Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui

Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui
Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui

Gejala cacar monyet kini menjadi salah satu jenis penyakit yang marak muncul dan dialami oleh beberapa orang. Penyakit ini memang terlihat seperti cacar biasa namun tentu ada beberapa perbedaan yang bisa dikenali.

Untuk mengenali gejala penyakit cacar monyet pada tubuh, kalian perlu membaca lebih banyak terkait informasi penyakit cacar seperti yang akan diulas lengkap pada poin-poin di bawah ini.

Mengenal Jenis Penyakit Cacar Monyet

Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_Mengenal Jenis Penyakit Cacar Monyet
Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_Mengenal Jenis Penyakit Cacar Monyet

Cacar monyet merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menular dari orang ke orang. Meski begitu, sumber pertama dari penyakit cacar monyet ialah hewan pengerat dan primata, seperti tikus, monyet, maupun tupai yang telah terinfeksi.

Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang ditemukan pada tahun 1958. Awal mula ditemukannya penyakit ini yakni terjadi pada monyet dengan gejala seperti penyakit cacar pada umumnya.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Jika Anda Kecanduan Judi Online

Gejala cacar monyet ini kemudian menyerang manusia yang tercatat mulai tahun 1970 di Republik Demokrasi Kongo. Mulai dari tahun tersebut, penyakit cacar monyet ini kemudian menyebar hingga ke beberapa negara Afrika Tengah dan Barat.

Seperti jenis penyakit yang lainnya, penyakit cacar monyet juga mudah menyebar. Penyebaran penyakit cacar yakni dengan cara penularan dari orang per orang. Penyakit ini terus meluas hingga ke seluruh negara termasuk Indonesia.

Dengan penyebaran yang begitu luas, sebenarnya apa yang menjadi penyebab utama dari penyakit cacar monyet ini? Simak penjelasan lengkapnya seperti di bawah ini untuk mengetahuinya.

Penyebab Penyakit Cacar Monyet pada Manusia 

Gejala cacar monyet yang muncul sebagai penyakit adalah disebabkan oleh virus monkeypox. Virus ini merupakan salah satu virus yang masih tergolong dalam kelompok Orthopoxvirus. 

Virus monkeypox awalnya menular dari hewan ke manusia melalui serangan berupa cakaran atau gigitan. beberapa hewan yang dapat menularkan virus ini ialah seperti tupai, monyet maupun tikus yang sebelumnya telah terinfeksi virus monkeypox.

Selain itu, penularan virus monkeypox juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan cairan dari tubuh hewan yang terinfeksi virus. Bukan hanya itu, virus ini kemudian bisa ditularkan antar manusia ke manusia lainnya.

Penyakit cacar monyet yang menular antar manusia bisa terjadi melalui percikan liur dari penderita yang masuk melalui mata, mulut, hidung, maupun luka di kulit orang saat diajak berinteraksi.

Penularan penyakit cacar monyet juga bisa terjadi melalui benda yang telah terkontaminasi virus, contohnya saja yakni pakaian penderita. Meski begitu, penularan yang terjadi antar manusia membutuhkan kontak yang cukup lama.

8 Macam Gejala Cacar Monyet yang Harus Dikenali

Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_8 Macam Gejala Cacar Monyet yang Harus Dikenali
Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_8 Macam Gejala Cacar Monyet yang Harus Dikenali

Gejala pada penyakit cacar monyet biasanya akan muncul 5–21 hari sejak penderita terinfeksi virus. Dan gejala awal dari penyakit cacar monyet berupa:

  • Demam

Gejala pertama yang paling sering ditemui pada penderita cacar monyet ialah penyakit demam. Namun tidak hanya demam, ada beberapa gejala lain yang mengikuti sebagai awal terinfeksi virus cacar monyet.

  • Sakit Kepala

Gejala cacar monyet yang kedua ialah ditandai dengan sakit pada bagian kepala penderita yang terinfeksi. Sakit kepala ini akan mengakibatkan perasaan tidak enak dan cukup mengganggu.

  • Sakit Tenggorokan

gejala ketiga yang mungkin akan dialami oleh penderitanya ialah sakit tenggorokan. Sakit ini bisa jadi berupa rasa tidak nyaman yang dialami penderita di bagian tenggorokan berupa serak atau gatal-gatal.

  • Batuk

Meski pada bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa penyakit cacar monyet ditandai dengan gejala sakit tenggorokan, namun gejala ini dilanjutkan dengan gejala lain seperti batuk.

Gejala cacar monyet ini membuat penderita mengalami ketidaknyamanan pada bagian dada dan paru-paru. Ciri-ciri ini sangat mungkin untuk dikenali ketika mencari tahu apakah kalian terpapar atau tidak.

  • Kondisi Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Siapa yang sangka bahwa pembengkakan kelenjar getah bening ternyata juga merupakan tanda dari seseorang mengalami penyakit cacar monyet. Hal ini akan membuat penderita merasakan sakit pada bagian yang membengkak.

  • Lelah atau Lemas

Setiap orang yang sedang mengalami sakit apapun tentu merasakan lelah dan lemas pada tubuhnya. Hal ini juga terjadi pada penderita penyakit cacar monyet, entah yang sudah parah atau baru saja.

Gejala cacar monyet yakni lemas dan lelah ini akan membuat penderita menjadi susah untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu penting bagi penderita agar tetap beristirahat sehingga segera pulih.

  • Nyeri Otot

Gejala selanjutnya yang sering ditemui pada penderita penyakit cacar monyet ialah nyeri pada otot. Nyeri ini bisa dirasakan di hampir seluruh bagian tubuh. Tentu ini akan memberi rasa yang tidak nyaman baik saat tidur, duduk maupun beraktivitas lainnya.

  • Ruam dan Bintik yang Berisi Cairan Nanah

Seperti penyakit cacar pada umumnya, gejala cacar monyet juga ditandai dengan munculnya bintik-bintik yang berisi cairan berupa nanah pada sebagian atau sekujur tubuh penderita yang terinfeksi virus tersebut.

Perlu kalian tahu bahwa gejala penyakit cacar monyet tersebut dapat berlangsung selama 1–3 hari. Selanjutnya, ruam akan muncul di wajah hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti lengan, tungkai maupun bagian tubuh lainnya.

Ruam yang muncul pada kulit akan berkembang dari bintik berisi cairan putih hingga berisi nanah, selanjutnya bintik tersebut pecah dan berkerak hingga menyebabkan borok di permukaan kulit.

Pencegahan terhadap Penyakit Cacar Monyet

Setelah mengetahui 8 jenis gejala cacar monyet yang berkemungkinan muncul pada penderitanya, tentu ini akan membuat kalian lebih waspada agar tidak terinfeksi penyakit cacar monyet. 

Tentunya, untuk terhindar dari penyakit cacar monyet kalian perlu tahu pencegahan yang harus dilakukan. Pencegahan utama cacar monyet ialah dengan menghindari kontak langsung dengan hewan atau orang yang sedang terinfeksi virus. 

Beberapa langkah pencegahan penyakit cacar monyet yang bisa dilakukan ialah:

  • Rajin Mencuci Tangan 

Pencegahan pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan mencuci tangan secara rajin. Ingat untuk mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau produk hand sanitizer yang aman.

Kalian bisa mencuci tangan lebih sering terutama sebelum memasak dan mengolah makanan, selain itu juga harus mencuci tangan sebelum makan, sebelum menyentuh hidung dan mata, serta sebelum membersihkan luka pada kulit maupun bagian tubuh lainnya.

  • Menghindari Penggunaan Barang yang Sama dengan Orang Lain

Pencegahan agar gejala cacar monyet tidak terjadi pada kalian ialah dengan menghindari penggunaan barang yang sama dengan orang lain. Maksudnya ialah, kalian perlu menghindari penggunaan barang secara bersamaan agar tidak terinfeksi virus.

Beberapa jenis barang yang harus dihindari dalam penggunaan secara bersama-sama ialah penggunaan alat makan maupun barang lainnya dengan orang yang terinfeksi virus cacar monyet.

  • Menghindari Kontak Langsung dengan Hewan Liar 

Cara pencegahan yang bisa dilakukan selanjutnya ialah dengan menghindari kontak langsung dengan hewan liar yang berkemungkinan terinfeksi virus cacar monyet agar tidak mempercepat penyebaran.

Bukan hanya itu, kalian juga perlu berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi olahan hewan liar untuk menghindari kemungkinan terinfeksi gejala cacar monyet dari olahan daging dari hewan yang terinfeksi virus.

Kalian bisa menghindari hewan yang terinfeksi virus setelah mengetahui gejala yang muncul pada hewan berupa demam, batuk pada hewan, tampak mata merah, kondisi hidung berair, hilangnya nafsu makan pada hewan, ruam dan bintik merah di kulit serta bulu yang rontok.

  • Mengolah Masakan Hingga Matang

Salah satu penyebab terinfeksi virus cacar monyet bisa juga akibat memasak atau mengolah daging dengan ukuran kematangan yang belum sempurna. Sehingga, hal ini menjadi penting diperhatikan untuk mulai hati-hati dalam mengolah bahan makanan.

Dan beberapa jenis makanan yang harus diolah hingga matang ialah:

  1. Daging sapi
  2. Daging ayam
  3. Sayuran
  4. Makan mentah lainnya
  1. Penggunaan Vaksin Smallpox

Agar terhindar dari gejala cacar monyet, dokter akan memberi vaksin smallpox, terkhusus kepada petugas medis yang bertugas merawat pasien cacar monyet. Selain pemberian vaksin, petugas medis juga diharuskan mengenakan alat pelindung diri ketika bertugas.

Penanganan yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Cacar Monyet

Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_Penanganan yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Cacar Monyet
Waspada, 8 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui_Penanganan yang Bisa Dilakukan untuk Penderita Cacar Monyet

Jika dirasa kalian mengalami gejala penyakit cacar monyet, disarankan untuk kalian segera mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada gejala dan jenis ruam yang muncul pada kulit.

Hal ini dikarenakan kemunculan ruam saja belum tentu menandakan adanya cacar monyet. Oleh sebab itu, dokter juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan. Beberapa pemeriksaan lanjutan yang dilakukan dokter ialah seperti tes darah, tes usap tenggorokan, dan biopsi kulit, dengan mengambil sampel jaringan kulit.

Setelah mengetahui diagnosis dari penyakit yang dialami oleh penderita, maka dokter akan melakukan pengobatan yang bisa dilakukan. Pengobatan dari cacar monyet sebenarnya hingga saat ini belum ada pengobatan yang khusus.

Baca juga: Jerat Judi Online Dapat Mempengaruhi Kinerja Otak Anak Remaja Anda

Namun di beberapa negara menggunakan tecovirimat untuk mengatasi penyakit cacar monyet. Namun tecovirimat ini bekerja dengan menghambat virus cacar monyet berkembang biak.

Penyakit cacar monyet merupakan jenis penyakit yang mudah menular melalui interaksi dengan penderita. Untuk menghindari dan melakukan penanganan infeksi virus ini, maka perlu mengetahui gejala cacar monyet yang terjadi.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts