12 Hal Penting Sebagai Tips Tetap Semangat Saat Puasa

Tips tetap semangat saat puasa sangat bermanfaat bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa terutama saat bulan Ramadhan. Puasa merupakan ibadah dikerjakan bagi umat Muslim sebagai tanda keimanan terhadap Allah SWT. 

Saat berpuasa, tubuh akan merasa lemas dan merasa kehilangan semangat dalam beraktifitas. Oleh karena itu, hal ini perlu segera diatasi agar tidak mengganggu dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Mari simak beberapa saran dibawah ini agar tetap sehat dan lancar dalam menjalankan ibadah puasa.

Tips Tetap Semagat Saat Puasa

  • Tetapkan Niat

Tips tetap semangat saat puasa - Tetapkan Niat

 

Niat merupakan hal paling utama sebelum melakukan berbagai kegiatan. Dengan menetapkan niat, dapat memberikan dorongan semangat agar kegiatan yang dilakukan berjalan lancar. Ini juga berguna saat menjalankan puasa. Semua tugas yang dijalankan dapat terlaksana dengan baik jika dilakukan dengan niat tulus. Jangan jadikan ibadah puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Begitu juga sebaliknya, bekerja jadi alasan utama untuk tidak berpuasa. 

Kesungguhan untuk berpuasa dapat ditunjukkan dengan dasar niat yang tulus. Niat menjadikan puasa tetap semangat dan bekerja menjadi semakin optimal. Puasa maupun bekerja saling berkaitan satu sama lain agar dapat menjadi berkah.

  • Cermati Asupan Air Putih

Tips tetap semangat saat puasa - Minum air putih

 

Salah satu tips tetap semangat saat puasa adalah dengan mengamati konsumsi air putih. Pastikan asupan air putih yang dikonsumsi sama seperti yang dikonsumsi sehari-hari. Dalam keadaan tidak berpuasa, konsumsi air putih yang dianjurkan setiap hari adalah delapan gelas. Jadi, ketika berpuasa tetap konsumsi air putih dengan jumlah yang sama. Terapkan anjuran ini dengan mengatur pembagian minumnya. Mulai mengaturnya dari saat berbuka sampai sahur tiba. 

Awali dengan satu gelas saat berbuka, dilanjutkan dengan dua gelas ketika makan malam, dan satu gelas saat sebelum tidur. Kemudian setelah bangun tidur satu gelas dan ketika bersantap sahur dua gelas. 

(Baca Juga: 10 Tips Puasa: Bagaimana Cara Agar Puasa Lancar?)

  • Perhatikan Konsumsi Sayur Dan Buah

Tips tetap semangat saat puasa - Konsumsi buah dan sayur

 

Kondisi berpuasa membuat tubuh merasa lemas. Selain itu, tubuh juga merasa kurang bertenaga dalam melakukan aktivitas. Hal ini wajar karena tubuh dibatasi dalam mengonsumsi makanan maupun minuman. Untuk menjaga stamina tubuh maka cukupkan makan sayur dan buah. Jangan remehkan kedua hal tersebut karena fungsinya yang sangat bermanfaat. Secara umum, sayur dan buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik vitamin dan mineral. 

 Buah dan sayur juga mengandung banyak serat yang pastinya baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi serat menjadikan tubuh merasa kenyang. Maka seimbangkan konsumsi sayur dan buah saat sedang berpuasa. 

  • Konsumsi Menu Makanan Seimbang

Tips tetap semangat saat puasa - Makan seimbang

 

Selain kedua hal diatas, menu seimbang juga menjadi tips tetap semangat saat puasa. Pastikan menu makanan yang dikonsumsi mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan untuk tubuh. Sehingga, kebutuhan energi juga tetap terjaga saat berpuasa. Pilih menu makanan yang seimbang untuk berbuka maupun sahur. Lengkapi kebutuhan tubuh dengan makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Dengan memperhatikan keseimbangan menu makanan, tubuh dapat tetap semangat dalam beraktifitas. 

Asupan nutrisi yang seimbang dapat menjaga kondisi imunitas tubuh. Badan menjadi tidak mudah terserang penyakit. Makanan yang cukup kandungan nutrisinya juga dapat meningkatkan vitalitas dan stamina. 

  • Cukup Berolahraga

Tips tetap semangat saat puasa - Cukup berolahraga

 

Puasa tidak menjadi halangan untuk melakukan aktivitas normal seperti ketika tidak berpuasa. Selain memperhatikan asupan makanan, perhatikan juga kegiatan olah tubuh. Ini dapat dilakukan dengan berolahraga secara teratur. Sempatkan diri untuk berolahraga saat waktu senggang. Lakukan di sore hari seusai bekerja atau saat libur akhir pekan. 

Olahraga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, olahraga juga meningkatkan stamina tubuh sehingga tidak mudah lelah. Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan merasa lebih bersemangat. Pilih olahraga yang ringan namun dapat membuat tubuh berkeringat. Salah satu contohnya adalah dengan berjalan kaki atau berlari kecil mengitari taman. 

  • Kelola Kegiatan Siang Hari

Tips tetap semangat saat puasa - Kegiatan siang hari

 

Tips tetap semangat saat puasa adalah dengan mengatur kegiatan di siang hari. Seimbangkan aktivitas saat berpuasa dan setelah berbuka puasa. Atur kegiatan saat siang hari terutama bagi para pekerja. 

Kelola ritme kegiatan saat beraktivitas di siang hari. Pastikan untuk melakukan beban pekerjaan secara merata. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan berat hanya di siang hari. Cara ini terbukti efektif untuk menjaga stamina dan mood sepanjang hari, terlebih lagi untuk pekerja kantoran. Bijaklah untuk mengatur waktu kerja dan optimalkan semua kegiatan secara merata. Sehingga, keduanya tidak terforsir untuk kegiatan siang hari saja. 

  • Hindari Sering Melihat Jam 

Tips tetap semangat saat puasa - sering melihat jam

 

Menantikan saat berbuka adalah salah satu yang paling menyenangkan. Ini membuat kita semakin bersemangat menantinya. Namun, ini memicu kebiasaan baru yang seharusnya dihindari. Banyak orang menanti waktu menjelang magrib dengan sering melihat jam. Kebiasaan ini justru membuat waktu puasa menjadi semakin terasa lebih lama. Waktu berbuka akan terasa berjalan lebih lambat dari harapan. 

Ketika tahu bahwa waktu menuju magrib masih lama, tubuh akan merasa lemas. Secara otomatis rasa malas juga akan datang. Maka, hindarilah melihat jam terlalu sering. Tetap fokus pada kegiatan yang dilakukan, baik beribadah maupun bekerja. Sehingga, puasa akan menjadi lebih bersemangat. 

  • Sempatkan Beristirahat Sejenak

Tips tetap semangat saat puasa - Beristirahat sejenak

 

Kondisi tubuh saat berpuasa tidak sama seperti saat tidak berpuasa. Dalam beberapa jam, tubuh tidak mengkonsumsi makanan maupun minuman. Sementara, aktivitas rutin tetaplah dilakukan untuk menambah berkah saat berpuasa. Jadi, tips tetap semangat saat puasa adalah pengelolaan waktu yang bijak. Aturlah sebaik mungkin termasuk waktu untuk beristirahat. Bila diperlukan, luangkan kesempatan untuk tubuh agar dapat beristirahat. 

Jangan paksa tubuh untuk selalu melakukan pekerjaan berat dan beristirahatlah ketika mulai merasa lelah. Regangkan otot pada tubuh dan merilekskan diri sejenak. Lakukanlah hal ini selama beberapa menit saja untuk mengembalikan semangat puasa yang sempat turun.  

  • Perbanyak Ibadah

Tips tetap semangat saat puasa - Perbanyak ibadah

 

Tujuan utama berpuasa adalah untuk beribadah. Dengan mengingat tujuan ini, manfaatkan waktu sebanyak mungkin untuk beribadah. Walaupun tetap menjalani akvitas seperti hari biasanya, kesempatan untuk memperbayak ibadah tidak boleh dikesampingkan. Kurangi waktu luang untuk melakukan hal yang tidak penting seperti mengobrol atau bergosip. Lebih baik menghabiskan waktu untuk beribadah. Tetapi bukan berarti bekerja tidak maksimal atau bahkan ditinggalkan hanya untuk beribadah. 

Sempatkan diri untuk melakukan ibadah seperti solat sunah. Ada beberapa solat sunah yang dapat dilakukan di siang hari, seperti solat dhuha atau salah sunah rawatib. Perasaan akan menjadi lebih tenang dengan memperbanyak ibadah. 

(Baca Juga: Wajib Tahu: 8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa)

  • Hindari Konsumsi Kafein

Tips tetap semangat saat puasa - Kafein

 

Beberapa orang terbiasa mengkonsumsi kafein di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kebiasaan ini dilakukan untuk menghindari rasa kantuk yang akan muncul saat bekerja. Kafein dianggap mampu mengatasi rasa kantuk. Tetapi tips tetap semangat saat puasa menganjurkan untuk tidak mengonsumsi kafein. Alasan utamanya karena kopi tidak mungkin diminum saat pagi atau siang hari. Selain itu, kafein pada kopi dapat menyebabkan dehidrasi atau bahkan memicu masalah lambung. 

Kafein tidak hanya terdapat pada kopi. Zat ini juga terdapat pada minuman yang mengandung soda. Lebih baik menghindari kafein saat sedang berpuasa agar kondisi tubuh tetap bugar. 

  • Berbuka Puasa Bersama

Tips tetap semangat saat puasa - Buka puasa bersama

 

Kegiatan berbuka puasa bersama menjadi pilihan yang dilakukan oleh banyak orang. Ajakan untuk berbuka puasa bersama datang silih berganti tanpa henti. Hal ini tentu saja dapat memberikan semangat dalam menjalankan puasa. Bayangkan jika buka puasa dilakukan sendirian. Perasaan sepi membuat diri menjadi kurang bersemangat. Oleh sebab itu, rencanakan berbuka puasa bersama baik dengan keluarga ataupun rekan kerja. 

Mulai dengan menyiapkan menu takjil yang sederhana hingga menikmati hidangan berbuka puasa. Bagi pekerja kantoran, siapkan diri untuk mengajukan tawaran terlebih dahulu. Hal ini tentu memberikan semangat sambil menanti datangnya waktu magrib. 

  • Berbuka Puasa Dengan Makanan Manis

Tips tetap semangat saat puasa - Berbuka dengan yang manis

 

Konsumsi makanan manis saat berpuasa sering dianggap sebagai hal yang sepele. Namun, hal ini ternyata sangat bermanfaat. Bahkan, beberapa ahli kesehatan menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan ataupun minuman manis saat berbuka puasa. Perlu diketahui bahwa gula berperan penting dalam tubuh. Proses pembakarannya juga berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan nutrisi yang lain. Nutrisi pada gula lebih cepat diserap oleh tubuh. 

Saat berbuka  puasa, tubuh akan dalam keadaan lemas karena kurangnya cadangan energi. Konsumsi gula dapat mengembalikan stamina dan energi tubuh lebih cepat. Tidak heran bila makanan atau minuman manis menjadi tips tetap semangat saat puasa. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts