tidur sepanjang malam dan perut dalam kondisi kosong. 

Namun, ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan oleh orang yang menderita asam lambung agar dapat berpuasa dengan nyaman. Apa sajakah tipsnya? Berikut tips berpuasa saat asam lambung naik yang perlu Anda ketahui. 

Tips Berpuasa Saat Asam Lambung Naik

Jika Anda memiliki penyakit asam lambung dan masih ingin berpuasa, Anda bisa mencoba tips berpuasa saat asam lambung naik di bawah ini. 

1. Jangan Minum Minuman Berkafein

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Minuman Berkafein

Tips yang pertama yaitu Anda perlu menghindari minuman yang mengandung kafein, seperti soda, kopi, dan lain sebagainya. Mengapa perlu untuk menghindari minuman berkafein? Hal ini karena minuman berkafein bisa membuat penderitanya sensitif terhadap naiknya asam lambung. 

Selain itu, minuman berkafein juga menyebabkan penderitanya sering kencing, sehingga mineral tubuh yang dibutuhkan saat berpuasa pun terbuang selama sedang berpuasa. Maka dari itu, hindari minuman yang mengandung kafein bagi penderita asam lambung saat berpuasa. 

(Baca Juga: Penting, Ini Dia Cara Berpuasa Untuk Penderita Asam Lambung) 

2. Hindari Makanan asam, pedas, berlemak dan gorengan 

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Makanan pedas

Selain menghindari minuman berkafein, penderita asam lambung juga harus menghindari makanan yang asam, pedas, berlemak, dan makanan gorengan. Hal ini untuk mengurangi risiko kambuhnya asam lambung naik saat sedang berpuasa. 

Contoh jenis makanan yang wajib dihindari agar mencegah asam lambung naik yaitu seperti kulit, jeroan, susu full cream, keju, dll. Selain itu, makanan yang pedas dan kecut seperti tomat, lemon, jeruk nipis, sambal, dan jenis makanan asam dan pedas lainnya juga perlu dihindari. 

Makanan siap saji dan makanan kalengan juga perlu dihindari karena mengandung banyak pengawet dan bahan kimia berbahaya yang akan membuat penyakit asam lambung kambuh. 

3. Jangan Merokok

Tips berpuasa saat asam lambung naik - jangan merokok

Tips berpuasa saat asam lambung naik yaitu menghindari merokok. Merokok dapat menyebabkan gangguan asam lambung menjadi parah. Selain itu, merokok juga membuat infeksi lambung menjadi lebih parah. Maka dari itu, jadikanlah momen Ramadhan ini sebagai kesempatan bagi Anda untuk berhenti atau mengurangi rokok. 

4. Mengatur Waktu Makan 

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Mengatur waktu makan

Tips yang selanjutnya yaitu mengatur waktu makan dengan baik. Jika waktu berbuka puasa telah tiba, segeralah makan dan jangan menunda-nunda. Kemudian, atur juga jadwal makan malam yang tidak berdekatan dengan waktu tidur, setidaknya beri jeda sekitar dua jam sebelum tidur. 

Selanjutnya, penderita asam lambung juga tidak boleh melewatkan makan di waktu sahur. Setelah makan sahur, orang yang menderita asam lambung tidak boleh langsung tidur karena hal ini bisa memicu kambuhnya asam lambung. Sebaliknya, penderitanya dianjurkan untuk beraktivitas atau setidaknya duduk setelah makan agar asam lambung tidak mudah naik. 

5. Mengatur Pola Makan Ramah Lambung 

Tips berpuasa saat asam lambung naik - makanan ramah lambung

Tips berpuasa saat asam lambung naik yang selanjutnya yaitu dengan mengatur pola makan yang ramah asam lambung. Anda perlu menata dan mencermati makanan yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Jangan langsung makan besar melainkan lakukan pemanasan terlebih dahulu seperti makan kurma, takjil, dan makanan sejenisnya. 

Setelah itu, Anda baru bisa menyantap hidangan utama. Namun, jangan makan terlalu berlebihan agar perut Anda tidak penuh. Kondisi perut yang terlalu penuh ini bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dari perut menuju kerongkongan. Selain itu, hindari juga makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam lambung naik.

6. Makan Porsi Kecil Namun Sering Lebih Disarankan

Tips berpuasa saat asam lambung naik - porsi makan sedilkit

Tips yang selanjutnya yaitu penderita asam lambung tidak dianjurkan makan dalam porsi yang banyak dalam sekali makan. Sebaliknya, penderitanya dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil dan mengunyah makanan secara perlahan. Setelah selang beberapa waktu, Anda lalu boleh makan lagi dalam porsi yang kecil juga. 

7. Memperhatikan Posisi Tidur

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Memperhatikan posisi tidur

Cara dan tips yang selanjutnya yaitu dengan memperhatikan posisi tidur, yaitu posisi tubuh bagian atas haruslah lebih tinggi daripada bagian tubuh bawah. Anda bisa menggunakan penyangga seperti bantal setinggi 8 inci untuk membuat posisi tubuh bagian atas lebih tinggi. Posisi seperti ini bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko kambuhnya asam lambung ketika berpuasa.

(Baca Juga: Penting untuk Dicatat! 8 Cara Berpuasa Untuk Penderita Maag)

8. Menjaga Berat Badan

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Menjaga berat badan

Selain memperhatikan posisi tidur, tips berpuasa saat asam lambung naik lainnya yaitu menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini penting sekali untuk menjaga agar asam lambung tetap normal. Karena jika berat badan Anda naik, maka otot penghubung menuju tenggorokan menuju lambung akan mengembang. 

Akhirnya, kinerja otot tersebut dalam menjaga asam lambung jadi terganggu. Dengan demikian, kondisi berat badan yang kurang ideal bisa menyebabkan mudahnya asam lambung untuk naik ke kerongkongan. 

9. Konsumsi Obat Asam Lambung 

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Konsumsi obat asam lambung

Meminum obat untuk asam lambung juga tips berpuasa saat asam lambung naik yang sangat penting. Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter untuk memilih obat asam lambung yang cocok untuk dikonsumsi. Selain itu, jika penderita menunjukkan gejala asam lambung yang cukup ekstrim seperti berat badan turun secara drastis, pucat, tidak nafsu makan, dll, maka segeralah menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi. 

10. Terapkan Diet Keto

Tips berpuasa saat asam lambung naik - Diet keto

Tips yang terakhir yaitu dengan melakukan diet Keto atau diet rendah karbohidrat. Mengurangi kadar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu Anda untuk menurunkan kadar asam lambung. Metode ini juga sangat efektif untuk mencegah naiknya asam lambung terutama saat berpuasa. 

Selain mengetahui tips berpuasa saat asam lambung naik, Anda juga perlu mengetahui minuman alami yang ampuh untuk mengatasi gejala asam lambung naik. Apa sajakah itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Minuman yang Dapat Mengatasi Asam Lambung 

Ada beberapa minuman yang bisa mengatasi naiknya asam lambung saat sedang berpuasa. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini saat sahur atau berbuka puasa untuk mencegah asam lambung naik. 

1. Air mineral

Minuman yang pertama yaitu air mineral. Air mineral sangat penting untuk dikonsumsi ketika sedang berpuasa karena tubuh tentu banyak kehilangan banyak mineral dalam tubuh. Air mineral mampu untuk mengatasi penyakit asam lambung karena PH netral dari air mineral. 

2. Wedang jahe/ Jahe hangat

Minuman yang selanjutnya yaitu jahe hangat. Jahe memiliki karakteristik yaitu anti-inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan dan masalah asam lambung saat berpuasa. Oleh karena itu, minuman ini dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum berpuasa agar mengurangi tingkat risiko naiknya asam lambung. 

3. Teh herbal

Minuman lainnya yang bisa mengatasi masalah asam lambung yaitu teh herbal. Teh herbal telah terbukti dapat mengatasi berbagai masalah asam lambung bahkan masalah perut lainnya seperti mual. Namun, pastikan Anda memilih produk teh herbal yang bebas kafein, seperti licorice, chamomile, dan lainnya. Dengan meminum teh herbal yang bebas kafein ini, maka dapat mengurangi risiko kambuhnya asam lambung saat berpuasa. 

4. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak juga minuman yang bisa membantu untuk mengatasi asam lambung naik saat sedang berpuasa, seperti susu kedelai dan susu almond.

Baiklah, itulah penjelasan tentang tips berpuasa saat asam lambung naik dan beberapa minuman alami yang bisa membantu mengatasi masalah asam lambung naik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, ya. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts