10 Tips Puasa: Bagaimana Cara Agar Puasa Lancar?

Bagaimana cara agar puasa lancar

Bagaimana cara agar puasa lancar? Pertanyaan itu sering muncul, sebab puasa bukan ibadah yang dapat dianggap mudah. Pasalnya, selain menahan lapar dan dahaga puasa mengharuskan orang yang menjalankan menghindari berbagai aspek yang memicu batalnya aktivitas tersebut. Mulai dari larangan bersetubuh antara suami istri, marah, sampai dengan hal lain yang pada intinya menahan diri dari hawa nafsu. Sedangkan secara bersamaan, saat kondisi tubuh lemas karena tidak minum dan makan pasti akan meningkatkan emosi seseorang. Nah, aturan ini yang harus diperhatikan dan ditaati agar puasa yang dijalankan tidak sia-sia. 

Puasa sendiri adalah ibadah wajib umat muslim di Bulan Ramadhan. Basic dari ibadah ini adalah menahan diri dari makan dan minum seharian. Menurut penelitian kesehatan yang telah banyak dilakukan, puasa menjadi alternatif paling mudah untuk memperbaiki pola makan. Selain itu, puasa juga baik untuk tubuh karena pada saat berpuasa tubuh akan melakukan detoks dan mengeluarkan limbah dalam tubuh. Pembicaraan ini semakin menarik, sebab bagi Anda yang tidak dapat melakukan pola makan dengan teratur, puasa akan menjadi ibadah yang sangat berat untuk dijalankan. Kebanyakan dari mereka yang batal puasa adalah keluhan tidak dapat menahan lapar dan haus. Padahal jika dilihat lebih detail, tantangan puasa ini dapat diminimalisir dengan aturan makan yang benar. 

Bagaimana Cara Agar Puasa Lancar?

Tentu saja Anda tidak diperbolehkan menyalahkan aturan agama, sebab puasa masuk sebagai bagian ritual khusus bagi umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Tuhan. Seseorang yang sengaja atau tidak membatalkan puasa, mereka diharuskan untuk mengganti puasa itu diluar Bulan Ramadhan. Sampai disini saja, Anda sudah dapat melihat bahwa puasa adalah perintah yang langsung difirmankan oleh Tuhan. Jadi, bagi umat Islam yang merasa beriman. Sudah seharusnya menjalankan ibadah puasa dengan khusu’ sekaligus ikhlas. Nah, bagaimana cara agar puasa lancar? Berikut penjelasan singkatnya:

  • Manajemen makanan

Bagaimana cara agar puasa lancar - Manajemen makanan

Berhubung fokus puasa tertinggi berada pada kemampuan Anda dalam menahan lapar dan haus, hal utama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan pilihan makanan sahur serta berbuka puasa. Meskipun terlihat sepele, konsep ini penting diperhatikan karena selama berpuasa Anda tetap diharuskan beraktivitas seperti biasa. Anda tidak bisa mengonsumsi junk food seperti hari biasanya, sebab kebanyakan makanan cepat saji akan membuat sistem pencernaan terganggu, dan rasa haus yang lebih terasa. Pilihan paling tepat untuk menyederhanakan jadwal konsumsi puasa adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Keduanya kaya akan serat dan air, sehingga dapat menjadi sumber energi tambahan selain karbohidrat dari nasi. 

(Baca Juga: Siapa Sajakah Orang yang Diperbolehkan Meninggalkan Puasa Wajib? Ini dia Ulasan Lengkapnya)

  • Tingkatkan konsumsi buah dan sayur

Bagaimana cara agar puasa lancar - Buah dan sayur

Bagaimana cara agar puasa lancar? Mudah saja, Anda pastikan kebutuhan sayur dan buah terpenuhi setiap harinya. Kebiasaan ini dapat dimulai dengan hal-hal kecil. Misalnya saja, mengikuti sunnah nabi yaitu mengkonsumsi 3 buah kurma untuk berbuka puasa. Setelah itu, Anda dapat makan berat setelah sholat maghrib. Ketentuan tersebut tentu saja disesuaikan dengan selera karena Anda adalah tuan untuk tubuh sendiri. Selain itu, tambahkan jenis sayuran lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Bahkan beberapa sumber menambahkan, bahwa sayur kaya akan serat yang dapat bertahan lebih lama dalam proses pencernaan. Jadi, memperlambat rasa lapar saat berpuasa. 

  • Tidur cukup

Bagaimana cara agar puasa lancar - Tidur cukup

Pada dasarnya, puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan haus. Ibadah ini melibatkan kesehatan fisik secara maksimal, sebab hampir semua aktivitas di Bulan Ramadhan ditingkatkan. Misalnya saja, shalat tarawih 20 rakaat. Tidak hanya itu, Anda juga akan melanjutkannya dengan tadarus Al-quran sampai larut, hingga bangun pagi untuk melaksanakan sunnah sahur. Aktivitas seabrek ini bisa saja mengganggu kesehatan, jika Anda tidak dapat mengatur waktu istirahat atau tidur dengan baik. Selanjutnya, bagaimana cara mengatasi keadaan seperti ini? Anda harus menguasahkan diri untuk memenuhi kebutuhan istirahat. Setidaknya, luangkan waktu untuk tidur siang. Selain sebagai solusi meningkatkan semangat saat puasa, tidur siang menjadi alternatif paling mudah untuk menjaga kesehatan badan. 

  • Penuhi kebutuhan air putih

Bagaimana cara agar puasa lancar - Konsumsi air putih

Berikutnya, kelancaran puasa di Bulan Ramadhan juga bisa Anda tingkatkan dengan memenuhi kebutuhan air putih. Bisa dikatakan, mencukupi konsumsi air putih adalah jawaban paling mudah dari pertanyaan, bagaimana cara agar puasa lancar? Kenyataan ini tidak dapat dihindari, sebab seperti yang sudah diketahui air putih mempunyai manfaat tinggi untuk kesehatan. Selain sebagai solusi menghindari dehidrasi, air putih memiliki khasiat lain yang benar-benar baik untuk tubuh. Nah, menariknya karena puasa tidak diperbolehkan minum saat siang hari. Anda harus mulai mengatur jadwal minum sesuai kebutuhan. Misalnya saja, 2 gelas setelah berbuka puasa. 4 gelas air putih setelah shalat tarawih, dan 2 gelas saat sahur. 

  • Lakukan aktivitas harian

Bagaimana cara agar puasa lancar - Aktivitas Harian

Aspek lain yang tidak kalah tepat untuk menjaga pertanyaan, bagaimana cara agar puasa lancar yang selanjutnya adalah melakukan aktivitas harian seperti biasa. Puasa bukan berarti waktu dimana Anda diperbolehkan bermalas-malasan. Disini, Anda tetap harus menggerakan badan dan bekerja seperti biasa. Lakukan semua aktivitas seperti yang sudah dijadwalkan, tetapi perbedaannya Anda harus lebih rileks karena saat berpuasa energi wajib terjaga hingga sore hari. Selain bekerja dinilai sebagai ibadah, melakukan aktivitas harian ketika puasa juga mempercepat waktu. Hal tersebut dapat terjadi karena fokus yang Anda kejar bukan adzan maghrib, melainkan menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Konsekuensi ini yang membuat puasa tidak akan terasa. 

  • Konsultasi dokter

Bagaimana cara agar puasa lancar - Konsultasi dengan dokter

Tips keenam ini sebenarnya lebih dikhususkan bagi mereka yang mempunyai gangguan kesehatan. Cara paling tepat bagi Anda yang ingin tetap menjalankan puasa adalah melakukan konsultasi kepada dokter. Walaupun terlihat sepele, pasien dengan penyakit cukup kronis wajib mengutamakan keselamatannya. Setelah melakukan konsultasi, Anda sangat diharuskan untuk mengikuti aturan dari dokter. Langkah ini dilakukan sebagai upaya memperlancar jalannya ibadah puasa selama 30 hari. 

  • Olahraga ringan

Bagaimana cara agar puasa lancar - Olahraga Ringan

Olahraga saat berpuasa bukan hal mustahil yang bisa dilakukan. Aktivitas fisik seperti jogging, dan olahraga ringan lainnya tetap perlu dijalankan untuk menyeimbangkan kebugaran tubuh. Nah, bagi Anda yang merasa terlalu berat melakukan olahraga ringan. Siasati olahraga ini dengan menjalankannya, ketika waktu maghrib hampir tiba. Tidak perlu 1 jam, cukup lakukan sesuai kemampuan tubuh. Pasalnya, tanpa disadari olahraga saat puasa akan membuat badan lebih rileks sekaligus ringan. Jangan sampai selama puasa, Anda hanya menghabiskan waktu untuk tidur dan bermalas-malasan. 

(Baca Juga: Wajib Tahu: 8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa)

  • Mengakhiri waktu sahur

Bagaimana cara agar puasa lancar - Mengakhiri sahur

Bagaimana cara agar puasa lancar? Akhiri waktu sahur, sebenarnya tidak ada larangan bagi Anda yang ingin sahur jam 12 ataupun 2 malam. Namun, waktu tersebut dianggap terlalu cepat untuk sahur. Biasanya, mereka yang sahur di jam segitu akan cepat merasa lapar dan haus. Nah, untuk menghindari godaan seperti itu, ada baiknya Anda mulai sahur sekitar pukul setengah empat atau jam 4 pagi. Mengakhiri waktu sahur ini selain sebagai strategi untuk mengurangi rasa lapar saat puasa, kegiatan tersebut perlu diniatkan mengikuti sunnah nabi. Niatan seperti itu tentu akan membuat waktu sahur lebih bermakna, sebab apapun yang dilakukan dengan niat baik bakal menghasilkan kebaikan lebih besar. 

  • Kurangi makan pedas dan asin

Bagaimana cara agar puasa lancar - makanan pedas

Tips lain yang juga penting saat menjalankan ibadah puasa ialah mengurangi konsumsi asin dan pedas. Dua makanan ini sangat lezat, tetapi bagi Anda yang berpuasa ada baiknya mulai menguranginya. Hal tersebut dikarenakan efek yang diberikan kurang baik. Pertama, Anda akan mudah merasa haus karena asin dan pedas bersifat menyerap cairan dalam tubuh. Kedua, bentuk usaha untuk menghindari dehidrasi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan manis. Misalnya saja, kurma, aneka bubur khas, hingga kue. Meskipun terlihat sepele, menghindari makanan dengan cita rasa pedas cukup sulit. Tetapi bukan berarti Anda tidak dapat melakukannya. 

  • Tak perlu memaksakan diri

Bagaimana cara agar puasa lancar - jangan memaksakan diri

Bagaimana cara agar puasa lancar? Tidak memaksakan diri. Apabila Anda merasa tidak mampu puasa karena sakit. Hal utama yang mesti dilakukan adalah tak menekan tubuh untuk tetap berpuasa. Bagaimanapun dalam ajaran Islam diajarkan, bahwa mengutamakan keselamatan adalah bentuk kewajiban yang sangat diprioritaskan. Jadi, bagi Anda yang merasa memiliki penyakit kronis segera melakukan konsultasi dengan dokter. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts