Inilah 10 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi, Terbukti Manjur!

tips menurunkan kolesterol tinggi

Di dunia ini banyak sekali tips menurunkan kolestrol tinggi. Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Berbagai resiko penyakit akan muncul, seperti stroke dan penyakit jantung. Maka dari itu, jika seseorang memiliki kolesterol yang tinggi, sebaiknya segera menurunkan kadar kolesterol yang tinggi tersebut. Ada berbagai cara yang direkomendasikan oleh dokter yang dapat seseorang lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. 

Pada intinya, jika seseorang ingin menurunkan kolesterol tinggi, maka harus mengubah pola makan dan pola hidup yang lebih sehat. Dengan tetap memperhatikan pola makan dan hidup yang sehat, maka akan membantu menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga kolesterol darah dalam keadaan normal. 

Lalu, bagaimanakah caranya agar kolesterol tinggi dapat turun? Apa sajakah tips menurunkan kolesterol tinggi? Jika Anda penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

10 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kunci utama dari tips menurunkan kolesterol tinggi yaitu pola makan dan pola hidup yang sehat. Bila seseorang hanya mengandalkan obat-obatan saja, tanpa adanya perubahan pola hidup sehat, maka hal itu tidak akan menjamin kolesterol darah dapat terkontrol. 

Namun, jika keduanya dipadukan, maka akan menimbulkan penurunan kolesterol jahat yang efektif. Lantas, apa sajakah tips menurunkan kolesterol tinggi secara alami? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

1. Konsumsi Makanan Bermagnesium

tips menurunkan kolesterol tinggi - Konsumsi makanan bermagnesium

Tips menurunkan kolesterol tinggi yang pertama yaitu mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium. Sebuah penelitian menemukan bahwa magnesium berfungsi untuk mencegah adanya penyumbatan pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi. Sehingga, hal ini juga membuat jantung lebih sehat. 

Beberapa makanan dengan kandungan magnesium yang baik yaitu seperti tempe, kacang-kacangan, pisang, ikan, alpukat, sayuran utuh, dan sebagainya. Dengan demikian, seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dapat mengkonsumsi makanan tersebut agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah. 

2. Kontrol Asupan Gula

tips menurunkan kolesterol tinggi - Kontrol Asupan Gula

 

Tips menurunkan kolesterol tinggi yang kedua yaitu mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Jika seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan, maka akan membuat kolesterol tinggi. Selain itu, asupan gula yang berlebihan dapat menurunkan kolesterol baik pada tubuh. 

Selanjutnya, asupan gula yang berlebih juga membuat produksi enzim trigliserida terhambat. Enzim ini adalah enzim yang dapat memecah kolesterol. Anda dapat mengontrol asupan gula pada tubuh dengan mengurangi konsumsi minuman manis, karbohidrat bertepung, dan makanan olahan. 

(Baca Juga: Penting! Ini Dia Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah)

3. Konsumsi Makanan yang Tinggi Serat

tips menurunkan kolesterol tinggi - Konsumsi makanan yang tinggi serat

Tips menurunkan kolesterol tinggi  selanjutnya yaitu mengkonsumsi makanan yang memiliki serat tinggi. Makanan yang memiliki serat tinggi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Selain itu, makanan tinggi serat juga mengandung banyak bakteri baik yang bagus untuk tubuh, khususnya sistem pencernaan. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki serat tinggi, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, biji-bijian, dan juga sayuran. Mulailah mengubah pola hidup dengan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut agar kolesterol jahat menurun.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak tak jenuh 

tips menurunkan kolesterol tinggi - Konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Cara selanjutnya yaitu dengan rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Mengapa demikian? Karena makanan dengan lemak tak jenuh dapat meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat. 

Sebaliknya, makanan yang mengandung lemak jenuh akan menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat. Beberapa contoh makanan dengan kandungan lemak tak jenuh yaitu kacang-kacangan, ikan salmon, alpukat, dan ikan tuna. 

5. Jangan Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Trans

tips menurunkan kolesterol tinggi - Jangan konsumsi makanan yang mengndung lemak trans

Tips yang selanjutnya yaitu hindari makanan yang mengandung lemak trans. Karena lemak trans akan meningkatkan kadar kolesterol jahat bukan menurunkannya. Daging sapi, susu, keju, dan daging kambing merupakan contoh makanan yang mengandung lemak trans meski dalam jumlah yang kecil. 

Selain itu, makanan yang mengandung lemak tak jenuh juga dapat mengandung lemak trans apabila mengalami hidrogenasi. Contoh makanannya yaitu, keripik, gorengan, kerupuk, serta makanan siap saji. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari makanan-makanan ini. 

6. Kontrol Asupan Kalori

tips menurunkan kolesterol tinggi - Kontrol asupan kalori

Mengontrol asupan kalori yang diserap oleh tubuh juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini karena jika seseorang memiliki berat badan berlebih, maka juga akan berisiko mengalami kenaikan kadar kolesterol. Oleh karena itu, menjaga asupan kalori sangat penting bagi tubuh. 

Untuk orang dewasa yang melakukan aktifitas normal dan kondisi tubuh yang baik biasanya membutuhkan sekitar 2.000 kalori dalam sehari. Sesuaikan asupan kalori dengan jumlah kalori yang tubuh butuhkan. Maka dari itu, sebaiknya atur pola makan agar tidak melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. 

(Baca Juga: Simak Yuk,8 Jenis Minuman Sehat Untuk Ginjal)

7. Rajin Berolahraga 

tips menurunkan kolesterol tinggi - Rajin Berolahraga

Memulai pola hidup sehat memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu pola hidup sehat yaitu dengan berolahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur juga membantu dalam menurunkan kolesterol tinggi dibarengi dengan pola makan yang sehat. Jadi, keduanya harus imbang agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Orang dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk rutin berolahraga selama 30 menit dalam satu minggu sebanyak lima kali. Pilihlah olahraga ringan namun rutin dilakukan seperti jogging, jalan kaki, bersepeda, dan lain sebagainya. 

8. Jangan Merokok 

tips menurunkan kolesterol tinggi - Jangan Merokok

Merokok memang dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi tubuh, termasuk membuat kadar kolesterol meningkat. Merokok dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik. Sebaliknya, jika berhenti merokok, maka kadar kolesterol baik akan meningkat dan kadar kolesterol jahat menurun. 

Apabila seseorang berhenti merokok, terdapat beberapa keuntungan bagi kesehatan lainnya. Pertama, tekanan darah dan jantung menjadi lebih stabil dan normal selang 20 menit dari berhenti merokok. 

Selanjutnya, berhenti merokok juga bermanfaat untuk membuat fungsi paru-paru dan sirkulasi darah menjadi lebih baik. Berhenti merokok selang setahun juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Dengan segudang manfaat kesehatan tersebut, berhenti merokok adalah pilihan yang tepat untuk memulai pola hidup sehat.

9. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

tips menurunkan kolesterol tinggi - Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Tips menurunkan kolesterol tinggi yang lain yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3. Beberapa contoh makanan yang mengandung omega-3 yaitu makarel, sarden, salmon, kacang kenari, dan juga biji chia. Makanan ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. 

10. Ikuti Anjuran Dokter

tips menurunkan kolesterol tinggi - Ikuti Anjuran Dokter

Cara yang terakhir yaitu tetap ikuti anjuran dari dokter Anda. Mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter dengan diimbangi oleh pola hidup dan makan sehat sangat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. 

Nah, setelah Anda berhasil menurunkan kadar kolesterol dengan mengikuti tips menurunkan kolesterol tinggi di atas, Anda juga wajib menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Salah satunya yaitu dengan tetap menjaga pola makan dan hidup sehat secara konsisten. 

Oleh karena itu, Anda perlu menghindari makanan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, mengatur asupan kalori, mengurangi asupan gula, rajin berolahraga, dan tetap ikuti anjuran dokter. Tentu diperlukan komitmen, niat dan kedisiplinan yang tinggi agar tetap konsisten menjaga pola hidup sehat tersebut. 

Sekian penjelasan mengenai tips menurunkan kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, ya. 

 

Total
35
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts