8 Bisnis Online Untuk Pemula Tanpa Modal 2021

Memulai bisnis bisa dilakukan kapan saja, bahkan tanpa modal sekalipun. Karena seiring dengan perkembangan zaman, memulai bisnis tidak harus dilakukan dengan memiliki dana awal atau barang yang akan dijual. Hanya dengan menjual skill, nantinya anda akan bisa memulai bisnis sedini mungkin dan mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar. 

Pada tahun 2021, ada banyak sekali jenis bisnis yang bisa anda jalankan bahkan tanpa modal sekalipun. Berbagai jenis bisnis tersebut bahkan bisa dijalankan dengan sistem online. Anda yang berasal dari kalangan ibu rumah tangga, mahasiswa, atau karyawan sekalipun bisa turut mengembangkan bisnis online untuk pemula tanpa modal. 

Jika anda penasaran, jangan sampai melewatkan satupun informasi pada artikel kami di bawah ini ya. Karena kami akan membahas berbagai jenis peluang bisnis online untuk pemula tanpa modal. Stay tune!

Jenis Bisnis Online Untuk Pemula Tanpa Modal Terbaik 

Berbisnis online memang susah-susah gampang untuk para pemula, karena bisa dilakukan dengan tanpa modal sekalipun. Jenis bisnis yang satu ini cukup mudah dan murah untuk dijalankan, bahkan bisa dijadikan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama. Berikut ini berbagai jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal yang perlu Anda kembangkan : 

Penulis artikel SEO 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Jasa SEO

SEO adalah teknik untuk meningkatkan kualitas website serta tingkat brand awareness situs melalui serangkaian metode, termasuk pembuatan artikel yang berkualitas. Penulis artikel SEO biasanya memiliki job desk yang berbeda dibandingkan dengan penulis artikel biasanya. Karena mereka harus menulis suatu artikel yang memiliki konsep hard selling serta soft selling sesuai dengan pesanan pelanggan. 

Penulisan artikel SEO membutuhkan modal yang sangat sedikit, atau bahkan tanpa modal sekalipun, dan termasuk bisnis online untuk pemula tanpa modal. Anda bisa menjadi seorang penulis artikel SEO jika mengetahui teknik-teknik penulisan artikel tersebut dengan baik dan benar. Setelah itu, bergabunglah dengan agensi kepenulisan dan mulai kerjakan job yang mereka bagikan. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

Reseller / Dropshipper 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Resseler

Jenis bisnis lain yang juga bisa dilakukan secara online oleh pemula tanpa modal yaitu menjadi seorang reseller atau dropshipper. Reseller berasal dari kata bahasa Inggris yang berarti menjualkan kembali (barang yang telah dibeli). Sedangkan sistem dropship adalah menjualkan kembali barang orang tanpa membelinya terlebih dahulu. 

Sistem reselling bisa digunakan untuk Anda yang berminat bisnis online dengan mengeluarkan modal. Sedangkan dropshipper termasuk jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal yang cukup menguntungkan. Biasanya dropshipper juga bisa menjualkan barang ke klien dengan nama mereka sendiri. 

Blogger 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Blogger

Jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal lain yang bisa anda kembangkan yaitu menjadi seorang pemilik website atau blogger. Banyak orang yang setelah membuka website sendiri mereka mendapatkan pendapatan pasif melalui pengiklanan pada website mereka. Selain itu, seorang blogger juga bisa mendapatkan keuntungan dari sistem bisnis lainnya seperti afiliasi dengan perusahaan lain. 

Bagi Anda yang ingin berprofesi sebagai seorang blogger, usahakan untuk menyediakan konten yang bermanfaat untuk masyarakat. Anda juga bisa menyisipkan konten-konten selling di sana jika tujuan pembuatan website tersebut adalah untuk berbisnis. Jangan lupa untuk secara rutin mengisi website tersebut agar nantinya bisa masuk ke halaman 1 Google. 

Jasa edit foto 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Jasa Edit Foto

Jasa edit foto juga bisa digolongkan sebagai jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal yang sangat disarankan untuk Anda. Terutama bagi Anda yang punya ketertarikan besar di bidang desain grafis. Untuk bisa mahir menjadi seorang photo editor, Anda perlu mengasah kemampuan editing foto tersebut hingga nantinya semakin ahli. 

Untuk bisa melatih kemampuan editing, Anda juga tidak perlu mengikuti kursus berbayar yang sangat mahal. Karena ada banyak sekali video tutorial di internet yang bisa Anda gunakan sebagai referensi kegiatan editing foto Anda. Jangan salah, ada banyak sekali pihak yang akan membutuhkan jasa edit foto ini dari Anda nantinya. 

Vlogger 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Vlogger

Vlogger adalah sebutan bagi video logger yang fenomena kegiatannya nge-hype baru-baru ini. Kita bisa dengan mudah menjumpai model vlogger di berbagai platform media sosial, contohnya seperti Instagram dan Youtube. Anda pun juga bisa menjadi vlogger jika ingin melakukan bisnis online untuk pemula tanpa modal. 

Kuncinya, jika Anda ingin menjadi seorang vlogger, nantinya Anda harus stand out dan memiliki “pembeda”. Masyarakat cenderung suka konten video dengan unsur keunikan di dalamnya. Nantinya, semakin Anda dikenal, Anda akan kebanjiran pesanan untuk melakukan endorse melalui konten video tertentu. Namun jangan lupa untuk menyebarkan nilai positif pada konten yang dibuat ya!

(Baca Juga: Ide Usaha Kuliner Menjanjikan Dengan Modal Kecil)

Social Media Manager (SMM)

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Social Media Manager

Pernahkah Anda merasa kagum dengan postingan para social media influencer yang begitu tertata rapi dan terkonsep? Ternyata akun media sosial mereka tidak dipegang oleh satu pihak saja, lho. Ada semacam Social Media Manager yang memegang akun mereka dan melakukan penataan di dalamnya. 

Anda yang ingin melakukan bisnis online untuk pemula tanpa modal, bisa mendaftar menjadi Social Media Manager (SMM) di internet. Nantinya job desk dari SMM melakukan penataan konten pada sebuah akun media sosial sesuai permintaan klien. Biasanya SMM memadukan antara aspek marketing, writing, dan designing. 

Fotografi 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Fotografi

Bisnis online lain yang bisa dilakukan tanpa modal yaitu fotografi. Jenis bisnis yang satu ini terkait dengan hobi photograph dan sebenarnya bisa dilakukan dengan peralatan yang cukup sederhana. Contohnya gadget ponsel pintar dengan kualitas kamera yang sedang dan juga sedikit sentuhan aplikasi editing. 

Selain itu, Anda juga perlu mendalami kemampuan di bidang fotografi tersebut dengan belajar berbagai materi tentang itu di internet. Biaya yang harus dikeluarkan untuk jenis bisnis yang satu ini cukup sedikit, terkecuali Anda ingin membeli perlengkapan yang lebih high class. Nantinya foto-foto Anda bisa dijual di situs jual foto berbayar. 

Makelar properti 

Bisnis online untuk pemula tanpa modal - Makelar Properti

Berikutnya, jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari penghasilan sampingan yaitu makelar properti. Makelar properti adalah pihak yang melakukan mediasi terhadap penjual serta pembeli properti baik berupa tanah, bangunan, atau gedung. 

Menjadi makelar properti bahkan tidak perlu modal, Anda tinggal melakukan promosi ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Nantinya Anda bisa mengambil keuntungan dari penjualan tersebut untuk Anda sendiri. 

Itulah berbagai jenis bisnis online untuk pemula tanpa modal yang bisa Anda kembangkan nantinya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda yang berprofesi sebagai pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga sekalipun bisa menjalankan berbagai jenis bisnis di atas sesuka hati. 

Saran kami, kembangkanlah bisnis yang memang benar-benar Anda bidangi. Atau jika tidak, belajarlah sungguh-sungguh agar nantinya Anda bisa mendapatkan bidang pekerjaan sesuai dengan keahlian. Semoga bermanfaat!

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts