Penting! Ini Dia Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah – Hingga saat ini, kolesterol yang tinggi masih menjadi salah satu penyebab datangnya penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi sendiri diakibatkan oleh kadar kolesterol di dalam darah yang berada di atas kadar normal. Oleh sebab itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan jika kolesterol sering melonjak di dalam darah adalah dengan menurunkannya. Akan tetapi, terkadang banyak orang yang belum mengetahui tentang bagaimana cara menurunkan kolesterol di dalam darah.

Oleh sebab itu, banyak pula yang mencari-cari tentang tips menurunkan kolesterol dalam darah supaya apa yang diinginkan untuk kesehatan mereka dapat terpenuhi. Namun, nyatanya banyak pula yang kesulitan dalam mencari tahu tentang informasi sehat tersebut atau bahkan belum berhasil dalam menjalankannya. Oleh sebab itu, berikut akan dijelaskan mengenai tips menurunkan kolesterol dalam darah pada tubuh seseorang.

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah

Memilih Makanan yang Rendah Lemak

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Memilih Makanan Yang Rendah Lemak

Jika seseorang memiliki permasalahan yang berkaitan dengan kolesterol tinggi, maka salah satu upaya yang sebaiknya dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan rendah lemak. Namun, banyak yang memiliki anggapan bahwa makanan rendah lemak merupakan makanan yang kurang enak atau sedikit disukai orang. Padahal, banyak sekali makanan-makanan rendah lemak yang lezat namun tetap menyehatkan seperti putih telur, kacang-kacangan, ikan, tempe, tahu, dan lainnya. Jadi, mulailah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut supaya kolesterol dalam darah tetap terkontrol.

(Baca Juga: Berdiet Sehat Dengan 10 Sayur yang Baik Untuk Asam Lambung)

Olahraga Secara Teratur

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Olahraga Secara Teratur

Nah, banyak sekali yang melakukan upaya-upaya menurunkan kolesterol tetapi merasa kolesterol di dalam tubuhnya tidak mengalami penurunan. Bisa jadi, upaya yang dilakukan tidak disertai dengan pola hidup sehat lainnya yang salah satunya adalah olahraga. Padahal, olahraga rutin masuk kategori tips menurunkan kolesterol dalam darah dan memiliki peran sangat besar bagi kesehatan. Namun, perhatikan pelaksanaannya. Olahraga yang harus dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah olahraga yang dilakukan secara teratur. Minimal satu minggu sekali selama dua jam supaya tubuh tetap bugar dan kolesterol jahat dapat menurun.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Di dalam dunia kesehatan, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayur setiap harinya. Sebab, selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, dan zat bermanfaat lainnya, mengonsumsi buah dan sayur secara teratur dalam setiap harinya dapat membuat kadar kolesterol di dalam tubuh seseorang menjadi stabil. Bahkan, mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Nah, untuk jenis-jenis buah dan sayuran yang direkomendasikan seperti apel, jeruk, pisang, jambu, sawi, kangkung, bayam, kubis, brokoli, dan lain sebagainnya. Cukup mudah bukan? Sebab, banyak sekali sayur dan buah yang dijual di pasaran atau tumbuh di sekitar kita untuk dikonsumsi. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk sulit menjalankan tips menurunkan kolesterol dalam darah.

Konsumsi Makanan Kaya akan Omega-3

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Konsumsi Makanan Kaya Akan Omega 3

Selain memiliki kemampuan untuk menurunkan trigliserida di dalam darah, mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 ternyata juga merupakan tips menurunkan kolesterol dalam darah. Nah, untuk makanan yang mengandung omega-3 sendiri sangat beragam dan bisa dijumpai di supermarket mana saja dengan mudah. Makanan-makanan tersebut seperti tuna, sarden, biji-bijian, ikan salmon, dan kacang kenari. Selain memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, makanan-makanan tersebut juga dapat mengontrol kadar kolesterol yang tentunya juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Serat Larut

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Konsumsi Makanan Yang Mengandung Serat Larut

Selain beberapa tips di atas, tips menurunkan kolesterol dalam darah lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut. Tidak usah bingung, sebab, makanan-makanan yang mengandung serat larut juga tersedia banyak di sekitar kita. Seperti contohnya adalah brokoli, wortel, apel, ubi jalar, alpukat, gandum, kacang merah, dan biji rami. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh salah satunya adalah serat larut yang berperan sebagai pengontrol kolesterol dalam darah. Selain itu, tersedia juga serat larut yang berbentuk suplemen dan bisa langsung dikonsumsi secara teratur. Contohnya adalah inulin dan beta glucan. Kedua suplemen tersebut juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B1 dan B2

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B1 dan B2

Di samping mengandung serat larut, suatu makanan yang dikonsumsi seseorang akan menjadi sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jika mengandung vitamin B1 dan B2. Di dalam dunia kesehatan, vitamin B1 dan B2 memiliki kemampuan sebagai zat yang mampu membakar kolesterol menjadi energi. Jadi, kolesterol yang ada di dalam tubuh tidak akan disia-siakan sebab akan diubah menjadi energi yang memberikan tenaga kepada manusia. Tetapi, meskipun vitamin B1 dan B2 memiliki kemampuan untuk membakar kolesterol, bukan berarti kita dapat bebas dan sepuasnya mengonsumsi makanan-makanan tinggi kolesterol. 

Tidak Merokok

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Tidak Merokok

Tidak merokok atau berhenti merokok juga masuk sebagai tips menurunkan kolesterol dalam darah selanjutnya yang bisa dilakukan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa berhenti merokok memiliki hubungan erat dengan penurunan kadar kolesterol dalam darah. Jawabannya adalah bahwa merokok ternyata dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Salah satunya adalah ketimpangan antara kolesterol baik dan jahat. Kenapa demikian? Sebab merokok justru memiliki dampak buruk seperti mengurangi adanya kolesterol baik pada tubuh. Oleh sebab itu, untuk menurunkan kolesterol jahat, maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah menghindari kegiatan merokok. Selain untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, berhenti merokok juga dapat menghindari kakunya pembuluh darah yang menjadi salah satu pemicu datangnya penyakit stroke dan jantung.

(Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami, Yuk Ikutan)

Mengontrol Berat Badan

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Mengontrol Berat Badan

Terdapat banyak penelitian di dalam dunia kesehatan yang telah membuktikan bahwa seseorang yang memiliki berat badan lebih atau mengalami obesitas ternyata dapat mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Biasanya, orang-orang yang memiliki berat badan tidak terkontrol atau melebihi batas normal merupakan orang-orang yang memiliki pola makan tidak teratur, kurang olahraga, dan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak. Oleh sebab itu, jika ingin kadar kolesterol terkontrol dengan baik, maka kontrol juga asupan-asupan yang masuk ke dalam tubuh. Makan secara teratur yakni tiga kali sehari dengan kandungan gizi yang memadai, dan mulai melakukan pola hidup sehat.

Istirahat dengan Cukup

Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah - Istirahat Dengan Cukup

Tips menurunkan kolesterol dalam darah selanjutnya adalah dengan istirahat dengan cukup. Kenapa? Sebab, seseorang yang terlalu sering begadang, biasanya memiliki kecenderungan makan atau ngemil larut malam. Sedangkan kebiasaan tersebut dapat memicu naiknya berat badan seseorang. Nah, sedangkan seperti yang sudah dijelaskan bahwa orang yang memiliki berat badan di atas normal juga akan memiliki peluang kolesterol jahat yang lebih tinggi juga. Oleh sebab itu, salah satu tips yang harus dilakukan adalah dengan memiliki jam istirahat cukup atau menghindari begadang.

Nah, itulah beberapa tips menurunkan kolesterol dalam darah yang dapat dilakukan dengan mudah supaya tubuh terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts