8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis – Musim hujan seperti sekarang ini membuat tubuh menjadi mudah lapar. Untuk itu dibutuhkan camilan yang banyak agar bekerja atau beraktivitas di rumah menjadi tidak membosankan. Untuk mendapatkan camilan tidak perlu jajan diluar. 

Dengan begitu makanan tersebut dapat dipastikan higienis dan sehat tentunya. Ada banyak resep camilan yang bisa Anda praktekan sendiri dirumah. Resepnya tidak ribet kita merekomendasikan resep yang simple dengan bahan yang mudah ditemukan. Siapkan Anda untuk praktek membuat cemilan?

Yuks simak beberapa resep di bawah ini!

  1. Popcorn Khas Bioskop

Popcorn Khas Bioskop

Popcorn merupakan cemilan yang enak disantap  bersama keluarga sambil menonton film kesayangan. Tidak hanya itu Anda juga bisa membuat popcorn gurih ala-ala di bioskop. Caranya dengan menyiapkan beberapa bahan seperti empat sendok makan biji jagung khusus popcorn, dua sendok makan mentega dan garam secukupnya. 

Cara membuatnya juga cukup sederhana, pertama-tama siapkan panci kemudian nyalakan api kecil. Kemudian lelehkan mentega dan tambahkan sedikit garam aduk hingga rata. Setelah itu masukan biji jagung kemudian tutup pancinya. Goyang-goyangkan panci agar biji jagung dan mentega dapat merata dengan sempurna. Lalu biarkan beberapa menit sampai semua biji jagung meletup dan mengembang dengan sempurna. Jika Anda suka asin bisa ditambahkan sedikit penyedap rasa. Maka popcorn siap disajikan.

2. Bolu Jadul Kering

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

Sesuai dengan namanya bolu jadul ini sudah ada sejak dulu. Tampilannya yang polos namun menarik membuat kita penasaran ingin menyantapnya. Ada tiga bahan yang perlu Anda siapkan, diantaranya: empat butir telur, dua ratus gram gula pasir dan terakhir dua ratus gram tepung terigu.

Untuk membuatnya pertama siapkan cetakan cupcake kemudian olesi dengan mentega lalu sisihkan. Kemudian di wadah terpisah siapkan telur dan gula lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengental. Setelah campurkan tepung terigu dan aduk hingga tidak ada yang menggumpal. Kemudian tuang adonan ke cetakan hingga ¾ penuh. Panggang dalam oven dengan suhu sedang selama kurang lebih 25 menit. Cek kematangan, lalu sajikan.

(Baca Juga: Super Lezat! Ini 11 Daftar Makanan Kekinian di Rumah yang Menarik untuk Dicoba)

3. Biskuit Sederhana

Biskuit Sederhana

Biskuit sederhana, pastinya sesederhana pembuatannya. Anda cukup menyiapkan beberapa bahan seperti empat ratus gram tepung terigu, dua ratus lima puluh gram mentega dan delapan sendok makan gula halus.

Caranya dengan menyiapkan wadah terlebih dahulu, kemudian campurkan tepung terigu dengan mentega. Aduk menggunakan garpu hingga berbentuk butiran-butiran kasar. Lalu tambahkan gula halus, dan aduk kembali sambil ditekan-tekan. Setelah dirasa sudah rata, bentuk adonan bulat memanjang, lalu masukan ke dalam plastik dan simpan di dalam kulkas selama satu jam hingga adonan mengeras. 

Setelah keras potong-potong sesuai selera, lalu panggang di dalam oven selama kurang lebih 25 menit. Jika sudah matang biarkan hingga dingin dan siap dihidangkan bisa disimpan di toples agar lebih awet.

4. Kue Milo

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

 

Sesuai dengan namanya kue milo ini terbuat dari susu milo. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah dua ratus lima puluh gram milo, empat butir telur, dan satu sachet susu kental manis. 

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan wadah mixer, lalu masukan semua bahan kedalam wadah dan mixer hingga rata. Setelah itu siapkan cetakan atau loyang yang sudah diolesi minyak dan dilapisi kertas roti. Lalu tuang adonan kedalam loyang. Bisa ditambah toping sesuai dengan selera seperti kacang-kacangan dan lain sebagainya. Lalu masukan ke dalam oven dan panggang selama tiga puluh lima menit dengan subuh 180 derajat celcius. Cek kematangan dan kue siap dihidangkan.

5. Kue Keju Kering

Kue Keju Kering

Siapa yang tidak suka keju? Sebagian besar orang menyukai olahan yang terbuat dari susu ini. Tidak hanya enak untuk disantap, keju juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Sebenarnya keju bisa dibuat dengan banyak macam olahan. Namun disini ada resep sederhana dari keju yaitu kue kering keju. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan diantaranya: dua ratus lima puluh gram terigu protein sedang, seratus lima puluh gram margarin, dan delapan puluh gram keju parut, sisihkan dua puluh gram untuk toping.

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan panci untuk melelehkan margarin. Kemudian tuang ke dalam wadah lain lalu campurkan dengan tepung terigu dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan keju parut ke dalam adonan. Uleni adonan hingga kalis atau tidak lengket ditangan. Jika sudah tidak lengket maka adonan dapat dibentuk sesuai selera. Kemudian siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, susun adonan yang sudah dibentuk ke dalam loyang, bisa ditambahkan keju parut sebagai toping lalu masukan kedalam oven dan panggang selama 10 menit hingga matang.  Jika sudah matang kue keju siap untuk disantap.

6. Pizza Apel

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

Pizza apel merupakan salah satu camilan sehat yang wajib anda coba. Bagaimana tidak sehat, camilan ini terbuat dari bahan-bahan yang menyehatkan namun sangat lezat. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah satu buah apel segar, kacang-kacangan yang dikeringkan terlebih dahulu, dan blueberry untuk topping.

Caranya yang pertama adalah bersihkan semua bahan dan keringkan. Siapkan talenan dan pisang kemudian buang bagian tengah apel. Potong-potong apel dengan irisan yang tebal. Kemudian isi apel dengan kacang-kacangan dan taburi blueberry. Jika tidak ada blueberry bisa diganti dengan strawberry, kiwi atau buah-buahan yang sesuai dengan selera Anda. Sajikan apel diatas piring dan pizza apel siap dinikmati.

(Baca Juga: Tips Menggunakan Transportasi Saat Traveling Dimasa Pandemi)

7. Oreo Goreng

8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

Sebenarnya dimakan langsung oreo sudah sangat nikmat, apalagi ditemani teh hangat lebih nikmat. Namun jika Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda bisa membuat oreo goreng. Bahan yang harus dipersiapkan adalah satu bungkus oreo dengan varian rasa yang Anda sukai, satu sendok makan mentega yang sudah dilelehkan, dan delapan sendok makan tepung terigu.

Caranya siapkan wadah lalu campurkan satu sendok makan tepung terigu dengan mentega yang sudah dilelehkan, aduk hingga rata. Kemudian masukan keping oreo ke dalam adonan tepung yang basah, lalu ke dalam adonan tepung yang kering. Ulangi secara bergantian. Selanjutnya panaskan minyak dan goreng oreo dengan api kecil. Setelah matang dengan ciri kuning keemasan, maka oreo siap diangkat dan sajikan.

8. Bola-bola Coklat

Bola-bola Coklat

Untuk membuat bola coklat cukup dengan menyiapkan satu bungkus biskuit regal, dua sachet susu kental manis rasa coklat, dan meses secukupnya. Caranya dengan menghancurkan biskuit regal dengan menggunakan rolling pin hingga halus. 

Kemudian tambahkan susu kental manis dan aduk hingga merata. Kemudian bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan balurkan ke dalam meses hingga adonan tertutup semua. Masukan ke dalam kulkas dan disantap saat bola-bola coklat dalam keadaan dingin.

Itulah beberapa resep camilan sehat yang bisa Anda praktekan sendiri dirumah. Dengan begitu anda tidak perlu bingung lagi membuat cemilan sehat untuk keluarga. Semua resep di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts