Terampuh! 12 Tips Saat Puasa Agar Tidak Bau Mulut

tips saat puasa agar tidak bau mulut

Pada bulan puasa, masalah bau mulut memang kerap terjadi di siang hari ketika seseorang sedang berpuasa. Bau mulut dalam dunia medis juga dikenal dengan sebutan halitosis. Bau mulut yang tidak sedap ini juga diartikan sebagai sebuah kondisi dimana seseorang mempunyai bau nafas yang kurang sedap karena adanya fermentasi anaerobik pada partikel makanan. Banyak sekali tips saat puasa agar tidak bau mulut yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan bau mulut yang membuat kita tidak nyaman. 

Namun, hal ini adalah hal yang normal terjadi karena proses fisiologis pada orang yang sedang berpuasa. Penyebab dari munculnya bau mulut yaitu karena asam lambung naik ketika perut saat sedang kosong dan sekresi saliva juga berkurang. Saat asam lambung naik, asam lambung selanjutnya menguap naik melalui rongga mulut dan menyebabkan bau mulut. Selain penyebab di atas, bau tidak sedap pada mulut ketika sedang berpuasa juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain. Contohnya yaitu seperti kesehatan menurut, kebersihan mulut yang kurang terjaga, pola hidup yang tidak sehat (seperti merokok), dan lainnya. 

Tips Saat Puasa Agar Tidak Bau Mulut

Jika bau mulut disebabkan oleh menguapnya asam lambung menuju rongga mulut, maka bau mulut akan hilang ketika orang yang sedang berpuasa tersebut telah berbuka puasa dan mengkonsumsi makanan dan minuman. Nah, bagi Anda yang sedang berpuasa dan tidak ingin mengalami bau mulut saat sedang berpuasa, ada beberapa tips saat puasa agar tidak bau mulut yang bisa Anda coba.

Pada umumnya, masalah bau mulut ketika sedang berpuasa ini bisa diatasi dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Namun, untuk lebih rincinya, mari simak tips saat puasa agar tidak bau mulut yang ampuh di bawah ini. 

1. Menyikat gigi secara teratur

tips saat puasa agar tidak bau mulut - menyikat gigi secara teratur

Seperti penjelasan sebelumnya, tips untuk membuat mulut tidak bau saat sedang berpuasa yaitu dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut. Maka dari itu, penting sekali untuk menyikat gigi secara teratur di bulan puasa. Anda pun harus pintar mengatur waktu untuk menyikat gigi secara teratur di bulan Ramadhan. 

Menurut dokter gigi, waktu yang tepat untuk menyikat gigi di bulan puasa yaitu ketika selesai sahur dan ketika akan tidur malam. Anda juga bisa menyikat gigi segera setelah selesai berbuka puasa. Dengan demikian, kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut Anda akan selalu terjaga meski sedang berpuasa. 

Selain merupakan cara yang efektif untuk menghilangkan bau mulut, menyikat gigi juga berfungsi untuk mengatasi masalah sariawan, menghilangkan plak pada gigi, dan menghilangkan bakteri penyebab masalah bau mulut. Maka dari itu, mulai sekarang teraturlah dalam menyikat gigi di bulan puasa.

(Baca Juga: Wajib Tahu: 8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa)

2. Menjaga kebersihan lidah

tips saat puasa agar tidak bau mulut - menjaga kebersihan lidah

Tips saat puasa agar tidak bau mulut yang selanjutnya yaitu menjaga kebersihan lidah.  Mengapa membersihkan lidah penting untuk mengatasi bau mulut? Hal ini karena lidah adalah tempat dimana bakteri berkumpul. 

Jadi, ketika menyikat gigi, Anda juga perlu membersihkan lidah agar bakteri yang sudah dihilangkan di bagian gigi dan gusi tidak berpindah ke lidah. Oleh karena itu, penting untuk juga membersihkan lidah ketika sedang menyikat gigi.

3. Sering berkumur dengan air bersih

tips saat puasa agar tidak bau mulut - sering berkumur dengan air bersih

Tips ampuh selanjutnya yaitu sering-seringlah berkumur dengan air bersih ketika sudah memasuki waktu berbuka puasa. Dengan berkumur, sisa makanan yang menempel di gigi akan hilang dan membantu untuk mengatasi bau mulut. Hal ini karena bakteri dan kotoran di mulut hilang, sehingga mulut dan gigi dalam keadaan bersih dan berpuasa pun terasa lebih nyaman.

4. Berkumur dengan obat kumur non-alkohol 

tips saat puasa agar tidak bau mulut - berkumur dengan obat kumur non alkohol

Tips selanjutnya juga masih sekitar kebersihan mulut dan gigi, yakni berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Penggunaan obat kumur ini membantu untuk membuat mulut terasa lebih segar ketika berpuasa, sehingga tidak menyebabkan bau mulut. 

Obat kumur ampuh mengatasi bau mulut karena dapat mencegah berkembangnya bakteri pada mulut yang bisa menyebabkan karang dan plak hitam pada gigi. Namun, menggunakan obat kumur di bulan puasa tidaklah wajib.

5. Konsumsi makanan sehat 

tips saat puasa agar tidak bau mulut - konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga salah satu tips yang ampuh untuk menghilangkan bau mulut saat sedang berpuasa. Makanan sehat meliputi bahan makanan yang sehat, penyajian makanan yang sehat dan higienis, serta cara pengolahan makanan yang sehat pula. 

Mengkonsumsi makanan sehat juga tidak boleh berlebihan dan harus sesuai porsi atau takaran. Karena jika seseorang makan secara berlebihan, maka karang pada gigi akan menumpuk dan mengakibatkan kekenyangan yang berpotensi untuk menyebabkan obesitas.

6. Minum air putih yang cukup

tips saat puasa agar tidak bau mulut - minum air putih yang cukup

Tips saat puasa agar tidak bau mulut yang lainnya yaitu meminum air putih yang cukup. Seseorang yang sedang berpuasa tidak boleh kekurangan asupan air putih karena akan mengganggu kondisi di rongga mulut yang bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap. Maka dari itu, sebaiknya orang yang akan berpuasa meminum 8 liter air atau setara dengan 8 gelas dalam sehari.

7. Jangan merokok

tips saat puasa agar tidak bau mulut - jangan merokok

Merokok juga salah satu faktor penyebab timbulnya bau mulut yang tidak sedap. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut, seseorang harus menghindar dari merokok ketika di bulan puasa. Selain itu, merokok juga bisa menimbulkan noda di gigi dan berpotensi menyebabkan berbagai penyakit lainnya, seperti kanker mulut.

(Baca Juga: Tips Agar Puasa Tidak Pusing dan Cara Mengatasinya)

8. Konsumsi teh hijau

tips saat puasa agar tidak bau mulut - teh hijau

Tips saat puasa agar tidak bau mulut yang selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi atau meminum teh hijau di waktu berbuka puasa. Teh hijau juga berfungsi untuk mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap selain dengan meminum air putih yang cukup. Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan atau polifenol yang bisa mengatasi bakteri di mulut dan juga saluran pernafasan. 

Kandungan antioksidan ini juga bisa mencegah kanker pada gigi dan mulut. Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk mengurangi sakit radang pada mulut dan gangguan pernafasan yang diakibatkan oleh asap rokok. Waktu yang tepat untuk mengkonsumsi teh hijau di bulan puasa yaitu ketika sudah masuk waktu berbuka puasa. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak perlu  menambahkan gula ke dalam teh hijau, ya.

9. Bersihkan karang gigi

tips saat puasa agar tidak bau mulut - membersihkan karang gigi

Selain mengkonsumsi teh hijau, tips saat puasa agar tidak bau mulut yaitu dengan membersihkan karang gigi. Hal ini karena karang gigi adalah faktor  utama yang menyebabkan bau tidak sedap pada mulut ketika sedang berpuasa. 

Meski tidak sedang berpuasa, membersihkan karang gigi sangatlah penting untuk dilakukan agar kesehatan mulut dan gigi Anda terjaga. Oleh karena itu, dokter gigi menyarankan agar rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi serta mulut setidaknya setiap 6 bulan sekali. Dengan demikian, masalah bau mulut bisa diatasi ketika sedang berpuasa maupun tidak.

10. Hindari makananan dengan bau menyengat

tips saat puasa agar tidak bau mulut - makanan dengan bau menyengat

Tips saat puasa agar tidak bau mulut yang selanjutnya yaitu hindari mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki bau menyengat saat sahur. Contoh makanan yang memiliki bau menyengat yaitu seperti jengkol, bawang putih, bawang bombay, dan sebagainya. Dengan menghindari makanan-makanan tersebut, maka akan membantu Anda untuk mengatasi masalah bau mulut. 

Selain itu, hindari pula makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula berlebih. Hal ini karena akan menyebabkan pertumbuhan bakteri menjadi semakin cepat, sehingga mulut memiliki bau yang tidak sedap ketika berpuasa.

11. Lakukan olahraga ringan

tips saat puasa agar tidak bau mulut - olahraga ringan

Siapa sangka, ternyata melakukan olahraga ringan merupakan tips saat puasa agar tidak bau mulut. Mengapa melakukan olahraga ringan bisa membantu untuk menghilangkan bau mulut? Karena ketika tubuh melakukan gerakan olahraga, tubuh mengeluarkan racun-racun yang tidak diperlukan oleh tubuh. 

Sehingga, bau mulut pun menjadi netral dari gas negatif tersebut. Ketika sedang berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 15-20 menit di rumah sebelum berbuka puasa. Dengan demikian, masalah bau mulut pun bisa teratasi.

12. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

tips saat puasa agar tidak bau mulut - konsumsi buah dan sayur

Selain melakukan olahraga ringan, tips saat puasa agar tidak bau mulut yang selanjutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran. Hal ini karena buah dan sayur mengandung air yang bisa meningkatkan produksi dari air liur. Contoh buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air yaitu  jeruk, melon, pir, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah kumpulan tips saat puasa agar tidak bau mulut yang ampuh dan bisa Anda coba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang menjalankan ibadah puasa. Akhir kata, selamat mencoba dan selamat berpuasa bagi yang menjalankannya. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts